Panduan & Cara Investasi Emas bagi Pemula + Tips Agar Untung

Bagaimana cara investasi emas bagi pemula? Itulah pertanyaan yang paling banyak muncul di tahun 2020. Hal ini tidak terlepas dari pergerakan harga emas yang cemerlang dan terus meningkat sehingga investasi emas dianggap menguntungkan. Kenaikan harga emas salah satunya disebabkan oleh guncangan ekonomi yang terjadi hampir di seluruh negara akibat dampak dari Coronavirus atau Covid-19. Emas memang merupakan aset yang paling aman disimpan (safe haven) di saat situasi perekonomian sedang bermasalah. Kondisi seperti saat ini membuat permintaan terhadap emas terus meningkat sehingga harga emas semakin melambung. Tak heran, masyarakat berbondong-bondong ingin segera menabung emas.

Meskipun begitu, tidak serta merta masyarakat bisa bebas beli emas sesuka hati. Membeli emas bahkan bisa membuat masyarakat rugi jika tidak memahami konsep dari investasi emas. Ya, masyarakat harus memahami kapan waktu terbaik untuk beli dan jual emas. Kemudian, apa saja jenis emas yang bagus untuk investasi. Nah, pada kesempatan ini, invesnesia akan menyajikan secara lengkap bagaimana cara investasi emas bagi pemula, baik secara online maupun offline. Mulai dari investasi emas batangan di Butik Antam, Pegadaian, Tokopedia, Bukareksa, hingga Bukalapak. Selain itu, invesnesia juga menyajikan apa saja tips investasi emas menguntungkan. Dijamin lengkap! Oleh karena itu, pastikan kamu membaca artikel ini sampai akhir, ya.

Mengenal Emas dan Logam Mulia

Gambar Investasi Emas

Apa itu emas? Pengertian emas dapat mengacu pada salah satu logam mulia yang sering kali dijadikan sebagai instrumen untuk menabung dan investasi oleh masyarakat. Salah satu alasan kenapa masyarakat menabung emas yaitu karena aman dan mudah dicairkan kapan pun.

Apa itu logam mulia? Pengertian logam mulia adalah logam yang punya ketahanan terhadap korosi dan oksidasi. Korosi dapat mengacu pada kerusakan yang disebabkan oleh reaksi kimia. Sedangkan oksidasi artinya penguraian mineral dengan kandungan logam oksigen (O2) yang menyebabkan pelapukan kimia, seperti berkarat. Apa contoh logam mulia? Banyak, yang paling umum yaitu emas, perak, dan platina.

Jadi, emas adalah bagian dari logam mulia yang anti terhadap kerusakan kimia dan karatan. Ukuran yang digunakan untuk menentukan kadar emas yaitu karat. Emas dengan kadar 24 karat disebut juga sebagai emas murni. Sedangkan emas dengan kadar kurang dari 24 karat artinya bukan emas murni atau emas yang telah dicampur dengan jenis logam lainnya.

Emas terdiri dari beberapa jenis, seperti emas batangan, emas perhiasan, emas lokal, emas koin, emas kuno, dinar emas, dan seterusnya. Jenis emas yang paling populer dijadikan wadah untuk menabung dan investasi adalah emas batangan, emas perhiasan, dan dinar emas.

Keuntungan Beli Emas

Cara investasi emas yang tepat yaitu dengan memahami apa saja keuntungan beli emas. Ada banyak sekali manfaat beli emas untuk kebutuhan investasi atau menabung, berikut beberapa di antaranya.

#1. Aset yang Aman (Safe Haven)

Salah satu alasan kenapa masyarakat beli emas untuk menabung karena emas adalah aset yang aman untuk disimpan dalam jangka panjang. Selain itu, emas juga instrumen investasi yang sangat rendah risiko karena nilai (value) emas yang stabil bahkan cenderung meningkat ketika terjadi resesi dan krisis ekonomi.

#2. Potensi Pertumbuhan Nilai Aset di Masa Depan

Layaknya instrumen investasi yang lain, emas juga memiliki potensi pertumbuhan nilai yang menjanjikan dalam jangka panjang. Bahkan hingga Agustus 2020, harga emas Antam melonjak sangat signifikan melebihi Rp 1 juta per gram. Kenaikan nilai emas tersebut menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah.

