Games NFT Terbaik yang Menghasilkan Crypto Gratis 2021

Non-fungible tokens (NFT) adalah inovasi terbaru yang mampu mengambil alih sektor dunia digital. Sebagai contoh, Nyan Cat – sebuah animasi kucing terbang dengan tubuh Pop-Tarts yang meninggalkan jejak pelangi – ternyata mampu dijual seharga $580 ribu. Sementara itu, karya seni berbasis NFT Mike Winkelmann “Everydays: the First 5000 Days” mampu dilelang $69 juta.

Punya NFT akan bermanfaat bagi siapa pun yang menghargai keaslian dan kekhasan. Namun, apakah Anda tahu bahwa ada banyak pengembang games yang memunculkan games NFT play-to-earn. Ini merupakan permainan berbasis NFT yang memberikan Anda penghasilan saat memainkannya. Penghasilan (income) yang diperoleh akan berupa mata uang kripto (crypto). Baru-baru ini ada perusahaan games yang berhasil mengumpulkan $60 juta hanya untuk platform games NFT mereka.

Games NFT memang sangat menjanjikan. Setiap orang memainkan games NFT hanya untuk mendapatkan cryptocurrency gratis. Namun, sebelum memulainya, penting untuk mengenal cara kerja games NFT. Artikel ini akan menyajikan ikhtisar tentang apa itu games NFT dan apa saja games NFT terbaik dan terbaru 2021 untuk mendapatkan kripto gratis.

Mengenal Apa Itu Non-Fungible Tokens (NFT)

Arti dari non-fungible token adalah sebuah aset digital yang tidak bisa dipertukarkan. Dengan kata lain, NFT adalah sesuatu yang bernilai unik sehingga tidak dapat dipertukarkan dengan sesuatu yang lain. Sebagai contoh, ada dua cincin (A dan B) dengan material yang sama. Namun, cincin A punya sejarah dan kenangan yang berharga, sementara cincin B masih dalam bentuk pabrikan. Keduanya punya keunikan berbeda sehingga nilainya tidak sepadan dan tidak bisa dipertukarkan.

Contoh lain, kaos bola asli punya Steven Gerrard dengan kaos bola asli punya Ronaldinho memiliki keunikan tersendiri sehingga keduanya tidak bisa disetarakan, atau tidak sepadan, atau tidak bisa dipertukarkan. Itulah analogi dari NFT. Tentu saja ini berbeda dengan pertukaran yang sepadan atau setara, seperti Anda menukarkan sesama mata uang rupiah. Jadi pada intinya, NFT adalah aset digital unik yang mana NFT satu dan NFT lainnya tidak bisa dipertukarkan karena punya value tersendiri.

Baca selengkapnya: Mengenal Apa Itu NFT.

Teknologi Blockchain dalam NFT

Sebelum menjelaskan games NFT terbaik 2021, perlu dipahami seperti apa peran blockchain dalam NFT. Jadi, teknologi blockchain berperan penting yang memungkinkan publik untuk melacak kepemilikan aset digital mereka dengan akurat. Setiap orang bisa melihat siapa yang telah membeli dan menjual NFT, kapan transaksi terjadi, siapa yang saat ini memilikinya, dan berapa banyak uang yang dibelanjakan untuk setiap transaksi.

Sistem buku besar publik (public ledger) juga memungkinkan setiap pemilik untuk membuktikan bahwa mereka punya NFT asli. Misalnya, saat Anda menjual NFT punya Anda sendiri, blockchain akan mengkonfirmasi kepemilikan NFT tersebut. Karena pengguna lain bisa melacak setiap transaksi ke penjualan pertama, pembeli akan lebih yakin bahwa mereka membeli produk NFT asli. Konsekuensinya, blockchain akan meminimalkan risiko membeli NFT palsu.

Apa Itu Games NFT?

Games NFT Terbaik untuk Mendapatkan Crypto Gratis

Pada dasarnya, games NFT adalah sebuah aplikasi permainan berbasis digital (online) yang dikembangkan dengan kontrak pintar untuk menentukan sebuah aturan yang tersimpan dalam blockchain sebagai mekanisme inti. Pemain NFT memungkinkan untuk mengumpulkan, memperdagangkan, dan berinteraksi dengan NFT. Mereka juga bisa memahami harga pasar yang dirasakan setiap NFT serta fluktuasi harga dari hari ke hari.

