Review Bybit 2023: Crypto Exchange Spot & Derivatif Non KYC - Invesnesia.com

Review Bybit 2023: Crypto Exchange Spot & Derivatif Non KYC

Artikel Terpanas >>

Berikut ini adalah review lengkap tentang Bybit, platform crypto exchange terbaik dan terpopuler di dunia tahun 2023 yang menyediakan pasar spot dan derivatif terlengkap. Fitur staking crypto Bybit memberikan APY tertinggi dan fee transaksi trading yang sangat kecil. Bybit juga menjadi pertukaran kripto terbesar berbasis non KYC.

Gambaran Umum tentang Bybit Exchange

platform web Bybit

Kunjungi Bybit

Dengan lebih 10 juta pengguna di lebih 180 negara di dunia, Bybit adalah platform crypto exchange terpopuler yang berfokus pada derivatif kripto, meskipun juga menyediakan pasar spot.

Dengan kata lain, Bybit merupakan cryptocurrency derivative exchange yang memungkinkan investor untuk trading crypto dengan leverage di ratusan mata uang kripto yang tersedia dalam platform. Bybit menawarkan leverage maksimal hingga 100x.

Popularitas Bybit semakin mentereng berkat kebijakan tanpa KYC (know your customer) sehingga setiap pengguna dapat mendaftar dengan mudah tanpa harus melakukan verifikasi identitas di platform. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah membuka akun, menyetor dana (deposit), melakukan jual beli crypto coins, melakukan staking, dan termasuk menarik aset (withdrawal) tanpa KYC.

Catatan khusus:

  • Bybit menjadi bursa derivatif teratas dan dipertimbangkan sebagai yang terbesar di sektornya. Sebagai crypto derivative exchange, Bybit memungkinkan investor untuk trading dengan leverage (perdagangan margin) untuk memaksimalkan potensi keuntungan. Namun, penggunaan leverage juga akan meningkatkan risiko perdagangan.
  • Contoh penggunaan leverage crypto: katakanlah Anda mengambil leverage 1:3, ini berarti jika Anda melakukan deposit sebesar $100 di akun trading Anda, Anda dapat melakukan membuka posisi perdagangan hingga senilai $300. Selisih $200 merupakan pinjaman (utang) yang diberikan oleh Bybit.
  • Apa itu derivatif? Ini merupakan instrumen keuangan (dapat disebut ‘kontrak’) yang menyandarkan nilainya pada aset dasar (underlying assets). Dengan kata lain, Anda tidak benar-benar memiliki aset tersebut, melainkan hanya berupa kontrak untuk membeli (buy) atau menjual (sell) aset pada harga tertentu di masa mendatang.
  • Crypto futures menjadi opsi paling populer untuk trading derivatif yang umumnya menawarkan jenis kontrak abadi (perpetual contract). Perpetual contract tidak memiliki tanggal kadaluarsa sehingga investor dapat menahan aset dalam jangka waktu tak terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Bybit Exchange

Kelebihan:

  • Platform crypto derivative terbaik di pasar. Bybit dipertimbangkan sebagai bursa kripto derivatif teratas di dunia karena memberi fokus lebih pada sektor ini.
  • Leverage crypto hingga 100x. Dengan modal awal trading $100, Anda dapat membuka posisi perdagangan hingga $10.000 di platform Bybit.
  • Teknologi dan tools yang canggih. Bybit mengklaim mampu memproses 100 ribu transaksi per detik yang benar-benar sangat cepat melebihi pesaingnya. Selain itu, Bybit menyediakan charting tools dengan banyak fungsi dan fitur tambahan.
  • Sumber daya pendidikan yang lengkap. Melalui Bybit Learn, investor dan trader pemula dapat mempelajari semua hal di ruang cryptocurrency.
  • Fee transaksi derivatif rendah. Bybit mengenakan biaya perdagangan sebesar 0,01% (maker) dan 0,06% (taker).
  • Fee transaksi spot kecil. Bybit menetapkan biaya perdagangan sebesar 0,1% untuk maker dan taker.
  • Kebijakan deposit yang mudah. Pengguna baru dapat melakukan deposit minimum di Bybit dengan nominal sangat kecil mulai dari IDR 15 ribu atau sekitar 0,98 USDT. Deposit di Bybit langsung dengan IDR yang dapat dikonversi ke USDT, BTC, dan ETH. Metode pembayaran tersedia melalui bank transfer.