Sebelum membeli emas, kamu bisa membandingkan harga emas di setiap vendor. Misalnya, kamu ingin melihat harga emas Pegadaian dari berbagai vendor. Per hari ini, harga emas Antam berkisar Rp1.035.000 per gram, harga emas Antam Retro yaitu Rp1.024.000 per gram, dan harga emas Antam Batik Rp1.220.000. Kemudian, harga emas UBS hari ini yaitu Rp1.068.000 per gram. Harga emas tersebut tentu saja untuk emas murni atau emas 24 karat. Harga emas perhiasan berbeda lagi.

#3. Mampu Menahan Tekanan Inflasi

Nilai emas cenderung stabil dan mampu bertahan dari tekanan inflasi. Aset emas akan menjadi pilihan utama bagi masyarakat dan investor apalagi ketika terjadi resesi atau krisis ekonomi. Kenapa demikian? Itu karena emas dianggap sebagai aset yang paling aman untuk disimpan pada kondisi seperti itu.

#4. Memiliki Likuiditas yang Tinggi

Salah satu manfaat dan keunggulan emas yaitu memiliki likuiditas yang tinggi. Maksudnya, aset emas dapat dicairkan (dijual) atau ditukarkan dengan kas (cash) kapan pun. Proses pencairan pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Tak heran jika emas semakin diminati.

#5. Investasi Murah dan Mudah

Investasi emas tidak butuh modal yang besar. Sebagai contoh, saat ini emas batangan Antam Logam Mulia (LM) dapat dibeli dengan pecahan mulai dari 0,5 gram, 1 gram, hingga 1000 gram. Selain itu, ada beberapa platform yang memungkinkan masyarakat untuk beli emas dengan pecahan yang lebih kecil dari 0,5 gram. Dengan begitu, masyarakat bisa menabung emas dengan modal yang lebih kecil. Contohnya beli emas di Pegadaian. Pada produk Tabungan Emas Pegadaian, masyarakat bisa beli dan menabung emas mulai dari 0,01 gram. Cara menabung emas di Pegadaian sangat mudah, bahkan pemula yang baru pertama kali investasi emas bisa melakukannya sendiri. Pada bab berikutnya akan dijelaskan secara lengkap.

Kerugian Beli Emas

Apakah beli emas bisa rugi? Tentu saja bisa. Tidak ada istrumen investasi yang bebas risiko. Kerugian beli emas umumnya terjadi ketika masyarakat tidak tahu cara investasi emas yang benar. Nah, berikut ini invesnesia jelaskan apa saja kerugian atau risiko memiliki emas.

#1. Penurunan Harga

Inilah salah satu risiko beli emas. Ya, meskipun harga emas cenderung stabil, bukan berarti nilai emas akan tetap (konstan) dan selalu naik. Harga emas juga mengalami fluktuasi, naik dan turun. Kamu akan rugi ketika membeli emas di saat yang tidak tepat, yaitu ketika harga emas sedang menguat. Untuk menentukan kapan waktu beli emas yang tepat, kamu harus memahami apa saja faktor yang memengaruhi harga emas.

#2. Imbal Hasil (Return) Paling Rendah

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, let’s say saham, reksa dana, dan obligasi, maka keuntungan emas adalah yang paling kecil. Tak jarang, investor membeli emas hanya untuk melindungi nilai saja dan tidak terlalu mengharapkan return tinggi. Dalam kondisi normal, emas lebih tepat disebut sebagai instrumen tabungan karena instrumen investasi idealnya menawarkan return yang relatif tinggi. Meskipun begitu, investasi emas juga sangat baik untuk dilakukan khususnya di waktu-waktu tertentu, dan juga tergantung kepentingan serta kebutuhan masing-masing pribadi.

#3. Butuh Tempat Penyimpanan yang Aman

Salah satu kekurangan beli emas yaitu butuh menyediakan tempat penyimpanan yang aman. Menyimpan emas di rumah sangat rentan terhadap pencurian, ini risiko yang harus dihindari. Salah satu cara aman menyimpan emas yaitu dengan menyewa tempat penyimpanan barang berharga (brankas). Misalnya menyimpan emas di Safe Deposit Box (SDB) yang tersedia di Bank dan Pegadaian. Namun, penyimpanan di SDB tentu tidak gratis, ada biaya yang mesti dikeluarkan. Jika kamu menyimpan emas di SDB, return investasi emas pastinya akan tergerus.

