15 NFT Marketplace Terbaik: Raih Cuan Jutaan Dolar!

Non-fungible token atau NFT menjadi sebuah fenomena menarik di pasar, setelah pasar cryptocurrency. Pembahasan tentang NFT akhir-akhir ini semakin panas. Pasalnya, NFT menjadi wadah bagi para seniman (artists) atau content creators untuk menghasilkan karya yang unik. Pasar NFT atau NFT marketplace terbaik dan terbesar kemudian dicari-cari untuk menjadi wadah “cuan” bagi mereka.

Popularitas NFT mecapai puncak, misalnya, saat berhasil mencapai penjualan tinggi. Pemecah rekor penjualan tertinggi diraih oleh artis digital asal Amerika, Mike Winkelmann – dikenal dengan Beeple yang berhasil menjual karya NFT senilai $69 juta dolar atau dalam rupiah setara hampir 1 triliun. Selain itu, mantan CEO Twitter juga berhasil menjual “tweet-nya” sebagai karya NFT senilai $2 juta.

Ada banyak lagi kasus orang-orang yang sukses dan berhasil meraup cuan atau keuntungan dari NFT mereka. Ini tidak terbatas untuk seniman atau creators saja, tetapi bisa dilakukan oleh siapa pun yang memiliki karya unik untuk kemudian dikonveri menjadi NFT. Pasar NFT memang sedang booming dan semakin banyak orang yang tertarik masuk ke sektor industri ini.

Nah, di sini invesnesia akan menyajikan pilihan contoh pasar NFT atau daftar NFT marketplace terbaik. Namun sebelum itu, penting bagi pemula untuk memahami apa itu non-fungible token (NFT) dan apa itu marketplace NFT.

Apa Itu Non-Fungible Token (NFT)?

nft marketplace terbaik

Non-fungible token atau NFT dapat diartikan sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan. Konsep NFT adalah bahwa aset digital yang unik (sehingga tidak dapat dipertukarkan alias tidak sebanding). Sebagai contoh sederhana, lukisan dari si A dan si B mungkin sama-sama bagus, akan tetapi nilai atau value dari karya tersebut tidak akan pernah sebanding. Kenapa? Karena masing-masingnya punya keunikan tersendiri.

Sementara NFT adalah aset yang unik, mata uang fiat dan mata uang kripto (crypto) bisa menjadi contoh aset yang setara. Sebagai contoh, 1 Bitcoin (BTC) yang dimiliki si A sebanding dengan 1 BTC yang dimiliki si B. Atau, $1 milik si A setara dengan $1 milik si B.

Apakah ada hubungan antara NFT dan cryptocurrency? Di dalam konteks crypto, NFT adalah sebuah unit data yang disimpan di blockchain. Ketika disimpan di blockchain, NFT akan lebih mudah diautentikasi. Misalnya, crypto collectibles adalah aset digital langka secara kriptografis dan tidak bisa dipertukarkan (non-fungible). Ini biasanya berupa karakter avatar atau hewan peliharaan. Nah, crypto collectibles sukses dan mendapatkan cuan besar karena sulit (bahkan tidak mungkin) dihancurkan karena properti digital tersebut disimpan di blockchain dengan bantuan smart contract.

Jadi, NFT adalah jenis aset digital unik, sehingga tidak bisa dipertukarkan satu sama lain. Kepemilikan NFT dapat mewakili aset tertentu, bisa berupa foto, musik, karya seni, real estat, baju, tweet, dan sebagainya. Penjelasan selengkapnya tentang NFT silakan klik di sini.

Fungsi Pasar NFT dan Manfaatnya

Apa itu pasar NFT atau marketplace NFT? Sama seperti konsep pasar pada umumnya, pasar NFT adalah wadah bagi pembeli dan penjual untuk bertransaksi jual beli aset digital NFT, mencakup karya lukis, musik, seni digital, video, game, kartu perdagangan, tweet, real estat, dan banyak lagi. Pasar atau NFT marketplace telah bertumbuh pesat dengan penjualan yang meningkat signifikan dari waktu ke waktu, seiring dengan tingginya partisipasi pelaku. Pasar NFT, bagaimanapun, bisa menjadi peluang baru bagi siapapun untuk menciptakan aset digital unik yang bernilai (valuable). Pada akhirnya, NFT marketplace adalah tempat cuan atau menghasilkan profit besar.

