Top 10 Platform Pinjaman Kripto Terbaik (Crypto Lending) 2023

Setiap investor crypto dengan jumlah yang cukup besar di dompet mereka harus mempertimbangkan untuk mendapatkan bunga atas aset mereka dengan menempatkannya di situs pinjaman cryptocurrency. Platform seperti ini bertindak sebagai perantara antara pemberi pinjaman dan peminjam.

Artikel ini menawarkan ulasan komprehensif tentang top 10 platform pinjaman crypto teratas yang kami temukan. Baca untuk mempelajari apa yang ditawarkan masing-masing, cara kerja crypto lending, manfaatnya, dan banyak lagi.

Best 10 Platform Pinjaman Crypto Terbaik

Kami telah meninjau beberapa situs dan menemukan sepuluh dengan keamanan terbaik, hasil tertinggi, berbagai macam koin, dan persyaratan yang menguntungkan. Masing-masing menonjol sebagai platform pinjaman crypto terbaik karena alasan dan keunggulan tertentu:

  1. Nexo — Secara keseluruhan, platform crypto lending terbaik dengan suku bunga paling kompetitif setinggi 11%. Anda bisa menyetor lebih dari 30 crypto, dan pembayaran bunga datang setiap hari.
  2. Aqru — Pilihan terbaik untuk bunga sehari-hari dengan fitur keamanan tinggi dan asuransi deposito berlapis-lapis. Harga setinggi 10%, dan Anda tidak perlu khawatir tentang setoran minimum.
  3. CoinRabbit — Platform pinjam meminjam kripto sederhana yang memungkinkan Anda memulai hanya dengan nomor telepon dan $100 sebagai deposit. Platform ini ramah pemula, karena hanya menampilkan konten yang diperlukan yang dapat dipahami setiap investor.
  4. Aave — Platform pinjaman terkemuka untuk pengguna tingkat lanjut, dirancang terutama untuk individu yang dapat menangani dan memanfaatkan tingkat suku bunga yang berfluktuasi, yang dapat mencapai setinggi 18%.
  5. Nebeus — Platform kripto lengkap yang memungkinkan Anda menyimpan, mempertaruhkan, mengasuransikan, menukar, meminjam, dan meminjamkan banyak kripto dan stablecoin populer.
  6. YouHodler – Situs web pinjaman kripto fleksibel yang menawarkan fleksibilitas kepada investor mengenai ketentuan investasi mereka. Ini diatur di UE dan Swiss, sementara Ledger menangani keamanan dana.
  7. Compound — Platform terbaik untuk pinjaman DeFi dengan tokennya sendiri dan cakupan lebih dari sepuluh mata uang kripto lainnya. Ini memiliki kurva belajar yang curam tetapi potensi tinggi untuk bunga majemuk, dan Anda tidak harus melalui pemeriksaan KYC dan AML.
  8. Crypto.com — Pilihan utama untuk pinjaman stablecoin dengan lebih dari 22 mata uang yang didukung, termasuk stablecoin populer seperti Tether, USD Coin, dan Pax Dollar, dengan tarif setinggi 6,5%.
  9. Binance — Merek mapan dan tepercaya dengan suku bunga pinjaman kripto yang kompetitif. Ini mendukung jumlah cryptocurrency terbesar dari semua situs pinjaman terkemuka, dengan lebih dari 180 crypto untuk dipilih.
  10. CoinLoan — Ideal untuk akun tetap karena menawarkan periode penguncian 1, 3, 6, 9, dan 12 bulan. Bunga meningkat semakin lama Anda menjaga aset terkunci di platform.

Meninjau Platform Pinjaman Crypto

Sekarang setelah Anda melihat sepuluh pilihan teratas kami, saatnya untuk mempelajari ulasan terperinci untuk masing-masing. Di bagian berikut, kami akan membahas manfaat utama dan data inti mereka, seperti persentase hasil tahunan, cryptocurrency yang didukung, dll.

1. Nexo — Platform Crypto Lending Terbaik Secara Keseluruhan dengan Harga Terbaik

Nexo adalah salah satu situs pinjaman kripto terbaik dan paling populer dan pilihan pertama kami karena beberapa alasan. Untuk mulai dengan, ia menawarkan suku bunga setinggi 11% pada sebagian besar koin. Di situs lain, seperti Axie Infinity, salah satu game play-to-earn terbaik dengan hadiah aktual, mereka bisa mendapatkan hingga 36%.

