Review Binance 2024: Crypto Exchange Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah review lengkap tentang Binance, perusahaan crypto exchange terbesar di dunia dan salah satu platform trading mata uang kripto terbaik, tepercaya, dan terpopuler tahun 2024. Ini akan membahas mulai dari fitur, regulasi, jenis perdagangan, cara buat akun hingga biaya transaksi Binance yang sangat kecil.

Gambaran Umum tentang Binance

Binance adalah crypto exchange terbesar di dunia

Kunjungi Bybit

Binance adalah platform crypto exchange terbesar di dunia dengan 120+ juta pengguna terdaftar yang tersebar di 140+ negara secara global. Didirikan pada tahun 2017 oleh Changpeng Zhao, Binance tumbuh sangat cepat menjadi exchange crypto tepercaya dan terpopuler di sektor mata uang kripto. Platform web dan aplikasi seluler Binance menawarkan antarmuka (interface) intuitif dan menetapkan biaya perdagangan (trading fee) rendah sehingga memanjakan pemula untuk memulai trading online.

Fitur-fitur Binance

Binance menyediakan berbagai fitur dan layanan utama yang bagus dan bermanfaat untuk menunjang aktivitas trading. Berikut fitur-fitur terbaik yang disediakan oleh Binance exchange:

  1. Akses perdagangan ke 350+ cryptocurrency termasuk aset kripto teratas seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), Binance Coin (BNB), Cardano (ADA), dan seterusnya.
  2. Fasilitas ke 10 jenis pasar yang berbeda termasuk untuk perdagangan spot, derivatif (seperti Binance futures), perdagangan margin, dan perdagangan opsi (options).
  3. Platform staking crypto terbaik melalui delapan opsi staking dan 200+ token yang berbeda dengan persyaratan fleksibel dan tetap.
  4. Fitur Crypto Loans yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan token kripto mereka sebagai jaminan (kolaterak) untuk meminjam aset digital lainnya.
  5. Deposit dengan 27 mata uang fiat yang berbeda (USD, GBP, EUR, CAD, dan lainnya)secara langsung untuk membeli token crypto.
  6. Cashback 8% dalam bentuk BNB dengan membelanjakan salah satu token kripto yang didukung Binance via kartu VISA Binance.
  7. Fitur P2P untuk melakukan transaksi jual beli token crypto secara langsung dengan pengguna lainnya.
  8. Fitur ‘Learn & Earn’ Binance memberikan peluang bagi pengguna untuk menghasilkan crypto gratis sebagai penghargaan karena telah menyelesaikan kursus dan kuis.
  9. Beli koin BNB (Binance Coin) untuk memperoleh biaya (fee) yang lebih kecil untuk aktivitas trading, setoran, dan penarikan di platform.
  10. Investasi dalam non-fungible token (NFT) melalui NFT Marketplace Binance yang menyediakan banyak proyek NFT terkenal seperti Bored Ape Yacht Club (BAYC).
  11. Platform Binance Academy sebagai sarana untuk belajar sektor cryptocurrency dengan lengkap, termasuk ruang decentralized finance (DeFi), NFT, Metaverse, dan banyak lagi.

Baca juga: Bybit vs Binance: Mana yang Unggul?

Regulasi dan Lisensi Binance

Saat memilih bursa kripto (crypto exchange), aspek paling penting yang perlu diperhatikan adalah regulasi dan lisensi karena ini berkaitan dengan keamanan dan keandalan dana pengguna. Untungnya, Binance tunduk atas semua peraturan di negara tempat di mana perusahaan beroperasi termasuk mewajibkan persyaratan verifikasi KYC/AML bagi setiap pengguna.

Dengan demikian, Binance adalah platform yang aman digunakan. Selain itu, Binance termasuk salah satu bursa kripto paling transparan di dunia khususnya terkait dana pengguna. Hal ini juga secara langsung disampaikan dan ditegaskan oleh CEO Binance, CZ dalam tweet-nya:


Ini merupakan bagian dari komitmen Binance untuk tidak seperti kasus bursa FTX yang mencuri dan menggunakan dana pelanggan seenaknya.

Jadwal Biaya di Binance

Binance menerapkan jadwal biaya yang sangat kompetitif. Biaya transaksi Binance (trading fee) relatif kecil dibandingkan dengan exchange crypto lainnya. Bahkan, fee di Binance jauh lebih rendah daripada rata-rata industri kripto. Ini menjadikan Binance sebagai pilihan yang terjangkau untuk semua kalangan termasuk trader pemula dan berpengalaman.Berikut ringkasan terkait biaya-biaya di Binance.

