Review OpenSea: Marketplace NFT, Crypto Collectibles, & Aset Digital Langka

OpenSea adalah maketplace NFT terbesar di dunia, yang juga pasar berbasis P2P untuk non-fungible token (NFT), barang koleksi kripto atau crypto collectibles, dan barang digital langka (rare digital items). OpenSea menyebut dirinya sebagai NFT marketplace terbesar di dunia, sekaligus sebagai pencetus alias yang pertama hadir ke permukaan. Review  berikut ini akan menjelaskan kepada Anda tentang apa itu OpenSea.

Apa Itu OpenSea?

platform opensea

Sejauh ini, OpenSea adalah pasar P2P terbesar di dunia untuk NFT, koleksi kripto, dan item digital langka. Didirikan pada bulan November 2017, OpenSea tercatat memiliki lebih dari 300 jenis aset dan 10 juta aset digital di pasar. Melalui platform OpenSea, pengguna dapat menemukan berbagai crypto collectibles dan aset digital lainnya untuk melakukan penawaran dan pembelian. Selain itu, pengguna juga bisa mendaftar keanggotaan di OpenSea.

Jika Anda memiliki dompet Ethereum yang di dalamnya ada crypto collectibles atau aset digital berbasis NFT, Anda bisa menjual barang digital tersebut di OpenSea. Ada banyak sekali barang koleksi (collectibles) terbaik dan terpopuler yang tersedia di OpenSea, seperti CryptoKitties, Axie Infinity, Sorare, Gods Unchained, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Proyek Terbaik Berbasis NFT & Crypto Collectibles

Selain tempat terbaik untuk mencari barang digital langka dan koleksi kripto, OpenSea juga menjadi tempat untuk menemukan berbagai macam games blockchain terbaik.

Kemudian, OpenSea juga memungkinkan pengembang (developer) untuk membuat pasar mereka sendiri untuk aset ERC721 dan/atau ERC1155.

Cara Beli dan Jual Aset Digital di OpenSea

Tahap awal yang perlu dilakukan sebelum dapat membeli dan menjual NFT, crypto collectibles, atau aset digital lainnya di OpenSea adalah dengan menyiapkan dompet kripto (crypto wallet). Nantinya, dompet ini digunakan untuk berinteraksi dengan DApps. Beberapa wallet yang bisa digunakan seperti MetaMask, atau juga bisa dengan Ledger Nano X – yang kemudian dihubungkan ke MetaMask.

Install MetaMask

Sebagai ekstensi browser, MetaMask memungkinkan Anda untuk mengakses banyak DApps mencakup decentralized exchange/DEX dan platform DeFi. Meskipun opsi dompet lain dapat digunakan, invesnesia menganggap dompet MetaMask cukup populer dipilih, termasuk untuk beli dan jual NFT atau crypto collectibles di OpenSea. Untuk panduan lengkap, silakan cek di sini: Cara Set-Up MetaMask.

Setelah berhasil install MetaMask, Anda bisa menavigasi OpenSea saat login di MetaMask wallet Anda. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah melakukan deposit sejumlah koin ETH di MetaMask agar dapat membeli aset digital langka dan koleksi kripto di OpenSea.

Anda juga bisa mendanai dompet dengan sejumlah token ERC-20, misalnya seperti DAI untuk membeli collectibles tertentu yang terdaftar untuk dijual di DAI dan token lainnya. Ini hanya salah satu opsi saja, dan jika tidak memiliki jenis token tersebut di wallet, Anda cukup membuat penawaran dengan ETH.

Langkah-langkah Beli dan Jual Crypto Collectibles di OpenSea

Bagaimana cara membeli koleksi kripto atau crypto collectibles di OpenSea? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silakan masuk ke akun OpenSea dengan dompet kripto
  2. Klik tab “browse” dan pilih kategori atau lihat semua.
  3. Tampil berbagai macam koleksi kripto dan barang digital langka.
  4. Lakukan pembelian atau buat penawaran untuk item digital tersebut.

Beberapa crypto collectibles dijual dengan sistem lelang. Jika Anda ikut penawaran, dan menjadi penawar dengan rate tertinggi di akhir periode lelang, pembayaran akan dilakukan secara otomatis, dan aset akan masuk ke dompet Anda. Akan tetapi, jika dalam kurun waktu 10 menit tidak terdapat penawaran lebih tinggi, sepengetahuan invesnesia, proses lelang diperpanjang 10 menit berikutnya. Dengan kata lain, jika Anda tertarik dengan barang digital langka tertentu, Anda perlu mencermati proses lelang, dan tidak boleh membiarkannya begitu saja.

Lalu, bagaimana dengan biaya (fee) yang dibebankan OpenSea? OpenSea mengenakan biaya sebesar 2,5% dari setiap penjualan yang berhasil dilakukan. Para pengembang games juga bisa mengambil biaya tambahan. Anda perlu mengecek ketersediaan biaya tambahan di halaman penjualan.

Pandangan Akhir

Well, itulah penjelasan ringkas dari invesnesia tentang apa itu OpenSea. Jika Anda tertarik untuk membeli dan menjual NFT, aset digital langka, dan koleksi kripto, OpenSea dapat menjadi marketplace yang tepat. Hingga saat ini, OpenSea adalah marketplace NFT terbesar di dunia. Anda dapat mengeksplor lebih jauh tentang OpenSea, termasuk sejumlah fitur dan menu yang tersedia di platform atau situsnya. Anda juga bisa menemukan NFT marketplace terbaik lainnya di sini.

Leave a Comment