Berbeda dari video games tradisional, games NFT adalah inovasi yang menciptakan jalan keluar bagi pemain untuk mendapatkan aset digital yang real. Dalam sebuah skema besar, games NFT terbaik selalu memberikan penghargaan kepada pemain (players) dengan token dan NFT saat mereka mampu memenuhi tugas sesuai aturan masing-masing permainan.

Bagaimanapun juga, hadiah dari games NFT adalah coin crypto gratis yang juga merupakan token ERC20 yang pada dasarnya bisa diperdagangkan di crypto exchanges. Namun, sesuatu yang paling menonjol dari games NFT adalah setiap pemain punya kesempatan yang sama untuk mengumpulkan NFT unik yang akan mewakili item untuk dikoleksi.

Cara Kerja Games NTF Play-to-Earn

Games NFT play to earn adalah sebuah permainan virtual yang mana setiap pemain NFT yang menyelesaikan tugas atau misi di dalam games akan mendapatkan cryptocurrency gratis sebagai hadiah atau pendapatan.

Semakin lama Anda bermain games, semakin banyak menyelesaikan misi tertentu, semakin besar peluang mendapatkan bonus dan hadiah berupa mata uang kripto. Games NFT play to earn mencakup genre gameplay jenis apa saja, mulai dari adventures, pertempuran online, games berbasis strategi, dan banyak lagi.

Sebagai contoh, Axie Infinity adalah selain koin crypto yang diperdagangkan di bursa, juga merupakan games NFT terbaik dan terkenal yang mirip dengan permainan Pokemon. Games Axie Infinity memungkinkan pemain untuk saling bertarung untuk mengumpulkan, membesarkan, membiakkan, memperdagangkan, dan bertempur dengan makhluk yang yang disebut Axie.

Para pemain akan mendapatkan token ERC20 Smooth Love Potion (SLP). Pada saat yang sama, mereka juga bisa mendapatkan NFT dalam game yang akan mewakili barang koleksi yang mana nilainya bervariasi mengacu pada utilitas dan kelangkaannya.

Contoh lain dari games NFT play to earn adalah CryptoBlades (SKILL). Ini memungkinkan pengguna untuk membuat NFT gameplay atau bisa juga diperdagangkan di pasar. Pada saat yang sama, setiap pemain bisa mendapatkan token SKILL dengan cara mengalahkan musuh dan menggandakan keuntungan dengan mempertaruhkan (staking) token untuk hasil persentase tahunan (annual percentage yields/APY).

Setelah melakukan staking atau likuiditas terkunci, token yang diperoleh nantinya akan diterjemahkan menjadi nilai instan. Nah, pada gilirannya, games ini akan memberikan insentif kepada para pemain untuk memegang crypto tersebut untuk lebih meningkatkan utilitas token.

Games NFT Terbaik untuk Mendapatkan Kripto Gratis

Saat ini aset kripto (cryptocurrency) dan blockchain mengalami perkembangan signifikan dan mampu melahirkan inovasi terbaru, salah satunya games NFT. Setiap kali pemain menyelesaikan misi tertentu, mereka diberikan hadiah berupa aset kripto (crypto). Games NFT terbaik untuk mendapatkan uang berupa hadiah aset kripto gratis adalah sebagai berikut.

  1. Axie Infinity
  2. The Sandbox
  3. Sorare
  4. Gods Unchained
  5. Evolution Land

#1. Axie Infinity

Games NFT Axie Infinity

Salah satu games NFT terbaik adalah Axie Infinity. Games NFT ini membuat konsep Pokemon di mana pemain akan berkembang biak dan memperdagangkan hewan peliharaan digital NFT mereka (disebut “Axies”) di dunia Lunacia.

Setiap monster adalah non-fungible tokens. Monster-monster tersebut bisa dibeli dan dijual di pasar pengembang, dan games NFT ini akan menggunakan token AXS dan SLP yang berbasis Ethereum. Setiap pemain dapat menukar mata uang digital tersebut untuk bertani, membeli tanah, membiakkan Axies, dan banyak lagi.

Meskipun Axie Infinity disebut sebagai game NFT populer di seluruh dunia, game ini berkembang di Filipina karena lebih banyak orang bisa memperoleh uang dengan game ini daripada yang bisa didapatkan dari pekerjaan konvensional.