Kedua, setiap aset mendapatkan return yang berbeda. Koin yang lebih mapan seperti Bitcoin dan Ethereum memiliki tingkat yang lebih rendah, sementara stablecoin dan token yang kurang populer memiliki tingkat yang lebih tinggi. Ketiga, setiap koin memiliki suku bunga default, istilah FLEX, dan tingkat tambahan yang tergantung pada periode penguncian yang Anda pilih.

Ada juga perbedaan antara tingkatan loyalitas. Tingkat Dasar menawarkan hingga 12% pada kripto dan 8% pada stablecoin, sedangkan yang tertinggi, tingkat Platinum, mendapat hingga 15% dan 12%. Tingkat didasarkan pada persentase token NEXO (token asli platform) dalam saldo portofolio Anda. Semakin tinggi persentasenya, semakin tinggi tingkatannya.

Misalnya, Anda mendapatkan 4% pada Bitcoin jika Anda memilih tingkat Dasar. Persyaratan FLEX adalah 3%, dan tingkat tambahnya adalah 1% jika Anda mengunci aset Anda selama satu bulan. Sementara itu, Anda mendapatkan hingga 7% APY jika Anda berada di tingkat Platinum. Polygon, salah satu crypto teratas yang dapat Anda beli hari ini, menurut Reddit, memiliki tarif yang sama.

Meskipun banyak platform pinjaman lain seperti Celsius menghentikan penarikan pada pertengahan tahun 2022 karena kondisi pasar yang ekstrem, Nexo terus beroperasi dan memungkinkan pengguna untuk menarik sebagian besar aset mereka kapan saja, kecuali mereka berada di tengah periode penguncian.

Kelebihan:

  • Lebih dari 30 crypto yang didukung
  • Bunga naik berdasarkan tingkat penguncian dan loyalitas
  • Periode penguncian opsional
  • Aset yang diasuransikan buku besar
  • Pembayaran hasil harian
  • Tidak ada biaya deposit atau penarikan

Kekurangan:

  • Token NEXO diperlukan untuk banyak manfaat
  • Agak membingungkan bagi pemula

2. Aqru — Pilihan Bunga Harian dengan fitur keamanan tinggi dan asuransi simpanan berlapis-lapis

Aqru adalah platform crypto Bulgaria yang juga terdaftar di Inggris dan Wales. Situs ini memungkinkan pengguna untuk berinvestasi dalam crypto, bertukar koin crypto, dan meminjamkan cryptocurrency.

Ini sangat aman karena menawarkan asuransi deposito berlapis-lapis untuk melindungi dana Anda dari peretas. Aqru menggunakan fitur keamanan tingkat bank melalui infrastruktur dompet yang disediakan oleh Fireblocks, sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi Multi-Seg terbaru.

Setelah Anda membuka akun dan berinvestasi, Anda bisa mendapatkan bunga APY hingga 10%. Bunga ini dibayarkan setiap hari, sehingga Anda dapat mulai mendapatkan keuntungan segera setelah bergabung. Namun, ingat bahwa sebagian besar produk crypto memiliki APY yang lebih rendah, biasanya sekitar 2% dan 3%.

Anda mulai dengan menyetor dengan kartu kredit, kripto, atau transfer bank (tidak ada biaya pada dua yang terakhir). Anda kemudian dapat mulai mendapatkan bunga atas aset apa pun, dengan APY harian pada sebagian besar koin setinggi 3%. Setelah itu, Anda dapat meminta penarikan sedini 24 jam kemudian tanpa membayar biaya apa pun.

Pro:

  • Reputasi online yang baik
  • Bunga hingga 10% untuk piutang dunia nyata
  • Tidak ada biaya deposit atau penarikan
  • Tidak ada periode penguncian pada banyak produk
  • Suku bunga harian

Kontra:

  • APY bisa lebih tinggi pada banyak produk crypto
  • Masalah penarikan sesekali

3. CoinRabbit — Platform Pinjaman Mata Uang Kripto Paling Sederhana

CoinRabbit lebih selaras dengan peminjam, karena menawarkan lebih dari 150 mata uang dan 12% APR atau lebih. Yang mengatakan, investor crypto yang ingin menghasilkan pendapatan pasif tidak diabaikan. Mereka memiliki lima koin yang mereka miliki (USDT, USDC, USD Coin, BSC, dan Binance USD), semuanya menawarkan 5% APY.

