Bank Sentral Meksiko (BdeM) Akan Memperkenalkan CBDC Tahun 2024

Invesnesia.com – Bank sentral Meksiko, Bank of Mexico atau Banco de Mexico/Banxico/BdeM berencana untuk memperkenalkan central bank digital currency (CBDC) pada tahun 2024, sebagai sebuah langkah strategis.

Baca juga: Bank Sentral Thailand Menjadwalkan Ulang Percobaan CBDC

BdeM akan Menerbitkan CBDC pada Tahun 2024

Pemerintah Meksiko via akun twitter-nya pada tanggal 30 Desember 2021 mengumumkan bahwa bank sentral Meksiko, Banco de Mexico bermaksud untuk menerbita mata uang digital bank sentral sendiri, alias central bank digital currency/CBDC pada tahun 2024. Tujuan penerbitan CBDC adalah untuk membangun infrastruktur pembayaran era berikutnya dalam rangka mendorong peningkatan sistem keuangan domestik.

“@Banxico menginformasikan bahwa pada tahun 2024 akan memiliki mata uang digital sendiri yang beredar, seiring teknologi baru dan infrastruktur pembayaran generasi berikutnya yang sangat penting sebagai opsi bernilai tinggi dalam memajukan inklusi keuangan di negara ini,” isi tweet dari Gobierno de México, pemerintah Meksiko.

Penting untuk Melihat Perkembangan Cryptocurrency

Dalam konteks berita tentang CBDC ini, memang perlu untuk mengaitkan perkembangan mata uang digital populer saat ini, cryptocurrency. Dalam konteks ini, memahami perkembangan mata uang kripto (crypto) di Meksiko berkaitan dengan pengetahuan tetang tingkat adopsi. Faktanya, aktivitas transaksi perdagangan cryptocurrency di negara tersebut sangat aktif khususnya sepanjang tahun 2021. Sebagai contoh, itu terlihat dari salah satu bursa kripto (crypto exchange) terbesar di Meksiko, Bitso.

Didirikan pada tahun 2014, Bitso adalah pertukaran mata uang kripto atau cryptocurrency exchange yang berbasis Meksiko, saat ini dinahkodai oleh CEO Daniel Vogel, yang juga salah satu co-founder.

Tercatat, Bitcoin telah menawarkan setoran tunai atau deposit Bitcoin wallet dan penarikan tunai (withdrawals) lebih dari 140 ribu convenience stores di dalam negeri. Dengan kata lain, 140 ribu toko tersebut telah bertransformasi atau berperan juga sebagai ATM crypto.

Selain itu, crypto exchange terbesar di Meksiko ini juga mendukung El Salvador’s Chivo Bitcoin wallet dan bersinergi dengan Circle untuk meluncurkan solusi pembayaran lintas batas (cross-border payment solution).

Akan tetapi, pemerintah Meksiko cenderung mempertahankan kewaspadaan atau sikap hati-hati dalam hal adopsi resmi mata uang kripto sebagai pembayaran resmi, tidak seperti yang dilakukan El Salvador yang telah menggunakan crypto Bitcoin (BTC) sebagai pembayaran sah.

Pada bulan Oktober 2021 lalu, presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengumumkan bahwa negaranya sama sekali tidak punya rencana untuk menerima Bitcoin (BTC) sebagai mata uang sah.

“Kami tidak akan mengubah pendirian dalam konteks ini, dan perlu untuk mempertahankan legitimasi pengelolaan keuangan negeri. Kami juga tidak akan mencoba lebih banyak inovasi dalam sistem keuangan nasional.”

Kontra dengan pernyataan tersebut, catatan Banco de México terkait pengembangan teknologi pembayaran mutakhir melalui CBDC justru mengindikasikan bahwa adanya perubahan sikap resmi dari pemerintah dalam waktu dekat. (www.invesnesia.com)

Leave a Comment