Cara Jual Emas tanpa Surat, Cepat dan Mudah

Emas menjadi salah satu aset investasi yang sampai saat ini masih dinilai cukup menjanjikan. Nilai emas yang cenderung stabil membuatnya banyak dijadikan pilihan instrumen investasi jangka panjang. Penjualan emas juga cenderung mudah sehingga likuiditasnya sangat tinggi. Tapi, apa jadinya jika surat pembelian emas hilang? Mari cari tahu bagaimana cara jual emas tanpa surat yang cepat dan mudah sehingga likuiditasnya tidak berkurang.

Pentingnya Surat Pembelian Emas

Surat Bukti Beli Emas
Sumber: yuniarinukti

Sebelumnya perlu diketahui dulu bahwa surat pembelian emas memiliki peran yang penting. Setiap kali Anda membeli emas, maka sudah pasti Anda akan menerima surat bukti pembelian. Surat ini harus disimpan dengan baik karena akan sangat dibutuhkan saat Anda ingin menjual emas tersebut untuk mendapatkan uang.

Banyak orang membeli emas dan menyimpannya agar bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Jika ini juga menjadi tujuan Anda dalam membeli emas maka pastikan surat tersebut tidak hilang. Penjualan emas akan jauh lebih mudah dilakukan jika suratnya masih lengkap. Menariknya lagi, harga jual emas juga bisa lebih tinggi jika masih ada kelengkapan surat pembelian.

Hanya saja seringkali ada kondisi tertentu dimana surat pembelian emas tidak bisa ditemukan alias hilang. Jangan panik jika surat emas Anda hilang karena masih ada kesempatan untuk menjualnya. Emas yang Anda miliki masih bisa dijual walaupun tidak dilengkapi dengan surat. Ada cara jual emas tanpa surat yang bisa Anda terapkan sehingga emas tetap bisa dicairkan dalam bentuk uang.

Jual Emas tanpa Surat

Pada dasarnya emas akan selalu bisa dijual baik dengan atau tanpa surat. Hanya saja memang prosesnya bisa lebih sulit dan harganya lebih rendah jika Anda tidak memiliki surat pembelian emas. Berikut adalah petunjuk cara jual emas tanpa surat yang bisa Anda jadikan sebagai panduan:

1. Perhatikan Harga Emas

Poin yang satu ini memang harus selalu dilakukan ketika Anda akan menjual emas. Baik saat ada suratnya maupun tidak. Prinsipnya mudah, jual emas Anda ketika harganya sedang tinggi. Harga yang dimaksud di sini adalah harga buyback atau harga beli kembali. Jika harganya tinggi maka Anda bisa merasakan keuntungan dari pembelian emas. Apalagi jika memang tujuan Anda menyimpan emas adalah untuk berinvestasi.

Cek harga emas kini sudah bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengecek harga emas kapan saja secara fleksibel lewat internet. Pastikan untuk menjual emas saat harga buyback-nya tinggi. Jika tidak terburu-buru tahan dulu penjualan emas sampai Anda menemukan harga beli kembali yang paling pas sesuai ekspektasi.

Penting juga untuk diketahui bahwa harga buyback emas yang tidak dilengkapi surat biasanya lebih rendah. Oleh sebab itu, Anda harus meminimalkan kerugian dengan cara memilih waktu penjualan yang tepat. Cermati naik turun harga emas agar tahu kapan waktu yang paling pas melepaskan emas Anda.

2. Pastikan Emas dalam Kondisi Baik

Salah satu tahap dalam rangkaian cara jual emas tanpa surat adalah memastikan bahwa emas tersebut dalam kondisi baik. Ingat, emas tanpa surat pembelian akan dihargai dengan nilai yang lebih rendah. Tentu harganya jadi jauh lebih rendah lagi jika emas tersebut tidak dalam kondisi yang bagus. Misalnya saja cacat, tergores, kusam, bahkan patah. Semua kondisi tersebut akan membuat harga emas semakin rendah.