Anda bisa mulai dengan $ 100, dan bunga akan bertambah setiap hari. Anda dapat menarik semua atau sebagian aset Anda secara gratis kapan saja.

Adapun keamanan, platform ini menggunakan sistem dompet dingin yang tidak digunakan dalam operasi internal. Hanya karyawan tertentu yang menerima akses, dan setiap transaksi memerlukan persetujuan dari beberapa anggota tim inti. Transaksi yang mencurigakan atau tidak akurat segera ditangguhkan.

Menggunakan CoinRabbit sebagai pemberi pinjaman sangat sederhana. Meskipun Anda harus menyetor setidaknya $ 100, Anda dapat memverifikasi akun Anda hanya dengan nomor telepon. Platform melakukan pemeriksaan di latar belakang melalui blockchain. Dasbor yang Anda dapatkan hanya menampilkan informasi penting yang mudah dipahami, yang membuatnya ideal untuk investor yang kurang berpengalaman.

Pro:

  • Ramah pemula
  • 5% APY di seluruh papan
  • Bunga bertambah setiap hari
  • Sistem keamanan yang sangat baik
  • Tidak ada biaya penarikan

Kontra:

  • Lebih selaras dengan peminjam
  • Investasi minimum $100 agak tinggi

4. Aave — Pilihan Utama Teratas untuk Investor Tingkat Lanjut

Aave adalah salah satu dari sedikit perusahaan pinjaman kripto yang beroperasi penuh sebagai platform pinjam meminjam.

Ini adalah protokol likuiditas terdesentralisasi dengan token aslinya sendiri, Aave (AAVE), yang menempati peringkat sebagai salah satu cryptocurrency teratas yang muncul saat ini.

Perusahaan di balik protokol pinjaman Aave didirikan di Swiss pada tahun 2017. Selama bertahun-tahun, platform Aave telah berhasil menemukan tempat di antara situs pinjam meminjam kripto terkemuka.

Sekarang nama besar di ruang pinjaman DeFi, memungkinkan pengguna untuk meminjamkan beberapa crypto, termasuk Ethereum, Polygon, Avalanche, dan Harmony. Tarifnya cukup tinggi untuk koin seperti Tether, sehingga Anda dapat memperoleh jumlah besar yang kemudian dapat Anda belanjakan di banyak toko online yang menerima USDT.

Selain menawarkan pinjaman cryptocurrency reguler, Aave juga memiliki pinjaman flash tanpa jaminan, layanan yang dipelopori platform ini. Sedangkan untuk meminjamkan APY, sulit untuk mendapatkan angka yang akurat karena platform menggunakan protokol insentif yang kompleks. Biasanya antara 0% dan 3%, dengan stablecoin menikmati persentase yang lebih menguntungkan, seperti pada kebanyakan platform.

Pro:

  • Hingga 18% APY untuk USDT dan BUSDT
  • Pinjaman kilat tanpa jaminan
  • Suku bunga loan-to-value yang tinggi
  • Tidak ada KYC selama orientasi
  • Ideal untuk koin berbasis Ethereum

Kontra:

  • Rencana investasi sulit dibuat karena tingkat suku bunga yang berfluktuasi
  • Lebih cocok untuk investor berpengalaman

5. Nebeus — Platform Crypto All-In-One Populer yang Menawarkan Staking, Meminjam & Meminjamkan

Nebeus adalah platform taruhan kripto all-in-one yang memungkinkan Anda menyewa kripto Anda, nama situs untuk pinjaman kripto. Ini adalah salah satu platform pinjaman crypto terbaik tepatnya untuk layanan all-in-one yang ditawarkannya — menyimpan, menukar, mengasuransikan, meminjamkan, mempertaruhkan, dan meminjam.