#4. Selisih Harga Beli dan Jual Emas

Salah satu kerugian beli emas yaitu adanya selisih harga beli dan harga jual emas. Hal ini terjadi ketika masyarakat berinvestasi pada emas perhiasan. Beli emas perhiasan akan dikenakan biaya pembuatan dan ketika emas tersebut dijual kembali (buyback), biaya pembuatan tidak dihitung. Artinya, harga emas akan dinilai sesuai dengan tingkat kemurnian emas tersebut. Dengan begitu, terjadi selisih harga (gap) yang relatif besar sehingga keuntungan emas berkurang atau bahkan bisa saja merugi.

#5. Risiko Kehilangan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, aset emas butuh tempat penyimpanan yang aman. Risiko kehilangan sangat mungkin terjadi jika emas disimpan di tempat yang kurang ideal. Jadi, pastikan kamu mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan ketika membeli emas.

Panduan Beli Emas Batangan Antam di Butik Emas Logam Mulia

Gambar Butik Emas Antam
sumber: republika.co.id

Jual dan beli emas Antam dimana? Salah satunya di Butik Antam. Nah, Investasi emas di Butik Emas Logam Mulia bisa menjadi pilihan yang cocok untuk siapa pun yang baru pertama kali beli emas. Butik Emas Logam Mulia adalah tempat di mana masyarakat bisa membeli emas Antam untuk kebutuhan tabungan dan/atau investasi. Saat ini, Butik Emas LM sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, dan Samarinda.

Untuk langkah awal investasi emas, kamu bisa langsung mendatangi Butik Emas LM Antam yang tersedia di kotamu masing-masing. Untuk lokasi di luar Butik LM dan di luar jangkauan pengiriman, kamu bisa mengunjungi Kantor Pos besar di kota masing-masing. Pasalnya, Antam sudah bekerja sama dengan Pos Indonesia dalam hal melayani pemesanan dan pengiriman emas.

Paduan Beli Emas Batangan Antam secara Online

Selain di Butik Emas Logam Mulia, kamu juga bisa membeli emas Antam secara online melalui website logammulia.com. Cara investasi emas secara online akan jauh lebih mudah (praktis) apalagi di saat Covid-19 tahun 2020 ini. Oh ya, selain emas, kamu juga bisa membeli produk logam mulia Antam lainnya melalui website tersebut, seperti perak murni, koin dinar dan dirham, dan produk lainnya.

Gambar Produk Logammulia

Proses, prosedur, dan cara beli emas batangan Antam melalui website logammulia sangat mudah, berikut langkah-langkahnya.

1. Kunjungi website logammulia.comKlik menu “Masuk/Daftar”

Gambar buat akun logammulia

2. Lakukan pendaftaran untuk membuat akun.

Daftar logammulia

3. Kemudian, isi form registrasi yang tersedia mulai dari Nama (sesuai KTP), alamat email yang aktif, nomor KTP, nomor handphone, nomor NPWP, dan kata sandi. Jangan lupa untuk mencentang instruksi “saya setuju dengan syarat dan ketentuan Logam Mulia” dan “I am not a robot”.

Registrasi di website logammulia

4. Klik register now.

5. Kamu sudah bisa masuk atau log in ke akun masing-masing. Nah, setelah masuk ke halaman utama, kamu akan diminta ubah lokasi dan memilih lokasi Butik Emas Logam Mulia yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal kamu. Jika kamu tinggal di Jakarta, silakan pilih lokasi Butik yang berada di sekitar Jakarta.

Ubah Lokasi Butik Antam terdekat

6. Setelah itu, kamu sudah bisa membeli emas Antam dengan mengklik menu “Beli Emas”.

Cara Beli Emas melalui web Logammulia

7. Kamu akan diarahkan ke halaman Beli Emas. Silakan isi kuantitas emas yang ingin dibeli. Sebagai contoh, invesnesia ingin membeli emas batangan Antam sebanyak 1 gram. Harga total pembelian sudah dikenakan biaya pajak sebesar 0,45% dari harga barang.

Gambar Cara Beli Emas melalui web Logammulia

8. Setelah itu, tinggal klik “tambah keranjang”.

9. Pemesanan berhasil! Silakan cek keranjang belanja untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

Panduan Beli Emas Logammulia

10. Di halaman keranjang belanja, kamu bisa cek kembali kesesuaian jumlah pembelian emas yang diinginkan. Jika sudah pas, kamu tinggal melanjutkan langkah checkout hingga selesai. Metode pembayaran dapat dilakukan dengan virtual account (VA) dengan masa berlaku konfirmasi pesanan selama 45 menit. Perlu dicatat, pembelian emas batangan Antam secara online hanya melayani pengiriman ke alamat pembeli (pelanggan).

