3 Aplikasi Saham Terbaik & Gratis untuk Belajar Trading 2021

Kegiatan trading saham melalui aplikasi saham semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun, ada beberapa pemula yang masih belum memulai karena terkendala pengetahuan minim tentang trading dan investasi saham. Hal itu membuat mereka butuh sebuah wadah untuk belajar saham, khususnya tentang mekanisme, cara kerja, atau proses perdagangan saham.

Baca juga: Panduan Investasi Saham bagi Pemula

Memang, aktivitas transaksi saham hanya dapat dilakukan melalui sebuah platform atau aplikasi saham. Biasanya, aplikasi trading saham online tersebut disediakan secara gratis oleh perusahaan sekuritas (broker saham). Hanya saja, untuk dapat melakukan jual beli saham secara real, pemula wajib melakukan pendaftaran atau membuka akun saham, serta melakukan deposit dana.

Aplikasi Saham

Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak tersedia platform atau aplikasi trading saham terbaik yang disediakan secara gratis. Kamu dapat download aplikasi saham online tersebut di Playstore dan/atau Appstore. Nah, berikut beberapa rekomendasi aplikasi saham terbaik, gratis, dan cocok untuk pemula yang sedang belajar saham.

1. RTI Business (PT RTI Infokom)

RTI business menjadi aplikasi saham online gratis yang bagus untuk belajar trading saham bagi pemula, yaitu melalui IDX Virtual Online Trading 2.0 yang terdapat di fitur atau menu Trade, berikut tampilannya.

Menu Trade di Aplikasi RTI Business

Pada dasarnya, fitur ini merupakan simulasi trading saham di pasar saham. Dengan adanya fitur ini, pemula dapat mengenal dan menguasi seperti apa mekanisme, proses, dan cara kerja perdagangan saham sebelum benar-benar terjun ke pasar saham secara real. Seperti yang dapat dilihat, RTI Business sudah menyediakan panduan pengguna: IDX trading simulation guideuser, tutorial pendaftaran anggota (member registration tutorial), dan panduan simulasi trading untuk pengguna (simulation trade tutorial).

Perlu kamu ketahui, sebenarnya aplikasi saham RTI Business dirancang untuk membantu investor dalam melakukan analisis saham, seperti melihat pergerakan harga saham, data keuangan perusahaan, berita saham terbaru, hingga informasi terkait aksi korporasi perusahaan (corporate action). Untuk lebih lengkap, berikut fitur atau menu yang tersedia di aplikasi RTI Business.

1. Trade

Sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu fitur aplikasi saham RTI Business ini disediakan untuk pemula yang ingin mengenal seperti apa simulasi trading saham di pasar saham Indonesia, yaitu melalui IDX Virtual Online Trading 2.0.

2. Market

Menu Market di Aplikasi RTI Business

Fitur ini menyajikan pergerakan harga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Kamu dapat melihat pergerakan IHSG dalam beberapa periode, seperti harian (daily), mingguan (weekly), bulanan (monthly), tahun berjalan (year-to-date), dan tahunan (yearly). Selain itu, kamu juga dapat melihat closing price IHSG melalui Index Diary, atau kalender IHSG. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat kinerja IHSG (Index Performance), rentang pergerakan harga IHSG, dan yang terpenting yaitu aktivitas transaksi yang dilakukan asing melalui Investor Chart.

3. Indices

Aplikasi saham RTI Business juga menyediakan menu Indeks (Indices) untuk mengetahui pergerakan harga Indeks di dunia, yaitu sebagai berikut:

  • Index Future: terdiri dari Dow Jndex Futures (DJIF) dan Dollar Index (DX).
  • Indeks Asia: terdiri dari Nikkei 225 Index (Jepang), Hang Seng Index (Hong Kong), Shanghai Composite Index (China), Straits Time Index (Singapura), Indonesia Composite Index/IDX (Indonesia), dan Indeks LQ45.
  • Indeks Eropa: terdiri dari FTSE 100 Index (Inggris) dan Xetra Dax (Jerman).
  • Indeks Amerika: terdiri dari Dow Jones Index (DJI), S&P 500 Index (GSPC), dan Nasdaq (IXIC).