Sedangkan untuk penyewaan crypto, Nebeus menawarkan hingga 8,2% APY pada berbagai cryptocurrency, termasuk USDC, USDT, BTC, ETH, DASG, XRP, LTC, dan EOS.

Sistem peminjaman agak membingungkan karena Anda mendapatkan empat opsi, masing-masing dengan APY atau RPY sendiri (hadiah per tahun). Masing-masing memiliki pilihan spesifik kripto dan mata uang yang diterima yang Anda peroleh dari bunga.

Suku bunga naik dari 3,5% menjadi 8,2%, dengan persentase tertinggi hanya ditawarkan pada USDC dan USDT. Selain itu, setiap produk memiliki periode penguncian dan setoran minimum, sementara semua membayar bulanan.

Pro:

  • Platform kripto all-in-one
  • APY terendah adalah 3,5%
  • Setoran minimum rendah untuk sebagian besar koin
  • 12 cryptocurrency sebagai hadiah
  • Penghasilan fiat mungkin

Kontra:

  • Periode penguncian pada semua opsi
  • Pembayaran setiap 30 hari

6. YouHodler — Situs Pinjaman Kripto Paling Fleksibel dengan APY Hingga 15%

Jika fleksibilitas penting bagi Anda dalam hal protokol pinjaman kripto, Anda tidak bisa salah dengan YouHodler. Ini adalah pertukaran kripto, situs perdagangan kripto, dan dompet. Selain itu, ini juga memungkinkan pengguna meminjam dan menerbangkan cryptocurrency.

Untuk mendapatkan bunga pada 30 cryptocurrency, Anda perlu menyetor $ 100, dan Anda dapat mulai memperoleh bunga. Pembayaran dilakukan setiap minggu, dan Anda dapat menambahkan lebih banyak dana setiap minggu jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak. Anda dapat melakukan ini melalui program loyalitas platform, salah satu opsi pinjaman kripto paling fleksibel yang tersedia. Tidak ada periode penguncian dan tidak ada persyaratan khusus.

Selain fleksibilitas, platform ini menawarkan tarif tinggi, biasanya antara 7% dan 15%. Karena semua ini, YouHodler dengan cepat menjadi salah satu platform yield farming DeFi paling populer.

Pro:

  • Diatur di Swiss dan UE
  • APY dari 7% hingga 15%
  • Opsi pinjaman yang fleksibel
  • Tidak ada periode penguncian
  • Keamanan dari Ledger

Kontra:

  • Setoran minimum bisa lebih rendah

7. Compound — Pilihan Populer untuk Pinjaman DeFi tanpa Setoran Minimum

Compound.finance adalah platform pinjaman DeFi (keuangan terdesentralisasi) yang telah ada selama beberapa waktu.

Platform ini memiliki token sendiri, COMP, dan Anda bisa mendapatkan bunga darinya. Situs ini juga menawarkan koin dan token tambahan, termasuk Ethereum, Uniswap, USD Coin, TrueUSD, dan DAI.

Suku bunga sangat bervariasi berdasarkan dinamika pasar saat ini dan model yield farming platform tetapi biasanya sekitar 1% atau kurang. Bagian yang sulit tentang Compound adalah ia memiliki kurva belajar yang sangat curam, membuatnya lebih cocok untuk investor yang telah menjadi bagian dari ruang DeFi atau pemegang kripto yang ingin belajar.

Untungnya, memulai cukup sederhana karena Anda hanya perlu menghubungkan dompet Anda, tanpa prosedur KYC yang perlu dikhawatirkan.

Pro:

  • Platform DeFi terkemuka
  • Tidak ada setoran minimum
  • Potensi bunga majemuk yang tinggi
  • Tidak ada pemeriksaan KYC atau AML

Kontra:

  • Kurva belajar intensif
  • Opsi token terbatas

8. Binance — Merek Mapan dengan Tarif Kompetitif &; Periode Lock-In yang Fleksibel

Binance telah menjadi nama rumah tangga dalam hal pertukaran cryptocurrency. Meskipun menawarkan layanan tambahan, itu masih di antara platform pinjaman crypto terbaik di web.