Panduan Investasi Emas di Pegadaian

Beli emas di Pegadaian merupakan salah satu cara investasi emas yang cocok untuk pemula. Pegadaian memiliki produk Tabungan Emas yang merupakan layanan penitipan saldo emas dengan tujuan memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk Tabungan Emas Pegadaian adalah wadah untuk berinvestasi emas secara mudah, murah, dan terpercaya. Apa saja keunggulan investasi emas di Tabungan Emas Pegadaian?

  • Tersedia di berbagai outlet Pegadaian yang tersebar di seluruh Indonesia, dan di berbagai agen serta marketplace yang bekerja sama dengan Pegadaian.
  • Investasi emas dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital yang dapat di-download melalui PlayStore.
  • Biaya administrasi dan pengelolaan relatif kecil.
  • Dikelola secara profesional dan transparan.
  • Keaslian emas dijamin dengan karatase 24 karat.
  • Nabasah bisa memiliki Tabungan Emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram (melalui Outlet Pegadaian) atau nominal Rp 50 ribu (melalui aplikasi Pegadaian Digital).
  • Transfer ke rekening Tabungan Emas dapat dilakukan mulai dari 0,1 gram.
  • Tersedia order untuk cetak emas mulai dari 1 gram.
  • Nasabah bisa melakukan penjulan emas kembali (buyback) mulai dari 1 gram dengan harga buyback yang kompetitif. Buyback dapat dilakukan melalui Outlet Pegadaian dan Agen.

Langkah-langkah Beli Emas di Tabungan Emas Pegadaian

Setelah memahami apa itu Tabungan Emas Pegadaian dan apa saja keuntungannya, berikut invesnesia sajikan cara investasi emas di Pegadaian secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Proses Pendaftaran:

1. Silakan download aplikasi Pegadaian Digital di PlayStore.

2. Bagi pemula yang baru pertama kali beli emas, silakan klik menu registrasi untuk mendaftar.

Daftar Beli Emas Pegadaian

3. Isikan nama, nomor handphone, dan email.

Gambar Daftar Beli Emas Pegadaian

4. Silakan masukkan kode OTP yang dikirim melalui handphone.

Kode OTP Pegadaian Digital

5. Buat password untuk akses masuk ke akun Pegadaian Digital.

Registrasi di Pegadaian Digital

6. Klik Daftar. Registrasi sukses!

7. Sebelum log in, silakan lakukan verifikasi email terlebih dahulu dengan mengecek kotak masuk (inbox) email kamu.

Proses Investasi Emas:

1. Setelah membuat akun, kamu sudah bisa masuk (log in).

2. Berikut tampilan halaman utama Pegadaian Digital.

Tampilan Aplikasi Pegadaian Digital

3. Untuk mulai investasi, silakan klik menu “Buka Tabungan Emas”.

4. Isikan data pribadi secara lengkap sampai selesai. Jika sudah, klik selanjutnya.

Pengisian Data Pribadi Buka Tabungan Emas Pegadaian

5. Silakan pilih lokasi Outlet Pegadaian terdekat untuk pembukaan Tabungan Emas.

Lokasi Outlet Pegadaian Terdekat

6. Pembelian saldo awal yaitu Rp 50 ribu. Kemudian, centang “saya setuju dengan syarat ketentuan berlaku”. Klik selanjutnya.

7. Nantinya kamu akan diberikan pilihan metode pembayaran melalui berbagai bank. Sebagai contoh, invesnesia memilih virtual account BCA.

8. Lakukan transfer untuk membayar tagihan melalui virtual account. Pastikan pembayaran tidak melewati batas waktu yang telah ditetapkan.

9. Proses selesai. Kamu bisa mengambil Buku Tabungan Emas di Outlet Pegadaian yang telah dipilih sebelumnya. Maksimal pengambilan Buku Tangungan Emas yaitu 6 (enam) bulan sejak pembukaan akun melalui aplikasi dan/atau melalui Agen Pegadaian.

