Crypto DeFi Terbaik 2021 untuk Investasi

Sepanjang tahun 2020 hingga awal 2021 menjadi kenaikan fenomenal untuk seluruh industri cryptocurrency. Dalam pertumbuhan itu, sektor industri keuangan terdesentralisasi (decentralized finance) atau DeFi adalah salah satu kontributor yang signifikan. Ya, sejak kemunculannya, crypto DeFi mejadi opsi yang tidak hanya menarik, tetapi juga menjanjikan.

DeFi adalah sebuah sistem yang memanfaatkan teknologi blockchain dalam merancang dunia keuangan yang lebih efisien dan mudah diakses. Ini mencakup berbagai aplikasi keuangan dengan tujuan untuk menghilangkan perantara (seperti halnya perbankan) atau menghapus pertukaran terpusat dari sistem keuangan.

Sejumlah aplikasi, platform, dan token DeFi mampu merevolusi ranah ekonomi crypto dan keuangan secara umum. Lalu, bagaimana DeFi berjalan dan apa saja koin crypto DeFi terbaik yang bagus untuk investasi?

Mengenal Apa Itu DeFi

Decentralized Finance DeFi

Saat menggunakan metode pembayaran digital konvensional seperti kartu kredit, tetap saja melibatkan bank yang menerbitkan credit card tersebut sebagai otoritas transaksi antara pembeli dan penjual.

Sementara itu, dalam keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/DeFi), tidak ada perantara keuangan dan otoritas terpusat yang berada di antara pembeli (pembayar) dan penerima pembayaran (penjual). Tidak ada seorang pun pihak yang mampu menjeda atau menghentikan transaksi tersebut, apalagi mencatat transaksi. Ini karena sistem DeFi yang tidak terpusat (terdesentralisasi).

Sebagian besar platform dan aplikasi DeFi memanfaatkan blockchain Ethereum sebagai tumpuan atau fondasi. Blockchain Ethereum jauh lebih kondusif daripada jenis blockchain lainnya khususnya untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dApp) peer-to-peer (P2P). Keunggulan blockchain Ethereum adalah kontrak pintar yang dijalankan sendiri dengan menggunakan bahasa pemrograman Solidity.

Aplikasi DeFi Terpopuler

Sebelum kita masuk ke pembahasan crypto DeFi terbaik untuk investasi, Anda perlu tahu bahwa ada berbagai jenis aplikasi DeFi, beberapa yang populer adalah seperti decentralized exchange (DEX), stablecoins, prediction markets, lending platforms, dan wrapped bitcoins. Kemudian, juga hadir konsep DeFi terbaru seperti yield farming, liquidity mining, money legos, composability, dan banyak lagi.

Mengapa Ada Hype Di Sekitar DeFi?

Aplikasi DeFi telah dan sedang memperluas cakupan blockchain, seperti platform pinjaman, yield farming, stablecoin, dan sejumlah aplikasi turunan dari DeFi lainnya. Ini membantu blockchain menjadi jauh lebih bermanfaat dan inklusif, termasuk juga kurang stabil (menjadi kekurangan dan tantangan).

Investor mencermati potensi besar di sektor decentralized finance/DeFi. Pengusaha sekaligus miliarder, Mark Cuban juga membandingkan pertumbuhan DeFi dengan hari-hari awal internet. Tercatat, Cuban telah berinvestasi dalam sejumlah protokol DeFi, termasuk AAVE dan Sushiswap.

Daftar DeFi Terbaik 2021

Proyek decentralized finance atau DeFi adalah yang paling menarik perhatian. Ada sejumlah cryptocurrency berbasis DeFi dengan prospek bagus di masa mendatang, berkaca dari pencapaian di masa lalu dan projects yang sedang dikembangkan. Beberapa koin crypto DeFi terbaik adalah sebagai berikut.

