Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition)

Apa itu pasar persaingan sempurna? Apakah pasar jenis ini menguntungkan bagi umkm? Nah, pada kesempatan ini, kami akan menyajikan makalah pasar persaingan sempurna. Mulai dari membahas pengertian, ciri-ciri atau karakteristik, kelebihan & kekurangan, serta contoh pasar persaingan sempurna.

Definisi Pasar Persaingan Sempurna

Gambar Pasar Persaingan Sempurna

Secara umum, pasar persaingan sempurna adalah pasar hipotetis di mana persaingan berada pada tingkat yang setinggi mungkin. Ekonom neo-klasik memiliki pandangan bahwa persaingan sempurna (perfect competition) akan menghasilkan hasil terbaik bagi konsumen dan masyarakat. Suatu pasar dikatakan sempurna bila ada banyak pembeli dan penjual produk dan sama sekali tidak ada persaingan di antara perusahaan. Perusahaan menjual produk yang homogen.

Pengertian pasar persaingan sempurna, lebih lanjut, dapat mengacu pada struktur pasar yang tidak dikontrol oleh satu atau beberapa kelompok entitas tertentu. Semua perusahaan berperan sebagai pengambil harga, mereka tidak bisa memengaruhi harga pasar. Sedangkan pangsa pasar (market shares) tidak memengaruhi harga. Pada pasar sempurna, setiap pembeli akan memiliki informasi yang lengkap tentang produk yang dijual oleh produsen. Karakteristik ini jelas berbeda dengan pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition).

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

Memahami karakteristik pasar persaingan sempurna sangat penting untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Hal ini juga bisa digunakan untuk melihat seperti apa tingkat persaingan bisnis di Indonesia saat ini. Berikut ciri-ciri pasar persaingan sempurna.

(1) Terdiri dari banyak pembeli dan penjual. Jumlah pembeli dan penjual begitu besar sehingga tidak ada pembeli atau penjual individu yang dapat memengaruhi harga pasar dan output dengan tindakan independennya. Alasannya adalah bahwa setiap pembeli dan penjual membeli atau menjual jumlah output total yang sangat kecil.

(2) Produk homogen. Sebuah perusahaan menghasilkan produk yang diterima oleh pelanggan sebagai produk yang homogen atau identik. Tidak ada cara bagi pembeli untuk membedakan produk yang dijual oleh penjual yang berbeda. Asumsi dari sejumlah besar penjual dan pembeli dan produk yang homogen menunjukkan bahwa satu perusahaan adalah pengambil harga. Kurva permintaan atau kurva pendapatan rata-rata elastis tanpa batas, yaitu kurva permintaan adalah garis lurus horizontal yang sejajar dengan sumbu keluaran. Oleh karena itu, perusahaan dalam pasar persaingan sempurna akan menjual sejumlah output dengan harga pasar yang berlaku.

(3) Bebas masuk dan keluar pasar. Setiap perusahaan bebas untuk bergabung atau keluar dari industri. Jika industri menghasilkan keuntungan, perusahaan baru dapat memasuki pasar untuk berbagi keuntungan. Demikian pula, jika industri menderita kerugian, setiap perusahaan dapat keluar dari pasar tanpa hambatan.

(4) Tidak ada peraturan pemerintah. Pada pasar persaingan sempurna, umumnya tidak ada campur tangan pemerintah misalnya dalam bentuk pajak, subsidi, penjatahan barang kebutuhan pokok, dll.

(5) Harga seragam. Pada waktu tertentu, harga komoditas yang seragam berlaku di seluruh pasar.

Kelima syarat di atas terkait dengan persaingan murni. Pasar persaingan sempurna membutuhkan asumsi atau kondisi tambahan berikut untuk dipenuhi.

(6) Pengetahuan sempurna tentang kondisi pasar. Pembeli dan penjual memiliki pengetahuan penuh tentang harga di mana di pasar.

(7) Mobilitas faktor yang sempurna. Faktor-faktor produksi dapat dengan bebas berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain dalam industri. Mereka juga dapat berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain dan dengan cara ini ada ruang lingkup untuk mempelajari keterampilan yang lebih baru.

(8) Tidak adanya biaya penjualan dan transportasi. Biaya penjualan dan promosi lainnya tidak ada di pasar yang sempurna.

Cara Kerja Pasar Persaingan Sempurna

Persaingan sempurna (perfect competition) adalah tolok ukur, indikator, atau tipe ideal yang dapat dibandingkan dengan struktur pasar di kehidupan nyata. Secara teoretis, persaingan sempurna merupakan kebalikan dari monopoli (monopoly), di mana hanya satu perusahaan saja yang menjadi pemasok barang atau jasa. Perusahaan monopoli juga dapat menetapkan harga berapa pun yang diinginkan karena konsumen tidak punya alternatif lain. Hal ini juga membuat calon pesaing kesulitan untuk memasuki pasar.

Di bawah pasar persaingan sempurna, ada banyak pembeli dan penjual, dan harga produk mencerminkan penawaran (supply) dan permintaan (demand). Perusahaan memperoleh keuntungan yang ideal untuk bertahan di dalam bisnis, meskipun tidak lebih. Jika perusahaan ingin mendapatkan keuntungan lebih besar, perusahaan lain akan memasuki pasar dan dapat menurunkan keuntungan.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Secara umum, keunggulan pasar persaingan sempurna yaitu tidak terjadi persaingan antar penjual karena produk yang dijual sama dan tidak ada satu perusahaan pun yang mengendalikan harga pasar – semuanya dilakukan secara bersama sehingga rata-rata harga produk stabil. Jika suatu pesaing mencoba menaikkan harga produk, maka konsumen bisa dengan mudah membeli pada penjual lainnya yang lebih murah. Karena produk dan harga yang serupa, maka yang membedakan adalah pelayanan. Dengan begitu, penjual akan berusaha meningkatkan pelayanannya.

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Ada beberapa kekurangan dari pasar persaingan sempurna. Pertama, karena produk yang dijual homogen, maka tidak ada alternatif pilihan lain. Kemudian, jarang terjadi inovasi produk sehingga produk yang dijual dengan mudah ditiru. Dari sisi pekerja, mereka biasanya akan menerima upah rendah karena tingkat keuntungan penjualan biasanya relatif tidak besar. Bagi pelaku UMKM, misalnya, pasar persaingan sempurna mungkin akan menguntungkan, tetapi relatif sulit untuk profit lebih besar.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Persaingan sempura (perfect competition) sangat mudah ditemui. Contoh pasar persaingan sempurna biasanya banyak bergerak di sektor komoditas, seperti pasar buah, pasar beras, pasar sayur, dan seterusnya. Jika kamu pergi ke pasar tradisional, maka itulah contoh pasar persaingan sempurna di mana terdiri dari banyak penjual dan pembeli, produk yang dijual homogen, dan harga yang setara.

Well, sekarang kamu sudah bisa tahu kan apa itu pasar persaingan sempurna? Semoga informasi atau materi ini bisa menambah wawasan kamu, ya.

error: Content is protected !!