4. Whatchlist

Fitur ini biasanya digunakan untuk mengamati beberapa saham perusahaan yang dianggap potensial. Kamu dapat membuat daftar saham terbaik versi kamu sendiri dan menempatkannya di watchlist. Misalnya, saham Telkom (TLKM), BCA (BBCA), BRI (BBRI), Unilever (UNVR), dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan dan melihat pergerakan harga saham-saham terbaik di sektornya, seperti sektor Banking, Consumer, Resources, Construction, Property, dan sebagainya.

5. Movers

Salah satu fitur RTI Business ini memberikan informasi terkait pergerakan harga saham dalam beberapa kategori, yaitu sebagai berikut.

  • Gainers (%) = informasi terkait saham-saham perusahaan yang mengalami kenaikan (gain), diurutkan dari saham dengan kenaikan paling tinggi.
  • Losers (%) = informasi terkait saham-saham perusahaan yang mengalami penurunan (loss), diurutkan dari saham dengan penurunan paling tinggi.
  • Active – Turnover = informasi terkait jumlah transaksi saham perusahaan (IDR) pada 1 hari perdagangan, diurutkan dari turnover paling tinggi.
  • Active – Volume (Shares) = informasi terkait volume transaksi saham perusahaan pada 1 hari perdagangan, diurutkan dari volume paling tinggi.
  • Active – Frequency (x) = informasi terkait total frekuensi saham (x) perusahaan pada 1 hari perdagangan, diurutkan dari frekuensi paling tinggi.
  • Net Foreign Buy (RG) = informasi terkait aktivitas pembelian saham yang dilakukan pihak asing di pasar regional (RG), diurutkan dari net buy paling tinggi.
  • Net Foreign Sell (RG) = informasi terkait aktivitas penjualan saham yang dilakukan pihak asing di pasar regional (RG), diurutkan dari net sell paling tinggi.

6. Chart

Menu Chart di Aplikasi RTI Business

Aplikasi saham RTI Business juga menyediakan menu chart untuk melihat grafik pergerakan harga suatu saham. Biasanya, menu chart ini digunakan untuk melakukan analisis saham, khususnya dari segi teknikal. Menu chart RTI Business juga menyediakan berbagai fitur lengkap untuk melakukan analisis teknikal, seperti indikator-indikator teknikal, dan sebagainya.

7. Currency

Menu ini menampilkan rate pergerakan harga mata uang asing (foreign exchange/forex) di dunia, seperti USD Rate, IDR Rate, dan Cross Rate. Berikut rinciannya.

  • USD Rate = terdiri dari USDIDR, AUDUSD, EURUSD, GBPUSD, USDCNY, USDJPY, dan USDSGD.
  • IDR Rate = terdiri dari AUDIDR, CNYIDR, EURIDR, dan SGDIDR.
  • Cross Rate = terdiri dari EURCHF dan GBPEUR.

8. Press Metal

Menu ini menampilkan pergerakan harga metal (logam) per ons (ounce) di pasar spot, baik dengan mata uang USD maupun rupiah/IDR. Berikut rinciannya.

  • Press Metal (USD/Ounce) = terdiri dari XAGUSD (Silver Spot), XAUUSD (Gold Spot), dan XPTUSD (Platinum Spot).
  • Press Metal (IDR/gram) = XAGIDR (Silver Spot), XAUIDR (Gold Spot), dan XPTIDR (Platinum Spot).

9. News

Menu ini menampilkan berita terbaru yang relevan dengan aktivitas perusahaan go public atau yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau bursa saham. Hampir semua aplikasi saham menyediakan menu news. Kenapa? Karena news akan membentuk sentimen pasar. Trader saham biasanya menggunakan news untuk mengambil keputusan trading saham jangka pendek, khususnya news yang dianggap akan berdampak signifikan pada pergerakan harga saham. Misalnya, ada berita tentang pembelian mobil baru yang bebas pajak (PPnBM) atau pajak barang mewah. Informasi ini biasanya akan direspon pasar sehingga akan membentuk sentimen.