  1. Avalanche (AVAX)
  2. Uniswap (UNI)
  3. Chainlink (LINK)
  4. Maker (MKR)
  5. Aave (AAVE)
  6. PancakeSwap (CAKE)
  7. Synthetix (SNX)
  8. UMA (UMA)
  9. Compound (COMP)

1. Avalanche (AVAX)

Avalanche adalah proyek DeFi yang sangat unggul dari sisi blockchain yang dimilikinya. Bahkan, Avalanche mengalahkan Bitcoin, Ethereum, dan Polkadot. Selain itu, Avalanche memungkinkan developers untuk lebih mudah membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Meskipun masih terbilang baru, popularitas crypto ini semakin tinggi. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh para pendiri AVAX yang merupakan ilmuan komputer dengan gelar PhD. Hal ini yang membuat Avalanche dianggap memiliki fundamental yang kuat dan berpotensi bertumbuh pesat dalam jangka panjang.

Dari segi nilai kapitalisasi pasar (market cap), Avalanche (AVAX) mampu merangkak naik ke posisi #13 dan berusaha menuju top #10. Pada saat artikel ini dibuat (11/08/21), AVAX masih berada di posisi #43. Setelah update terbaru (14/9/21), market cap AVAX naik signifikan dan berhasil menduduki posisi #13.

2. Uniswap (UNI)

Uniswap adalah protokol perdagangan crypto terdesentralisasi, memiliki volume perdagangan lebih dari $205 miliar. Protokol Uniswap juga memiliki lebih dari 72.000 penyedia likuiditas dan 200 integrasi DeFi. Sejauh ini, Uniswap telah memfasilitasi lebih dari 40 juta perdagangan.

Dengan berbagai fitur seperti token swap, flash swap, likuiditas yang dapat diprogram, dan oracle harga yang terdesentralisasi dan anti manipulasi, ini sangat bermanfaat bagi developers untuk mengintegrasikan proyek dengan ribuan token crypto dan miliaran likuiditas melalui Uniswap.

3. Chainlink (LINK)

Chainlink membangun kontrak pintar yang terhubung secara universal. Jaringan oracle Chanlink berbasis desentralisasi yang mana menyediakan input dan output yang dapat dipercaya. Tidak hanya itu, jaringan tersebut tidak mudah rusak untuk smart contract yang kompleks pada jenis blockchain apa pun.

Chainlink disegani di semua industri karena kapasitas untuk memberdayakan masa depan kontrak pintar yang besar. Sejumlah protokol DeFi terkemuka, sebagai contoh: AAVE, Yearn.finance, Synthetix, dan Celsius bahkan memanfaatkan layanan Chainlink.

Ini memungkinkan smart chain untuk mengakses berbagai data dunia nyata dan komputasi off-chain, sambil juga mempertahankan keamanan dan keandalan yang menjadi keunggulan teknologi blockchain. Jumlah pasokan maksimum token LINK adalah sebesar 1 miliar LINK, dan pasokan yang beredar saat ini sekitar 444 juta LINK.

4. Maker (MKR)

Maker adalah salah satu crypto DeFi terbaik 2021. Ekosisten Maker terbukti secara efektif melakukan tata kelola terdesentralisasi dan sukses dengan signifikan. Maker juga menjadi dApp terbesar di blockchain Ethereum yang dirancang dan diatur oleh MakerDAO.

DAO adalah singkatan dari Decentralized Autonomous Organization. Sementara itu, MakerDAO adalah terdiri dari para pemegang token MKR yang mempertaruhkan (staking) MKR dan terlibat dalam Maker Protocol. MakerDAO berjalan dengan smart contract.

Selain itu, MakerDAO juga menjadi wadah untuk menghasilkan Dai (DAI), salah satu stablecoin di crypto market. Dengan memanfaatkan Maker Protocol yang merupakan platform open source, itu akan memastikan transparansi, efisiensi, dan stabilitas stablecoin DAI.

