Review JustSwap: Cara Kerja, Fitur, Biaya, Dompet, Penggunaan

Mungkin Anda masih belum familier dengan apa itu JustSwap. Namun, Anda pasti sudah mengetahui salah satu cryptocurrency dengan fundamental terbaik saat ini, TRON (TRX). Apa hubungan antara Justswap dan TRON? Jadi, JustSwap adalah protokol terdesentralisasi pertama di ekosistem TRON, yang menawarkan pertukaran token jenis TRC20 secara otomatis. Untuk lebih lengkap, berikut review JustSwap.

Apa Itu JustSwap?

apa itu justswap
SUN mengakuisisi JustSwap

JustSwap adalah decentralized token exchange protocol di platform TRON, sekaligus menjadi yang pertama. Protokol ini memungkinkan pengguna untuk menukar token TRC20 secara instan pada harga tertentu di sistem. Selain itu, pengguna juga bisa menyediakan likuiditas di protokol ini untuk mendapatkan biaya transaksi dan bebas komisi.

Biaya JustSwap

Berapa biaya di JustSwap? Saat ini, JustSwap menetapkan biaya perdagangan sebesar 0,3% dalam pertukaran (exchange) token TRC20 di platform. Biaya transaksi ini dikenakan kepada pengguna yang melakukan pertukaran. Sementara biaya tersebut langsung masuk ke penyedia likuiditas (liquidity pools) tanpa adanya biaya tambahan. Sistem biaya transaksi di sini tidak jauh berbeda dengan protokol likuiditas Uniswap.

Fitur JustSwap

Sebagai protokol likuiditas untuk token TRC20, JustSwap memiliki fitur-fitur utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Instant exchange: Fitur utama dari protokol JustSwap adalah memungkinkan pertukaran token TRC20 jenis apa pun. Sementara pembuat pasar (market makers) bisa mendapatkan keuntungan (profit) tanpa hambatan masuk.
  2. Unlimited liquidity: JustSwap adalah platform exchange dengan likuiditas tanpa batas untuk proyek cryptocurrency, trading platform, dan banyak lagi. Selain itu, JustSwap tercatat memiliki ribuan pedagang (traders).
  3. Kenyamanan: JustSwap memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam bertransaksi, seperti dalam hal matching orders secara otomatis.
  4. Akses luas: JustSwap adalah protokol yang tersedia untuk banyak pengguna dan menyediakan layanan dan pasar keuangan yang tidak hanya terbuka, tetapi juga adil, seperti yang ditegaskan oleh TRON.
  5. Profitabilitas maksimal: Setiap pengguna bisa menghasilkan profit maksimal melalui biaya pemrosesan dan tanpa komisi.

Cara Kerja JustSwap

Sebagaimana yang telah dijelaskan, JustSwap adalah protokol likuiditas yang memungkinkan transaksi secara otomatis antar pedagang dengan token TRC20. Cara kerja JustSwap adalah melakukan matching orders secara otomatis untuk setiap transaksi masuk dari para pedagang. Ini didukung dengan smart contract dan bekerja secara independen, terdesentralisasi, serta tanpa otoritas pusat. Platform ini mendukung pertukaran token, menyediakan dan menambah likuiditas, dan memastikan legitimasi melalui fungsi x* y = k.

Dompet (Wallet) JustSwap

Karena JustSwap adalah platform pertukaran terdesentralisasi berbasis TRON, pengguna membutuhkan dompet atau wallet TRON agar dapat beraktivitas melalui dApps di jaringan TRON. JustSwap juga support untuk dompet TRON terpopuler, TronLink. Dompet ini dapat di-download dan di-install dengan mudah dan tersedia untuk ekstensi browser, unduh via Google PlayStore serta mobile app berbasis Android.

Cara Menggunakan JustSwap

Langkah-langkah dan cara menggunakan JustSwap adalah sebagai berikut:

  1. Hubungkan wallet TronLink ke JustSwap. Silakan masuk ke TronLink dan visit JustSwap. Lalu, klik tombol “connect to wallet” untuk mengoneksikan dompet ke platform.
  2. Swapping token di JustSwap. Tahap berikutnya yakni menukar token di platform JustSwap alias memperdagangkan token TRC20 dan TRX.