Kekurangan:

  • Tidak diregulasi di Sama seperti perusahaan crypto exchange global lainnya, Bybit sama sekali tidak diatur di Indonesia atau tidak terdaftar di Bappebti atau OJK.
  • Derivatif kripto menawarkan risiko tinggi. Di satu sisi, perdagangan dengan leverage (leveraged trading) dapat memaksimalkan keuntungan dengan modal kecil, tetapi di sisi lain meningkatkan risiko kebangkrutan. Oleh karena itu, manajemen risiko sangat diperlukan. Derivatif kripto lebih cocok untuk trader profesional dan berpengalaman.

Pasar yang Tersedia di Bybit

  • Derivative (Futures and Options)
  • Spot
  • 400+ crypto coins

Proof of Reserve

Bybit memiliki bukti cadangan (proof of reserve) yang diaudit yang menampilkan saldo pengguna yang didukung 1:1.

Metode Deposit

Bybit menyediakan tiga pilihan untuk membeli crypto atau mendanai akun, yaitu melalui fitur beli dalam sekali klik, P2P, dan Setoran Fiat. Ini mendukung berbagai metode pembayaran terpopuler bagi pengguna Indonesia, antara lain:

  • Transfer bank
  • BCA Mobile
  • DANA
  • OVO
  • GoPay

Fitur-fitur Bybit

Bybit adalah crypto exchange terpopuler berkat menawarkan berbagai fitur bermanfaat bagi pengguna untuk memanjakan pengalaman trading mereka. Berikut fitur-fitur utama di Bybit.

  1. Buy Crypto. Akses mudah dan instan untuk membeli mata uang kripto. Ini terdiri dari One-Click Buy, Perdagangan P2P (gratis biaya atau 0 fee), Fiat Deposit (top up saldo dengan transfer dan kartu bank), dan Crypto Deposit (setoran kripto ke akun Spot).
  2. Banyak instrumen perdagangan. Bybit adalah platform crypto exchange terlengkap yang menyediakan jenis perdagangan terbanyak, termasuk Spot Trading, Margin Trading, dan Leveraged Tokens. Selain itu, juga tersedia Trading Bots, Launchpad, dan ByVotes.
  3. Ini termasuk Portal Derivatif, USDT Perpetual, USDC Perpetual, Copy Trading, USDC Options, dan Inverse Contract.
  4. Pilihan untuk Staking. Bybit merupakan platform dan aplikasi staking crypto untuk menghasilkan uang atau crypto gratis tambahan melalui fitur “Earns”. Fitur ini terdiri dari Savings, Liquidity Mining, Dual Asset, dan Launchpool.
  5. NFT Marketplace. Bybit menyediakan akses untuk beli dan jual ribuan NFT tanpa biaya gas.
  6. Crypto Loans. Bybit memberi akses kepada pengguna untuk meminjam dengan jaminan menggunakan salah satu aset atau token kripto yang dimiliki pengguna. Beberapa keunggulan yang ditawarkan termasuk LTV tinggi, bayar kapan pun tanpa penalti, dan terima aset pinjaman secara instan.
  7. Copy Trading. Meniru strategi trading dari Master Traders di Bybit.
  8. Rewards Hub. Cara menghasilkan penghasikan tambahan dengan menyelesaikan tugas-tugas sederhana. Hadiah yang diberikan hingga $4000 USD dari Bybit dalam kupon.
  9. Program Insentif BitDAO. Pilihan untuk memegang token utilitas asli Bybit untuk menaikkan status VIP pengguna dan dapatkan akses ke lebih banyak
  10. Program VIP. Program VIP untuk pengguna dengan volume trading bulanan tinggi akan memperoleh hadiah, diskon, dan kupon.
  11. Launchpad & Launchpool. Fitur untuk mendapatkan akses awal ke token baru dengan harga pre-market.
  12. Sumber Daya Pendidikan. Bybit Learn adalah blog edukasi yang luas dan lengkap untuk belajar segala hal tentang sektor cryptocurrency dan teknologi blockchain, termasuk decentralized finance (DeFi), NFT, Web3, dan banyak lagi.
  13. P2P Marketplace. Transaksi perdagangan USDT, USDC, BTC dan ETH dengan harga kesepakatan atau telah dinegosiasikan sebelumnya.
  14. Fee trading 0% di Spot. Setelah baru-baru ini mencapai 10 juta pengguna, Bybit merayakannya dengan menawarkan biaya perdagangan crypto coins hingga 0% di pasar
  15. Dukungan Pelanggan 24/7. Bybit menyediakan layanan pelanggan optimal dan tersedia dalam 20 bahasa, termasuk salah satunya bahasa Indonesia.

Baca juga: Binance vs Bybit: Mana yang Lebih Baik?

Jenis Perdagangan yang Tersedia di Bybit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Bybit adalah platform trading crypto terlengkap karena menawarkan banyak akses perdagangan kepada pengguna.