Biaya Deposit & Penarikan

Binance tidak membebankan biaya deposit untuk mata uang kripto ke bursa, tetapi ada sedikit fee untuk penarikan (withdrawal) dalam crypto untuk menutupi biaya gas. Adapun biaya setoran dan penarikan dalam mata uang fiat sangat bervariasi tergantung pada negara tempat di mana pengguna berada dan metode pembayaran yang dipilih. Daftar lengkap terkait metode deposit/penarikan serta biaya-biaya yang terkait dapat mengunjungi halaman ini.

Trading Fee

Binance sedang mengadakan promosi yang menawarkan biaya nol untuk transaksi perdagangan di pasar spot dan pasangan perdagangan BUSD tertentu. Biaya transaksi Binance di pasar spot reguler mulai dari 0,1%. Namun, trading fee ini akan semakin rendah (bahkan negatif) saat volume perdagangan bulanan semakin tinggi.

Sedangkan untuk rabat Maker/Taker, nominal fee perdagangan yang ditetapkan Binance mulai dari 0,02%/0,04% dan akan semakin kecil saat level VIP pengguna semakin tinggi. Lihat daftar lengkap biaya trading Binance di sini.

Mata Uang Kripto yang Tersedia di Binance

Binance mendukung 350+ mata uang kripto yang berbeda di platform untuk diperdagangkan. Ini termasuk 10 aset kripto terbesar di pasar dalam jumlah market cap, yaitu:

  1. Bitcoin (BTC)
  2. Ethereum (ETH)
  3. Tether (USDT)
  4. BNB (BNB)
  5. USD Coin (USDC)
  6. XRP (XRP)
  7. Binance USD (BUSD)
  8. Cardano (ADA)
  9. Dogecoin (DOGE)
  10. Polygon (MATIC)

Ratusan crypto coins tersebut dapat diperjualbelikan di pasar spot dan tersedia 1000+ pilihan untuk pasangan perdagangan derivatif pada Binance futures. Selengkapnya lihat di sini Futures.

binance futures

Jenis Perdagangan yang Tersedia di Binance

Sebagai perusahaan crypto exchange terbesar di dunia, Binance memanjakan ratusan juta pengguna dengan akses ke lebih banyak jenis perdagangan. Ini termasuk trading di spot, derivatif (futures) dengan leverage hingga 125x, perdagangan margin, leveraged token, dan banyak lagi. Berikut jenis perdagangan yang tersedia di Binance:

  1. Binance Convert: Swap antara token kripto apa pun di Binance dengan harga yang telah ditetapkan oleh Binance.
  2. Perdagangan Spot: Transaksi jual beli di berbagai token crypto yang didukung di Binance dengan harga yang dapat ditetapkan oleh masing-masing trader.
  3. Perdagangan Margin: Trading untuk mendapatkan lebih banyak dana.
  4. Perdagangan Strategi: Gunakan alat otomatis untuk trading crypto seperti bot grid Spot dan Futures.
  5. Binance OTC: Perdagangan Over-The-Counter (OTC) untuk klien institusional.
  6. P2P: Transaksi jual beli token dengan harga yang disepakati antar pengguna Binance.
  7. USDS-M Futures: Perpetual contract yang diselesaikan dalam USDT atau BUSD.
  8. Coin-M Futures: Perpetual contract yang diselesaikan dalam mata uang kripto.
  9. Options: Transaksi jual beli aset dasar (underlying assets) pada harga dan tanggal yang telah ditetapkan tanpa kewajiban untuk berkomitmen.
  10. Leveraged Token: Trading crypto dengan leverage tanpa harus khawatir risiko dilikuidasi.

Staking Kripto di Binance

Crypto staking adalah aktivitas memegang (menahan) sejumlah crypto tertentu untuk mendapatkan imbal hasil (bunga). Cara kerja staking crypto adalah dengan mengunci koin-koin crypto yang dimiliki pengguna dalam dompet khusus atau smart contract, yang kemudian menghasilkan koin baru sebagai hadiah (reward). Binance adalah exchange yang menyediakan berbagai pilihan staking kripto, termasuk yang bersifat tetap maupun fleksibel, staking BNB, dan investasi dua sisi.