Informasi Emas Pegadaian lainnya:

Rincian Biaya Pembukaan Tabungan Emas Pegadaian:

Rinician Biaya Pembukaan Tabungan Emas Pegadaian

Rincian Biaya Transaksi Tabungan Emas Pegadaian:

Rincian Biaya Transaksi Tabungan Emas Pegadaian

Pegadaian menyediakan berbagai jenis produk logam mulia emas, seperti Antam, UBS, Lotus AR, Retro, dan Galeri24. Kamu juga bisa mengecek dan membandingkan harga emas dari masing-masing vendor: berapa harga emas Antam; berapa harga emas Pegadaian; dan seterusnya. Dengan begitu, kamu memiliki keleluasaan dalam memilih aneka produk emas dengan harga yang bersaing, tentunya untuk kebutuhan investasi jangka panjang.

Perlu dicatat, sebelum melakukan investasi emas di Pegadaian, ada baiknya kamu memahami fitur yang tersedia di aplikasi Pegadaian Digital. Pastikan juga untuk melengkapi segala persyaratan yang ditetapkan oleh Pegadaian agar proses menabung emas bisa berjalan lancar.

Panduan Investasi Emas Online di Bareksa

Cara investasi emas online lainnya yang bisa kamu coba yaitu melalui Bareksa, salah satu marketplace atau platform investasi yang ada di Indonesia. Produk utama Bareksa sebenarnya adalah reksa dana di mana Bareksa terdaftar sebagai Agen Perantara Efek Reksa Dana (APERD) yang telah mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2016. Meskipun begitu, Bareksa juga menyediakan wadah bagi masyarakat untuk melakukan investasi emas: jual beli emas secara online. Berikut prosedur dan cara beli emas online di Bareksa.

1. Kunjungi website Bareksa untuk melakukan pendaftaran dan buka akun. Klik Daftar.

Buka Akun di Bareksa

2. Isikan nomor identitas pribadi.

Isi data Pribadi di Bareksa

3. Dilanjutkan dengan mengisikan data diri hingga data rekening.

4. Jika sudah, silakan cek email untuk melakukan verifikasi dan aktivasi akun.

Daftar Emas di Bareksa

5. Proses verifikasi akan dilakukan 2 x 24 jam. Jika proses verifikasi berhasil, kamu sudah bisa melakukan transaksi beli emas.

6. Pembelian emas secara online di Bareksa hanya bisa dilakukan melalui aplikasi. Oleh karena itu, silakan download aplikasi Bareksa terlebih dahulu di PlayStore.

Tampila Aplikasi Bareksa Terbaru

7. Proses menabung emas di aplikasi Bareksa sangat mudah. Kamu tinggal pilih produk emas. Kemudian ikuti instruksi yang diberikan sampai selesai. Oh ya, menabung emas di Bareksa hanya butuh modal kecil, yaitu minimal Rp 50 ribu. Agar proses investasi emas berjalan lancar, pastikan kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, ya.

Panduan Investasi Emas Online di Tokopedia

Cara investasi emas online di Tokopedia bisa dilakukan dengan mudah dan cocok untuk pemula yang baru pertama kali beli emas. Tokopedia bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) dalam memberikan fasilitas tabungan emas kepada masyarakat dan menjamin keamanannya. Ada beberapa keunggulan menabung emas di Tokopedia, yaitu sebagai berikut:

  • Tokopedia Emas terpercaya dan aman karena berada dalam pengawasan OJK.
  • Menabung emas bisa dengan modal kecil, mulai dari Rp 5 ribu.
  • Transaksi beli dan jual emas dapat dilakukan secara instant bahkan dalam hitungan detik (T+0).
  • Transaksi beli dan jual emas juga bisa dilakukan di hari libur.
  • Perkembangan nilai emas dapat dipantau sepanjang waktu.
  • Penitipan emas akan dilakukan di Pegadaian.

Bagaimana cara investasi emas di Tokopedia? Berikut langkah-langkah menabung emas di Tokopedia.

1. Kunjungi website Tokopedia untuk membuat akun.

Gambar TokopediaEmas

2. Setelah memiliki akun, silakan pilih menu TokopediaEmas. Klik Mulai Menabung Emas.

3. Klik menu “Beli Emas” dan isikan jumlah awal untuk menabung emas. Sebagai contoh, invesnesia ingin menabung emas dengan modal kecil Rp 100 ribu. Setelah dikonversi, uang Rp 100 ribu sama dengan 0,1019 gram emas.

Daftar Tokopedia Emas

4. Setelah itu, klik lanjut.

5. Kamu akan diarahkan ke menu checkout. Cek kesesuaian detail transaksi emas. Jika sudah benar, klik tombol “Beli Emas”.

