Aplikasi Saham Terbaik OJK Indonesia dan Luar Negeri 2022/2023

Aktivitas jual beli saham secara online menggunakan platform web dan/atau aplikasi seluler (mobile app) yang dapat diakses melalui smartphone Anda. Setiap perusahaan sekuritas atau broker saham tepercaya pasti menyediakan aplikasi saham terbaik untuk trader dan investor yang akan menunjang aktivitas investasi dan trading saham mereka.

Ini mencakup, misalnya, aplikasi saham OJK (di Indonesia) atau yang sudah teregulasi oleh otoritas resmi, menawarkan eksekusi cepat, fitur yang lengkap, dan tampilan yang bagus serta mudah digunakan.

Aplikasi investasi saham memegang peran penting apalagi bagi trader yang sangat aktif melakukan transaksi jual beli saham sehingga aplikasi trading saham terbaik harus menjadi pilihan prioritas.

Daftar Aplikasi Saham Terbaik di Indonesia yang Terdaftar OJK

Platform trading saham online yang bagus biasanya menyesuaikan dengan preferensi masing-masing karena kebutuhan investor pemula dan profesional biasanya berbeda. Namun, aplikasi beli saham tepercaya sudah pasti terjamin aman dan legal. Berikut daftar aplikasi saham terbaik Indonesia yang diregulasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2022/2023:

  1. Neo HOTS – Aplikasi Trading Saham Terbaik dari Mirae Asset Sekuritas
  2. IPOT – Aplikasi Investasi Saham Terbaik dari Indo Premier Sekuritas
  3. MotionTrade – Aplikasi Saham Online Terbaik dari MNC Sekuritas
  4. Ajaib – Aplikasi Jual Beli Saham Terbaik dari Ajaib Sekuritas
  5. Stockbit – Aplikasi Saham Terbaik dari Stockbit Sekuritas
  6. Bareksa – Aplikasi Investasi Reksa Dana Saham Terbaik Indonesia
  7. RTI Business – Aplikasi Screening Saham dan Analisis Terbaik

1. Neo HOTS – Aplikasi Trading Saham Terbaik dari Mirae Asset Sekuritas

Aplikasi saham terbaik di Indonesia yang resmi terdaftar di OJK adalah Neo HOTS dari Mirae Asset Sekuritas. Berdasarkan data statistik tahunan IDX 2021, aplikasi Neo HOTS berhasil memiliki volume, frekuensi, dan nilai transaksi perdagangan tertinggi di Indonesia. Volume lebih 1,46 triliun saham, frekuensi lebih 103 ribu kali, dan nilai transaksi lebih Rp 692 triliun.

Sebagai salah satu aplikasi trading saham tepercaya, Neo HOTS juga mengenakan biaya atau fee transaksi rendah, yaitu 0,15% fee beli dan 0,25% fee jual. Namun, untuk dapat mulai investasi di saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Anda wajib deposit awal minimal Rp 10 juta, angka yang bagi investor pemula relatif besar.

Platform saham online Mirae Asset Sekuritas ini terdiri dari dua jenis, yaitu

  • HOTS (Home Online Trading System) yang digunakan untuk perangkat komputer atau PC;
  • Neo HOTS (Mobile Trading System) yang dapat diakses melalui smartphone serta di-download baik via PlayStore (Android) dan AppStore (iOS).

Secara umum, Neo HOTS dapat menjadi rekomendasi aplikasi saham OJK untuk pemula dan profesional yang benar-benar serius ingin mencari keuntungan di pasar saham.

2. IPOT – Aplikasi Investasi Saham Terbaik dari Indo Premier Sekuritas

Dikembangkan oleh Indo Premier Sekuritas, IPOT adalah aplikasi saham terbaik yang dilengkapi fitur-fitur canggih seperti Robot Trading yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan instruksi jual beli saham secara otomatis. Selain itu, platform ini juga berfungsi untuk investasi reksa dana dan exchange traded fund atau ETF. Dengan kata lain, IPOT memiliki lebih banyak fungsionalitas.

