5 GPU atau VGA Terbaik untuk Mining Crypto

Sebelum menjelaskan GPU terbaik untuk mining cryptocurrency dan/atau VGA terbaik untuk mining crypto, penting bagi Anda untuk dengan jelas memahami apa itu GPU dan VGA, dan apa perbedaan antara GPU dan VGA.

Apa Itu GPU?

apa itu gpu

Graphic Processing Unit atau GPU adalah sebuah komponen penting yang bertugas memproses instruksi dari software untuk menampilkan ke layar perangkat komputer atau PC. Manfaat utama GPU terlihat dalam menangani grafik PC karena strukturnya yang paralel. GPU sendiri dapat terlihat di motherboard komputer pribadi Anda.

Fungsi GPU adalah memproses informasi grafis dan menampilkannya di layar komputer dengan kualitas tinggi. Hal ini, misalnya, dapat terlihat dari proses membuat grafik 3D dari mikroprosesor dalam suatu sistem, seperti PC, smartphone, dan konsol game.

Oleh karena itu, GPU terbaik sangat dibutuhkan oleh desainer grafis, animator, dan gamers. Nah, bagi perangkat yang tidak punya GPU, biasanya tampilan grafisnya tampak kurang tajam dan kasar.

Sebelum penggunaan GPU semakin tinggi, dahulu pemanfaatan komputasi grafis dijalankan dengan Central Processing Unit atau CPU. Akan tetapi, seiring dengan tuntutan komputasi grafis yang tinggi dan beart, CPU menjadi kurang ideal sehingga pekerjaannya diganti (dialihkan) ke GPU untuk mencapai hasil optimal.

Tidak hanya untuk kebutuhan grafis saja, GPU juga berfungsi melaksanakan pekerjaan komputasi paralel data dalam jumlah banyak. Pengguna yang lebih banyak menggunakan aplikasi non grafis dengan kebutuhan komputasi berulang dan kontinu, maka GPU adalah solusi untuk meringankan pekerjaan tersebut.

Nah, salah satu contoh komputasi berulang adalah dalam menambang mata uang kripto atau mining crypto, yang menuntut kinerja maksimal. Dalam konteks ini, GPU berfungsi untuk menghasilkan proses mining cryptocurrency yang efisien dan efektif. Oleh karena itu, memilih GPU terbaik untuk mining crypto adalah hal wajib.

Apa Itu VGA?

Video Graphics Array atau VGA adalah salah satu jenis koneksi standar yang ada di perangkat video, seperti pada proyektor dan moniter. VGA juga dapat mengacu pada jenis kabel, port, dan kontektor untuk mengoneksikan monitor ke video card. Sayangnya, saat ini VGA “hampir” tergantikan oleh antarmuka (interface) terbaru, seperti HDMI dan DVI.

Kabel VGA lengkap berisi kabel dan konektor pada masing-masing ujungnya. Konektor umumnya berwarna biru dan digunakan untuk menghubungkan PC ke perangkat layar. Kabel VGA terdiri dari konektor 15-pin yang mana masing-masingnya: 5 pin di atas, 5 pin di bawah, dan 5 pin di tengah.

Selain itu, port VGA yang ada pada laptop atau desktop biasanya juga memiliki jumlah pin yang sama sehingga kabel VGA dapat dicolokkan secara langsung. Yang perlu diketahui, setiap pin memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, pin pertama berfungsi untuk mentransfer warna merah, lalu pin kedua untuk warna hijau dan pin ketiga untuk warna biru. Nah, sebelum mengenal VGA terbaik untuk mining crypto, penting untuk mengetahui secara jelas perbedaan GPU dan VGA.

Perbedaan GPU dan VGA

gambar video card

Pada dasarnya, GPU dan VGA adalah dua hal berbeda yang dapat terlihat dari fungsinya masing-masing. Seperti yang telah dijelaskan, GPU – disebut juga graphics card – terdapat pada motherboard. Sedangkan VGA adalah sebuah standar untuk tampilan input/output (I/O) di grapichs card. Standar display I/O dari VGA memiliki resolusi, kecepatan, perlindungan, dan teknologi yang berbeda.

