Ripple Bermitra Dengan Think Tank DEA untuk CBDC, Prospek XRP Cerah?

Invesnesia.com – Ripple, perusahaan di balik koin crypto XRP, melakukan pertukaran pengetahuan atau knowledge exchange dengan Digital Euro Association (DEA). Ini berkaitan dengan proyek central bank digital currency (CBDC).

Ripple Bermitra dengan Digital Euro Association

Kerja sama Ripple dan DEA dalam proyek CBDC

Dalam pemberitaan terbaru, perusahaan di balik XRP, Ripple telah melakukan hubungan kerja sama dengan Digital Euro Association dalam rangka knowledge exchange tentang teknis CBDC Eropa. Hubungan ini sama sekali tidak berkaitan dengan pengumuman sebelumnya terkait Komisi Eropa (the European Commission) yang membuat kerangka kerja untuk CBDC pada tahun 2023.

Sebelumnya Ripple sudah terlibat dalam upaya CBDC di United Kingdom (UK), Bhutan, dan Republik Palau. Perusahaan di balik XRP ini telah bergabung dengan DEA untuk memberikan masukan terhadap desain CBDC.

Kerja Sama yang Melibatkan Knowledge Exchange

Jonas Gross, Ketua Asosiasi Euro Digital memberikan saran bahwa kemitraan dengan Ripple sebagian besar melibatkan pertukaran pengetahuan dan upaya pendidikan bersama seputar digital currency.

Gross menyatakan bahwa Ripple akan membantu dalam “perluasan keahlian teknologi pada komunitas DEA.” Ini dengan catatan bahwa proyek stablecoin pemerintah (CBDC) tersebut semakin membutuhkan masukan atau saran terkait desain teknologi saat melangkah untuk melampaui tahap penelitian awal.

Sementara itu James Wallis, Ripple VP of Central Bank Engagements, mengatakan bahwa perusahaan telah “berinvestasi di ruang CBDC secara signifikan” dan total memiliki 40 anggota yang bekerja di ruang CBDC di seluruh penjuru dunia. Wallis menambahkan bahwa partnership ini akan “lebih mengembangkan pekerjaan (Ripple) di sektor CBDC.”

Tidak Berkaitan dengan Kerangka Euro Digital pada 2023

Berita terkait kemitraan Ripple dengan DEA sama sekali tampak tidak berkaitan dengan sebuah laporan tentang Komisi Eropa (the European Commission) yang telah menetapkan framework untuk Euro Digital pada akhir tahun 2023. Sebagai informasi, DEA adalah lembaga think tank atau kumpulan pakar di bidang tertentu yang memberikan pemikiran mereka, sementara itu Komisi Eropa adalah cabang eksekutif dari pemerintah Uni Eropa.

Dengan demikian, upaya DEA dan Ripple mungkin tidak menuju secara langsung ke pembuatan Euro Digital, tidak seperti yang dilakukan Komisi Eropa. Meskipun begitu, kemitraan ini juga bisa memengaruhi seperti apa desain CBDC pada akhirnya seandainya lembaga DEA sebagai think tank terlibat dalam proses pembuatan kebijakan.

Keterlibatan Ripple dengan CBDC Sebelumnya

Sebagai informasi, CBDC adalah aset digital yang diterbitkan pada buku besar yang dioperasikan secara terpusat (oleh bank sentral) dan nilanya dipatok dengan harga mata uang utama suatu negara. Tiga komponen utama dari CBDC adalah mata uang, diterbitkan bank sentral, dan diakses secara universal secara terpusat.

Meskipun token XRP asli dari Ripple bukan termasuk CBDC, blockchain yang dirancang memang dirancang untuk institusi dan perusahaan sebagai opsi menarik bagi pemerintah yang ingin merealisasikan penerbitan CBDC. Tercatat, Bhutan dan Palau menjadi pihak yang telah memilih Ripple dalam kesepakatan kerja sama dalam upaya CBDC di negara mereka.

Selain itu, Ripple juga terlibat dalam Digital Pound Foundation, sebuah LSM yang melakukan penelitian terhadap CBDC untuk Inggris pada Oktober 2021.

Sementara itu dalam berita lain, gugatan Ripple dengan SEC A.S. telah berlanjut minggu ini. Pada awalnya SEC menuduh penjualan token Ripple sebagai penjualan sekuritas yang ilegal atau tidak terdaftar pada Desember 2020.

Prospek XRP

Bagaimanapun juga, XRP tidak lepas dari hubungan dengan Ripple, sehingga saat ada isu utama tentang perusahaan penerbit tersebut, juga akan berpengaruh pada masa depan & prediksi harga koin XRP di bursa. Dengan semakin banyak lembaga yang bermitra dengan Ripple dalam proyek strategis, salah satunya CBDC, ini bisa menjadi sentimen positif yang diharapkan berpengaruh pada pergerakan harga XRP, khususnya jangka panjang.

Untuk jangka pendek, mungkin sentimen ini akan menjadi faktor pendorong pergerakan harga XRP. Namun, semenjak berita ini keluar dan hingga hari ini, harga koin crypto XRP masih belum tampak beranjak di sekitar level $0,7. Dalam 24 jam terakhir, harga XRP masih naik 12% lebih. Baca selengkapnya di sini: Prospek & Prediksi XRP 2022.

Leave a Comment