1. Derivatives

Perdagangan derivatif yang tersedia yaitu:

  • USDT Perpetual: Perpetual contract dengan menggunakan USDT sebagai jaminan.
  • USDC Perpetual: Perpetual contract dengan menggunakan USDC sebagai jaminan.
  • Inverse Perpetual & Futures: Perpetual contract dan futures dengan menggunakan token kripto yang dipilih sebagai kolateral.
  • USDC Options: Kontrak opsi dengan menggunakan USDC sebagai agunan.

2. Spot Trading

Transaksi beli dan jual berbagai jenis token kripto di pasar spot. Tersedia ratusan pasangan mata uang kripto teratas dengan kutipan stablecoin (USDT, USDC, dan DAI), Bitcoin (BTC), dan fiat (EUR).

3. Margin Trading

Transaksi beli dan jual beragam token kripto teratas di pasar dengan dana pinjaman (utang) untuk menghasilkan keuntungan.

4. Leveraged Token

Trading di berbagai token kripto tanpa khawatir dengan risiko dilikuidasi.

5. Trading Bot

Perdagangan aset kripto otomatis yang telah dikonfigurasi sebelumnya dan tanpa kode.

6. Launchpad

Pilihan untuk berinvestasi dalam proyek atau token crypto baru dengan harga pra-pasar sebelum token terdaftar (listing) di pasar spot.

7. Copy Trading

Salin aktivitas dan strategi investor sukses untuk mendapatkan hasil yang sama seperti mereka.

8. P2P Trading

Transaksi jual beli untuk USDT, USDC, ETH, dan BTC ke pengguna lainnya dengan harga yang telah disepakati.

9. One-Click Buy

Beli berbagai mata uang kripto secara instan dalam satu klik dengan fiat, tersedia berbagai metode pembayaran termasuk transfer dan kartu bank, e-wallet (DANA, OVO, dan Gopay), dan lainnya.

Apakah Bybit Menyediakan Staking Crypto?

fitur untuk menghasilkan uang crypto gratis di Bybit exchange

Daftar di Bybit

Ya, Bybit menyediakan empat jenis staking yang berbeda, yaitu Bybit Savings, Liquidity Minings, Dual Asset, dan Shark Fin. Semua fitur ini tersedia melalui menu “Bybit Earn”. Berikut rinciannya:

  • Tabungan Bybit (Savings). nikmati APY tinggi yang dijamin dan penarikan kapan pun.
  • Penambangan Likuiditas. Tambahkan likuiditas dan nikmati yield tinggi dengan leverage serta investasikan kembali dengan satu klik.
  • Aset Ganda: Pilihan staking token jangka tetap pendek dalam durasi 1, 3 atau 5 hari pada double sided-staking dengan USDT pada puluhan token berbeda yang menawarkan APY sangat tinggi hingga 500%.
  • Shark Fin: Produk staking yang dijamin prinsipal yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan ekspansi atau kontradiksi volatilitas untuk mata uang kripto

Regulasi Bybit: Apakah Crypto Exchange Bybit Tepercaya?

Situs web Bybit menjelaskan bahwa Bybit adalah platform crypton exchange tepercaya karena perusahaan secara resmi terdaftar di The British Virgin Islands (BVI), seperti yang tertulis di situs web Bybit. Perusahaan berkomitmen untuk mengikuti hukum dan peraturan yang berlaku serta mempertahankan standar kepatuhan dan keamanan tinggi.

Selain itu, Bybit meningkatkan keseriusan terkait perlindungan kepada pengguna dengan mendapatkan lisensi dari IFSC Belize dan memenuhi standar peraturan anti pencucian uang dan uji tuntas pelanggan yang ketat.

Apakah Bybit Aman?

Bybit adalah platform crypto exchange yang memastikan perlindungan berlapis kepada pengguna dan menggunakan standar keamanan tinggi. Bybit telah mengadopsi teknologi enkripsi SSL paling canggih, autentikasi dua faktor, dan cold wallet berbasis multi-tanda tangan (98% aset disimpan secara offline). Selain itu, Bybit juga menyelenggarakan program hadiah bug yang mendukung peretas etis untuk melaporkan setiap celah yang ada dalam sistem perusahaan.

Apakah Bybit Mendukung Pengguna Indonesia?

Informasi terkait negara-negara yang dibatasi oleh Bybit tidak menyebutkan Indonesia sehingga dalam hal ini pengguna atau investor Indonesia memiliki akses ke platform Bybit. Beberapa contoh negara yang dilarang adalah Amerika Serikat (AS), Singapura, dan China.

Apa Itu BIT dan BITDAO?