Nah, secara ringkas, tugas GPU adalah memproses data yang telah diproses CPU untuk kemudian ditampilkan ke layar monitor; dengan kata lain, GPU adalah komponen utama atau “otak” dari VGA. Sementara itu, VGA menjadi tempat di mana seluruh grafis diproses GPU. Serupa seperti motherboard, hanya saja tempat pemrosesan motherboar dilakukan di CPU, sedangkan VGA dilakukan di GPU. Karena GPU ibaratkan “otak” dari VGA, maka lebih tepat jika menyebut GPU terbaik untuk mining daripada VGA terbaik untuk mining crypto.

GPU yang Bagus untuk Mining dengan Spesifikasi Terbaik

GPU modern
Gambar GPU Modern

Kartu grafis (grapichs card) atau GPU terbaik untuk mining cryptocurrency memang menjadi pilihan utama dari sejumlah penambang (miners). Namun, memilih GPU yang bagus tidak semudah dibayangkan. Ada sejumlah faktor utama yang harus diperhatikan, salah satunya adalah hash power atau hashrate yang tinggi dengan daya listrik yang relatif efisien. Jika dibandingkan dengan CPU, kinerja GPU jauh lebih optimal untuk menambang kripto. Nah, berikut ini adalah daftar atau 5 contoh GPU terbaik untuk mining crypto Bitcoin dan altcoin.

  1. Nvidia GeForce RTX 3080
  2. Nvidia GeForce RTX 3090
  3. Nvidia CMP 40HX
  4. AMD Radeon RX 6800 XT
  5. AMD Radeon RX 5700 XT

1. Nvidia GeForce RTX 3080

Pada dasarnya, GPU terbaik ini bisa untuk games dan termasuk mining. Harga GPU terbaik untuk mining ini adalah mulai dari $699. Nvidia GeForce RTX 3080 memiliki arsitektur Ampere terbaru. Dibuat dengan 54 miliar transistor, arsitektur Ampere menjadi sebuah teknologi yang mampu mempercepat adopsi artificial intelligence (AI). Selain itu, arsitektur ini juga menghadirkan inti tensor yang di-upgrade untuk Deep Learning Super Sampling (DLSS), memanfaatkan AI inovatif guna meningkatkan kecepatan frame, dan menghasilkan gambar yang tajam.

Dengan kekuatan inti tensor yang diperluas, arsitektur Ampere menyediakan lebih banyak ruang untuk meningkatkan resolusi secara maksimal untuk pengalaman visual terbaik. RTX 3080 menghadirkan RAM grafis GDDR6X 10GB, lebar interface memori 320-bit, tingkat kecepatan memori 19.000 MHz, dan resolusi digital maksimum sebesar 7680×4320. Ini akan memberikan pengalaman hebat sambil menghasilkan kinerja yang ditingkatkan daripada pendahulunya RTX 2080.

Meskipun lebih banyak digunakan untuk games, RTX 3080 juga memiliki VGA dan menjadi GPU terbaik untuk mining meskipun dengan potensi yang relatif terbatas. Bagaimanapun juga, RTX 3080 adalah salah satu GPU tercepat untuk mining Ethereum, dengan memberikan pengukuran FE dasar 85 MH/dtk. Performanya juga dapat disetel untuk mendapatkan sekitar 93 MH/s. Akan tetapi, perlu dicatat juga bahwa prosesor bisa saja membatasi performa mining crypto kecuali dimodifikasi dengan bantalan termal yang lebih baik sehingga dapat menurunkan suhu memori.

2. Nvidia GeForce RTX 3090

GeForce RTX 3090 adalah GPU terbaik untuk bermain game, namun juga menjadi pilihan yang tepat untuk mining cryptocurrency. Harga GPU ini sekitar $1500, sebanding dengan kemampuannya karena diisi dengan prosesor grafis Ampere GA102, setara dengan GeForce RTX 3080, namun lebih unggul karena juga berisi 82 ray tracing inti percepatan, 328 core tensor, dan 10.496 inti Compute Unified Device Architecture (CUDA).

