4 Koin Crypto Metaverse Terbaik, Proyek Menjanjikan!

Cryptocurrency dan metaverse adalah dua proyek yang berbeda, akan tetapi keduanya menjadi hebat ketika disatukan. Inilah yang sedang kita bahas, yakni apa itu crypto metaverse dan contoh koin crypto metaverse terbaik. Mari kita lihat terlebih dahulu seperti apa hubungan mereka. Ketika berbicara metaverse, ada sebuah bayangan tentang alam semesta yang “jauh dari realitas fisik” alias sulit terjadi pada dunia nyata. Di dalam metaverse ini, setiap orang memungkinkan untuk melakukan hal-hal yang “melampaui batas” atau tidak akan bisa dirasakan di dunia nyata fisik.

Melalui metaverse, Anda dapat terhubung dengan orang lain di planet ini; bekerja, bersantai, bermain, berlibur, menghadiri acara seni, konser, dan termasuk menciptakan banyak uang. Metaverse adalah sejenis dunia imajinasi yang berbasis digital atau virtual, dan Anda dapat merasakannya melalui bantuan teknologi. Pengalaman di dunia virtual ini akan sangat menyentuh dan berkesan karena itu sesuatu yang mungkin sulit terjadi pada dunia nyata. Sementara metaverse ibaratkan alam semesta virtual, cryptocurrency adalah alat untuk mengakses alam semesta itu – maka disebut crypto metaverse.

Mengenal Apa Itu Metaverse

koin crypto metaverse terbaik untuk investasi

Pembahasan lengkap tentang metaverse telah dijelaskan di artikel sebelumnya: Apa Itu Metaverse. Secara ringkas saja, metaverse adalah generasi internet berikutnya atau sebuah hipotesis iterasi internet yang dapat digambarkan sebagai alam semesta (dunia) virtual berbasis 3D online, dilakukan melalui komputasi konvensional. Metaverse didukung oleh tools seperti headset virtual dan augmented reality (AR).

Augmented reality adalah pengalaman interaktif dari dunia nyata yang mana gambar (objek) di dunia nyata ditingkatkan oleh informasi persepsi yang dihasilkan komputer, mencakup visualitas, sensorik, haptic, somatosensory, auditory, dan olfactory.

Pada dasarnya, metaverse bukan hal yang baru alias sudah ada sebelumnya, meskipun dalam bentuk yang terbatas. Kita bisa menemukan metaverse salah satunya dari video game. Anda bisa melihat bagaimana games yang menghasilkan tampilan 3D dengan memberikan pengalaman interaktif. Namun, tentu saja ini hanyalah bentuk terbatas, crypto metaverse jauh melebihi ini.

Crypto Metaverse

Pada dasarnya, crypto metaverse adalah sebuah ekosistem baru yang mengombinasikan metaverse dan peran dari mata uang kripto (cryptocurrency) sebagai mata uang digital. Karena metaverse adalah ibarat dunia virtual, ekosistem seperti transaksi, pembayaran, sebagainya hanya dapat diakses via mata uang digital. Oleh karena itulah peran crypto dibutuhkan. Proyek crypto metaverse memanfaatkan teknologi blockchain sehingga memberikan keamanan tinggi dari akses penipuan.

Proyek Kripto Metaverse Terbaik

Proyek crypto metaverse memberikan pengalaman hebat secara virtual tentang bagaimana menjalani hari-hari melampaui realitas di dunia nyata. Anda bisa melakukan banyak hal melalui metaverse, seperti membangun kehidupan, berkomunikasi, bekerja, mencari hiburan, menghasilkan uang, dan banyak lagi. Nah, ada beberapa proyek crypto berbasis metaverse terbaik yang layak Anda pilih sebagai investasi, sementara itu koin dari proyek crypto tersebut dapat dibeli melalui crypto exchanges. Contoh koin kripto metaverse terbaik adalah sebagai berikut.

  1. Decentraland (MANA)
  2. The Sandbox (SAND)
  3. Axie Infinity (AXS)
  4. Enjin Coin (ENJ)

#1. Decentraland (MANA)

Decentraland adalah proyek crypto yang menyediakan platform virtual reality (VR) dan memungkinkan setiap orang untuk membeli, menjual, dan mengelola properti digital mereka (dikenal sebagai LAND). Melalui Decentraland, Anda bisa membangun dunia Anda sendiri, termasuk menjelajahi versi metaverse dari perangkat smartphone, komputer, dan headset VR.