BIT adalah token crypto asli dari BitDAO (organisasi otonom terdesentralisasi) yang berfungsi sebagai token tata kelola untuk memberi insentif atas partisipasi publik dalam proses pengambilan keputusan. Tujuan BitDAO adalah untuk membangun infrastruktur keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/DeFi) untuk aset-aset digital, termasuk stablecoin dan derivatif.

Setiap pengguna dapat memberikan hak suara (voting) mereka pada proposal dengan menggunakan token BIT. Ini dihitung secara proporsional berdasarkan jumlah token yang dimiliki. Pada gilirannya, ini memungkinkan proses pengambilan keputusan secara terdesentralisasi dan memastikan bahwa semua pemegang token memiliki hak suara untuk menentukan arah proyek ke depan.

Tim BitDAO terdiri dari para ahli dan profesional yang berpengalaman di bidang teknologi blockchain, keuangan, dan manajemen produk. Selain itu, tim juga didukung oleh para penasihat yang merupakan pemain utama industri seperti Huobi Group dan Neo Global Capital.

Pasar NFT Bybit

Bybit NFT Marketplace

Pasar NFT Bybit adalah platform untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan non-fungible token (NFT) secara langsung di bursa Bybit. NFT Bybit mencakup berbagai jenis koleksi seperti seni digital, item dalam game, dan tiket acara. Setiap pengguna dapat memverifikasi kepemilikan dan keaslian aset NFT mereka melalui pengidentifikasi kriptografi unik yang tertanam dalam setiap token.

Selain itu, pengguna juga dapat ikut berpartisipasi dalam acara spesial seperti lelang dan limited drops untuk mendapatkan token langka dan eksklusif. Namun, ini tidak mendukung proyek NFT teratas dan terpopuler di NFT marketplace utama seperti OpenSea atau Rarible.

Aplikasi Seluler Bybit

Selain akses yang tersedia di platform web, Bybit exchange juga tersedia di perangkat seluler untuk Android dan iOS.

aplikasi Bybit Android di play store

Bybit mobile app di Play Store mendapatkan popularitas tinggi dengan total unduhan lebih 5 juta pengguna dengan lebih 85 ribu reviews serta 4,5 ratings.

aplikasi Bybit iOS di app store

Sementara itu, Bybit mobile app di App Store memperoleh lebih 700 ulasan dengan 3,9 ratings.

Cara Daftar di Bybit

Berikut langkah-langkah untuk mendaftar atau membuat akun di Bybit exchange tahun 2023 agar dapat segera memulai investasi dan trading di berbagai crypto coins:

  1. Kunjungi situs Bybit dan klik menu Daftar; Klik di Sini
  2. Isi email yang aktif dan kata sandi; buat akun di bybit
  3. Pelajari terlebih dahulu dan kemudian centang Ketentuan Layanan & Kebijakan Privasi;
  4. Klik Buat Akun.

Cara Deposit di Bybit

jual beli crypto di bybit dengan mudah

Setelah memiliki akun, pengguna baru dapat melakukan deposit awal, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih menu Beli Crypto;
  2. Pilih salah satu opsi pembelian: apakah Beli dalam Sekali Klik, P2P, atau Setoran Fiat;
  3. Masukkan jumlah uang setoran dalam rupiah (minima Rp 15 ribu);
  4. Pilih konversi ke jenis aset kripto yang diinginkan, tersedia USDT, ETH, dan BTC;
  5. Pilih metode pembayaran, tersedia transfer bank, BCA Mobile, OVO, DANA, dan GoPay;
  6. Klik tombol Beli dengan IDR.

Pandangan Akhir

Bybit adalah derivative crypto exchange terbaik di sektornya yang memfasilitasi trading crypto futures terbanyak di dunia serta menawarkan leverage tertinggi hingga 100x. Platform Bybit juga sangat cocok untuk pengguna yang tidak ingin mengungkapkan identitas diri mereka (privasi) berkat kebijakan tanpa KYC. Selain itu, aplikasi Bybit juga menjadi pilihan utama dengan lebih 5 juta pengguna yang menggunakan di smartphone berbasis Android hingga Januari 2023.

Selain itu, Bybit adalah crypto exchange terbaik yang menawarkan banyak fitur lengkap dalam rangka mempertahankan retensi pelanggan melalui kampanye, promosi, dan insentif yang menguntungkan kepada pengguna. Ini terlihat, misalnya, dari fitur Earn untuk menghasilkan lebih banyak crypto dan biaya trading yang relatif kecil untuk spot dan derivatif. Kemudian, materi edukasi yang sangat lengkap melalui Bybit Learn juga mengindikasikan kepedulian perusahaan terhadap investor kripto pemula.

Artikel Terpanas >>