Pasar NFT atau Marketplace NFT Terbaik

Ada banyak tempat untuk membeli dan menjual non-fungible token (NFT). Hal ini seiring dengan popularitas pasar atau marketplace NFT yang melonjak drastis akhir-akhir ini. Selain itu, crypto collectibles market juga ikut bertumbuh pesat. Daftar contoh 15 NFT marketplace terbaik dan terbesar di dunia adalah sebagai berikut:

  1. Opensea
  2. Rarible
  3. Atomic Market
  4. Async Art
  5. SuperRare
  6. Axie Marketplace
  7. Larva Labs (Crypto Punks)
  8. Decentraland
  9. Enjin Marketplace
  10. BakerySwap
  11. MakersPlace
  12. Foundation
  13. Mintable
  14. KnownOrigin
  15. Nifty Gateway

1. OpenSea

Dipertimbangkan sebagai NFT marketplace terbaik, terpercaya, dan terbesar di dunia, OpenSea adalah pasar peer-to-peer (P2P) untuk barang digital unik (langka) dan crypto collectibles. Selain menjadi pasar NFT terbesar di dunia, OpenSea juga dianggap pasar aset digitak pertama untuk aset kripto seperti games, crypto collectibles, seni digital, dan lainnya, yang di-support oleh blockchain.

Diluncurkan pada tahun 2017, platform NFT OpenSea memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan NFT unik mereka melalui bantuan smart contract. Alex Atallah adalah founder dari OpenSea yang secara aktif membantu developers untuk menciptakan pasar aset digital yang terintegrasi. Tercatat, pasar NFT OpenSea telah berhasil menjual aset digital mencapai $311,97 juta.

2. Rarible

Pasar NFT terbaik lainnya yang sedang bertumbuh pesat adalah Rarible. Pertumbuah yang baik dari marketplace NFT ini tidak terlepas dari inovasi yang dilakukan dengan menghadirkan sejumlah fitur-fitur baru dan unik, yang tidak dimiliki kompetitor. Melalui Rarible, seniman atau artist dapat berdagang secara langsu tanpa perantara. Alex Salnikov dan Alexei Falin adalah para pendiri Rarible, dan telah membawa platform ini ke volume transaksi hingga $10,26 juta.

3. Atomic Market

Atomic Market dipertimbangkan sebagai salah satu marketplace NFT terbesar yang berhasil menarik hingga 40 ribu pengguna di platform. Pasar NFT ini memungkinkan pengguna untuk membuat, membeli, dan menjual aset digital mereka dengan mudah. Tercatat, ada sekitar 11 juta lebih NFT yang berhasil dibuat di platform ini. Selain itu, API intuitif dari Atomic Market sangat membantu developers untuk membangun pasar NFT sendiri tanpa membutuhkan pengetahuan mendalam tentang smart chain atau teknologi blockhain.

4. Async Art

Bagi Anda yang berprofesi sebagai seniman atau kolektor seni, Async Art adalah pasar digital NFT yang tepat untuk Anda. Salah satu NFT marketplace terbaik ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengumpulkan, memperdagangkan karya seni NFT mereka. Sejak diluncurkan pada bulan Februari 2020, pasar NFT ini berhasil merangkul banyak pengikut (followers). Fitur utama dari digital collectibles market ini adalah “Master” atau “Layers” yang merupakan sebuah inovasi yang dikenal juga sebagai programmable art.

5. SuperRare

Bagi Anda yang menyukai karya digital yang langka, SuperRare dapat menjadi pilihan pasar NFT terbaik untuk kategori itu. SuperRare dikenal karena menyediakan marketplace NFT yang bagus dan sehat bagi artis dan kolektor untuk memperdagangkan crypto collectibles. Platform SuperRare karya seni NFT diautentikasi pada blockchain Ethereum untuk menghindari penipuan. Pasar NFT ini juga memungkinkan Anda – setelah beli NFT – untuk kemudian menjual kembali di pasar sekunder. Platform ini juga memungkinkan pengguna untuk menampilkan koleksi digital mereka melalui VR gallery.