Coba cek dulu kondisi emas Anda. Pastikan bahwa emas dalam kondisi baik. Jika terlihat kusam, Anda bisa merendam emas dalam cairan sabun cuci piring. Ini akan membantu Anda mendapatkan penawaran buyback yang lebih tinggi. Jika memang kondisinya sudah cacat maka bersiap saja untuk menjual emas dengan harga yang tidak terlalu besar.

3. Cek Kadar Emas

Salah satu poin penting yang harus diperhatikan saat akan menjual emas adalah kadarnya. Anda sebaiknya cek dulu kadar emas yang akan dijual. Semakin tinggi kadar emasnya maka akan semakin mahal pula harga yang bisa Anda dapatkan. Cek kadar emas ini penting untuk dilakukan karena Anda sudah tidak punya surat pembelian emas. Jika suratnya masih ada maka kadar bisa dilihat tanpa harus melakukan pengecekan.

Cara jual emas tanpa surat memang cenderung lebih ribet dibandingkan emas yang dilengkapi surat. Data mengenai emas sudah hilang karena suratnya tidak ada. Termasuk data tentang kadar emas yang Anda miliki. Namun sebenarnya tidak terlalu sulit untuk melakukan pengecekan kadar emas. Anda bisa meminta petugas di toko emas untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu.

4. Jual di Tempat Pembelian

Pada dasarnya emas memang jadi aset yang sangat fleksibel untuk dicairkan. Proses pencairannya mudah dan terbilang cepat. Anda bisa menjual emas dimana saja namun jika suratnya hilang maka lebih disarankan untuk menjual emas di tempat pembelian. Langkah ini dilakukan agar Anda bisa terhindar dari risiko potongan harga yang mungkin lebih besar jika dijual di tempat lain.

Perlu diketahui bahwa penjualan emas tanpa surat akan mendapatkan biaya tambahan. Anda harus membayar biaya administrasi kepada pihak toko. Jika Anda menjual emas di tempat yang sama dengan pembelian maka biaya ini bisa saja jadi jauh lebih ringan. Cara jual emas tanpa surat di toko yang sama dengan pembelian akan terasa jauh lebih praktis dan cepat.

5. Jual di eCommerce

Tahukah Anda bahwa saat ini jual beli emas bisa dilakukan dengan mudah secara online? Ada banyak e-commerce yang saat ini dipenuhi oleh akun-akun penjual emas. Anda pun bisa menjual emas secara mandiri melalui e-commerce. Caranya sama saja seperti saat Anda menjual produk-produk lainnya. Tinggal buat akun lalu unggah foto produk dan deskripsi lengkap termasuk harga.

Penjualan emas secara mandiri melalui e-commerce ini dianggap sebagai cara jual emas tanpa surat yang paling praktis. Anda bisa menentukan harga sendiri sehingga tidak perlu bergantung pada pihak toko yang akan memberi penawaran harga. Namun pastikan bahwa harga emas yang Anda tawarkan sesuai dengan kondisinya. Jika memang tidak ada surat maka pastikan untuk memasang harga yang sesuai dan tidak terlalu tinggi.

Jangan lupa, sertakan dalam deskripsi produk bahwa emas yang dijual tidak memiliki surat. Jika cara penawarannya tepat maka Anda bisa berkesempatan mendapatkan harga buy back yang lebih besar dan menguntungkan daripada di toko. Hanya saja untuk cara jual emas tanpa surat di e-commerce ini memang butuh waktu lama dan Anda harus bersabar. Tidak seperti di toko, dimana emas Anda langsung bisa terjual tanpa harus menunggu lama.

Seperti itulah cara jual emas tanpa surat yang bisa Anda lakukan. Jadi pada dasarnya penjualan emas tanpa surat masih memungkinkan dan kerugiannya juga bisa diminimalkan. Pastikan untuk lebih teliti lagi dalam menyimpan aset emas beserta surat-suratnya. Namun jika memang sudah terlanjur hilang maka susunlah strategi yang tepat agar bisa menjual emas dengan penawaran harga buyback yang paling menguntungkan.