Download Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Pertambangan, Lengkap!

Pada kesempatan ini, invesnesia akan menyajikan contoh laporan keuangan perusahaan pertambangan yang ada di Indonesia, dan kamu juga bisa download secara gratis. Secara spesifik, invesnesia mengambil sampel perusahaan pertambangan go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan kata lain, status perusahaannya adalah perusahaan Tbk atau terbuka, bukan perusahaan tertutup (privat).

Sebelum invesnesia memberikan link download contoh laporan keuangan perusahaan pertambangan di BEI, ada ada baiknya kamu memahami apa itu perusahaan pertambangan, mulai dari pengertian, ciri-ciri atau karakteristik, hingga tahapan kegiatan dari bisnis pertambangan. Dengan memahami penjelasan itu, invesnesia berharap kamu memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang perusahaan pertambangan.

Pengertian Perusahaan Pertambangan

Gambar Perusahaan Pertambangan

Apa itu perusahaan pertambangan? Singkatnya, definisi perusahaan pertambangan dapat mengacu pada perusahaan yang menjalankan kegiatan tambang. Menurut KBBI, tambang adalah lubang di dalam tanah tempat untuk mengambil (menggali) hasil dari dalam bumi, bisa berupa bijih logam batu bara, dan sebagainya.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pertambangan adalah suatu aktivitas pengambilan endapan bahan galian yang bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi. Proses pengambilan dapat dilakukan di permukaan bumi, di bawah permukaan bumi, dan di bawah permukaan air dengan cara mekanis maupun manual. Hasil kegiatan pertambangan dapat berupa:

  • minyak dan gas bumi,
  • batubara,
  • pasir besi,
  • bijih emas,
  • bijih perak,
  • bijih nikel,
  • bijih timah,
  • bijih tembaga,
  • bijih bauksit, dan
  • bijih mangan.

Katakteristik Perusahaan Pertambangan

Aktivitas pertambangan memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang sangat spesifik, salah satunya yaitu tidak dapat diperbaharui. Dengan kata lain, ketika kegiatan tambang dilakukan, maka objek tambang akan berkurang. Perusahaan pertambangan mesti mencari objek tambangan lainnya, atau disebut sebagai cadangan baru. Jika tidak, kegiatan pertambangan tidak akan bertahan lama.

Selain itu, karakteristik pertambangan lainnya yaitu memiliki risiko yang sangat tinggi (high risk), misalnya terjadi ledakan, longsor, kebakaran, dan risiko lainnya. Dengan kata lain, risiko pertambangan memberikan dampak negatif baik untuk lingkungan maupun manusia yang bekerja di sana. Meskipun begitu di sisi lain, industri pertambangan juga menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan (high return).

Tahapan Kegiatan Pertambangan

Aktivitas pertambangan memiliki beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut:

  1. Prospeksi – suatu aktivitas penyelidikan dan pencarian dengan tujuan untuk menemukan mineral atau endapan bahan galian berharga.
  2. Eksplorasi – suatu aktivitas untuk mengetahui posisi, ukuran, bentuk, kadar rata-rata, dan seberapa besar cadangan, serta studi kelayakan dari mineral atau endapan bahan galian berharga yang telah ditemukan.
  3. Eksploitasi – aktivitas pengambilan dan pengangkutan mineral atau endapan bahan galian bernilai ekonomis sampai ke tempat terjadinya penimbunan dan pengolahan (pencucian), terkadang juga sampai ke tempat pemasaran.
  4. Pengolahan/Pemurnian/Pengilangan – suatu aktivitas untuk memurnikan (meninggikan) kadar bahan galian yaitu dengan cara memisahkan mineral berharga dan mineral yang tidak berharga, selanjutnya membuang mineral tidak berharga dengan melalui proses kimia.

Laporan Keuangan Perusahaan Pertambangan

Setelah memahami pengertian perusahaan pertambangan, karakteristik, dan tahapan kegiatan pertambangan, selanjutnya kamu akan melihat contoh laporan keuangan perusahaan pertambangan. Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, laporan keuangan yang dipakai yaitu laporan keuangan perusahaan tbk sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Invesnesia akan memberikan delapan (8) contoh laporan keuangan perusahaan pertambangan, berikut link download-nya.

  1. Laporan Keuangan PT Adaro Energy Tbk (Kode Saham: ADRO)
  2. Laporan Keuangan PT Indika Energy Tbk (Kode Saham: INDY)
  3. Laporan Keuangan PT Bukit Asam Tbk (Kode Saham: PTBA)
  4. Laporan Keuangan PT Toba Bara Sejahtra Tbk (Kode Saham: TOBA)
  5. Laporan Keuangan PT Aneka Tambang Tbk (Kode Saham: ANTM)
  6. Laporan Keuangan PT Vale Indonesia Tbk (Kode Saham: INCO)
  7. Laporan Keuangan PT Merdeka Copper Gold Tbk (Kode Saham: MDKA)
  8. Laporan Keuangan PT Timah Tbk (Kode Saham: TINS)

Data terbaru 2020, ada sekitar 47 perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI. Bagi kamu yang butuh daftar perusahaan pertambangan untuk keperluan penelitian, silakan download di bawah ini:

Kamu juga bisa download semua laporan keuangan pertambangan, silakan lihat di artikel ini:

Data lainnya:

Itulah informasi tentang pengertian perusahaan pertambangan, karakteristik, proses kerja pertambangan, dan contoh laporan keuangan perusahaan pertambangan di BEI. Semoga materi di artikel ini bisa memberikan informasi yang kamu butuhkan. Jika bermanfaat, bantu share artikel ini, ya.

error: Content is protected !!