5. Aave (AAVE)

Aave adalah protokol DeFi sumber terbuka (open source) yang dibangun dari likuiditas non-penahanan. Aave memungkinkan siapa pun untuk mendapatkan bunga atas deposit dan aset pinjaman. Dengan menggunakan Aave, Anda dapat menyimpan atau meminjam berbagai jenis aset, termasuk DAI, USDC, USDT, WBTC, BUSD, dan banyak lagi. Saat ini, jumlah pasokan token Aave sekitar 13 miliar AAVE dari total pasokan maksimal 16 juta AAVE.

6. PancakeSwap (CAKE)

PancakeSwap adalah koin crypto DeFi terbaik selanjutnya, yang memposisikan diri sebagai pembuat pasar otomatis (automated market maker/AMM) nomor satu di Binance DEX. Dengan menggunakan layanan exchange dari Pancakeswap, Anda dapat membeli dan menjual berbagai cryptocurrency. PancakeSwap farms memungkinkan setiap orang untuk menghasilkan (panen) dengan mempertaruhkan (staking) token kumpulan likuiditas (liquidity pools).

Anda dapat staking token asli platform, yakni CAKE, dan mendapatkan token baru. Tidak hanya itu, Anda juga dapat “membatalkan taruhan (unstake)” toke tersebut kapan pun dengan perhitungan hadiah per blok. Protokol tersebut juga menawarkan peluang untuk memenangkan lotere, dan memperdagangkan barang koleksi. Total pasokan token CAKE saat ini yang beredar mencapai 207 juta CAKE.

7. Synthetix (SNX)

Terkenal sebagai protokol likuiditas derivatif, Synthetix adalah tumpuan perdagangan derivatif di DeFi. Ini membantu Anda unntuk mendapatkan eksposur on-chain untuk berbagai jenis aset dari mana saja. Total nilai yang dikunci di Synthetix lebih dari $2,4 miliar.

Setiap pengguna bisa menerima hadiah dengan memberikan jaminan pada protokol. Ada banyak platform, termasuk Drudge, Kwenta, ParaSwap, dan beberapa proyek serta antarmuka yang memanfaatkan likuiditas derivatif Synthetix. Sementara itu, token asli Synthetix, SNX memiliki total pasokan 215 juta SNX. Pasokan yang beredar saat ini adalah 115 juta SNX.

8. UMA

UMA adalah singkatan dari Universal Market Access. Crypto DeFi ini dapat membantu menciptakan aset sintetis di Ethereum secara yang cepat, fleksibel, dan aman. Selain itu, pengguna DeFi juga dapat mengakses sejumlah instrumen pasar tradisional.

Dengan menggunakan UMA, siapa pun dapat membuat token yang mampu melacak harga hampir semua hal. Mata uang asli platform, token UMA, memiliki total pasokan sekitar 102 juta UMA. Sirkulasi atau jumlah pasoka beredar mencapai 62 juta UMA.

9. Compound

Compound adalah salah satu crypto DeFi terbaik yang menawarkan akses funding dan lending untuk pengguna. Setiap pengguna bisa menyetor aset crypto mereka dalam kumpulan pinjaman (lending pools) yang kemudian akan diakses oleh peminjam (borrowers). Lenders sebagai pemberi pinjaman akan memperoleh bunga (interest). Setelah melakukan deposit, Compound akan memberikan crypto baru kepada lenders yaitu berupa cToken, yang mewakili deposit.

Cara Membeli Koin Crypto DeFi

Untuk membeli token DeFi, Anda harus terlebih dahulu menuju ke bursa yang Anda pilih. Proses pembelian koin crypto DeFi akan berbeda tergantung pada jenis exchanges yang digunakan. Ada dua jenis crypto exchange, yaitu terpusat (centralized exchange) dan terdesentralisasi (decentralized exchange).

Centralized Exchange

Jika Anda ingin membeli token DeFi dari bursa terpusat, Anda harus mendaftar akun dengan memberikan nama resmi dan alamat email. Anda juga harus melalui proses standar mengenal pelanggan Anda (KYC) untuk mengaktifkan akun. Untuk menyelesaikan proses KYC, kirimkan detail pribadi, detail perbankan, dan kartu identitas yang dikeluarkan pemerintah alias KTP.