Sejumlah pengguna bahkan bisa mendapatkan penghasilan mencapai $1.000 per bulan dengan membeli dan menjual NFT, SLP, dan AXS secara strategis. Jadi, ketika Anda tahu apa yang harus dilakukan, Axie Infinity adalah cara paling ideal untuk selain bersenang-senang, juga sambil menambah penghasilan Anda. Di Indonesia sendiri, games NFT terbaik ini juga menerima popularitas signifikan.

#2. The Sandbox

crypto The Sandbox SAND

The Sandbox adalah salah satu games NFT terbaik lainnya yang menawarkan permainan berbasis voxel. Ini bisa disesuaikan dan memungkinkan pemain untuk membuat dan memonetisasi pengalaman bermain mereka sendiri.

Setiap pemain dapat menukar aset digital dan membeli SAND, sebuah token utilitas game The Sandbox. Karena dapat disesuaikan dan menjadi alat pengembangan yang cukup rumit, para pemain dan pengembang bisa membuat dan mengalami berbagai mode permainan dengan kualitas tinggi. Ini akan menawarkan pemain lebih banyak kebebasan dan grafik.

Jika misalnya Anda menikmati “Roblox” atau “Minecraft”, Anda akan punya lebih banyak waktu untuk mendapatkan NFT sambil menjelajahi setiap kemungkinan tak terbatas yang ditawarkan games NFT The Sandbox.

#3. Gods Unchained

Game NFT Gods Unchained

Bagi Anda yang menyukai permainan kartu koleksi, games NFT terbaik ini akan membuat Anda seperti bermain di rumah sendiri. Kartu-kartu di Gods Unchained mirip dengan game berbasis Ethereum, yakni Magic The Gathering atau Hearthstone.

Para pemain akan mendapatkan item dalam game via gameplay PVP yang saling bertarung dengan pemain. Setiap terjadi kemenangan, pemain yang berhasil mengumpulkan Flux bisa membuat koleksi digital unik dan kartu NFT yang dapat diterjemahkan menjadi nilai instan.

Gods Unchained adalah game eSports blockchain pertama yang punya potensi untuk menarik banyak penonton, penggemar, dan pemain dengan turnamen terkenal. Dengan menggabungkan konsep atau model play-to-earn, Gods Unchained akan memberikan penghargaan kepada peserta untuk semua jam yang dihabiskan dalam pengalaman yang menarik ini.

#4. Sorare

Game NFT Sorare

Sorare adalah game berbasis Ethereum yang mengumpulkan lebih dari $680 juta untuk gameplay sepakbola fantasi. Salah satu games NFT terbaik ini yang berfokus pada football ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan koleksi digital yang bisa diperdagangkan dengan pemain sepak bola online.

Konsep games NFT berbasis football ini mirip dengan permainan sepak bola secara umum. Setiap pemain akan mendapatkan hadiah berdasarkan gol yang mampu dicetak, tingkat kemenangan, dan misi yang diselesaikan.

Setiap kartu digital yang diperoleh akan diwakili dengan token unik di blockchain Ethereum. Setiap pemain bisa membeli, menjual, atau memperdagangkan kartu digital dari pemain lain di mana semua transaksi akan dicatat di blockchain Ethereum. Tercatat, Sorare adalah game NFT dengan lebih 600 ribu pengguna terdaftar dan terus bertambah.

#5. Evolution Land

Game NFT Evolution Land

Evolution Land adalah salah satu games NFT populer karena memiliki konsep dan pendekatan yang berbeda (unik). Game virtual ini lebih seperti permainan pembangun kota, setiap pemain dapat membeli tanah, membangun gedung, dan memperluas ruang.

Setiap benua di game akan tersedia di blockchain yang berbeda. Pemain juga harus menggunakan unit “apostles” yang perlu dikumpulkan untuk menemukan unit unik dengan atribut yang dapat diperluas. Evolution Land masih punya sejumlah elemen koleksi, tetapi permainan digital ini lebih menonjol di antara games lainnya yang bergaya Pokemon dengan menggunakan NFT.

Pandangan Akhir

Games NFT adalah permainan virtual dengan terobosan luar biasa. Ini menghasilkan hadiah crypto gratis dan menawarkan pengalaman bermain yang lebih menarik daripada games tradisional. Ada banyak sekali games NFT gratis yang bagus untuk dicoba. Sambil menyenangkan diri dengan bermain games, Anda pun juga bisa menghasilkan pendapatan berupa mata uang kripto. Beberapa games NFT terbaik di atas mungkin bisa Anda coba untuk mendapatkan pengalaman baru dan unik.

Leave a Comment

error: Content is protected !!