Prospek & Prediksi Harga XRP 2022, Berpotensi Naik?

Invesnesia.com – Salah satu koin crypto teratas di pasar XRP berhasil bergerak positif pada hari ini Selasa (8/2/2022). Dalam 24 jam terkahir, harga kripto XRP meroket hampir 20% ke level $0,85 per keping. Apresiasi harga ini sekaligus menempatkan XRP coin di posisi ke-7 dengan market cap terbesar di bursa dengan total $41 miliar. Lalu, seperti apa prospek & prediksi harga XRP 2022? Apakah berpotensi naik & meroket?

Pergerakan Harga XRP

Sepanjang tahun 2021, harga XRP dibuka pada $0,219 di awal Januari dan ditutup menguat di $0,829 pada akhir Desember. Dengan kata lain, koin crypto XRP telah & meroket hampir 280%. Bahkan, XRP coin juga sempat mencapai level harga tertinggi sepanjang sejarah (all time high/ATH) di bulan April 2021 pada harga $1,96 per keping. Apresiasi harga dan pergerakan positif tersebut menimbulkan perkiraan bahwa prospek dan prediksi harga XRP 2022 adalah berpotensi naik, uptrend, dan bullish.

Sementara itu, pada perdagangan di awal tahun 2022, XRP coin tampak sedikit kontraksi. Sepanjang bulan Januari 2022, koin kripto XRP turun & anjlok lebih 25% dan mencapai level terendah di $0,548. Namun, pelemehan ini cenderung lumrah mengingat harga koin XRP yang sudah menanjak sepanjang tahun lalu. Kabar baiknya, hingga awal bulan Februari ini, harga koin XRP berhasil meroket kembali hampir 40% ke level hari ini Selasa (8/2/2022) pukul 10:00 WIB di $0,85 per keping.

Prediksi Harga XRP 2022

Setelah apresiasi tinggi di sepanjang tahun 2021, apakah koin XRP masih kuat untuk mencatatkan pergerakan positif di tahun ini? Untuk melihat seperti apa prospek & prediksi harga XRP 2022, beberapa indikator teknikal berikut ini bisa dicoba.

Grafik harga XRP/USDT mingguan, sumber: tradingview

1. Fibonacci Retracements (FR)

Berdasarkan grafik mingguan (weekly), XRP coin saat ini berada di area 0,236 atau 23,6%. Area ini terdiri dari level support di sekitar $0,515 dan resistance di sekitar $0,85. Harga koin XRP hari ini bergerak di sekitar level $0,85, artinya harga sedang mencoba menguji resistance terdekat. Jika XRP coin berhasil menembus level resistance tersebut, prospek & prediksi harga XRP 2022 berpotensi bergerak positif. Saat ini, level support terkuat koin kripto XRP berada di sekitar $0,5. Hal ini terlihat ketika harga XRP menyentuh di sekitar level tersebut, harga XRP kembali memantul ke atas.

2. Bollinger Bands (BB)

Saat ini, harga XRP mulai mencoba bergerak naik ke atas untuk mengejar garis atas BB. Pada perdagangan minggu lalu, koin XRP sempat menyentuh garis bawah BB, dan setelah itu bergerak naik dan menghijau. Ini bisa mengindikasikan bahwa sudah terjadi oversold sehingga ada potensi harga XRP akan kembali naik ke atas.

3. MACD

Pergerakan XRP hingga hari ini masih cenderung bearish dari grafik weekly. Hal ini bisa dilihat dari MACD line yang masih berada di bawah signal line. Akan tetapi, MACD line saat ini mulai bergerak naik ke atas dan mencoba menembus signal line. Saat ini terjadi, maka itu menjadi sinyal beli (buy) karena ada potensi harga akan naik. Dalam waktu dekat, jika skenario ini berhasil terlaksana, maka prospek & prediksi harga XRP 2022 tampak cerah.

4. Commodity Channel Index (CCI)

Indikator CCI dari koin kripto XRP untuk grafik weekly mulai tampak pulih. Meskipun saat ini nilai CCI masih minus 49 (-49), ini setidaknya sudah menunjukkan pemulihan di mana CCI sudah berada di atas -100.

Sebagai informasi, nilai-nilai CCI yang paling diperhatikan untuk melihat signifikansi kekuatan tren harga adalah +100 dan -100. Singkatnya, ketika CCI masih bergerak di bawah -100, tren harga sudah sangat lemah, sehingga potensi koreksi harga masih tinggi. Sebaliknya, ketika nilai CCI mulai merangkak ke atas +100, kekuatan tren harga naik sangat tinggi.

Saat ini, koin XRP berpeluang untuk kembali naik karena kekuatan harga sedang mencoba pulih setelah nilai CCI berada di atas -100. Ketika CCI ini berhasil menuju ke area positif, meskipun mungkin belum berhasil menembus ke atas +100, ini sudah bisa memberikan sinyal positif (meskipun belum begitu kuat).

Baca juga: Review Proyek XRP

Prospek Harga XRP 2022

XRP adalah koin crypto teratas di pasar dengan total market cap lebih $41 miliar hingga hari ini. Ini menunjukkan dominasi XRP yang cukup kuat. Dalam jangka panjang, prospek koin XRP sangat bergantung pada basis fundamental dan keberhasilan proyek yang dijalankan. Sedangkan untuk prediksi harga XRP 2022 atau jangka pendek, potensi apresiasi harga masih terbuka lebar. Jika Anda membeli (buy) atau mengoleksi koin kripto ini di bawah harga $1, setidaknya harga masih berpotensi ditutup naik hingga akhir tahun 2022.

Leave a Comment