Download Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa, Lengkap!

Apakah kamu sedang membutuhkan contoh laporan keuangan perusahaan jasa? Jangan khawatir, di sini kamu bisa download secara gratis. Sebenarnya, ada banyak perusahaan jasa di Indonesia, baik perusahaan yang privat maupun perusahaan tbk dan go public. Agar lebih spesifik, invesnesia akan mengambil sampel yaitu contoh laporan keuangan perusahaan tbk yang go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebelum itu, ada baiknya kamu memahami apa itu perusahaan jasa dan seperti apa karakteristiknya.

Pengertian Perusahaan Jasa

Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

Secara umum, perusahaan jasa adalah badan usaha yang menyediakan produk jasa, seperti memberikan  layanan (service) kepada pelanggan, dengan tujuan meraih keuntungan. Menurut KBBI, pengertian perusahaan jasa yaitu perusahaan yang membantu proses pengaliran barang dari produsen kepada konsumen. Definisi perusahaan jasa tentu saja berlawanan dengan definisi perusahaan dagang – yang menyediakan produk berupa barang dan memperoleh keuntungan dari selisih harga penjualan barang.

Karakteristik Perusahaan Jasa

Perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang sangat signifikan, kamu bisa melihat dari ciri-ciri atau karakteristiknya, yaitu sebagai berikut.

  • Kegiatan bisnis perusahaan jasa adalah menyediakan layanan jasa.
  • Produk yang dijual tidak dalam bentuk fisik.
  • Tidak ada proses produksi dan penjualan barang.
  • Di dalam konteks laporan keuangan (khususnya laporan laba rugi), tidak terdapat harga pokok produksi/penjualan (HPP).
  • Setiap produk jasa memiliki harga yang bervariasi, dan tidak ada standar khusus.

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Berikut ini invesnesia berikan lima (5) contoh laporan keuangan perusahaan jasa dengan sampel perusahaan tbk yang go public dan terdaftar di BEI. Silakan download dengan klik di link bawah ini.

Bagi kamu yang ingin lihat semua perusahaan saja di Indonesia dan BEI, silakan cek di sini: Daftar Perusahaan Jasa di Indonesia. Untuk melihat tutorial cara download laporan keuangan (triwulan & tahunan) dan annual report, silakan klik di sini.

Baca juga: Download Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Akuntansi Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa umumnya tidak akan menjual produk sehingga tidak memiliki stok persediaan di dalam neraca. Karena tidak ada persediaan, perhitungan akuntansi perusahaan jasa lebih mudah dibanding perusahaan dagang, seperti grosir atau ritel, yang memiliki persediaan dan membutuhkan pelacakan serta perhitungan harga pokok.

Untuk membuat entri jurnal menjadi catatan perusahaan jasa, kamu akan fokus pada jumlah kas yang diterima dan pendapatan yang diperoleh. Saat menagih utang kepada pelanggan, kamu akan mendebit piutang dan mengkredit jurnal pendapatan layanan. Ketika pelanggan membayar tagihan, kamu akan mendebit uang tunai dan mengkredit akun piutang.

Jenis Transaksi Perusahaan Jasa

Ketika kamu melihat contoh laporan keuangan perusahaan jasa dan membandingkannya dengan laporan keuangan perusahaan dagang, kamu akan melihat beberapa perbedaan dari segi jenis transaksi. Perbedaan signifikan dapat terlihat dari segi fokus kebutuhan.

Misalnya, perusahaan dagang pasti lebih fokus pada persediaan barang sebagai material utama dalam proses penjualan, sedangkan perusahaan jasa memperoleh pendapatan tergantung penggunaan jasa oleh konsumen. Meskipun ada beberapa kesamaan dari segi transaksi bisnis, namun pasti berbeda dari sisi kuantitas.

Sebagai contoh, perusahaan dagang dan perusahaan jasa sama-sama membutuhkan aktitas investasi, pembelian, pembayaran, dan sebagainya untuk menunjang kegiatan operasional. Hanya saja, keduanya pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Berikut ada beberapa jenis transaksi perusahaan jasa.

#1. Investasi

Salah satu elemen atau komponen penting dari sebuah perusahaan ketika akan memulai bisnis, yaitu investasi. Sebenarnya, komponen investasi dapat ditemukan di hampir semua jenis perusahaan, baik perusahaan jasa maupun perusahaan dagang, karena tanpa investasi perusahaan tidak dapat melakukan aktivitas operasi. Konteks investasi di sini yaitu penanaman modal dari pemegang saham. Di dalam laporan posisi keuangan (neraca), komponen ini masuk ke akun modal (equity).

#2. Pembelian

Untuk menunjang kegiatan operasional, perusahaan juga membutuhkan aktivitas pembelian, seperti membeli peralatan dan perlengkapan usaha. Hampir semua jenis perusahaan jasa, pasti membutuhkan perlengkapan dan peralatan kerja. Misalnya, ketika kamu ingin memulai usaha jasa laundry, kamu pasti membutuhkan mesin cuci. Bagi kamu yang punya skill memotong rambut, kemudian ingin memulai bisnis barbershop, kamu pasti membutuhkan peralatan cukur rambut, apakah gunting, mesin, dan lainnya.

#3. Pembayaran

Selain transaksi pembelian, perusahaan jasa juga membutuhkan transaksi pembayaran untuk mendukung aktivitas operasi. Di dalam contoh laporan keuangan perusahaan jasa, kamu juga akan menemukan transaksi pembayaran, misalnya pembayaran gaji, biaya sewa, beban listrik, air, telepon, internet, dan sebagainya.

#4. Pendapatan

Meksipun perusahaan jasa dan perusahaan dagang pasti memiliki transaksi kas masuk (pendapatan), namun sumber pendapatannya pasti berbeda. Ya, perusahaan dagang akan menghasilkan kas dari transaksi penjualan barang, sedangkan perusahaan jasa menghasilkan kas dari penyediaan layanan. Transaksi pendapatan sangat vital bagi perusahaan, tanpa adanya pendapatan, perusahaan akan sulit bertahan.

Well, itulah penjelasan tentang apa itu perusahaan jasa beserta contoh laporan keuangan perusahaan jasa dengan sampel perusahaan tbk yang telah go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan yang melantai di bursa efek pasti sudah melewati proses seleksi yang begitu panjang, berbagai persyaratan dan peraturan mesti dijalankan. Itulah alasan kenapa laporan keuangan perusahaan go public layak diambil sebagai contoh sampel. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

error: Content is protected !!