Reputasi situs ini sebagai salah satu pertukaran crypto terbaik di pasar berasal dari fakta bahwa Anda dapat meminjamkan lebih dari 180 crypto dan mendapatkan APY yang sangat kompetitif. Binance menawarkan tarif dua digit pada token tertentu yang kurang dikenal dan pada kripto mapan seperti Polkadot.

Plus, ia memiliki koin sendiri yang disebut BNB, secara konsisten berada di peringkat sepuluh crypto teratas di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Situs ini memberi Anda banyak produk dan opsi pinjaman. Yang paling populer adalah Simple Earn dan Auto-Invest, yang terakhir memungkinkan Anda untuk membuat rencana investasi otomatis dengan penghasilan harian.

Karena Binance menawarkan banyak cryptocurrency untuk dipinjamkan, Anda dapat mencari yang spesifik atau membiarkan aplikasi menyarankan yang terbaru, terpopuler, terbaik untuk pemula, dan banyak lagi.

Pro:

  • Pertukaran crypto terkemuka di dunia
  • 180+ mata uang kripto
  • APY yang sangat kompetitif
  • Setoran minimum rendah
  • Periode penguncian yang fleksibel atau tetap

Kekurangan:

  • Dukungan pelanggan yang buruk
  • Periode verifikasi akun yang panjang

9. CoinLoan — Penyedia Tepercaya untuk Akun Tetap dengan APY 6,2%

CoinLoan adalah platform pertukaran dan pinjaman crypto dengan Lisensi Keuangan Eropa. BitGo melindungi dana yang disimpan pengguna di sana, dengan hak asuh yang disediakan oleh Fireblocks, sehingga Anda tahu bahwa keamanan adalah bagian integral dari model bisnis platform.

Setoran mulai dari $ 100, yang mungkin tinggi untuk beberapa orang, tetapi untungnya, itu adalah jumlah minimum yang akan Anda temukan di beberapa platform crypto pinjaman lainnya, termasuk yang dibahas di sini.

Anda bisa mendapatkan hingga 8,2% APY pada akun tetap atau hingga 6,2% pada akun fleksibel tanpa periode penguncian. Anda akan mendapat manfaat dari tarif yang lebih tinggi jika Anda tidak keberatan mengunci aset Anda. CoinLoan memungkinkan Anda memilih antara 1, 3, 6, 9, dan 12 bulan penguncian, yang lebih fleksibel daripada di kebanyakan situs lain.

Sayangnya, tarifnya lebih rendah jika Anda tidak mau menggunakan token asli platform, koin CLT. Namun demikian, ini adalah kejadian umum di industri, bahkan untuk platform pinjaman crypto teratas.

Anda dapat menyetor 22+ koin, termasuk BTC, ETH, LTC, BCH, SOL, dan DOT. Platform ini menawarkan layanan yang sama untuk bisnis tetapi dengan manfaat tambahan seperti integrasi yang mudah melalui API dan dukungan 24/7.

Kelebihan:

  • Hingga 6,2% APY pada akun fleksibel dan 8,2% pada akun tetap
  • 22+ mata uang kripto
  • Tidak ada biaya atau komisi
  • Keamanan aset yang tinggi
  • Akun fleksibel tanpa periode penguncian

Kontra:

  • Suku bunga lebih rendah tanpa menggunakan koin CLT
  • Investasi minimum $100 agak tinggi

10. Crypto.com — Pilihan Utama untuk Pinjaman Stablecoin, APY setinggi 12,5%

Crypto.com adalah salah satu pertukaran cryptocurrency paling terkemuka di dunia dan di antara aplikasi perdagangan crypto terbaik. Ini juga merupakan platform pinjaman cryptocurrency yang diatur di mana Anda bisa mendapatkan APY hingga 12,5%. Anda dapat menerbangkan lebih dari 22 mata uang kripto, termasuk Bitcoin, Ethereum, Tether, USD Coin, Avalanche, Cardano, COSMOS, Polkadot, Solana, dan Polygon.

Crypto.com memiliki kalkulator rapi yang menunjukkan berapa banyak yang akan Anda hasilkan setiap tahun berdasarkan token dan jumlah yang dipertaruhkan, jangka waktu, dan periode penguncian. Misalnya, jika Anda ingin menyetor USDT senilai $5.000 dalam jangka waktu 3 bulan dan Anda memiliki penguncian CRO kurang dari $4.000, Anda bisa mendapatkan bunga 3,60%. Kalkulator menunjukkan Anda akan menghasilkan $ 180 per tahun dengan $ 3,46 dalam pembayaran mingguan.

