GameFi Adalah Kombinasi Game & Finance, Cara Cuan Crypto Gratis!

Istilah GameFi mulai populer belakangan ini, apalagi dengan kehadiran Axie Infinity, salah satu proyek GameFi yang paling dimiati. Jadi, apa itu GameFi? Singkatnya, GameFi adalah kombinasi dari permainan (game) dengan finance atau menciptakan sistem keuangan melalui games. Ini memungkinkan setiap pemain untuk mendapatkan uang atau hadiah berupa cryptocurrency.

Axie Infinity adalah salah satu proyek GameFi terbaik dengan konsep game play-to-earn, Anda dapat bermain games untuk mendapatkan uang crypto gratis. GameFi saat ini benar-benar mengganggu industri game tradisional.

Konsep game crypto play-to-earn adalah memonetisasi pengalaman bermain game berbasis blockchain. Perbedaannya dengan game tradisional adalah setiap pemain memungkinkan untuk mendapatkan hadiah sungguhan, berupa mata uang kripto.

Nah, kemampuan untuk menghargai pemain (gamers) atas upaya dan waktu mereka menjadi kunci kesuksesan dan popularitas game crypto play-to-earn, biasa disebut GameFi. Sebuah gagasan tentang bermain games untuk benar-benar menghasilkan uang, siapa yang tidak menyukai itu? Semua orang pasti menyukainya.

Apa Itu GameFi?

apa itu GameFi

Seperti yang telah disinggung, GameFi adalah kombinasi dari game dan finance, yang menjadi sorotan utama dalam cryptoverse. GameFi dapat dideskripsikan sebagai sebuah gamifikasi sistem keuangan untuk menciptakan peluang keuntungan dari bermain game crypto play-to-earn.

Proyek video game GameFi beroperasi di buku besar terdistribusi blockchain (blockchain’s distributed ledger), memungkinkan setiap pemain untuk punya kepemilikan item virtual di dalam game yang bisa diverifikasi. Berbeda dengan game tradisional pada umumnya, proyek GameFi mengadopsi model bermain games play-to-earn.

Konsep Awal GameFi

Contoh awal dari konsep GameFi adalah server Minecraft awal yang terintegrasi Bitcoin; Gambit.com; game online seperti Bombermine; dan layanan peer-to-peer (P2P) yang digunakan oleh gamers untuk memonetisasi aktivitas online mereka.

Dalam sebuah pidato pada Konferensi Blockchain Dunia yang diadakan di Wuzhen, China pada bulan November 2019, para founders MixMarvel, sebuah studio game blockchain, menyoroti sebuah kemungkinan penggunaan teknologi blockchain untuk menciptakan revolusi industri video game.

Meskipun begitu, istilah GameFi digunakan pertama kali untuk menggambarkan tren baru ini yang dilakukan oleh Andre Cronje, pendiri Yearn.finance, dalam tweet-nya pada bulan September 2020. Sejak saat itu, istilah GameFi telah banyak digunakan untuk merujuk pada video game yang berbasis elemen keuangan terdesentralisasi dengan dukungan blockchain.

Proyek-proyek ini kemudian memanfaatkan momentum dari popularitas video game dengan fitur unik cryptocurrency, untuk menciptakan GameFi sebagai ruang yang menarik banyak orang.

Cara Kerja Proyek GameFi

Meskipun setiap proyek GameFi memiliki ciri khas dan perbedaan tertentu, namun secara konsep, masing-masing proyek memiliki kesamaan. Di dalam proyek GameFi terdiri dari avatar, kostum, senjata, tanah, token, dan termasuk hewan peliharaan (pets) yang direpresentasikan sebagai non-fungible token (NFT).

Nah, nantinya pemain game akan mendapatkan item atau barang-barang tersebut melalui games yang dimainkan, termasuk juga bisa memperdagangkan di pasar NFT untuk mendapatkan keuntungan berupa cryptocurrency – yang pastinya juga bisa ditukar menjadi mata uang fiat. Pada dasarnya, tidak sedikit juga pecinta GameFi menyebut ini sebagai Games NFT. Baca juga: 5 Games NFT Terbaik.

Awal Mula Proyek GameFi

Judul GameFi pada awalnya menggunakan blockchain Bitcoin, tetapi karena ada masalah biaya transaksi dan kecepatan, kemudian mendorong sebuah adopsi jaringan blockchain yang diaktifkan bersama smart contract dari Ethereum.

Para developer game crypto juga banyak menggunakan Ethereum, tetapi juga punya masalah kinerja karena ruang blok terbatas. Kelemahan ini kemudian disorot ketika popularitas virus CryptoKitties memadati jaringan Ethereum tepatnya pada akhir tahun 2017, sehingga menyebabkan biaya Ethereum meroket.

Karena adanya keterbatasan ruang blok pada blockchain Ethereum, setiap transaksi yang membutuhkan waktu penyelesaian lebih cepat akan mendorong penambang (miners) untuk menambahkannya terlebih dahulu melalui model biaya yang disertakan. Saat permintaan melebihi ruang blok yang tersedia, biaya transaksi meningkat, sehingga tidak sedikit pengguna yang pergi.