JustSwap adalah platform perdagangan otomatis, sehingga tidak membutuhkan order books. Penetapan harga di platform dilakukan otomatis. Sebagai pengguna, Anda hanya perlu memasukkan jumlah koin kripto yang dingin ditukar (swap) dan memilih koin yang ingin diterima sebagai imbalan (return).

Selain itu, pengguna juga bisa melihat jumlah minimum token yang diterima dan biaya yang harus dibayarkan untuk transaksi sebelum melakukan pertukaran (swap).

Setelah klik tombol “swap”, Anda harus klik “konfirmasi” agar transaksi dapat dilakukan di TronLink Anda.

Cara Menambahkan Likuiditas ke JustSwap

Langkah-langkah dan proses menambahkan likuiditas ke JustSwap adalah sebagai berikut:

  1. Hubungkan TronLink ke JustSwap.
  2. Klik “pool”, lalu klik “add liquidity”.
  3. Tambahkan likuiditas ke liquidity pool JustSwap: pertama, pilih sebuah pasangan token (pair), lalu masukkan jumlah untuk satu token. Nantinya akan muncul perhitungan otomatis dalam jumlah yang dibutuhkan untuk token lainnya. Anda mesti memberikan nilai yang sama untuk setiap token ke liquidity pool.

TRON, Sektor DeFi, dan JustSwap

Justin Sun, pendiri TRON, membagikan idenya agar TRON masuk ke sektor decentralized finance (DeFi). Selama satu tahun terakhir, popularitas industri cryptocurrency semakin meningkat saat DeFi bertumbuh sangat pesat. Langkah TRON di sektor DeFi dimulai dari JustSwap, sebuah decentralized exchange (DEX) dengan konsep automated market maker (AMM) serupa seperti Uniswap.

Proses pembangunan di ekosistem TRON tidak terlepas dari kesuksesan protokol DeFi baru yang menampilkan sistem pertanian hasil alias yield farming. Yang paling menarik, protokol ini mirip dengan protokol Ethereum (seperti Yam.Finance). Tron memperoleh protokol DeFi yang mirip seperti Yam.Finance setelah JustSwap diluncurkan dengan TronFi terkemuka.

Beberapa protokol DeFi berbasis TRON (TRON-based DeFi) lainnya seperti Pearl.finance (PEARL), Carrot.finance (CRT), dan Salmon.finance (SLM) juga telah diluncurkan dan semuanya berhasil menawarkan insentif terbaik untuk liquidity mining. Ini menarik investor untuk lebih banyak menyetor USDT, TRX, dan token lainnya ke protokol sehingga dapat mencetak token tata kelola (governance token).

Meskipun traksi yang dihasilkan protokol DeFi belum jelas, ada peluang besar bagi blockchain TRON untuk bertumbuh mengingat biaya blockchain Ethereum yang relatif tinggi. Yang pasti, ekosistem DeFi TRON meningkatkan value dan harga pasar TRX. Bahkan, tidak sedikit yang berekspektasi bahwa TRON bisa menjadi pemain inti di sektor DeFi dengan dominasi yang tidak kalah dengan pemain lama.

Pandangan Akhir

JustSwap adalah platform berbasis TRON yang menyediakan pertukaran token TRC20 secara instan untuk pedagang. Ekosistem ini sangat disukai oleh TRON karena akan menciptakan keuntungan bagi pembuat pasar (market maker). Selain itu, protokol JustSwap juga menyediakan likuiditas tak terbatas untuk ribuan pedagang dan banyak aplikasi, serta memberikan profit maksimal melalui biaya transaksi tanpa komisi.

Prospek kedepannya untuk TRON sebagai penyedia protokol JustSwap adalah adanya peningkatan optimal untuk akses yang lebih luas di sektor cryptocurrency, kasus penggunaan baru, dan memaksimalkan potensi decentralized finance (DeFi). Selain itu, saat ini TRON juga tercatat menjadi salah satu crypto coin berbasis games blockchain teratas dan terbaik di pasar.

Pengumuman terbaru: crypto SUN (atau SunSwap) mengakuisisi JustSwap, dan platform sedang dalam rencana peningkatan.

Leave a Comment