Mengenal Airdrop Crypto: Dapatkan Koin & Token Kripto Gratis!

Aset kripto bertumbuh sangat signifikan. Semua orang di seluruh penjuru dunia membicarakan tentang cryptocurrency. Selain menjadi instrumen investasi keuangan dan trading yang menarik, setiap crypto juga menjanjikan solusi untuk dunia nyata. Beberapa alasan ini yang membuat orang-orang ingin belajar crypto lebih jauh. Salah satunya adalah mengenal apa itu airdrop crypto yang akan kita bahas pada artikel ini.

Pengertian Airdrop Crypto

crypto airdrop

Istilah airdrop crypto adalah aksi pemasaran atau marketing stunt yang mana token atau koin kripto dikirimkan ke dompet blockchain. Tujuan utama airdrop crypto adalah untuk mempromosikan token baru kepada pasar tanpa mengenakan biaya apapun.

Biasanya, proses pemasaran ini dilakukan secara acak atau penerima koin atau token dipilih secara khusus setelah terjadi promosi awal airdrop. Penerima koin diminta untuk mempromosikan aset digital tersebut seperti dengan melakukan share atau retweet.

Eksplorasi airdropping terjadi saat popularitas ledakan crypto coin pada tahun 2017. Meskipun begitu, airdrop crypto berbeda dari initial coin offering (ICO) yang mana peserta menyetorkan modal sendiri untuk melakukan promosi – sementara airdrop tidak demikian.

Airdrop Crypto Sangat Efektif

Airdrop crypto adalah tindakan pemasaran yang sangat efektif untuk mempromosikan aset digital. Setiap peserta diberikan insentif untuk mengumpulkan koin atau token lebih banyak dari hasil airdrop. Hal ini berdampak pada penguatan nilai aset digital tersebut dan menjadi sarana menciptakan loyalitas kepada peserta.

Airdrop crypto berikutnya akan memberikan jumlah aset digital lebih banyak kepada peserta yang memegang aset paling banyak. Namun, pembagian pendapat dalam komunitas crypto telah dibagi. Sebagian mengaitkan airdrop seperti spam, dan konsekuensinya, sejumlah situs media sosial tidak lagi mengizinkan iklan untuk mempromosikannya.

Selain itu, scammers juga telah memanfaatkan popularitas untuk membuat airdrop palsu untuk mencuri dana dari peserta yang tidak memiliki kecurigaan. Untuk meminimalkan risiko tersebut, situs web seperti peringatan airdrop telah disediakan yang mana hanya mencantumkan koin atau token airdrop yang sah.

Jenis-jenis Airdrop Crypto

Ada berbagai jenis airdrop crypto yang ada di publik, seperti bounty airdrop, holder airdrop, dan fork airdrop.

  1. Bounty airdrop adalah jenis airdrop paling populer yang digunakan untuk mempromosikan dan menciptakan sensasi di lingkungan token atau koin kripto baru.
  2. Holder airdrop adalah jenis airdrop yang memberikan penghargaan (reward) kepada pemegang token atau koin atas loyalitas mereka. Oleh karena itu sebagai persyaratan, setiap penerima token atau koin harus telah memegang koin atau token yang bersangkutan pada saat airdrop.
  3. Fork airdrop adalah jenis airdrop yang terjadi ketika sebuah blockchain forks (blockchain bercabang). Sebagai contoh pada kasus Bitcoin Cash (BCH) yang bercabang dari blockchain Bitcoin (BTC) pada tahun 2017. Di dalam sebuah fork airdrop, setiap peserta diminta untuk memegang koin dari cryptocurrency yang telah di-split Kemudian, mereka akan diberikan koin dari mata uang kripto bercabang baru di airdrop.

Titik Awal Airdrop Crypto

Kita memahami bahwa airdrop crypto adalah sarana pemasaran untuk aset kripto baru. Oleh karena itu, kita dapat menelusuri ke belakang pada tahun 2010 yang mana terjadi airdrop untuk pertama kalinya, yakni faucet crypto. Secara khusus, ini terjadi pada faucet Bitcoin yang mana setiap peserta diberikan insentif sebesar 5 BTC saat mereka menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Jumlah 5 BTC hari ini bernilai sangat besar. Mungkin jumlah insentif ini dianggap tidak masuk akal. Namun perlu dicatat bahwa nilai BTC pada tahun 2010 tidak setinggi hari ini. Lalu, apakah faucet Bitcoin masih ada sampai sekarang? Itu masih tersedia, akan tetapi insetif yang diberikan akan lebih kecil mengingat harga BTC saat ini sudah naik signifikan.

Selain itu, Stellar Lumens (XLM) juga mengadakan airdrop crypto pada tahun 2017. Persyaratan utama adalah setiap peserta wajib memegang Bitcoin. Sekitar 19% dari total pasokan token XLM diberikan. Kemudian, koin XLM dengan total nilai $ 125.000.000 lainnya diberikan pada tahun 2018.

Pikiran Akhir

Pada akhirnya, sebagai aksi pemasaran, tujuan utama airdrop crypto adalah untuk merekrut pengguna atau pengikut baru sehingga menciptakan ruang pembayaran koin kripto lebih luas. Proses airdrop crypto adalah dengan mendistribusikan koin atau token cryptocurrency ke berbagai wallet address secara gratis. Namun, bagi Anda yang ingin mendapatkan insentif dari airdrop, perlu memperhatikan persyaratan yang diminta.

Leave a Comment

error: Content is protected !!