Checkout Tokopedia Emas

6. Kamu akan diarahkan ke menu pembayaran (payment). Silakan pilih metode pembayaran yang tersedia. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah selanjutnya sampai selesai.

Info Membership di Tokopedia Emas

Tokopedia menyediakan 3 (tiga) level membership dalam proses menabung emas, yaitu sebagai berikut:

  • Gold Club. Level ini memungkinkan masyarakat untuk menabung hingga 1 gram emas. Masyarakat juga bisa melakukan transaksi beli, jual, dan kirim emas maksimal 10 gram per bulan. Berinvestasi emas pada level ini tidak membutuhkan persyaratan dokumen apa pun.
  • Gold Prime. Level ini memungkinkan masyarakat untuk menabung hingga 10 gram. Masyarakat dapat melakukan transaksi beli, jual, dan kirim emas maksimal 10 gram per bulan, serta bebas berlangganan emas. Investasi emas pada level ini membutuhkan persyaratan berupa pengisian data identitas diri.
  • Gold Prestige. Pada level ini, masyarakat bisa menabung emas tanpa batas. Transaksi beli, jual, dan kirim emas bersifat unlimited atau tidak ada batasan per bulan, serta juga bebas berlangganan. Namun, level ini membutuhkan persyaratan berupa registrasi di kantor Pegadaian.

Panduan Investasi Emas Online di Bukalapak

Selain Tokopedia Emas, masyarakat juga bisa menabung emas online melalui marketplace Bukalapak. Jika Tokopedia bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero), Bukalapak justru bekerja sama dengan PT Indogold Solusi Gadai dengan menyediakan fitur BukaEmas. Nah, BukaEmas adalah fitur untuk transaksi beli dan jual emas secara elektronik atau online, dan fasilitas penitipan disediakan oleh PT Indogold Solusi Gadai. Kadar kemurnian emas dari PT Indogold dijamin 99,99%, terlebih lagi kegiatan bisnis Indogold juga telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apa saja keuntungan menabung emas online di BukaEmas? Berikut ulasannya.

  • Masyarakat dapat mulai berinvestasi emas dengan modal sangat kecil yaitu Rp 99 atau setara dengan 0,0001 gram emas. Paling murah di antara platform lainnya.
  • Masyarakat dapat memantau perkembangan harga atau nilai emas kapan pun.
  • Keping emas dapat ditarik mulai dari 1 gram, dan hanya membayar biaya sertfikat serta biaya pengiriman (termasuk asuransi).
  • Proses pembayaran transaksi jual beli emas bisa dilakukan dengan berbagai metode.
  • Tabungan emas akan disimpan di tempat yang aman, yaitu di penyimpanan emas Indogold.
  • Kepingan emas dapat diambil dan dijual kapan pun.

Bagaimana cara investasi emas di Bukalapak untuk pemula? Berikut langkah-langkah menabung emas di Bukalapak (BukaEmas).

1. Kunjungi website Bukalapak untuk melakukan pendaftaran atau membuat akun.

2. Setelah mendaftar, pilih menu BukaEmas. Klik tombol Coba Sekarang.

Tampilan Website Bukalapak (Buka Emas)

3. Kamu akan melihat tampilan “Ketentuan BukaEmas”. Silakan dibaca terlebih dahulu, setelah itu klik Saya Mengerti.

Gambar Ketentuan Buka Emas

4. Kamu akan diarahkan ke halaman utama BukaEmas dan akan melihat tampilan Grafik Perubahan Harga Beli Emas. Kamu juga bisa melihat Grafik Perubahan Harga Jual Emas.

Beli Emas di BukaEmas Bukalapak

5. Untuk mulai menabung emas, silakan pilih menu Beli Emas. Sebagai contoh, invesnesia ingin beli emas sebanyak 0,1 gram atau setara dengan Rp98.189.

Gambar Beli Emas di BukaEmas Bukalapak

6. Kamu bisa mencentang “Tambah ke Transaksi Rutin” jika ingin menabung emas secara konsisten setiap bulan. Jika tidak, kamu bisa mengabaikannya.

7. Setelah itu, klik tombol Metode Pembayaran.

8. Silakan pilih Metode Pembayaran yang tersedia. Ikuti instruksi hingga selesai.

Prosedur dan Cara Beli Emas di Bank

Beli emas untuk kebutuhan tabungan atau investasi juga bisa dilakukan di bank, seperti bank syariah. Ada beberapa bank syariah yang melayani pembelian emas batangan seperti, BNI Syariah, BCA Syariah, Mandiri Syariah, dan lainnya. Sebagai contoh, pembelian emas di Mandiri Syariah menggunakan sistem murabahah atau cicil emas. Bank terlebih dahulu akan membeli barang yang dibutuhkan nasabah, kemudian menjualnya kembali dengan mengambil margin keuntungan.