Selain itu, bunga bisa naik 2% jika Anda adalah anggota pribadi. Anda menjadi satu dengan memiliki kartu Frosted Rose Gold, Icy White, atau Obsidian dari Crypto.com.

Pro:

  • Platform bereputasi tinggi dan tepercaya
  • Lebih dari 22 cryptocurrency untuk pinjaman
  • APY setinggi 12,5%
  • Periode penguncian yang dapat disesuaikan
  • Jumlah setoran minimum rendah

Kontra:

  • Penguncian fleksibel menawarkan APY rendah

Perbandingan Akun Bunga Crypto Terbaik

Untuk membuat memilih platform pinjaman kripto yang tepat lebih mudah bagi Anda, berikut adalah ikhtisar singkat tentang fitur utama dari platform pinjaman kripto teratas yang telah kami ulas dalam panduan ini:

Platform pinjaman Kripto dan tarif yang didukung Setoran minimum Frekuensi pembayaran bunga Periode penguncian
Nexo 30+ koin

Hingga 8% pada sebagian besar koin

Bervariasi Harian 1 bulan atau 6 bulan dalam banyak kasus (meningkatkan bunga)
Aqru Hingga 3% untuk USDC

Hingga 2% di Ethereum

Tidak Harian Tidak ada atau 90 hari
Kelinci koin 5% pada USDC, USDT, Binance USD, BSC, USD Coin $100 Harian Tidak
Aave ETH, MATIC, AVAX, dll.

Tarif biasanya 0-3%

Tidak Unduhan N/A
Nebeus 5% atau 8,2% untuk USDC dan USDT

3% dan 6,5% adalah crypto lainnya

Bervariasi Bulanan 1 atau 4 bulan
YouHodler 30 kripto

Harga 7%-10%

$100 Unduhan Tidak
Majemuk 10+ kripto

Harga bervariasi

Tidak N/A N/A
Crypto.com 22+ kripto

0.1–12.5%

Bervariasi Unduhan Tidak ada, 1 atau 3 bulan
Binance 180+ kripto

Harga bervariasi

Bervariasi Harian Fleksibel atau tetap (hingga 120 hari)
Pinjaman koin 22+ kripto

Hingga 6,2% atau 8,2%

$100 Bulanan Tidak ada atau 1, 3, 6, 9, dan 12 bulan

Apa itu Pinjaman Kripto?

Pinjaman mata uang kripto, layanan peer-to-peer DeFi, memungkinkan pemegang kripto meminjamkan aset mereka kepada peminjam dengan imbalan bunga.

Pinjaman kripto melibatkan transfer aset kripto Anda ke peminjam melalui platform pinjaman dan menerima pembayaran bunga reguler.

Hasil persentase tahunan (APY) bervariasi dari platform ke platform (beberapa situs memberikan tarif tetap sementara yang lain memiliki tarif berdasarkan kondisi pasar), dan mereka bisa serendah 0% dan setinggi 20%. Lending APY sebagian besar sama dengan staking APY yang tersedia di platform staking kripto.

Biasanya, pembayaran dilakukan harian, mingguan, atau bulanan. Dalam banyak kasus, Anda juga harus mengunci dana yang Anda setorkan untuk menerima pembayaran. Periode penguncian tergantung pada platform, tetapi biasanya antara satu dan enam bulan.

Bagaimana Cara Kerja Pinjaman Kripto?

Pinjaman Crypto melibatkan tiga pihak – pemberi pinjaman, peminjam, dan platform pinjaman yang memungkinkan seluruh proses.

Dasar-dasar pinjaman crypto cukup mudah. Satu sisi dari persamaan adalah pemilik crypto bersedia meminjamkan aset mereka dengan imbalan pembayaran bunga reguler.

Di sisi lain adalah peminjam, mencari untuk mendapatkan dana tersebut dengan imbalan uang jaminan, jaminan. Selain itu, peminjam harus membayar suku bunga dan, akhirnya, seluruh pinjaman. Akhirnya, platform pinjaman cryptocurrency memfasilitasi seluruh proses.

