Present Value Adalah: Rumus, Cara Menghitung, Contoh Soal, Analisis

Secara ringkas, arti present value adalah nilai sekarang. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan present value atau PV? Artikel ini akan menyajikan materi present value secara lengkap. Mulai dari definisi present value, rumus present value, contoh present value, cara menghitung present value, dan analisis present value.

Pengertian Present Value (PV)

present value PV

Apa itu present value (PV)? Istilah ini sering terdengar dalam dunia investasi dan keuangan. Secara umum, present value adalah sebuah perhitungan nilai uang hari ini dari arus kas (cash flow) yang akan diterima di masa depan dengan pertimbangan tingkat suku bunga (interest rate) dan inflasi. Present value juga dapat disebut sebagai nilai diskon (discounted value).

Berikut beberapa indikasi dari present value (PV).

  • Present value atau PV adalah sebuah asumsi bahwa jumlah kas atau uang saat ini memiliki nilai yang berbeda daripada jumlah kas masa depan.
  • Present value adalah menyatakan bahwa uang hari ini akan bernilai lebih besar di masa depan karena adanya penerimaan tingkat bunga dan pengembalian tertentu.
  • Perhitungan present value mengindikasikan bahwa jika uang hari ini yang tidak digunakan secara produktif, itu akan kehilangan nilai karena tergerus inflasi.

Pada dasarnya, present value (PV) berbicara tentang bagaimana melihat arus kas masa depan (future cash flow) dan mematoknya pada nilai sekarang. Ini menggunakan konsep diskonto sehingga perhitungan present value bertumpu pada tingkat diskonto.

Konsep present value dapat digunakan dalam konteks menilai pengembalian investasi atau return on investment (ROI) dan bisa juga untuk menghitung kewajiban atau utang.

Baca juga: Net Present Value (NPV)

Rumus Present Value (PV)

Bagaimana cara menghitung present value (PV)? Rumus present value adalah PV = FV / (1 + r)^n.

Keterangan, FV adalah future value atau nilai masa depan; r adalah rate atau tingkat suku bunga atau pengembalian; dan n adalah number of periods atau jumlah periode.

Langkah-langkah cara menghitung present value adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan proyeksi jumlah pendapatan masa depan (future value) yang akan dihasilkan.
  2. Tentukan periode waktu yang diinginkan dalam perhitungan.
  3. Tentukan tingkat suku bunga yang diharapkan selama periode waktu tertentu.
  4. Hitung dengan menggunakan rumus present value tersebut dengan memasukkan data-data atau angka-angka yang telah ditentukan.

Contoh Soal Present Value (PV)

Anda berencana untuk menyiapkan biaya pendidikan anak. Setelah diperkirakan, Anda membutuhkan total dana sebesar Rp 100 juta pada 2 tahun mendatang. Sementara itu, ada opsi untuk mendapatkan penghasilan dari bunga deposito bank sebesar 4% per tahun, atau return saham 10% per tahun, atau pengembalian cryptocurrency 50% per tahun.

Jika Anda memilih menempatkan dana di bank dengan rate 4% per tahun, berapa uang yang dibutuhkan agar 2 tahun kemudian uang Anda terkumpul Rp 100 juta?

  • PV = FV / (1 + r)^n
  • PV = 100 juta / (1 + 0,04)^2
  • PV = 100 juta / (1.0816)
  • PV = 92,46 juta

Jika Anda memilih saham dengan estimasi return 10% per tahun, uang hari ini yang dibutuhkan untuk mencapai Rp 100 juta dalam 2 tahun ke depan adalah sebagai berikut.

  • PV = FV / (1 + r)^n
  • PV = 100 juta / (1 + 0,1)^2
  • PV = 100 juta / (1.21)
  • PV = 82,65 juta

Jika Anda memilih instrumen cryptocurrency dengan estimasi return 30% per tahun, maka uang yang perlu disediakan hari ini agar menjadi Rp 100 juta dalam 2 tahun adalah sebagai berikut.