Pada bank konvensional, sistem seperti ini disebut juga dengan kredit. Nah, menabung emas di Mandiri Syariah terbatas pada jenis emas batangan dengan ukuran minimum 10 gram. Jangka waktu pembiayaan berkisar antara 2 tahun sampai 5 tahun dengan uang muka atau down payment/DP minimal 20% dari harga perolehan emas.

Pilih Beli Emas Batangan atau Perhiasan?

Tak bisa dipungkiri, sebagian besar masyarakat, terutama kaum wanita lebih suka investasi emas dengan membeli emas perhiasan dibandingkan emas batangan. Tampilan emas perhiasan memang sangat trendi dan memiliki harga tinggi sehingga sangat cocok digunakan sebagai aksesori untuk menambah nilai penampilan seseorang. Emas perhiasan juga tersedia dalam berbagai jenis dan fungsi, umumnya dipakai sebagai cincin, kalung, anting, dan gelang. Terlebih lagi perhiasan emas sangat mudah didapatkan, mulai dari toko emas kecil, menengah, hingga besar, dan tidak terbatas hanya di kota besar saja.

Pertanyaannya, apakah cara investasi emas berbentuk perhiasan tersebut menguntungkan? Perlu kamu ketahui, beli emas perhiasan akan dikenakan biaya pembuatan, semakin rumit proses pembuatan, semakin mahal biayanya. Tak jarang, biaya pembuatan emas lebih besar dari nilai emas itu sendiri. Ditambah lagi ketika kamu jual emas perhiasan tersebut, biaya pembuatan di awal tidak akan dihitung. Dengan kata lain, pihak toko perhiasan hanya membayar sesuai dengan nilai wajar emas tersebut. Inilah kelemahan atau kekurangan investasi emas perhiasan sehingga keuntungan (return) investasi dapat tergerus, bahkan kamu bisa saja merugi. Jadi, emas yang bagus untuk investasi adalah emas batangan dengan tingkat kemurnian yang terjamin.

Waktu yang Tepat untuk Beli Emas dan Jual Emas

Kapan waktu yang tepat untuk beli emas? Kapan waktu yang tepat untuk jual emas? Itulah pertanyaan banyak orang yang ingin mendapatkan keuntungan dari investasi emas. Untuk menentukan waktu yang bagus beli dan jual emas, maka itu sangat berkaitan dengan pergerakan harga emas dan berkaitan dengan banyak hak. Jika dijawab secara sederhana, maka waktu beli emas yang tepat adalah ketika harga emas turun. Sebaliknya, waktu jual emas yang menguntungkan yaitu ketika harga emas naik.

Invesnesia akan menjelaskan secara sederhana terkait konsep investasi emas. Jadi begini, emas adalah aset yang paling aman dimiliki (safe haven) dalam kondisi anggaplah goncangan ekonomi: resesi, krisis, dan sebagainya. Artinya, ketika investor khawatir dengan kondisi perekonomian, maka investor akan menyimpan dan mengalihkan asetnya dalam bentuk emas sehingga instrumen investasi selain emas akan ditinggalkan. Jika kondisi perekonomian mulai pulih dan bergerak positif, maka aset berupa emas akan kurang diminati karena instrumen investasi selain emas akan memberikan keuntungan (return) yang lebih menjanjikan. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka waktu yang tepat membeli emas yaitu ketika situasi perekonomian memburuk dan saatnya menjual emas ketika harganya naik dan kondisi ekonomi membaik.

Tips Investasi Emas yang Menguntungkan

Salah satu tujuan investasi emas adalah meraih return atau keuntungan. Jika tujuan kamu beli emas bukan karena keuntungan, maka bisa dikatakan kamu beli emas bukan untuk investasi. Banyak pemula yang baru pertama kali menabung emas memiliki persepsi yang keliru. Sebagai contoh, beli emas kapan pun pasti menguntungkan. Padahal, keuntungan investasi emas sangat bergantung pada timing membeli dan menjual emas. Oleh karena itu, bagi pemula yang ingin tahu cara investasi emas yang mengutungkan, pastikan kamu memperhatikan tips investasi emas berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Selain untuk meraih keuntungan, setiap orang pasti punya alasan mengapa membeli emas untuk kebutuhan investasi. Ada orang yang investasi emas untuk beli rumah, atau untuk biaya sekolah anak, biaya pernikahan, dan seterusnya. Jadi, tentukan terlebih dahulu tujuan apa kamu membeli dan menabung emas.

