Piala Dunia 2022, Chiliz (CHZ) adalah Koin Crypto yang Akan Naik?

Invesnesia.com – Sebelumnya ada Polygon (MATIC) sebagai salah satu koin crypto yang akan naik 2022. Selain itu, Chiliz (CHZ) juga dipertimbangkan sebagai kripto yang berpotensi meroket pada tahun depan. Setidaknya ada tiga alasan atau faktor utama mengapa prediksi harga koin Chiliz (CHZ) akan melonjak tahun besok, yakni (1) aspek fundamental, (2) sentimen piala dunia, dan (3) aspek analisis teknikal. – www.invesnesia.com

1. Proyek Crypto Chiliz (CHZ): Socios & Fan Token

Apa itu Chiliz (CHZ)? Singkatnya, Chiliz adalah sebuah proyek yang mengembangkan platform Socios dan menciptakan CHZ sebagai token di jaringan blockchain dan berfungsi sebagai mata uang internal platform. Apa itu Socios? Socios adalah layanan pencipta Token Penggemar (Fan Token) dan menjalin partnership dengan sejumlah tim olahraga terbesar di dunia.

Fan Token adalah sejenis aset crypto yang memungkinkan pemegang token untuk mengakses layanan dan fasilitas keanggotaan yang berkaitan dengan penggemar, seperti memberikan rekomendasi desain, memberikan hak suara (voting) terkait keputusan klub olahraga, mendapatkan hadiah, dan banyak lagi.

Sementara Socios adalah platform untuk menghubungkan penggemar dengan tim kesayangan mereka, CHZ adalah token ERC-20 yang menjadi bagian penting dalam ekosistem, karena digunakan sebagai mata uang digital di platform Socios. Dengan kata lain, pengguna dapat membeli sejumlah produk digital berbasis non-fungible token (NFT) dengan token CHZ.

Socios dapat digambarkan sebagai pasar berbasis NFT sementara CHZ dibayangkan sebagai alat pembayaran. Tanpa adanya Socios, tidak akan pernah tercipta yang namanya token CHZ. Jadi, situs atau platform Socios menjadi basis utama dari produk Chiliz, dan jika Socios berhasil mendapatkan adopsi besar, menjadi ekosistem yang menguntungkan, lebih banyak mitra, maka semakin tinggi nilai CHZ.

situs web Socios
Sumber: Socios.com

Tercatat, Socios telah menjalin kerja sama (partnership) dengan lebih dari 100 organisasi olahraga besar, mencakup klub sepakbola seperti Paris Saint-Germain (PSG), Atletico Madrid, Juventus, AS Roma, AC Milan, Barcelona, Inter Milan, Manchester City, Valencia CF. Kemudian Socios juga bermitra dengan tim nasional sepakbola Argentina dan Portugal.

Dari Formula One, Socios bermitra dengan Alfa Romeo Racing ORLEN dan Aston Martin Cognizant. Kemudian Socios juga melakukan partnership dengan tim esports terkenal seperti Team Heretics, Alliance, NAVI, dan OG; dan bermitra juga dengan tim NBA seperti The Philadelphia 76 ers dan Boston Celtics. Ada banyak lagu mitra Socios, dan semuanya mitra telah meluncurkan Fan Token mereka di platform Socios. – www.invesnesia.com

2. Sentimen Piala Dunia (World Cup) 2022

Ajang Piala Dunia FIFA berikutnya akan berlangsung pada akhir tahun 2022. Kompetisi sepakbola internasional empat tahunan ini menjadi ajang yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar sepakbola tim nasional. Sebagaimana diketahui, Chiliz dengan platform Socios yang dimilikinya telah bermitra dengan dua timnas sepakbola terbesar, Portugal dan Argentina.

Nantinya, brand Socios akan tampil di baju bola timnas tersebut dan setiap penggemar dapat berinteraksi dengan timnas kesayangan mereka melalui platform yang disediakan. Ini mungkin bisa menjadi salah satu sentimen positif bagi Chiliz yang berdampak pada naik atau meroket harga CHZ di pasar crypto. Namun, ini mungkin juga tidak memiliki dampak sama sekali. Ini kemudian menjadi sangat menarik jika seandainya Socios menambah mitra dengan beberapa timnas besar lainnya. – www.invesnesia.com

3. Faktor Teknikal

Salah satu alasan mengapa prediksi Chiliz (CHZ) adalah koin crypto yang akan naik tahun 2022 karena faktor teknikal. Pada bulan Maret 2021, harga CHZ berhasil menyentuh level tertinggi sepanjang sejarah (all time high/ATH) yakni $0,9449 per keping. Sementara itu, harga koin CHZ hari ini Minggu (26/12/21) berada di level $0,3151 per keping.

analisis teknikal koin crypto Chiliz CHZ
Pergerakan harga CHZ, sumber: tradingview, diolah invesnesia.com

Berdasarkan grafik harga Chiliz (CHZ) periode mingguan (weekly), dapat dilihat bahwa sedang terjadi proses konsolidasi harga, setelah terjadi kenaikan harga signifikan pada awal bulan 2021. Prediksi harga Chiliz (CHZ) di tahun 2022 adalah bergerak stabil positif, dan ada peluang melanjutkan tren naik (uptrend).

Berdasarkan indikator Fibonacci Retracements, harga CHZ sempat menyentuh level support 0,236 atau 23,6% dan kemudian terlihat ada kenaikan harga setelah menyentuh level tersebut di harga $0,2515. Dalam periode mingguan terdekat, ada potensi harga CHZ menyentuh level Fibonacci 38,2% di harga $0,3812. Ini kemudian menjadi indikasi kuat jika harga berhasil bergerak ke level atas berikutnya.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa saat pergerakan harga Chiliz (CHZ) berhasil berada di atas level Finbonacci 50% atau berkisar di harga $0,4860 per keping, maka ada potensi besar CHZ melanjutkan tren positif atau uptrend. Jika skenario seperti ini terjadi, sebuah keniscayaan Chiliz (CHZ) adalah koin crypto yang akan naik dan meroket pada tahun 2022 dari segi analisis teknikal.

Terlepas dari ketiga aspek yang memperkuat argumentasi ini, penting bagi Anda untuk melakukan riset secara mandiri. Penting juga untuk memantau perkembangan proyek Chiliz/Socios ke depannya dan pergerakahan harga selanjutnya. Selain itu, pastikan untuk membuat rencana atau strategi tertentu untuk mengantisipasi risiko kemungkinan buruk terjadi, jika seandainya prediksi ini tidak berjalan dengan baik. – www.invesnesia.com

Leave a Comment