Setelah persetujuan KYC, buka antarmuka perdagangan dan pilih token yang ingin Anda beli. Jika Anda ingin membeli dengan mata uang fiat, simpan dana di akun Anda. Masukkan jumlah token dan klik tombol konfirmasi perdagangan. Setelah Anda mengklik tombol beli, jumlah fiat yang setara dengan nilai total koin DeFi yang Anda beli akan dipotong dari dompet fiat Anda di bursa.

Contoh bursa kripto terpusat adalah Binance, OKEx, Coinbase, Tokocrypto, Pintu, dll. Sebagai contoh, berbagai koin DeFi terbaik tersedia di OKEx.

koin DeFi di OKEx

Daftar di OKEx

Note: Gunakan Browser versi Desktop

Cara beli koin crypto DeFi di OKEx adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan registrasi/pendaftaran.
  2. Lakukan deposit.
  3. Lakukan pembelian crypto DeFi yang diinginkan.

Decentralized Exchange

Tidak ada proses pendaftaran atau KYC di bursa terdesentralisasi. Satu-satunya hal yang diperlukan untuk membeli token DeFi dari pertukaran terdesentralisasi adalah dompet dan dana crypto yang didukung cukup untuk ditukar dengan token DeFi yang ingin dibeli.

Jika memiliki dana yang cukup, koneksikan dompet Anda dan masuk melalui dompet yang ingin digunakan untuk berdagang. Setelah masuk, antarmuka perdagangan bursa akan muncul. Silakan pilih token yang ingin ditukarkan, atau pilih token yang ingin dibeli. Pilih token tersebut dari menu yang relevan.

Sekarang atur pesanan dengan memilih berapa banyak yang ingin dibelanjakan, atau berapa banyak yang ingin dibeli. Caranya dengan memasukkan angka ysesuai pada menu yang relevan.

Di akhir menu pesanan, pertukaran akan menunjukkan berapa banyak yang dapat Anda harapkan untuk diterima. Jika Anda merasa puas dengan angka yang dilihat, selesaikan pesanan dengan cara klik tombol konfirmasi perdagangan.

Apakah Investasi Crypto DeFi Lebih Menguntungkan?

Meskipun tidak bisa dikatakan secara absolut bahwa semua jenis token DeFi memiliki level yang sama dalam hal utilitas dan nilai, sejumlah token dan protokol DeFi juga terbukti menjadi investasi yang lebih menguntungkan dan aman daripada yang lain.

Protokol DeFi menawarkan fungsionalitas luas. Ruang DeFi juga memberikan lebih banyak peluang bagi investor ritel untuk menghasilkan keuntungan atau pendapatan pasif. Sementara itu, pemegang token DeFi dapat menyetor dana ke dalam liquidity pools untuk mendapatkan lebih banyak token.

Beberapa protokol yang dapat menambah profit yaitu adanya fasilitas tambahan seperti peningkatan rasio pinjaman terhadap nilai, pemotongan biaya, dan hadiah taruhan. Semakin banyak utilitas, semakin besar nilai token.

Kelebihan (Pro) dan Kekurangan (Kontra) Crypto DeFi

Investasi pada koin crypto DeFi adalah salah satu yang menguntungkan berdasarkan proyek yang mereka tawarkan. Namun, tidak ada proyek crypto yang sempurna, pasti terdapat sejumlah kekurangan. Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan, Anda dapat mempertimbangkan manfaat dan keterbatasan dari crypto DeFi berikut ini.

Kelebihan Crypto DeFi

DeFi mendorong aksesibilitas dan inklusi. Dengan menghapus peran perantara, DeFi memungkinkan transaksi P2P yang tidak berkembang pada layanan perbankan. Karena tidak ada perantara yang ikut campur tangan, tidak ada pula risiko transaksi yang diblokir atau tidak ada akun yang dicabut. Siapa pun dapat meminjamkan atau meminjam dari smartphone secara instan.