Sementara itu, Anda membutuhkan Decentraland MANA untuk memulai membangun dunia virtual. MANA adalah mata uang kripto asli dari Decentraland yang dapat digunakan untuk mendukung ekosistem virtual, seperti mengakses aplikasi interaktif, transaksi pembelian barang dan jasa, berinvestasi di banyak properti, dan sebagainya.

MANA adalah crypto metaverse terbaik dan mapan serta tersedia secara luas, memberikan peluang lebih luas, termasuk membangun konser, festival, hiburan, banyak banyak lagi. Ini membuat MANA menjadi menarik oleh lebih banyak pengguna, terlebih dengan pengembangan platform yang konsisten ditingkatkan, untuk mendukung fitur baru.

MANA berjalan di atas blockchain metaverse Ethereum dengan tingkat keamanan yang baik, akan tetapi mengalami kendala dengan biaya gas yang relatif mahal, inilah salah satu kekurangan MANA.

#2. The Sandbox (SAND)

Sandbox adalah proyek crypto yang menghadirkan dunia virtual untuk membeli dan menjual aset virtual dengan koin metaverse yang dikenal sebagai SAND. Cakupan dunia virtual Sandbox sangat luas, seperti memonetisasi pengalaman virtual dengan token atau koin SAND, membangun dunia digital baru (games, lahan, bangunan, dst) dan mengubah apapun yang ingin Anda realisasikan.

Sebagai salah satu crypto metaverse terbaik, Sandbox berjalan di atas blockchain Ethereum yang terkenal dengan tingkat keamanan tinggi, meskipun terkendala dengan biaya gas yang juga tinggi. Prospek Sandbox untuk pengembangan ke depan mungkin akan jauh lebih baik karena perusahaan ini didukung oleh salah satu perusahaan investasi teknologi terbesar di dunia, SoftBank, sehingga punya resources yang kuat.

#3. Axie Infinity (AXS)

Axie Infinity adalah proyek crypto yang berfokus pada games NFT yang juga didukung oleh teknologi blockchain. Para pemain (gamers) akan saling bertarung untuk mendapatkan monster di dalam game, dikenal sebagai Axies, yakni token NFT yang dapat diperjualbelikan di luar game. Nilai Axies bisa bervariasi, dan Axie paling mahal bisa mencapai 300 ETH. Koin crypto metaverse Axie Infinity, AXS juga berlandaskan pada blockchain metaverse Ethereum, dengan keamanan tinggi namun biaya gas juga tinggi. Axie Infinity menjadi game NFT play-to-earn terbaik untuk menghasilkan uang atau crypto gratis.

#4. Enjin Coin (ENJ)

Enjin adalah sebuah platform virtual berbasis smart contract yang memungkinkan aktivitas penciptaan dan penyimpanan aset digital oleh pengguna. Sama seperti koin kripto metaverse sebelumnya, token atau koin asli Enjin, ENJ juga didukung oleh jaringan Ethereum. Sebagai proyek berbasis metaverse, Enjin Coin mencoba mengembangkan pasar lebih luas dengan memanfaatkan NFT dan QR Code, serta terkoneksi dengan pengguna lain melalui aplikasi, situs website, dan games.

Pandangan Akhir

Well, itulah setidaknya 4 contoh koin crypto metaverse terbaik yang dapat dipertimbangkan untuk saat ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Pada dasarnya, crypto metaverse sedang dalam pengembangan untuk bagaimana membangun ekosistem digital yang terorganisir. Cryptocurrency, bagaimanapun juga, merupakan mata uang digital yang memberikan fungsionalitas untuk banyak hal, termasuk ekosistem metaverse. Meskipun metaverse sendiri masih dalam tahap awal perkembangan, teknologi blockchain metaverse sudah cukup mapan dan diharapkan dapat membantu lebih banyak untuk pertumbuhan sektor ini. Pada akhirnya, proyek ini dapat menjadi pilihan investasi yang menguntungkan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!