5 Contoh Proyek Berbasis Crypto Collectibles & NFT, Mana Terbaik?

Ekosistem blockchain terus bertumbuh seiring dengan munculnya sejumlah proyek crypto terbaik, menarik, dan prospek menjanjikan. Mungkin Anda cukup familier dengan non-fungible token (NFT) – aset digital yang tidak dapat dipertukarkan. Sejumlah proyek NFT yang paling populer adalah games NFT. Sementara itu, crypto collectibles masih baru dan mungkin belum begitu populer. Akan tetapi, potensi besar ada di belakangnya. Sebelum membahas contoh proyek berbasis crypto collectibles dan NFT, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu crypto collectibles dan apa itu NFT.

Apa Itu Crypto Collectibles?

Singkatnya, crypto collectibles adalah sejenis item digital yang bersifat unik, biasanya berupa karakter hewan atau kartu bertema hewan digital, misalnya seperti karakter kucing. Crypto collectibles atau barang koleksi crypto ini berada di blockchain. Karena bersifat unik, nilai atau value dari item digital ini akan terus meningkat seiring dengan kegunaannya yang dibutuhkan. Karena tidak dapat dipertukarkan, crypto collectibles termasuk ke dalam jenis NFT. Baca selengkapnya: Mengenal Crypto Collectibles.

Apa Itu Non-Fungible Token?

Singkatnya, non-fungible token atau NFT adalah item digital yang unik, bisa berupa gambar, musik, karakter dalam games, tanah virtual, dan termasuk barang koleksi kripto (crypto collectibles). Meskipun terdiri dari berbagai macam jenis, contoh NFT yang paling populer ada pada games, seperti karakter di dalamnya.

Setiap aset digital NFT akan mewakili kepemilikan real dari pengguna. Misalnya, saat Anda membeli virtual land, maka itu akan menjadi aset NFT Anda, dan menjadi kepemilikan resmi. Itu akan tersimpan di blockchain, dan tidak dapat diduplikat, dicuri, atau diklaim oleh pihak lain – kecuali Anda menjualnya.

Baca selengkapnya:

Contoh Proyek Berbasis Crypto Collectibles dan NFT

Perlu diketahui, non-fungible token atau NFT berada di ekosistem blockchain, mengacu pada blockchain Ethereum – sehingga menggunakan ERC-721 sebagai token standar. Jenis token standar Ethereum lainnya yang sangat populer adalah ERC-20. Nah, setiap aset (item, barang, atau koleksi) digital NFT akan disimpan di blockchain tersebut, termasuk juga crypto collectibles. NFT yang paling populer adalah games, namun potensi besar juga sedang berjalan pada proyek lainnya. Berikut ini adalah contoh proyek berbasis crypto collectibles dan NFT yang mungkin menjanjikan di masa depan.

  1. CryptoKitties
  2. Decentraland
  3. PancakeSwap
  4. CryptoPunks
  5. Gods Unchained

1. CryptoKitties

Dikembangkan oleh Dapper Labs yang berbasis di Kanada, CryptoKitties adalah game blockchain Ethereum. Para pemain game ini dapat membeli, mengumpulkan, membiakkan, dan menjual kucing virtual. Populritas CryptoKitties semakin meningkat dan itu membuat jaringan blockchain Ethereum menjadi sangat padat, bahkan mencapai jumlah transaksi tertinggi sepanjang masa – ini kemudian menimbulkan kemacetan jaringan. Untuk mengatasi masalah ini, Ethereum saat ini sedang melakukan transisi ke Ethereum 2.0 yang berbasis Proof of Stake (PoS) – sebelumnya bebasis Proof of Work (PoW).

CryptoKitties sendiri indentik dengan kucing virtual (virtual cats) yang menjadi aset digital unik. Para pemain, dapat melakukan banyak hal terhadap kucing ini, seperti membeli, memperdagangkan, membiakkan, melatih, dan sebagainya. Dalam hal ini, gamers perlu membeli mata uang kripto Ether terlebih dahulu agar dapat bergabung di dalam game.

2. Decentraland

Proyek terbaik berbasis crypto collectibles dan NFT lainnya yaitu Decentraland. Mungkin Anda juga sudah familer dengan salah satu crypto fundamental terbaik ini. Pada dasarnya, Decentraland adalah dunia virtual reality yang terdesentralisasi. Ini memungkinkan pemain atau pengguna untuk membeli virtual land dan sejumlah item NFT lainnya di dalam game tersebut. Setiap barang atau item yang dibeli akan mewakili kepemilikan sah secara digital.

3. PancakeSwap

Sebagai automated market maker (AMM) yang berbasis Binance Smart Chain (BSC), PancakeSwap banyak dipilih dan digunakan untuk memiliki NFT populer. Proyek ini merilis kelinci yang bisa dikoleksi dalam bentuk kompetisi dan hadiah kepada pengguna platform. Anda juga bisa memanfaatkan token asli platform, CAKE untuk menukarkan hadiah.

4. CryptoPunks

CryptoPunks adalah karya seni digital yang bisa dikoleksi oleh pengguna, masing-masing item akan menggambarkan karakter NFT dengan gaya 8-bit unik. Proyek berbasis crypto collectibles dan NFT ini menjadi inspirasi untuk standar token ERC-721, yang notabene menjadi salah satu contoh awal dari kegilaan karya seni kripto. Tercatat, CryptoPunks telah terjual hingga jutaan dolar dan berhasil menginspirasi lebih banyak proyek serupa di seluruh dunia.

5. Gods Unchained

Proyek berbasis crypto collectibles dan NFT terbaik lainnya adalah Gods Unchained. Ini merupakan sebuah permainan berbentuk kartu koleksi digital yang diterbitkan sebagai NFT di blockchain. Setiap kartu akan bernilai unik, dan para pemain dapat membeli atau memperdagangkan kartu digital tersebut dengan tingkat kepemilikan yang setara dengan kartu fisik.

Pandangan Akhir

Well, itulah beberapa contoh proyek terbaik berbasis crypto collectibles dan NFT yang diprediksi akan terus berkembang untuk memenuhi ekspektasi pengguna. Bagaimanapun juga, digital collectibles secara khusus mampu membuka teknologi blockchain ke arah baru, di luar ranah aplikasi keuangan konvensional. Karena mewakili kepemilikan resmi atas aset fisik di dunia digital, non-fungible token menjadi elemen penting di ekosistem ekonomi digital, khususnya di blockchain. Dengan potensi dari kasus penggunaan yang luas, itu akan menarik kehadiran inovasi baru dengan prospek yang menjanjikan di masa depan.

Leave a Comment