6. Axie Marketplace

Anda mungkin sudah familier dengan Axie Infinity, salah satu crypto dengan fundamental bagus yang menjadi pemimpin pasar di sektor crypto berbasis game NFT. Sementara itu, Axie Marketplace adalah toko digital atau online shop untuk video game Axie Infinity. Axie Marketplace juga dipertimbangkan sebagai salah satu marketplace NFT terbesar di dunia.

Axies sendiri merupakan hewan atau makhluk fiktif yang ada di dalam ekosistem game. Axies dapat dibeli, dilatih, bahkan diadu dengan Axies milik pengguna lain untuk mendapatkan reward. Melalui Axie Marketplace, setiap pengguna dapat membeli Axies baru, termasuk item-item lainnya, sebagai NFT di dalam game. Dengan kata lain, Axies tersebut adalah unik sehingga tidak dapat dipertukarkan.

Selain itu, Axie Shards adalah token Axie Infinity yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Dengan demikian, token tersebut bisa diperjualbelikan di marketplace NFT lainnya, termasuk di crypto exchange seperti Coinbase Global.

7. Larva Labs (CryptoPunks)

CryptoPunks terkenal sebagai proyek NFT collection di blockhain Ethereum yang diluncurkan oleh Larva Labs pada bulan Juni 2017. Sebagai NFT collection pertama yang terdaftar di blockchain Ethereum, CryptoPunks memiliki 10 ribu avatar atau karakter seni digital. Setiap karakter avatar bersifat unik atau tidak ada yang persis sama. Larva Labs sendiri juga memiliki proyek lainnya yang potensial, seperti Meebits, yang dapat ditawarkan dari pasar NFT bawaan perusahaan secara langsung.

8. Decentraland

Selain menjadi cryptocurrency NFT terbaik, proyek Decentraland adalah pasar NFT yang bagus untuk kolektor seni karena banyaknya ketersediaan pilihan. Ada banyak sekali jenis NFT yang bisa diperdagangkan dan dikumpulkan di sini, salah satunya real estat. Esteban Ordano dan Ari Meilich adalah para pendiri Decentraland dan telah menciptakan dua token utama di ekosistem, yakni MANA dan LAND. Untuk membeli crypto collectibles, pengguna dapat menggunakan MANA.

9. Enjin Marketplace

Salah satu pasar NFT yang dapat dipertimbangkan adalah Enjin Marketplace yang menjado pasar intuitif dan ultramodern untuk perdagangan aset blockchain. NFT marketplace ini dapat menyimpan sejumlah koleksi NFT paling langka di dunia, seperti untuk seni, musik, dan games. Selain itu, pengguna bisa memanfaatkan Enjin wallet untuk menyimpan aset kripto dan NFT mereka dengan aman.

10. BakerySwap

BakerySwap adalah pasar NFT yang memungkinkan content creators untuk mencetak NFT mereka sendiri, sehingga perdagangan aset digital di sini menjadi lebih lancar. Sebagai self-titled NFT supermarket, BakerySwap dapat menampilkan berbagai artis terkenal yang menghasilkan karya digital berkualitas tinggi. BakerySwap juga menjadi tempat cuan untuk NFT dengan genre games.

11. MakersPlace

Marketplace NFT terbaik lainnya adalah MakersPlace. Ini menyediakan sejumlah karya digital yang bagus di ekosistem virtual. Platform ini menyediakan proses otentikasi dengan tanda tangan artis langsung dan proses verifikasi di blockchain, sehingga ini akan lebih ketat dan aman. Pasar NFT ini juga memungkinkan pengguna untuk menampilkan karya atau koleksi NFT untuk dilihat oleh pengguna lain.

12. Foundation

Foundation NFT juga menjadi pasar NFT terbaik lainnya yang memfasilitasi gap antara pencipta, penggemar kripto, dan kolektor untuk sama-sama memajukan evolusi crypto. Platform ini menempatkan seniman atau artis di pusat proyek, dan menghasilkan 10% dari setiap transaksi sekunder dengan melibatkan token digital. Foundation app cocok untuk artis yang mencari nilai NFT terbaik.

13. Mintable

Mintable merupakan salah satu NFT marketplace terbaik yang didukung oleh Mark Cuban, salah satu miliarder dunia. Hampir mirip dengan OpenSea, tujuan Mintable yakni menjadi pasar NFT terbuka yang memungkinkan siapa pun untuk membeli dan menjual NFT mereka dengan mudah. Platform ini membutuhkan koin kripto Ethereum, yang dapat dibeli terlebih dahulu di crypto exchange, lalu mengoneksikan wallet ke Mintable untuk membuka akses penawaran dan pembelian di pasar.