Pemberi pinjaman perlu mempertimbangkan aspek-aspek berikut:

  • Cryptocurrency yang didukung — Sebagian besar situs pinjaman menampilkan beberapa cryptocurrency yang dapat Anda setorkan, sementara platform pinjaman crypto terbaik memungkinkan Anda meminjamkan 30 atau lebih.
  • APY – Hasil persentase tahunan adalah jumlah bunga yang Anda dapatkan untuk meminjamkan aset Anda. Biasanya berbeda untuk setiap koin, dan setiap situs pinjaman kripto menghitungnya secara berbeda.
  • Periode penguncian — Selama waktu ini, Anda perlu menyimpan aset Anda di platform untuk terus mendapatkan bunga. Beberapa situs tidak memilikinya, sementara yang lain menyimpannya serendah satu dan setinggi enam bulan.
  • Frekuensi pembayaran bunga — Frekuensi menentukan kapan Anda akan menerima pembayaran bunga. Dalam kebanyakan kasus, Anda mendapatkannya setiap hari, mingguan, atau bulanan.

Peminjam harus mempertimbangkan agunan, LTV, APR, dan persyaratan pinjaman:

  • Jaminan – Ini adalah jumlah yang dibayarkan peminjam untuk mendapatkan pinjaman. Jika mereka gagal bayar, agunan hilang.
  • LTV – Rasio pinjaman terhadap nilai menentukan persentase maksimum yang bisa diperoleh peminjam berdasarkan jaminan yang diberikan.
  • APR – Tingkat persentase tahunan adalah persentase pinjaman yang harus dibayar peminjam setiap tahun sampai mereka mengembalikan pinjaman.
  • Persyaratan pinjaman – Anda juga harus mempertimbangkan persyaratan lain, seperti periode setelah Anda harus membayar kembali pinjaman.

Suku Bunga Pinjaman Crypto Dijelaskan

Seperti yang telah Anda lihat sejauh ini, ada dua jenis tarif dalam pinjaman kripto — APY dan APR. Yang pertama berlaku untuk pemberi pinjaman, dan yang terakhir berdampak pada peminjam. APY menentukan berapa banyak bunga yang akan diperoleh pemberi pinjaman setiap tahun, sedangkan APR menunjukkan berapa banyak bunga tahunan yang harus dibayar peminjam sampai mereka membayar kembali seluruh pinjaman.

Untuk memahami ini sepenuhnya, mari kita lihat beberapa contoh.

Katakanlah APY ditetapkan sebesar 8% sementara jumlah yang Anda setorkan dalam USDT bernilai $4.000. Ini berarti Anda akan menerima $320 dalam USDT setiap tahun selama Anda menyimpan aset di platform. Jika bunga dibayarkan setiap minggu, Anda akan menerima $6,15 dalam USDT per pembayaran.

Sedangkan untuk APR, pertimbangkan contoh di mana itu adalah 10%, dan pinjaman yang Anda peroleh dalam USDT juga bernilai $4,000. Jumlah yang harus Anda bayar dengan bunga setiap tahun adalah $ 400. Secara alami, jika Anda berhasil membayar kembali pinjaman lebih cepat, jumlah itu akan lebih rendah.

Potensi Manfaat Pinjaman Crypto

Meskipun meminjamkan cryptocurrency dapat menjadi investasi berisiko, ia juga dilengkapi dengan sejumlah manfaat yang perlu Anda pertimbangkan. Mari kita ulas.

Mudah untuk Memulai

Meminjamkan cryptocurrency jauh lebih mudah daripada melakukannya dengan mata uang fiat. Selain itu, pinjaman jauh lebih mudah diperoleh di ruang crypto daripada melalui bank, karena tidak ada pemeriksaan kredit. Baik pemberi pinjaman maupun peminjam sering dapat memulai dengan menghubungkan dompet mereka tanpa melalui pemeriksaan KYC / AML.

Pembayaran Reguler

Pemberi pinjaman Crypto bisa mendapatkan pembayaran suku bunga setiap hari. Beberapa platform mengirim pembayaran mingguan atau bulanan, yang masih lebih sering daripada opsi pinjaman lainnya.

