Download Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur, Lengkap!

Pada kesempatan ini, invesnesia akan menyajikan data lengkap contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur. Di sini, sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan perusahaan tbk, atau yang telah go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan yang telah melantai di bursa atau initial public offering (IPO) bukanlah perusahaan sembarangan. Kenapa? Karena persyaratan untuk go public tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipenuhi.

Dengan kata lain, perusahaan tbk yang terdaftar di BEI adalah contoh terbaik untuk dijadikan sampel, khususnya dari sisi laporan keuangan. Ada lima (5) komponen di dalam laporan keuangan utama perusahaan, yaitu (1) neraca, (2) laporan laba rugi, (3) laporan perubahan modal, (4) laporan arus kas, dan (5) catatan atas laporan keuangan. Jika kamu men-download laporan keuangan perusahaan tbk di BEI, kelima komponen tersebut pasti tersedia. Kelima komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Nah, sebelum invesnesia memberikan link download contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur di BEI, ada baiknya kamu memahami apa itu perusahaan manufaktur.

Pengertian Perusahaan Manufaktur

Gambar Perusahaan Manufaktur

Perlu kamu ketahui, bisnis manufaktur (manufacturing business) adalah salah satu jenis usaha (bisnis), selain dari usaha dagang dan usaha jasa. Dengan kata lain, ada tiga jenis badan usaha, yaitu perusahaan manufaktur, perusahaan dagang, dan perusahaan jasa. Ketiga jenis bisnis tersebut memiliki karakteristik tersendiri.

Secara umum, pengertian perusahaan manufaktur adalah suatu badan usaha yang menjalan kegiatan bisnis dengan mengubah bahan mentah (baku) menjadi barang konsumsi atau barang yang siap untuk digunakan. Bisnis manufaktur sangat identik dengan pabrik di mana terdapat proses produksi untuk menghasilkan produk (barang) yang memiliki nilai ekonomis. Berikut ada beberapa karakteristik perusahaan manufaktur.

Proses Produksi

Salah satu ciri-ciri perusahaan manufaktur adalah adanya proses produksi atau pengelolaan bahan mentah menjadi barang konsumsi. Proses produksi biasanya membutuhkan waktu yang relatif tidak sebentar, ada banyak tahapan yang mesti dilakukan. Inilah poin utama yang membedakan perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang dan jasa.

Persediaan

Perusahaan manufaktur setidaknya memiliki persediaan barang dalam tiga (3) bentuk, yaitu bahan mentah, bahan dalam proses, dan bahan siap dikonsumsi. Inilah yang menjadi perbedaan utama antara perusahaan dagang dengan perusahaan manufaktur. Ya, meskipun sama-sama memiliki persediaan barang, perusahaan dagang hanya memiliki persediaan barang jadi (siap digunakan).

Biaya Produksi

Di dalam contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur, kamu pasti akan menemukan biaya produksi. Biaya ini tidak akan kamu temukan di laporan keuangan perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Biaya produksi atau harga pokok produksi adalah jenis biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk melakukan aktivitas produksi, mulai dari proses bahan mentah, barang dalam proses, hingga menjadi barang siap untuk digunakan.

Pabrik

Perusahaan manufaktur sangat identik dengan pabrik, yang terdiri dari elemen gedung, perlengkapan mesin, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas produksi dalam jumlah besar. Contoh, pabrik roti, pabrik CPO, pabrik sepatu, dan sebagainya.

Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sampel yang diambil yaitu contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur di BEI. Perlu kamu ketahui, daftar perusahaan manufaktur di BEI sangat banyak. Perusahaan manufaktur bahkan terbagi lagi menjadi tiga (3) subsektor, yaitu: (1) Barang Konsumsi (2) Industri Dasar & Kimia, dan (3) Aneka Industri. Kamu bisa melihat lebih lengkap di sini: Daftar Perusahaan Manufaktur di BEI Terbaru.

Berikut link download contoh laporan keuangan manufaktur di Bursa Efek Indonesia berikut ini. Invesnesia mengambil sampel lima (5) perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia, berdasarkan nilai kapitalisasi pasar (market cap). Laporan keuangan berikut ini yaitu per 31 Desember 2019.

  1. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)
  2. PT Astra Internasional Tbk (ASII)
  3. PT Hanjaya Mandala (HM) Sampoerna Tbk (HMSP)
  4. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
  5. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

Baca juga:

Well, itulah contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur dengan sampel perusahaan tbk di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kelima perusahaan manufaktur di atas memiliki nilai kapitalisasi pasar yang paling besar. Bagi kamu yang belum tahu, nilai kapitalisasi pasar adalah nilai (harga) yang harus dibayarkan jika ingin menguasi semua saham perusahaan. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat, ya.

error: Content is protected !!