14. KnownOrigin

Sebagai pasar NFT yang bagus dan berkembang pesat, KnownOrigin memungkinkan kolektor untuk mengumpulkan karya seni digital unik dan langka. Karya seni NFT di sini diamankan di blockchain Ethereum, dapat diverifikasi, dan mencatat (serta meringkas) riwayat transaksi. Platform ini dianggap menjadi tempat untuk melebur dari kolektor, seniman, dan pecinta cryptocurrency dengan menyediakan pasar yang menguntungkan dan baik untuk ekosistem NFT.

15. Nifty Gateway

Beeple dan Grimer merupakan artis dan musisi yang telah mendapatkan fasilitas dari pasar NFT Nifty Gateway. Pada dasarnya, Nifty Gateway adalah sebuah platform kurasi seni yang di-support oleh pertukaran mata uang kripto (crypto exchange) Gemini. Juga dikenal sebagai Nifties, NFT ini dibangun di atas blockchain Ethereum.

Selain menjadi curated platform, Nifty Gateway juga dapat menampung NFT yang telah dibeli, sehingga NFT tersebut tidak disimpan di wallet sendiri, melainkan disimpan oleh Nifty Gateway dan Gemini. Meskipun cara ini mungkin kurang fleksibel bagi kolektor NFT, platform ini memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata uang fiat seperti USD tanpa perlu membeli koin kripto di awal.

Cara Membeli di Marketplace NFT

Setelah mengetahui dimana tempat membeli dan menjual NFT yang aman dan terpercaya alias NFT marketplace terbaik dan terbesar, lalu bagaimana cara membeli NFT untuk pemula? Secara umum, pasar NFT menggunakan koin kripto dalam bertransaksi.

Dengan kata lain, sebelum beli NFT, Anda terlebih dahulu membeli mata uang kripto (cryptocurrency), misalnya seperti koin ETH dari Ethereum. Hal ini karena sebagian besar platform NFT berjalan di atas blockchain Ethereum. Setelah punya koin kripto, Anda tinggal mengunjungi marketplace NFT terbaik versi Anda, dan terakhir bayar dengan crypto tersebut.

Jadi, ringkasan atas langkah-langkah atau cara membeli NFT di marketplace NFT adalah sebagai berikut:

  1. Beli koin kripto.
  2. Kunjungi pasar NFT.
  3. Lakukan pembelian NFT.

Cara Membuat NFT

Ini menjadi pembahasan menarik, khususnya bagi pemula yang tertarik untuk membuat NFT sendiri. Apalagi bagi seniman atau artis atau content creator, NFT dapat menjadi ladang cuan yang menjanjikan di samping juga mempublikasikan karya seni Anda secara luas dan berbasis digital. Nah, pembahasan mengenai ini sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, silakan baca di sini: Panduan Membuat NFT bagi Pemula.

Pandangan Akhir

Semenjak kemunculan new economy, ada banyak sekali melahirkan produk-produk terbaik berbasis teknologi yang tidak hanya menguntungkan bagi konsumen, tetapi juga menjadi peluang besar bagi produsen untuk menggapai performa maksimal mereka. Ekonomi digital juga seolah-olah tumbuh tanpa hambatan berat. Ini kemudian muncul cryptocurrency dan ekosistem yang di sekitarnya, termasuk non-fungible token (NFT).

Pasar NFT akhir-akhir ini mendapat perhatian besar semenjak seniman dan sejumlah orang yang berkontribusi pada produk digital mampu mengeksekusi penjualan besar. Hal ini juga menggerakkan lebih banyak orang untuk ikut berpartisipasi, selain mengonversi karya mereka menjadi basis digital, peluang cuan dan profitabilitas juga menjadi alasan logis.

Dengan ekosistem digital yang terus bertumbuh, dan sistem tradisional yang semakin ditinggalkan, pasar NFT tampak punya prospek cerah di masa mendatang. Nah, 15 contoh NFT marketplace terbaik dan terbesar 2022 di atas dapat dipertimbangkan jika Anda tertarik untuk mendapatkan cuan dan terlibat di sektor ini.

Leave a Comment