IPOT termasuk aplikasi saham OJK sehingga sudah terjamin aman dari kegiatan yang ilegal seperti halnya investasi bodong. Untuk memulai trading dan investasi saham di IPOT, Anda hanya membutuhkan modal deposit awal yang kecil, yaitu minimal Rp 100 ribu, sementara fee transaksi yang dikenakan adalah 0,19% (beli) dan 0,29% (jual).

Selain itu, platform dari Indo Premier Sekuritas ini juga dapat diakses multiplatform, mulai dari Windows, smartphone hingga website (IPOTULTIMA). Secara umum, IPOT cukup ideal menjadi rekomendasi aplikasi saham untuk pemula dan juga ideal untuk yang berpengalaman.

3. MotionTrade – Aplikasi Saham Online Terbaik dari MNC Sekuritas

Dikembangkan oleh MNC Sekuritas, MotionTrade adalah aplikasi saham terbaik untuk trading dan investasi dengan fee transaksi 0,18% (beli) dan 0,28% (jual). MotionTrade juga termasuk platform saham dengan deposit kecil hanya Rp 100 ribu sehingga sangat memudahkan investor dan trader pemula untuk memulai bermain di pasar saham. Platform ini tersedia untuk diunduh via PlayStore dan AppStore serta dapat digunakan untuk PC. Beberapa fitur unggulan dari MotionTrade yaitu:

  • Voice Command, fitur berupa perintah suara ke smartphone untuk membuka berbagai jenis menu, melakukan input transaksi beli dan jual saham, membaca berita, dan lainnya.
  • MNC Research, fitur berupa analisis saham harian dan berkala serta menyajikan informasi terkini dari tim Riset MNC Sekuritas.
  • Super Order, fitur untuk melakukan transaksi saham otomatis dengan sistem canggih.
  • Advanced Charting Tools, fitur berupa TradingView Chart yang komprehensif serta dilengkapi drawing tools dan berbagai indikator teknikal terbaik seperti Trendline, RSI, Fibonacci, dan MACD.
  • Opening Account Online, buka rekening saham online sepenuhnya, hanya membutuhkan foto selfie dan e-KTP tanpa harus mengirim dokumen fisik atau buka akun ke kantor pemasaran.
  • Funds, supermarket reksa dana dengan beragam pilihan produk dari berbagai Manajer Investasi terbaik dalam satu aplikasi yang dapat digunakan untuk bertransaksi saham. Dengan kata lain, dana yang tersedia dalam Rekening Dana Nasabah (RDN) dapat digunakan untuk membeli reksa dana, sementara portofolio reksa dana dapat menjadi jaminan transaksi saham.
  • Trader View, fitur analisis saham komprehensif untuk mengetahui jumlah permintaan dan penawaran harga suatu saham dan Broker Transaction (Net Buy dan Net Sell).

Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan MotionTrade sebagai salah satu aplikasi trading saham terbaik indonesia.

4. Ajaib – Aplikasi Jual Beli Saham Terbaik dari Ajaib Sekuritas

Salah satu rekomendasi aplikasi trading saham harian yang bagus adalah Ajaib. Berada di bawah naungan Ajaib Group, Ajaib adalah aplikasi untuk investasi saham dan reksa dana yang telah mendapat izin dari OJK sehingga aman dan tepercaya. Ajaib juga termasuk aplikasi saham terbaik dengan deposit termurah, yaitu Rp 0 alias tanpa deposit minimal. Dengan kata lain, investor dan trader dapat menyetor uang dalam jumlah yang disesuaikan dengan keinginan.