Dibangun di atas lapisan Ethereum, jaringan DeFi punya node yang dapat diverifikasi, ini membuatnya tahan terhadap kerusakan. Aplikasi DeFi juga inovatif dan serbaguna yang mana membuat seluruh sistem keuangan menjadi fleksibel dan siapa pun dapat berdagang dalam aset yang terbagi.

Kekurangan Crypto DeFi

DeFi juga memiliki kekurangan, pastinya. Seluruh domain teknologi blockchain saat ini mengalami pergeseran. Perubahan sering terjadi dan membawa ketidakstabilan pada DeFi. Sebagai contoh, protokol yang mengubah mekanisme konsensus akan menimbulkan risiko yang tak terduga terhadap proyek DeFi.

Kemudian, blockchain host mungkin saja tidak memiliki potensi skalabilitas yang ideal sehingga dapat menimbulkan masalah untuk protokol DeFi. Transaksi juga akan memakan waktu lama untuk dituntaskan, dan menjadi mahal selama terjadi kemacetan jaringan.

Cacat dalam kode smart contract juga berisiko terhadap hilangnya dana dari protokol. Protokol DeFi menghadapi tantangan terkait likuiditas dan interoperabilitas yang rendah. Namun, sejumlah protokol baru muncul yang mampu menangani masalah ini secara langsung.

Bagaimana Prediksi Harga DeFi Crypto Coin?

Jika kebanyakan orang tertarik dengan solusi pinjaman, pertukaran, asuransi, perdagangan margin, yield farming, maka prospek crypto DeFi akan cerah di masa depan. Ini juga akan memberikan pengaruh pada harga crypto DeFi yang semakin meningkat.

Selain itu, sejumlah eWallet yang menjadi tumpuan utama transaksi blockchain, juga menghadapi tantangan untuk memastikan akses yang transparan, mudah untuk penyimpanan dana, dan aman.

Berbagai fitur utilitas protokol juga mendorong investor baru untuk bergabung, sedangkan investor lama menambah jumlah investasi. Konsekuensinya, akan terjadi lonjakan likuiditas dan volume perdagangan dan ini akan membantu harga koin crypto DeFi terbaik terapresiasi pada tahun 2021, 2022, dan tahun-tahun berikutnya.

Kapitalisasi Pasar DeFi

DeFi terbaik dari segi market cap

Seperti yang diketahui, ada banyak proyek crypto berbasis decentralized finance/DeFi yang diperdagangkan di bursa kripto (crypto exchange). Jika diestimasi, total kapitalisasi pasar (market cap) crypto DeFi hampir $100 miliar. Sementara itu, ada 10 crypto DeFi teratas dari segi market cap adalah sebagai berikut (data per 11 Agustus 2021 by coinmarketcap).

  1. Uniswap (UNI) = $17,40 miliar
  2. Chainlink (LINK) = $11,28 miliar
  3. Wrapped Bitcoin (WBTC) = $8,92 miliar
  4. Terra (LUNA) = $7,08 miliar
  5. Dai (DAI) = $5,83 miliar
  6. Aave (AAVE) = $5,29 miliar
  7. PancakeSwap (CAKE) = $4,06 miliar
  8. The Graph (GRT) = $3,66 miliar
  9. Maker (MKR) = $3,42 miliar
  10. Avalanche (AVAX) = $2,94 miliar

Simpulan

Itulah beberapa contoh coin crypto DeFi terbaik 2021 yang dapat dipertimbangkan sebagai instrumen investasi menguntungkan. Untuk mencapai potensi maksimal, protokol DeFi harus mengoptimalkan interoperabilitas. Selain itu, DeFi juga harus meningkatkan aksesibilitas, inklusi, otonomi, dan transparansi. Meskipun sudah ada, jika ditingkatkan lebih tinggi, ini akan menjadi keunggulan DeFi tak terbantahkan. Dengan demikian, prospek DeFi semakin meyakinkan di masa depan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!