Kapasitas memori GDDR6X 24GB RTX 3090 sangat besar yakni lebih dari 16GB yang biasanya direkomendasikan, kemudian juga dikombinasikan dengan kecepatan memori 19.500 MHz. Memori tinggi yang dimiliki GPU ini, ditambah dengan 10.496 inti CUDA, dan tingkat hash mencapai 121 MH/s menjadikannya sebagai GPU terbaik untuk mining mata uang kripto.

3. Nvidia CMP 40HX

CMP 40HX oleh Nvidia adalah kartu grafis atau GPU yang memang berfokus pada mining crypto secara profesional. Berdasarkan arsitektur Turing, Nvidia CMP 40HX dilengkapi dengan VGA dan prosesor grafis TU106, 2304 unit bayangan, dan lebar bus 256-bit. Arsitektur Turing memungkinkan kartu untuk berfungsi secara efektif dengan chipset 12 nm yang dimilikinya.

Harga GPU terbaik untuk mining ini mulai dari $699 dengan fitur 8GB GDDR6 VRAM, dan beroperasi dengan frekuensi 1470 MHz, serta kecepatan memori 14 Gbps. Tidak hanya iti, GPU ini terdiri dari 144 unit pemetaan tekstur dan 64 unit keluaran render (ROP). Kartu grafis ini juga punya kemampuan DirectX Ultimate, yang dapat menghasilkan kinerja grafis bagus melalui naungan tingkat variabel untuk bermain game.

4. AMD Radeon RX 6800 XT

AMD Radeon RX 6800 XT adalah salah satu alasan yang mampu membawa AMD ke pasar GPU kelas atas. Dengan dukungan prosesor grafis Navi 21, GPU ini memang arsitektur grafis RDNA 2 Red Team mengacu pada proses manufaktur 7nm. Ini memungkinkannya untuk menghadirkan kinerja yang sangat kuat.

Kartu grafis ini berisi kemampuan DirectX 12 Ultimate, sehingga dapat menjamin dukungan untuk ray tracing dan variable-rate shading. Dengan Radeon RX 6800 XT, AMD telah meletakkan memori GDDR6 16GB dengan antarmuka memori 256-bit, sehingga menghasilkan visual game yang relatif mulus dan berkualitas tinggi pada 1080p dan 4K. Harga GPU terbaik ini adalah sekitar $649, dengan penawaran kualitas video tinggi dan akan mencengangkan.

Selain itu, RX 6800 XT juga memiliki kecepatan memori 16.000 MHz dan Boost Clock 2250 MHz. Ini memungkinkan pecinta games untuk dapat menikmati pengalaman bermain game dengan mulus pada level FPS tinggi.

Sama seperti VGA dan kartu grafis AMD terbaik lainnya, RX 6800 XT juga dapat digunakan untuk mining cryptocurrency, atau dipertimbangkan sebagai GPU terbaik untuk mining altcoin, seperti Ethereum, Expanse, Beam, Ravencoin, Bitcoin Gold, Metaverse ETP, dan lainnya. Ini mampu menghasilkan kekuatan hash tinggi mencapai 65 MH/s, dengan daya konsumsi 135 watt. Detail hashrate bisa dilihat di sini.

5. AMD Radeon RX 5700 XT

AMD Radeon RX 5700 XT adalah GPU terbaik dan kelas atas yang dibangun di atas proses 7nm dan berbasis prosesor grafis Navi 10. Harga GPU ini sekitar $450 yang sebanding dengan kinerjanya. AMD telah memasangkan kartu grafis ini dengan memori GDDR6 8GB yang terhubung dengan antarmuka 256-bit, dan kecepatan memori 14 Gbps. Nah, salah satu GPU yang bagus dan murah untuk mining crypto ini juga memiliki kekuatan hash rata-rata 54 MH/s, relatif baik jika dibandingkan dengan harganya.

Pandangan Akhir

Well itulah beberapa contoh VGA – lebih tepatnya GPU terbaik untuk mining crypto, meskipun beberapa diantaranya juga sangat cocok untuk games. Perlu dicatat, masih banyak tersedia beberapa kartu grafis (graphics card) yang bagus untuk mining, khususnya. 5 contoh di atas bukan rekomendasi, tapi bisa dijadikan bahan pertimbangan saja. Akan lebih baik jika Anda melakukan riset sendiri lebih dalam, dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Comment