Aplikasi untuk jual beli saham Ajaib menawarkan fee transaksi rendah, yakni 0,15% (beli) dan 0,25% (jual) untuk transaksi perdagangan harian kurang dari Rp 150 juta. Biaya transaksi akan semakin rendah jika transaksi harian semakin tinggi. Dengan penawaran yang menarik, tak heran jumlah pengguna Ajaib terus bertambah setiap waktu dan diklaim berjumlah lebih dari 1 juta pengguna yang didominasi oleh generasi milenial.

5. Stockbit – Aplikasi Saham Terbaik dari Stockbit Sekuritas

Berada di bawah Stockbit Sekuritas, aplikasi trading saham online Stockbit memiliki fitur Komunitas Online yang bagus sebagai tempat diskusi antar trader. Selain itu, fee transaksi Stockbit termasuk yang termurah, yaitu 0,10% (beli) dan 0,20% (jual). Yang pasti, platform ini aman dan legal karena sudah terdaftar di OJK. Untuk mulai investasi saham di Stockbit, tidak ada minimum deposit yang dipersyaratkan dan Anda juga dapat men-download aplikasi baik via AppStore maupun Play Store.

6. Bareksa – Aplikasi Investasi Reksa Dana Saham Terbaik Indonesia

Bagi Anda yang lebih tertarik untuk berinvestasi pada reksa dana saham dan beragam jenis reksa dana lainnya, Bareksa dapat menjadi pilihan terbaik di Indonesia. Proses registrasi dilakukan full online dan tersedia 150+ produk reksa dana serta 50+ manajer investasi. Selain itu, Anda juga daoat membeli obligasi pemerintah seperti SBN dan emas secara online. Aplikasi investasi reksa dana Bareksa sudah terdaftar di OJK sehingga sudah tepercaya.

7. RTI Business – Aplikasi Screening Saham dan Analisis Terbaik

Aplikasi analisis saham beserta screening terbaik dan berkualitas di Indonesia adalah RTI Business. RTI Business mungkin menjadi platform terpopuler yang hampir digunakan oleh sebagian besar investor dan trader saham di Indonesia. Ini karena RTI Business gratis serta menawarkan banyak fitur dan menu yang sangat bermanfaat, seperti pergerakan harga IHSG beserta beragam indeks saham global lainnya termasuk Dow Jones, Nasdaq, dan FTSE. Selain itu, Anda juga dapat melihat pergerakan transaksi investor asing, membuat Watchlist sendiri, dan menganalisis kinerja keuangan emiten.

Daftar Aplikasi Trading Saham Luar Negeri Terbaik

Jika Anda ingin berinvestasi di pasar saham global dengan membeli saham-saham raksasa seperti Amazon, Tesla, Alibaba, Google, Meta, Netflix, dan sebagainya, Anda harus menggunakan platform khusus untuk jual beli saham luar negeri. Platform ini disediakan oleh berbagai broker saham terbaik yang diregulasi oleh otoritas internasional. Sistem perdagangan saham online yang ditawarkan kebanyakan berupa contract for difference (CFD) yang jauh lebih efisien, murah, dan akses yang lebih mudah. Berikut daftar aplikasi saham terbaik untuk investasi saham luar negeri tahun 2022/2023:

  1. Weltrade – Aplikasi CFD Saham Luar Negeri Terbaik dan Tepercaya
  2. Capital.com – Aplikasi CFD Saham Luar Negeri Terlengkap
  3. Interactive Brokers – Aplikasi Investasi Saham Kelas Dunia

1. Weltrade – Platform CFD Saham Luar Negeri Terbaik dan Tepercaya

weltrade, broker saham asing teregulasi

Kunjungi Situs Weltrade

Weltrade adalah broker saham yang menyediakan aplikasi saham terbaik untuk jual beli, trading, atau investasi di 200+ saham luar negeri, termasuk Nike, Zoom, Tesla, Google, dan Apple. Selain itu, Weltrade juga berpengalaman 16+ tahun di pasar forex dengan menyediakan 47 pasangan mata uang asing. Kemudian, instrumen keuangan terpopuler lainnya yang tersedia yaitu 14+ indeks saham, 50+ crypto, 4 logam mulia, dan 2 komoditas.

