Terra (LUNA) Masuk Top 10 Market Cap Terbesar, Proyek Menjanjikan!

Invesnesia.comTerra (LUNA) berhasil menjadi salah satu koin crypto paling bernilai di pasar, menempati posisi ke-9 dengan kapitalisasi pasar atau market cap lebih dari $36 miliar. Ini sekaligus menegaskan bahwa Terra (LUNA) adalah proyek cryptocurrency yang dihargai oleh pelaku pasar dan punya prospek bagus. Lalu, bagaimana prediksi harga Terra (LUNA) 2022?

Per hari ini Minggu (26/12) Terra (LUNA) mampu menyalip sejumlah proyek crypto dengan fundamental terbaik dari segi market cap. Tercatat, posisi Terra (LUNA) berada di atas Polkadot (DOT) dan di bawah salah satu stablecoin utama, USD Coin (USDC). Apa yang memberikan nilai (value) pada Terra (LUNA) sehingga memantapkan dirinya di top 10 dengan market cap terbesar?

Menciptakan Proyek yang Menjaga Stabilitas Harga Crypto

Terra (LUNA) adalah sebuah protokol blockchain yang bertujuan untuk membangun nilai aset kripto yang stabil. Mengapa ini penting? Salah satu masalah utama cryptocurrency adalah stabililitas harga. Aset kripto terkenal dengan fluktuasi harga yang sangat tinggi, sehingga ini menjadi masalah ketika mata uang digital ini dijadikan sebagai penyimpan nilai. Dampaknya, adops utamai crypto bisa terhambat.

Terra melihat ini sebagai peluang, dan mencoba mengatasi masalah tersebut dengan menciptakan crypto yang stabil. Dalam hal ini, Terra menggunakan algoritme stabilisasi harga: dengan mengubah jumlah uang beredar dari suatu aset untuk mengembalikan nilainya. Selain itu, ini memungkinkan efisiensi biaya dan pertukaran lintas batas.

Pada dasarnya, Terra juga membangun infrastruktur finansial secara transparan yang berfokus pada pembayaran dengan menggunakan smart contract. Terra akan menjangkau layanan bank, kartu kredit, dan gateway.

Membangun Ekosistem yang Bagus

Prediksi harga Terra 2022 positif karena tidak terlepas dari proyek crypto Terra yang membangun ekosistem yang bagus. Inilah yang membuat kripto terbaik ini mampu menduduki top 10 dari segi market cap. Ekosistem yang dibangun mencakup stablecoin, token LUNA, anchor protocol, dan mirror protocol.

1. Stablecoin

Terra luna membangun ekosistem stablecoin yang mana nilai aset akan dipatok terhadap fiat utama di dunia atau mata uang global. Ini memungkinkan pengguna untuk, misalnya, mengakses stablecoin TerraUSD (UST) yang berhubungan dengan dolar AS (USD). Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa mengakses stablecoin seperti TerraKRT yang berkaitan dengan Won Korea Selatan; TerraSDR (SDT) dipaotok terhadap IMF SDR, TerraMNT yang berhubungan dengan Tugrik Mongolia, dan seterusnya.

Bagaimana Terra mengatasi masalah harga atau menjaga stabilitas harga? Terra mengadopso mekanisme penawaran uang elastis, sebagai contoh: jika harga suatu mata uang menyimpang dari patokan atau pasaknya, secara otomatis sistem akan melakukan normalisasi yakni dengan mengurangi dan/atau menambah jumlah uang beredar.

2. Token LUNA

LUNA adalah Token utama di jaringan Terra, yang menjadi fondasi dari ekosistem. LUNA bertujuan untuk mengadopsi teknologi blockchain ke massa dengan fokus utama pada utilitas, alih-alih hanya untuk perdagangan saja. Selain itu, LUNA adalah jenis stablecoin yang menggunakan algoritme pengaturan mandiri, yakni dengan melakukan pencetakan (minting) dan/atau melakukan pembakaran (burning) koin mengacu pada nilai tukar Terra saat ini.

LUNA memiliki jumlah pasokan maksimal 1 miliar token, sementara koin LUNA akan dibakar jika melebihi jumlah persediaan maksimal. Selain itu, LUNA juga dapat berfungsi sebagai token untuk staking sehingga mengamankan jaringan secara komprehensif. Tidak hanya itu, LUNA juga bisa menjadi aset perdagangan dan sebagai agunan.

3. Anchor Protocol

Ekosistem Terra lainnya, anchor protocol adalah sejenis pasar uang yang dibangun di atas blockchain Terra dengan sistem terdesentralisasi. Anchor protocol mampu menyatukan tiga konsep utama dari keuangan tradisional, yakni pembayaran (payments), tabungan (savings), dan investasi. Setiap pemegang stablecoin Terra bisa mendapatkan Annual Percentage Yield/APY hingga 20% secara stabil. Tidak hanya itu, Terra juga memfasilitasi sistem instant withdrawals, kredit jangka pendek, dan perdagangan margin untuk LUNA.

4. Mirror Protocol

Mirror protocol adalah salah satu ekosistem Terra yang berfokus menyediakan perdagangan aset berbasis non-digital via Mirrored Assets (mAssets), yang akan mencerminkan harga pertukarannya. Setiap pencetakan mAssets hanya bisa dilakukan ketika lebih dari 150% dari nilai aset dikunci pada stablecoin, atau menjadikan mAssets sebagai jaminan/agunan. – www.invesnesia.com

Pertumbuhan Harga Koin Crypto Luna Positif Signifikan

Pergerakan harga koin Terra (LUNA), sumber: tradingview, data diolah invesnesia.com

Dengan basis proyek yang bagus, sehingga dapat disebut memiliki aspek fundamental yang baik, Terra (LUNA) adalah koin crypto dengan pertumbuhan harga yang positif. Secara year-to-date, harga koin crypto LUNA berhasil meroket 14.800%, yang mana pada awal Januari 2021 dibuka pada level $0,66 per keping, sementara harga LUNA hari ini berada di level $98,30 per keping. Peningkatan harga signifikan dari LUNA tidak terlepas dari proyek yang dikembangkan.

Prospek dan Prediksi Harga Terra (LUNA) 2022

Menimbang proyek crypto Terra (LUNA) yang menawarkan solusi stabilitas harga crypto, membangun infrastruktur finansial yang transparan, dan fungsionalitas luas bagi masyarakat, prospek Terra (LUNA) dalam jangka panjang tampak cerah.

Prediksi harga Terra (LUNA) di 2022 adalah masih ada kemungkinan masih bergerak stabil positif. Bagi Anda yang secara khusus berfokus pada prediksi harga Terra (LUNA) pada tahun 2022, aspek teknikal mungkin bisa menjadi tumpuan utama.

Terlepas dari aspek teknikal, Terra (LUNA) adalah koin crypto yang punya prospek baik dalam jangka panjang, sehingga mungkin bisa dipertimbangkan sebagai salah satu aset investasi terbaik.

Ketika adopsi cryptocurrency ini terus bertumbuh, itu akan memberikan dampak positif bagi harga koin LUNA, sehingga juga akan meningkatkan nilai kapitalisasi pasar/market cap. Bukan tidak mungkin juga Terra (LUNA) akan merangkak ke posisi top 5 dan memastikan diri sebagai salah satu mata uang kripto dengan dominasi pasar terbesar di dunia. Dalam jangka panjang, prospek dan prediksi harga LUNA cenderung positif.

Leave a Comment