Solana, Koin Kripto Terbaik dengan Staked Value Tertinggi, Ethereum Kalah!

Popularitas Solana menunjukkan tren positif dari hari ke hari, terlebih pada kuartal tiga (Q3) tahun ini karena reli menjangkau level tertinggi baru alias new all time high setelah adopsi besar dari blockchain yang dimilikinya. Kinerja Solana begitu cemerlang, setelah baru-baru ini berhasil menarik big money dan investor institusional, blockchain yang dijuluki “Ethereum Killer” ini juga berhasil menjadi cryptocurrency terbaik yang paling banyak dipertaruhkan (the most staked crypto) atau staked value tertinggi.

Saat sejumlah altcoin populer mengalami masalah pada blockchain, seperti kecepatan transaksi dan biaya yang mahal, Solana hadir untuk menjadi “pahlawan” dengan menawarkan solusi atas masalah tersebut. Ethereum, yang selama ini menjadi sandaran blockchain, hanya mampu menjangkau 30 TPS (transaction per second). Sementara itu, Solana mampu memproses hingga 50.000 TPS.

Harapan besar dari investor crypto terhadap Solana tampaknya menemukan jalannya. Layanan keuangan terdesentralisasi (decentralized finance atau DeFi) di blockchain dengan cepat diserbu karena investor selalu mencari alternatif yang lebih efisien atau murah. Solana memahami masalah itu, dan sekarang menjadi pilihan ideal yang mencoba menyisihkan dominasi Ethereum.

Meskipun dominasi di pasar DeFi masih relatif kecil, Solana dengan cepat dibandingkan dengan Ethereum sebagai market leader untuk saat ini. Bahkan, Solana hingga hari ini berhasil mengalahkan Ethereum dari segi mempertaruhkan atau staking.

Solana Memimpin dengan Staked Value Tertinggi

koin kripto yang paling dipertaruhkan atau staked value tertinggi
Koin kripto dengan staked value tertinggi, sumber stakingrewards.com

Setelah dalam jangka waktu yang cukup lama didominasi oleh Ethereum dan Cardano, kini Solana berhasil melesat naik ke posisi #1 sebagai aset kripto yang paling banyak dipertaruhkan (staked value). Dengan perkasa, Solana membelakangi Ethereum dan Cardano untuk total nilai yang dipertaruhkan di blockchain.

Staking telah lama menjadi salah satu cara bagi investor untuk menghasilkan pendapatan pasif (passive income) sambil menahan koin crypto mereka. Selain itu, staking juga berfungsi untuk membantu mengamankan dan meningkatkan aktivitas operasi di jaringan blockchain.

Salah satu yang membuat Solana berada di puncak, setidaknya hingga saat ini, adalah karena menawarkan hasil atau reward yang lebih menarik daripada ETH dan ADA. Per 1 Desember 2021, reward untuk staking per tahun SOL adalah 6,79%, sedangkan ETH 5,11% dan ADA 5,71%.

Sementara itu, yield dari Solana saat ini memiliki 77,37% dari total pasokan yang dipertaruhkan (total staked), Ethereum memiliki 7,08% dari total staked, dan Cardano memiliki 70,5% dari total staked. Kemudian, total nilai yang dipertaruhkan (staked value) yang dimiliki oleh masing-masing crypto yakni Solana teratas dengan staked value $84 miliar, Ethereum $39,1 miliar, dan Cardano $38,1 miliar.

Leave a Comment