Untuk trading saham online di Weltrade, Anda dapat membuka akun Premium (deposit minimal $25) atau akun Pro (minimum deposit $100) tanpa biaya komisi. Metode pembayaran sudah mendukung banyak sekali pilihan bank lokal terbesar, seperti BCA, Mandiri, BNI, dan BRI.

Weltrade terminal, aplikasi trading online canggih dan fitur lengkap

Broker ini menyediakan WELTRADE Terminal, platform trading berbasis web yang dilengkapi tools dan fitur canggih serta lengkap, seperti indikator teknikal dan alat grafik. Melalui platform ini, investor tidak perlu lagi mengunduh platform apa pun, cukup hanya dengan log in ke Terminal dan mulai trading di berbagai instrumen seperti saham, forex, crypto, indeks, dan komoditas.

2. Capital.com – Platform CFD Saham Luar Negeri Terlengkap

Kunjungi Situs Capital

Capital adalah broker CFD yang menyediakan platform saham terbaik untuk trading online di 5.000+ saham luar negeri, termasuk Amazon, Tesla, Netflix, dan Spotify. Aplikasi Capital memiliki perangkat dan teknologi canggih dan inovatif yang dilengkapi fitur-fitur terbaik seperti drawing tools, multiple charts, dan indikator teknikal lengkap. Selain itu, platform ini dapat diakses melalui web dan aplikasi seluler untuk sistem operasi iOS dan Android yang dapat di-download di AppStore dan Play Store.

Modal awal untuk trading saham di Capital sangat kecil, yaitu $20 atau Rp 300 ribuan dengan fee 0% komisi. Selain itu, metode pembayaran yang tersedia sudah mendukung bank lokal terkemuka seperti BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga, dan Mandiri. Selain itu, broker global ini memberikan eksposur kepada Anda untuk berinvestasi di lebih banyak instrumen keuangan:  490+ aset kripto, 138 forex, 48 komoditas, dan 28 indeks saham besar di dunia.

3. Interactive Brokers – Platform Investasi Saham Kelas Dunia

Pilihan lain untuk aplikasi saham terbaik luar negeri adalah Interactive Brokers (IBKR), perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Perusahaan ini sudah terkenal di kalangan inverstor global karena memberikan akses yang berkualitas, seperti platform perdagangan yang canggih, tersedia banyak sekuritas (efek), margin kecil, dan harga per saham yang rendah. Namun, investor Indonesia yang ingin mendaftar atau buka akun di IBKR untuk berinvestasi di saham-saham AS, Anda perlu memenuhi semua persyaratan yang diminta. Anda dapat mempelajari selengkapnya melalui situs web resmi perusahaan.

Tips Memilih Platform Saham Terbaik dan Tepercaya

Jika Anda ingin melakukan investasi saham dan trading saham secara online dengan lebih aman dan mendapatkan layanan berkualitas, Anda wajib memilih aplikasi saham terbaik 2022/2023. Berikut tips memilihnya:

  • Pilih aplikasi investasi saham resmi, misalnya terdaftar di OJK Indonesia dan teregulasi secara internasional.
  • Pilih aplikasi trading saham dengan fee transaksi jual beli termurah atau kecil untuk memaksimalkan keuntungan.
  • Pilih aplikasi saham terbaik dengan deposit kecil sehingga pemula dapat memulai investasi dan trading saham dengan modal yang murah.
  • Pilih platform investasi saham yang menyediakan perdagangan CFD agar investor dan trader dapat meraih profit baik ketika harga saham naik maupun turun.
  • Pilih aplikasi saham terbaik yang sudah memiliki reputasi bagus, misalnya mendapatkan review positif dari banyak pelanggan dan ratings tinggi. Ini dapat dilihat dari Trustpilot, platform review terpopuler di dunia.