Efisiensi GameFi

Saat transaksi game memakan biaya selangit, game akan kesulitan mendapatkan basis pengguna secara signifikan. Untuk mengatasi masalah ini, sejumlah pengembang game crypto berpindah dari lapisan dasar Ethereum ke jaringan yang jauh lebih cepat untuk melakukan efisiensi. Beberapa contoh jaringan berkapasitas besar tersebut antara lain yakni Solana, Polygon, Polkadot, BSC, dan Wax.

Proyek GameFi adalah konsep yang menarik, yang mana setiap pemain perlu melalui banyak level permainan. Ini juga yang memungkinkan gamers untuk meningkatkan penghasilan dengan cara mendedikasikan waktu untuk meningkatkan karakter, memonetisasi aset tanah, melawan pemain lain di turnamen, menyelesaikan misi tertentu, dan banyak lagi.

Nantinya, semua data akan disimpan di blockchain publik yang terdesentralisasi (decentralized public blockchain) untuk melacak kepemilikan setiap orang. Dengan kata lain, setiap pemain akan memiliki semua aset di dalam game, bukan milik pengembang game.

Keunggulan GameFi

Ada banyak sekali kelebihan proyek GameFi, beberapa di antaranya telah dijelaskan sebelumnya. Keunggulan lain dari GameFi adalah adanya konsep DeFi, seperti staking, yield farming, dan liquidity mining; ini kemudian menjadi landasan dari proyek GameFi. Semua ini sebenarnya adalah alternatif tambahan yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan passive income secara maksimal.

Staking artinya mempertaruhkan – setiap pemain bisa mempertaruhkan aset mereka di dalam game untuk menghasilkan keuntungan berupa bunga (interest) dan hadiah lainnya. Hadiah tersebut kemudian bisa dimanfaatkan untuk membeli item atau aset tambahan di dalam game. Pada saat yang sama, setiap pemain juga dapat mengambil pinjaman (loans) dengan menjaminkan aset game mereka.

Selain itu, keunggulan lain dari proyek GameFi adalah memberikan hak kuasa penuh kepada pengguna dalam mengambil keputusan. Sejumlah game juga memungkinkan pemain untuk menjadi pemangku kepentingan dalam pembaruan game di masa depan melalui hak suara mereka kepada anggota GameFi DAO (Decentralized Autonomous Organization).

Lebih lanjut, DAO memungkinkan setiap pemegang token untuk mengusulkan pembaruan proyek game dan memberikan hak suaranya, membuat GameFi menjadi lebih partisipatif. Proposal ini biasanya berdampak secara finansial, seperti anggota pemungutan suara DAO yang meningkatkan hadiah untuk aksi di dalam game tertentu.

Untuk menjadi anggota DAO GameFi, Anda sebagai pemain harus memiliki token tata kelola proyek. Kekuatan hak voting Anda tergantung seberapa banyak token yang Anda miliki. Semakin besar kepemilikan token Anda, semakin besar hak suara yang Anda punya untuk memberikan usulan terkait perkembangan GameFi.

Koin Crypto atau Token GameFi Terbaik

Ada banyak sekali proyek GameFi menarik dan menawarkan keunggulan yang unik. Perlu diketahui, bagaimanapun juga, proyek GameFi juga memiliki crypto coin tersendiri. Artinya, selain Anda bisa bermain game melalui platform tersebut secara langsung, Anda juga berinvestasi di crypto GameFi yang diperdagangkan di crypto exchanges. Contoh token atau koin crypto GameFi terbaik adalah sebagai berikut.

  1. Axie Infinity (AXS)
  2. The Sandbox (SAND)
  3. Decentraland (MANA)

Prospek GameFi di Masa Depan

Meskipun pada awalnya ditelusuri ke awal perkembangan cryptocurrency, GameFi mulai mendapatkan adopsi arus utama. Contoh GameFi yang paling populer dikutip sebagai bagian dari pertumbuhan tren baru ini adalah Axie Infinity. Proyek GameFi terbaik ini menjadi yang pertama berhasil melampaui $1 miliar dalam penjualan token pada bulan Agustus 2021, dengan lebih dari satu juta pemain aktif setiap hari.

Perkembangan teknologi yang begitu masif di balik permainan kripto ini telah maju ke titik di mana proyek GameFi mampu menarik basis penggemar yang lebih besar, termasuk mendapatkan pendanaan institusional.

Pakar industri meyakini bahwa GameFi akan menjadi portal dengan adopsi dan penggunaan teknologi blockchain lebih luas. Karena proyek GameFi mendapatkan perhatian dari gamers tradisional, keakraban dengan cryptocurrency hanya tinggal menunggu waktu untuk mencapai pertumbuhan maksimal.

Selain itu, GameFi memang berkembang pesat, dan nilai kapitalisasi pasar (market cap) kolektif dari game blockchain terbaik telah mencapai $ 14 miliar. Namun, mengingat ukuran industri game yang begitu besar, total pasar yang dialamatkan bisa memberikan peluang pertumbuhan yang jauh lebih besar.

Dengan kesuksesan game kripto terbaik seperti Axie Infinity dan CropBytes, tentu saja prospek GameFi di masa depan tampak cerah. Dengan semakin banyak proyek game GameFi yang dikerjakan, harapannya yaitu adanya inovasi terbaru yang dilibatkan. Yang pasti. GameFi adalah temuan terbaik bagi pecinta games.

Leave a Comment

error: Content is protected !!