10. Calendar

Menu ini menampilkan informasi aksi korporasi (corporate action) perusahaan, seperti jadwal pembagian dividen, informasi right issue, stock split, reverse stock, IPO, RUPS, dan sebagainya.

11. Informasi Masing-masing Saham Perusahaan

Aplikasi saham RTI Business juga menyediakan informasi untuk masing-masing saham perusahaan. Misalnya, kamu ingin menampilkan saham BCA (BBCA), kemudian akan tampil informasi penting dan relevan dari saham tersebut. Misalnya, informasi terkait statistik pergerakan harga saham BCA, kinerja keuangan, news, aksi korporasi, dan sebagainya. Dengan demikian, kamu bisa mengambil keputusan tepat dalam trading saham atau investasi saham.

2. Stockbit

Aplikasi Stockbit

Aplikasi trading saham online terbaik lainnya di 2021 ini yaitu Stockbit. Pada dasarnya, Stockbit adalah platform komunitas investasi saham di Indonesia, atau sejenis media sosial yang berfungsi sebagai forum untuk berdiskusi tentang saham. Tidak hanya itu, Stockbit juga menyediakan berbagai menu dan fitur saham, seperti tools analisis saham, data finansial atau rasio-rasio keuangan, grafik harga saham, aksi korporasi, dan seterusnya.

Karena Stockbit merupakan media sosial, maka setiap orang dapat membuat profil masing-masing. Platform Stockbit juga sudah terintegrasi dan dapat dikoneksikan dengan platform media sosial lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Inilah yang menjadi kelebihan aplikasi Stockbit, di mana setiap trader atau investor dapat berkomunikasi satu sama lain, baik melalui forum diskusi maupun chat personal. Investor atau trader juga dapat membuat dan update status layaknya media sosial pada umumnya.

Selain itu, pemula juga bisa belajar investasi atau trading saham online secara gratis di aplikasi Stockbit, yaitu melalui fitur virtual trading. Pemula juga dapat melakukan trading saham online secara real time dengan membuka akun saham melalui Stockbit. Meskipun Stockbit bukan sekuritas atau broker saham, Stockbit sudah bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. Dengan kata lain, untuk trading saham di aplikasi Stockbit, pemula terlebih dahulu harus terdaftar sebagai nasabah di Sinarmas Sekuritas.

3. Nabung Saham Go

Aplikasi Nabung Saham Go

Aplikasi saham Nabung Saham Go juga bisa dipertimbangkan. Platform trading saham ini sangat unik karena menjadi platform simulasi trading saham yang dikemas dalam bentuk permainan gim, sehingga proses belajar trading saham diharapkan bisa lebih menyenangkan. Pengguna hanya perlu melakukan pendaftaran dengan membuat username dan avatar. Setelah mendaftar, pengguna akan didemonstrasikan sebagai salaryman dengan penghasilan Rp2.000,- per 10 detik dan akan diberikan cash game sebesar Rp 100 juta. Nilai cash game bisa ditingkatkan dengan cara melakukan trading saham, menjawab quiz, dan upgrade skill. Selain itu, ada 10 saham yang dapat diperdagangkan. Sayangnya, pergerakan harga saham di aplikasi Nabung Saham Go tidak mengikuti real market.

Manfaatkan Aplikasi Trading Saham Gratis dengan Baik

Ketiga aplikasi saham online di atas sudah selayaknya dicoba dan dimanfaatkan dengan baik sebagai wadah belajar investasi dan trading saham. Pemula dapat mencoba untuk menggunakan salah satu atau ketiga platform trading saham tersebut sekaligus. Silakan bandingkan aplikasi mana yang lebih cocok dan sesuai preferensi untuk belajar saham. Semoga tiga rekomendasi aplikasi trading saham terbaik tersebut dapat memudahkan kamu dalam proses belajar saham. Kami mendoakan yang terbaik untuk kamu semua.

error: Content is protected !!