  • PV = FV / (1 + r)^n
  • PV = 100 juta / (1 + 0,3)^2
  • PV = 100 juta / (1.69)
  • PV = 59,17 juta

Analisis Nilai Present Value (PV)

Setelah menghitung nilai present value dari sejumlah kasus pada contoh soal sebelumnya, apa yang bisa disimpulkan? Pertama, jika menempatkan dana dalam deposito bank, Anda perlu menyiapkan uang Rp 92,46 juta sehingga dalam dua tahun menjadi Rp 100 juta.

Sementara itu, jika Anda menempatkan dana di saham perusahaan, Anda dapat menyediakan uang  lebih sedikit untuk mencapai Rp 100 juta dalam 2 tahun, yakni Rp 82,65 juta. Jika Anda memilih opsi terakhir, yakni investasi cryptocurrency, Anda hanya membutuhkan Rp 59,17 juta agar dalam 2 tahun menjadi Rp 100 juta.

Apa yang membedakan? Ya, tingkat pengembalian. Di satu sisi, tingkat bunga deposito adalah yang paling rendah, tetapi jumlahnya lebih pasti. Ini membantu Anda untuk menghitung present value (PV) lebih akurat.

Sementara itu, return saham juga tidak pasti jika Anda mengandalkan capital gain saja karena harga saham masa depan tidak dapat dipastikan. Jika mengandalkan dividen, Anda dapat memilih perusahaan profitable yang konsisten membagikan dividen. Akan tetapi, tetap saja, jumlah pasti dividen tidak dapat ditentukan, sehingga Anda perlu mengestimasi.

Yang terakhir, perhitungan present value dengan asumsi pengembalian dari crypto adalah yang paling tinggi. Namun, harga crypto sangat volatil dan Anda benar-benar bertumpu dari capital gain atau kenaikan harga. Jika harga crypto tidak berjalan baik, Anda mungkin akan kehilangan uang alih-alih menghasilkan profit. Selain itu, Anda tidak bisa menentukan secara pasti return dari investasi mata uang kripto.

Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan pendidikan anak, opsi paling aman adalah menempatkan dana di instrumen pendapatan tetap. Sebagai conntoh, deposito dan obligasi. Ini memberikan tingkat bunga atau kupon yang telah ditentukan, dan lebih akurat.

Sementara itu, jika memilih saham, Anda perlu berinvestasi di perusahaan yang konsisten membagikan dividen. Artinya, Anda perlu membeli saham perusahaan yang menguntungkan karena perusahaan yang membukukan kerugian tidak akan membagikan dividen.

Terakhir, Anda disarankan tidak menempatkan dana pada cryptocurrency, mengingat dana yang digunakan adalah untuk kebutuhan primer.

Kelebihan dan Kekurangan Present Value (PV)

Kelebihan menghitung present value adalah perhitungan yang mudah untuk memprediksi uang hari ini yang dibutuhkan untuk mencapai arus kas masa depan dengan tingkat pengembalian yang ditentukan. Dengan demikian, Anda memiliki gambaran jelas terkait jumlah uang yang perlu disediakan. Sementara itu, kekurangan present value adalah mengandalkan proyeksi, tidak ada kepastian, sehingga nilai sekarang perlu dipertanyakan kejelasannya.

Simpulan

Present value adalah perhitungan yang bermanfaat untuk penilaian finansial, seperti investasi, utang, dan lainnya. Meskipun bertumpu pada proyeksi, setidaknya PV dapat memberikan gambaran cepat tentang nilai uang saat ini terkait arus kas masa depan. Dengan rumus yang sederhana, Anda bisa mencoba menghitung dengan kalkulator present value, yang paling mudah adalah via excel. Anda juga dapat membuat tabel present value di sana. Anda mungkin juga bisa memanfaatkan kalkulator online.

Leave a Comment

error: Content is protected !!