Suku Bunga Dua Digit

APY pada banyak produk pinjaman crypto dapat melampaui 10%, menghasilkan pengembalian yang signifikan bagi banyak investor. Meskipun tarif bervariasi dari situs ke situs dan koin ke koin, Anda memiliki banyak pilihan. Anda selalu dapat menemukan platform yang lebih baik, dan jika Anda tidak memiliki koin dengan harga tertinggi, Anda dapat dengan mudah membelinya, karena menukar kripto itu mudah dan cepat.

Berbagai Periode Lock-in

Rekening tabungan mata uang fiat biasanya memiliki kerangka waktu yang sangat lama di mana Anda tidak dapat mengakses dana Anda, kadang-kadang hingga satu tahun. Pinjaman Crypto lebih fleksibel dalam hal ini karena banyak platform bahkan tidak memiliki periode penguncian, atau mereka sesingkat sebulan.

Cara Memilih Platform Pinjaman Crypto

Saat memilih platform pinjaman kripto terbaik, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan.

Regulasi dan Keamanan

Ruang crypto bisa berbahaya, setidaknya ketika Anda menggunakan layanan terpusat. Itulah mengapa penting untuk memeriksa fitur keamanan. Anda ingin melihat asuransi dana dan penyimpanan dingin untuk koin Anda oleh penyedia terkenal seperti Ledger.

Selain itu, untuk menghindari masalah dengan platform pinjaman itu sendiri, pastikan itu diatur dengan benar oleh badan pengatur yang valid di negara-negara yang beroperasi.

Koin v.s. Platform

Tidak selalu cukup untuk mencari platform pinjaman kripto terbaik. Anda perlu memastikan Anda memilih situs yang tepat untuk koin yang tepat. Bahkan jika satu platform menawarkan harga yang lebih baik secara keseluruhan, yang lain dengan tingkat yang lebih rendah dapat memiliki APY yang jauh lebih tinggi pada koin yang ingin Anda setorkan.

Suku Bunga

Sebagian besar platform pinjaman menunjukkan APY atau suku bunga yang tepat yang Anda dapatkan pada koin dan produk pinjaman tertentu. Namun, selalu ada peringatan seperti APY yang lebih tinggi untuk anggota dengan manfaat atau hanya mencapai jumlah tertentu jika Anda tidak mau mengunci dana Anda untuk waktu yang lama.

Kami telah memastikan untuk membahas poin-poin ini dalam ulasan, tetapi Anda perlu menggali lebih dalam karena selalu ada aspek yang berhubungan dengan kasus spesifik Anda.

Batas dan Biaya Deposit

Platform pinjaman Crypto cenderung memiliki jumlah setoran minimum yang bervariasi menurut koin, sementara yang lain mungkin tidak memiliki persyaratan seperti itu. Hal yang sama berlaku untuk biaya, tetapi ingatlah bahwa kami sebagian besar berfokus pada situs yang tidak membebankan biaya pada setoran atau komisi pinjaman.

Periode Penguncian

Banyak produk pinjaman tetap, artinya mereka memiliki periode tertentu di mana Anda perlu mengunci aset Anda di platform. Ada beberapa produk yang tidak memilikinya, sementara yang lain membiarkan Anda memilih periode penguncian, seringkali menaikkan tarif untuk waktu penguncian yang lebih lama.

Simpulan

Pinjaman kripto adalah cara yang bagus bagi investor untuk mendapatkan penghasilan pasif hanya dengan menyetor dan mengunci dana mereka untuk periode tertentu. Sebagian besar platform akan menyediakan pembayaran bunga harian atau mingguan, secara otomatis ditambahkan ke saldo investor.

Jika Anda tertarik, Anda dapat menggunakan situs apa pun dari daftar ini, tetapi kami merekomendasikan Nexo, platform pinjaman kripto terbaik secara keseluruhan. Ini mendukung lebih dari 30 crypto, pembayaran bunga harian, periode penguncian opsional, dan setoran minimum yang rendah. Jika Anda siap untuk risiko yang datang dengan jenis investasi ini, bergabunglah dengan situs, setor, dan mulailah mendapatkan bunga.

Sumber: Techopedia

Scroll to Top