Trading Saham vs Investasi Saham, Mana yang Menguntungkan?

Saham adalah salah satu instrumen pasar modal Indonesia. Dalam membeli saham, seseorang dapat melakukan sistem trading atau investasi. Kedua cara beli saham tersebut sama-sama dianggap ampuh dalam memaksimalkan keuntungan (return saham). Lalu, mana yang lebih baik dan menguntungkan: apakah sistem trading saham atau investasi saham? Untuk menjawab pertanyaan itu, ada baiknya kamu memahami apa itu trading saham dan apa itu investasi saham. Dengan memahami konsep dan pengertiannnya, diharapkan kamu bisa memilih mana yang terbaik buat kamu, termasuk bagi pemula.

Apa Itu Trading Saham

Gambar Saham

Pengertian dan konsep trading saham penting dipahami dengan baik, khususnya bagi pemula. Nah, secara umum, pengertian trading saham adalah suatu kegiatan transaksi jual beli saham dalam periode waktu jangka pendek dengan tujuan mendapatkan keuntungan (return) berupa capital gain. Konteks jangka pendek dalam trading saham yaitu di bawah satu tahun: bisa transaksi jual beli saham harian, mingguan, atau bulanan. Namun, periode waktu trading saham lebih populer digunakan untuk transaksi harian. Nah, seseorang yang melakukan trading saham disebut juga sebagai trader.

Kelebihan Trading Saham

Apa kelebihan trading saham? Perlu kamu ketahui, harga saham di bursa efek memiliki tingkat fluktuasi yang tinggi, terlebih dalam jangka pendek: let’s say harian. Nah, itulah alasan kenapa aktivitas trading saham sangat bertumpu pada fluktuasi harga saham perusahaan. Bagi trader saham profesional dan berpengalaman, semakin tinggi volatilitas suatu harga saham, semakin besar kesempatan untuk meraih keuntungan dalam waktu singkat.

Jadi intinya, kelebihan trading saham yang paling utama yaitu bisa meraih profit (capital gain) secara cepat, bahkan bisa dalam hitungan detik. Singkatnya, jual saham pada harga yang lebih tinggi dari harga beli. Persentase keuntungan capital gain yang diharapkan tergantung masing-masing trader. Umumnya, seorang day trader akan menjual saham minimal kenaikan sebesar 2%.

Kekurangan Trading Saham

Lalu, apa kekurangan trading saham? Karena trading saham sangat mengandalkan fluktuasi (naik turun) harga saham, maka kegiatan trading saham memiliki risiko kerugian (capital loss) yang relatif tinggi. Singkatnya, saham dijual pada harga yang lebih rendah dari harga beli, atau istilah populernya yaitu melakukan cut loss atau jual rugi. Biasanya, trader saham berpengalaman sudah menentukan atau mematok batas toleransi penurunan harga saham sehingga bisa dilakukan cut loss.

Sebagai contoh, jika harga saham turun hingga 2%, maka seorang trader akan segera menjual saham untuk menghindari penurunan harga yang lebih dalam. Selain itu, kekurangan trading saham lainnya yaitu menyita waktu yang tidak sedikit. Seorang trader tentu saja harus menyediakan waktu untuk melakukan analisis teknikal saham dan memantau pergerakan harga saham setiap waktu. Tentu saja ini menguras tenaga dan pikiran, apalagi bagi seseorang yang memiliki kesibukan utama, seperti bekerja, berbisnis, atau bersekolah.

Apa Itu Investasi Saham

Singkatnya, investasi saham adalah kebalikan dari trading saham. Secara umum, pengertian investasi saham adalah suatu kegiatan transaksi jual beli saham dalam periode waktu jangka panjang dengan mengharapkan return berupa dividen dan capital gain. Seseorang yang melakukan investasi saham dapat disebut sebagai investor. Jadi, motif dan tujuan utama investor dalam membeli saham yaitu untuk investasi jangka panjang. Berapa lama jangka waktu investasi? Tergantung masing-masing investor, namun umumnya di atas satu tahun.

Baca juga: Panduan Investasi Saham untuk Pemula

Kelebihan Investasi Saham

Lalu, apa kelebihan investasi saham? Pertama, investor tidak perlu setiap hari melakukan analisis saham, cukup melakukan sekali saja di awal. Kemudian, investor tidak perlu memantau pergerakan harga saham setiap harinya sehingga tidak menyita waktu. Selanjutnya, investor tidak perlu pusing memikirkan fluktuasi harga saham yang terjadi setia hari karena harga saham perusahaan yang bagus, umumnya akan naik dalam jangka panjang.

Kekurangan Investasi Saham

Meskipun memiliki beberapa keunggulan, investasi saham juga menyisakan beberapa kelemahan. Yang paling mendasar, keuntungan dari investasi saham tidak bisa diperoleh dalam jangka pendek. Kemudian, tidak ada jaminan suatu perusahaan akan tetap memiliki kinerja yang baik, terlebih dengan kondisi pasar (market) yang penuh ketidakpastian. Selanjutnya, investor bisa saja kehilangan kesempatan capital gain yang lebih tinggi.

Misalnya, kamu beli saham BRI (BBRI) pada Januari 2018. Hingga Desember 2019, harga saham BBRI sudah naik 20%. Kamu belum mau menjual saham BBRI karena berencana ingin menyimpannya selama lima tahun atau hingga 2023. Ternyata, pada Februari 2020 dunia diserang oleh wabah virus atau pandemi Covid-19 sehingga melumpuhkan aktivitas perekonomian dan membuat pasar saham anjlok. Harga saham BBRI yang sebelumnya sudah naik 20%, malah menjadi minus 30% di Februari 2020 tersebut. Dengan demikian, kamu kehilangan kesempatan capital gain yang semestinya bisa diperoleh. Namun jangan khawatir, bisa jadi harga saham BBRI sudah bergerak positif di 2023.

Simpulan

Well, itulah penjelasan singkat tentang trading saham dan investasi saham. Tanpa harus dijabarkan secara eksplisit, sebenarnya kamu sudah bisa menangkap apa perbedaan trading saham dan investasi saham. Selain itu, untuk menentukan mana yang bagus dan menguntungkan antara trading saham dan investasi saham, kamu juga bisa menyesuaikan dengan kapasitas dan preferensi diri kamu.

Namun pada dasarnya, pemula tidak dianjurkan untuk melakukan trading saham di awal, apalagi melakukan jual beli saham secara harian atau day trading. Investasi saham secara umum jauh lebih aman bagi pemula. Namun, untuk mendapatkan keuntungan maksimal dalam investasi sahan, kamu perlu membuat strategi tertentu. Pada akhirnya, apapun sistem transaksi saham yang kamu pilih, pastikan kamu mengambil langkah yang tepat.

Daftar Pustaka

idx.co.id

investopedia.com

ojk.go.id

Penting: Mohon mencantumkan sumber invesnesia.com jika mengutip sebagian atau seluruh isi artikel.

Tag: apa itu trading saham dan investasi sahan. Mana yang lebih menguntungkan apakah trading saham atau investasi saham? Bagaimana konsep trading saham dan investasi saham?

error: Content is protected !!