2. Jangka Waktu Menabung Emas

Untuk keperluan investasi, emas sebaiknya disimpan dalam jangka panjang, let’s say lebih dari 1 (satu) tahun. Jangka waktu menabung emas tentu harus disesuaikan dengan tujuan investasi, seperti pada poin pertama. Meskipun begitu, jangka waktu investasi emas sangat fleksibel, tergantung situasi dan kondisi. Sebagai contoh, jika terjadi hal-hal yang tidak terduga dan mengharuskan kamu untuk menjual emas, maka kamu tidak bisa menghindarinya. Keuntungan menentukan jangka waktu menabung emas yaitu agar proses investasi lebih terarah.

3. Jenis Emas untuk Investasi

Nah, salah satu cara investasi emas yang benar yaitu dengan memilih jenis emas terbaik dan menguntungkan. Pemilihan jenis emas untuk investasi sering kali menjadi kesalahan bagi para pemula. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jenis emas batangan akan lebih baik dipilih untuk keperluan investasi dibandingkan jenis emas perhiasan. So, jangan sampai kamu salah dalam memilih jenis emas, ya.

4. Timing atau Waktu Membeli dan Menjual Emas

Poin ini juga telah disinggung sebelumnya bahwa timing membeli dan menjual emas sangat memengaruhi return investasi. Membeli dan menjual emas di waktu terbaik adalah hal yang mutlak dilakukan agar investasi emas bisa menguntungkan secara signifikan. Kamu bisa memantau pergerakan harga emas dan juga bisa membandingkan harga emas di masing-masing vendor.

5. Cek Keaslian dan Kemurnian Emas

Umumnya, pihak produsen dan penjual emas batangan yang telah mendapatkan lisensi atau izin dari OJK, memiliki emas dengan kemurnian yang terjamin. Tingkat kemurnian emas yang perlu kamu cek adalah jenis emas perhiasan karena bahan emas perhiasan sudah dicampur dengan jenis logam lainnya. That’s why invesnesia menyarankan agar membeli emas batangan sebagai wadah investasi.

6. Menyediakan Tempat Penyimpanan Emas

Nah, menyediakan tempat penyimpanan aset emas juga tidak kalah penting. Risiko memiliki emas salah satunya yaitu kehilangan, khususnya terjadi karena pencurian. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki tempat penyimpanan emas yang aman. Kamu bisa membeli brankas sendiri dengan tingkat keamanan (safety) yang tinggi atau bisa menyewa safe deposit box (SDB) yang tersedia di Bank atau Pegadaian. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan Brankas Logam Mulia Antam. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Simpulan

Akses untuk investasi emas sangat terbuka luas. Masyarakat bisa membeli, menabung, dan menjual emas secara offline dan secara online. Keuntungan investasi emas online yaitu dapat memulai menabung dengan nominal atau modal kecil sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Investasi sangat baik dilakukan oleh semua orang untuk menjamin kebutuhan di masa depan. Emas adalah pilihan aset yang sangat baik dijadikan investasi, terlebih jenis emas batangan. Sedangkan emas perhiasan lebih tepat digunakan untuk keperluan fashion, bukan untuk investasi.

Well, invesnesia telah memberikan penjelasan secara lengkap bagaimana panduan dan cara invesasi emas untuk pemula di berbagai platform, begitu juga dengan tips investasi emas yang menguntungkan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan referensi kamu dalam berinvestasi emas. Jika artikel ini bermanfaat, bantu untuk menyebarkan, ya!

Daftar Pustaka

sahabatpegadaian.com

pegadaian.co.id

logammulia.com

bareksa.com

bukalapak.com

tokopedia.com

mandirisyariah.co.id

Penting: Mohon mencantumkan sumber invesnesia.com jika mengutip sebagian atau seluruh isi artikel.

Tag: cara investasi emas online dan offline di Butik Antam, Pegadaian, Bukalapak, Tokopedia, dan Bareksa. Cara beli emas yang menguntungkan dan waktu yang tepat beli dan jual emas. Panduan investasi emas untuk pemula 2020.

error: Content is protected !!