Biaya Akuntansi (Accounting Cost)

Salah satu klasifikiasi biaya atau jenis pengeluaran yang dihadapi oleh perusahaan yaitu biaya akuntansi atau accounting cost. Lalu, apa definisi biaya akuntansi? Seperti apa ruang lingkupnya? Apa saja contoh biaya akuntansi? Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap terkait materi biaya akuntansi.

Pengertian Biaya Akuntansi

Gambar Biaya Akuntansi

Apa itu biaya akuntansi? Secara ringkas, biaya akuntansi (accounting cost) adalah biaya keseluruhan dari segala sesuatu yang telah dibayar oleh bisnis atau perusahaan. Biaya akuntansi merupakan biaya yang dicatat dari suatu aktivitas di dalam buku besar bisnis, sehingga biaya tersebut muncul dalam laporan keuangan (financial statements) entitas. Jika biaya akuntansi belum dikonsumsi dan sama dengan atau lebih besar dari batas kapitalisasi bisnis, biaya tersebut dicatat di neraca (balance sheet).

Jika biaya akuntansi telah dikonsumsi, biaya tersebut dicatat dalam laporan laba rugi (income statement). Jika kas (cash) telah dikeluarkan sehubungan dengan biaya akuntansi, arus kas keluar tersebut muncul di laporan arus kas (cash flow statement). Perlu dicatat, dividen tidak memiliki biaya akuntansi karena merupakan distribusi pendapatan kepada investor. Biaya akuntansi biasanya dicatat melalui sistem utang dagang (payable system), namun juga dapat dicatat melalui entri jurnal khusus untuk transaksi individu atau dengan sistem penggajian untuk mencatat biaya terkait kompensasi.

Ruang Lingkup Biaya Akuntansi

Ruang lingkup biaya akuntansi bisa berubah, tergantung bagaimana situasinya. Sebagai contoh, seorang manajer ingin mengetahui biaya akuntansi suatu produk. Jika informasi ini diperlukan untuk keputusan penetapan harga jangka pendek, hanya biaya variabel terkait dengan produk yang perlu dimasukkan di dalam biaya akuntansi. Namun, jika informasi tersebut diperlukan untuk menetapkan harga jangka panjang yang akan menutupi biaya overhead perusahaan, maka ruang lingkup biaya akuntansi akan diperluas dengan memasukkan alokasi biaya tetap (fixed cost).

Contoh Biaya Akuntansi

Untuk memahami lebih mudah tentang apa itu biaya akuntansi (accounting cost), berikut kami berikan beberapa contoh biaya akuntansi.

  1. Biaya sewa (rent expense) – adalah tanggung jawab (kewajiban) perusahaan yang harus dibayarkan kepada pihak lain atas jasa yang telah diberikan kepada perusahaan, biasanya berupa aset.
  2. Biaya utilitas (utility expenses) – adalah biaya bulanan yang dikeluarkan oleh perusahaan secara rutin, biasanya berkaitan dengan tagihan telepon, listrik, air, internet, dan sejenisnya.
  3. Biaya makan dan hiburan (food and entertainment expenses) – Biaya hiburan mencakup biaya makan yang diberikan kepada pelanggan atau klien, termasuk apakah makanan itu sendiri merupakan bagian dari hiburan (contoh, makanan ringan di pertandingan olah raga sepakbola). Sedangkan biaya makan mencakup biaya makanan, minuman, pajak, dan tip.
  4. Biaya perjalanan (travel expenses) – adalah biaya yang dikeluarkan terkait perjalanan dinas atau aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Biaya perjalanan bisa dibayarkan langsung oleh perusahaan, atau dalam bentuk klaim – karyawan mengeluarkan uang pribadi terlebih dahulu kemudian diganti oleh perusahaan saat mengajukan klaim. Biaya perjalanan mencakup transportasi dan penginapan (hotel, indekos, kontrakan, dll).
  5. Biaya pajak (payroll expenses) – adalah biaya yang wajib dikeluarkan perusahaan yang berkaitan dengan taat pajak, mencakup pajak gaji dan pajak lainnya yang berkaitan dengan bisnis.
  6. Biaya asuransi (cost of insurance) – adalah biaya yang berkaitan dengan jenis asuransi tertentu, seperti, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan sebagainya.
  7. Biaya lainnya yang timbul dalam kegiatan bisnis normal.

Semua biaya yang tercantum di atas dianggap biaya eksplisit, yang berarti biaya langsung yang terkait dengan bisnis perusahaan. Biaya-biaya ini secara otomatis dihitung setiap kali pengeluaran dicatat dalam aplikasi/perangkat lunak akuntansi atau buku besar. Selama perusahaan tahu cara melacak pengeluaran bisnis, dan semua transaksi keuangan dicatat dengan benar, tidak ada pekerjaan tambahan yang diperlukan untuk menghitung biaya akuntansi.

Well, itulah penjelasan tentang apa itu biaya akuntansi, seperti apa ruang lingkupnya, dan contoh biaya akuntansi. Pastikan Anda tidak salah membedakan antara biaya akuntansi, akuntansi biaya, dan biaya ekonomi. Ada perbedaan mendasar di antara biaya-biaya tersebut. Jadi, pastikan Anda memahami dengan baik.

error: Content is protected !!