Future Value Adalah: Rumus, Contoh Soal, Cara Menghitung, Analisis

Arti future value adalah nilai masa depan. Apa maksudnya? Lalu, bagaimana cara menghitung dan rumus future value? Artikel ini akan membahas materi future value (FV) secara lengkap dan juga dilengkapi dengan contoh soal atau kasus.

Pengertian Future Value (FV)

future value FV

Apa itu future value (FV)? Future value adalah sebuah estimasi untuk memperkirakan berapa nilai uang saat ini di masa mendatang berdasarkan tingkat bunga atau tingkat pertumbuhan tertentu. Nilai masa depan atau future value akan mudah diprediksi jika tingkat pertumbuhan ditentukan secara pasti. Future value dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah uang yang akan dimiliki di masa depan.

Pentingnya Future Value (FV)

Karena fungsi future value adalah memprediksi total uang di masa depan, itu akan membantu investor untuk menilai total uang yang tersedia di masa depan. Karena nilai uang sangat bergantung pada tingkat return, investor biasanya akan menyesuaikan dengan profil risiko mereka. Ada investor yang suka risiko, netral, dan tidak terlalu menyukai risiko. Semakin tinggi risiko investasi, semakin besar nilai investasi. Sebaliknya, semakin kecil risiko investasi, semakin rendah nilai investasi.

Rumus Future Value (FV)

Bagaimana cara menghitung future value (FV)? Pada dasarnya, future value dapat dihitung dengan konsep bunga majemuk dan bunga sederhana. Namun, perhitungan yang paling umum adalah dengan bunga majemuk (compound interest). Dengan demikian, rumus future value adalah FV = PV x (1 + r)^n.

Keterangan:

  • PV adalah present value
  • r adalah rate of return
  • n adalah jumlah periode

Langkah-langkah cara menghitung future value adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan jumlah uang saat ini.
  2. Tentukan periode waktu investasi.
  3. Tentukan tingkat suku bunga atau return selama periode waktu tertentu.
  4. Lakukan perhitungan dengan menggunakan rumus future value dengan memasukkan angka-angka yang telah ditentukan.

Contoh Soal Future Value (FV)

Anda memiliki “uang dingin” sebesar Rp 50 juta. Anda berpikir bahwa daripada menyimpan uang di rekening tabungan, lebih baik uang tersebut diinvestasikan. Kemudian, Anda memilih investasi saham dengan asumsi tingkat return saham adalah 15% per tahun. Anda berencana berinvestasi selama 5 tahun yang mana Anda akan menjual saham pada akhir tahun 2026. Berapa nilai future value (FV)?

  • FV = PV x (1 + r)^n
  • FV = 50 juta / (1 + 0,15)^5
  • FV = 50 juta / (1.3225)
  • FV = Rp287.500.000,-

Jadi, dengan tingkat return 15% per tahun dan modal awal Rp 50 juta, Anda akan memiliki total investasi sebesar Rp287.500.000,- pada tahun 2026.

Baca juga: Rumus dan Cara Menghitung Present Value (PV)

Analisis Future value (FV)

Dari kasus perhitungan future value di atas, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya uang dapat bertumbuh. Artinya, nilai uang Rp 50 juta saat ini bisa menjadi berlipat-lipat di tahun-tahun mendatang. Dengan kata lain, memiliki uang Rp 50 juta saat ini lebih baik daripada memiliki Rp 50 juta di tahun-tahun mendatang. Inilah kemudian yang disebut sebagai konsep time value of money (TVM).

Anda perlu mempertimbangkan tingkat imbal hasil (return) suatu investasi. Return saham sebesar 15% mungkin hanya bersifat estimasi karena harga saham dan kinerja perusahaan di masa depan tidak dapat dipastikan dengan hanya mengacu pada kinerja masa lalu. Ketika instrumen investasi memiliki tingkat return yang pasti, itu akan lebih mudah untuk memprediksi future value.

Kelebihan dan Kekurangan Present value (PV)

Kelebihan future value adalah perhitungan yang relatif mudah untuk memperkirakan nilai investasi di masa depan. Namun, kekurangan future value adalah bertumpu pada tingkat return yang jika masih mengandalkan “estimasi”, nilai masa depan tidak dapat dipastikan. Untuk mendapatkan rate of return yang pasti, sebagai contoh, Anda bisa investasi pada deposito dan obligasi, baik syariah maupun konvensional.

Simpulan

Future value adalah perhitungan yang bermanfaat untuk mengestimasi total uang di masa depan setelah ditambahkan tingkat return. Rumus future value adalah dengan menentukan berapa uang saat ini, berapa tingkat return per tahun, dan berapa periode yang dibutuhkan. Future value memiliki perhitungan yang mudah, dan dapat menggunakan konsep bunga sederhana dan bunga majemuk.

Leave a Comment

error: Content is protected !!