Staking BNB memungkinkan pengguna untuk menghasilkan yield hingga 50% per tahun dengan cara menyimpan token BNB di Binance wallet resmi atau dompet kripto lainnya yang didukung (kompatibel). Berikut ringkasan tentang berbagai opsi staking di Binance:

  • Simple Earn – Pertaruhkan 300+ token kripto untuk persyaratan tetap atau fleksibel.
  • Swap Farming – Nikmati diskon 50% dari biaya dalam rabat BNB token saat bertransaksi.
  • DeFi Staking – Pertaruhkan koin DeFi yang berbeda dengan persyaratan 120 hari yang bersifat fleksibel atau tetap.
  • Investasi Ganda (Dual Investment) – Pilih untuk membeli (buy) atau menjual (sell) token crypto pada harga dan tanggal tertentu yang diinginkan di masa depan, sambil mendapatkan yield pada kripto Anda.
  • BNB Vault – Agregator hasil BNB untuk token crypto yang dipertaruhkan (staked) di Launchpool, Simple Earn, dan DeFi Staking.
  • Investasi Otomatis – Investasi kripto secara otomatis dan dapatkan passive income dengan menggunakan dollar cost averaging (DCA).

Apa Itu BNB?

Binance Coin (BNB) adalah token utilitas asli platform Binance. Itu dibuat untuk digunakan di Binance Exchange dan dapat digunakan untuk membayar biaya transaksi di platform. BNB juga dapat diperdagangkan di bursa mata uang kripto lainnya. Nilai BNB berasal dari utilitasnya di platform Binance dan permintaan untuk itu di pasar.

Dengan staking, pengguna dapat memperoleh penghasilan pasif hanya dengan menyimpan token Binance mereka di dompet pertukaran mereka. BNB juga memungkinkan Anda untuk membeli biaya perdagangan dengan diskon atau menerima diskon tambahan 50% saat menggunakan token BNB untuk biaya transaksi.

Binance Card

Binance Card adalah kartu VISA kripto yang dirancang untuk mempermudah penggunaan mata uang kripto dalam transaksi sehari-hari. Binance Card memungkinkan pengguna untuk membelanjakan uang crypto mereka secara langsung di berbagai merchants yang menerima VISA. Ini termasuk untuk membayar tagihan, membeli kebutuhan pokok, dan banyak lagi manfaat yang ditawarkan.

Aplikasi Seluler Binance

Binance menyediakan aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Mobile app ini akan lebih memudahkan trader untuk melakukan trading crypto saat bepergian. Saat ini, aplikasi Binance adalah platform crypto terbaik nomor #1 di dunia dengan total unduhan 50+ juta pengguna, 1,3 miliar reviews, dan 4,4 ratings di Play Store. Sedang di Apple App Store, Binance mendapatkan ulasan lebih 22 ribu dengan ratings 4,9.

Dukungan Pelanggan

Binance menyediakan berbagai opsi dukungan pelanggan (customer supports) termasuk telepon, email, dan live chat untuk 24/7. Ini memungkinkann pengguna untuk mendapatkan bantuan kapan pun mereka butuh. Untuk permasalahan akun Binance, pengguna dapat mengunjungi Hel Center dan menelusuri pertanyaan umum atau juga bisa mengirim permintaan dukungan. Pengguna juga dapat menghubung langsung ke email [email protected], telepon +1 888-908-7930, dan obrolan langsung di situs web.

Yurisdiksi Terbatas Binance

Binance adalah platform crypto exchange terpopuler di dunia yang menawarkan layanan di 140+ negara di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Namun, karena ada pembatasan peraturan dan persyaratan kepatuhan, Binance tidak mendukung beberapa yurisdiksi tertentu, seperti Amerika Serikat (AS), China, Iran, Korea Utara, dan Suriah.

Selain itu, Binance taat pada peraturan KYC (Know Your Customer) dan AML (Anti-Money Laundering) yang sangat ketat. Ini mengharuskan pengguna untuk selalu memberikan informasi pribadi mereka saat mendaftar atau membuat akun di platform Binance.

Pandangan Akhir

Binance adalah perusahaan crypto exchange terbaik, tepercaya, dan terbesar di dunia hingga tahun 2024 Perusahaan global ini memiliki total 120+ juta pengguna dan akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan sektor mata uang kripto. Binance menawarkan berbagai jenis perdagangan, fitur-fitur, dan platform trading online yang memanjakan semua kalangan termasuk trader pemula dan profesional.

Meskipun saat ini perdagangan di Binance Spot masih menjadi pilihan utama, trader sudah cukup banyak masuk ke Binance Futures untuk melakukan trading dengan leverage hingga 125x. Trading crypto futures di Binance sangat digemari dan mendapatkan popularitas tinggi karena memberikan potensi keuntungan lebih besar kepada trader, sebanding dengan risikonya.

Secara keseluruhan, Binance merupakan platform crypto exchange terbaik 2023 yang hampir digunakan oleh kebanyakan investor dan trader kripto. Biaya transaksi Binance yang rendah mulai dari 0,1% di pasar spot juga semakin menarik banyak pengguna.

Scroll to Top