Prospek & Prediksi Harga Tezos 2022, Koin XTZ Berpotensi Naik?

Invesnesia.com – Pada perdagangan minggu lalu, crypto Tezos (XTZ) berhasil naik lebih 6% ditutup pada level $3,27 per keping. Sementara itu harga koin kripto XTZ hari ini Selasa (1/2/2022) berada di level $3,56. Ini sekaligus mencatatkan kinerja positif di awal bulan Februari dan membangkitkan optimisme investor tentang prospek dan prediksi harga Tezos 2022. Bukan tanpa sebab, pasalnya pada perdagangan bulan lalu, koin crypto XTZ telah turun hampir 20%.

Pergerakan Harga Tezos (XTZ)

Sepanjang tahun 2021, Tezos atau koin XTZ bergerak positif. Pada awal Januari, harga koin XTZ dibuka pada level $2 per keping dan ditutup meroket ke level $4,3 per keping pada akhir Desember. Dengan kata lain, koin XTZ telah naik & meroket 115%. Apresiasi harga yang begitu tinggi membuat pasar optimisme bahwa prospek dan prediksi harga Tezos 2022 adalah uptrend atau bullish.

Pada awal tahun 2022, pergerakan harga Tezos (XTZ) cukup buruk. Tercatat sepanjang bulan Januari, koin kripto XTZ telah merosot hampir 20%. Meskipun begitu, ini sedikit terobati saat di awal Februari ini harga Tezos kembali menguat hampir 10%.

Prediksi Harga Tezos 2022

Tezos adalah salah satu aset kripto teratas di pasar dengan dominasi yang cukup kuat. Tercatat, koin crypto XTZ berada di posisi ke-41 dengan nilai kapitasisasi pasar (market cap) mencapai $3,15 miliar. Saat harga koin kripto XTZ terus meningkat, market cap juga akan naik. Untuk melihat seperti apa prospek dan prediksi harga Tezos 2022, kita bisa menggunakan analisis teknikal dengan beberapa indikator – dengan menggunakan grafik mingguan (weekly).

Grafik harga Tezos (XTZ) mingguan, sumber: tradingview, diolah invesnesia

1. Bollinger Bands (BB)

Secara sederhana tampak bahwa garis bollinger bands/BB (atas dan bawah) cenderung bergerak ke atas meskipun juga bisa terlihat mendatar/sideways. Selain itu, garis BB juga tampak semakin melebar. Ini menjadi indikasi bahwa pergerakan harga Tezos sedang dalam volatilitas relatif tinggi. Sementara itu, pergerakan harga koin kripto XTZ sedang berada di area bawah garis BB yang menunjukkan sinyal overought. Artinya, ada potensi harga akan segera kembali naik ke atas.

2. MACD

Masih dalam grafik weekly, terlihat saat ini Tezos (XTZ) masih bergerak bearish atau kecenderungan melemah yang terlihat dari MACD line berada di bawah signal line. Meskipun begitu, ada potensi bahwa prediksi harga Tezos 2022 akan kembali bullish saat MACD line kembali bergerak di atas signal line. Oleh karena itu, penting untuk melihat pergerakan koin XTZ selanjutnya.

3. Fibonacci Retracements (FR)

Indikator fibonacci retracements (FR) dapat menunjukkan area support dan resistance pada level tertentu. Saat ini, koin crypto Tezos (XTZ) sedang berada di level 0,786 atau 78,6%, yang mana garis support berada di $2,63 dan resistance di $4,03. Terlihat bahwa pada minggu lalu Tezos sempat menguji support dan berhasil ditutup positif. Saat ini terlihat koin XTZ sedang berusaha mengejar leve FR berikutnya.

4. Commodity Channel Index (CCI)

Indikator CCI mengindikasikan sinyal yang di satu sisi baik karena CCI dari Tezos (XTZ) sedang berusaha bergerak di atas -100, yang mana saat ini CCI bernilai -102. Jika CCI berhasil naik ke -100, maka kekuatan tren turun sudah mulai lemah, artinya ada potensi harga naik. Di sisi lain, nilai CCI negatif masih menunjukkan sinyal pergerakan lemah, dan juga masih berpotensi terjadi penurunan harga. Hanya saja, saat CCI minimal tidak lebih dari -100, pelemahan tren sudah mulai memudar. Jika CCI kembali bergerak positif dan bahkan di atas +100, maka prospek dan prediksi harga Tezos 2022 akan positif.

Prospek Tezos (XTZ)

Mengacu pada beberapa indikator teknikal di atas, simpulan tentang prospek dan prediksi harga Tezos 2022 adalah berpotensi naik atau ditutup positif hingga akhir tahun. Jika diukur dari akhir tahun 2020 hingga saat ini, pergerakan harga koin kripto XTZ masih cenderung mendatar/sideways. Namun, peluang harga crypto XTZ untuk kembali menyentuh level $8 per keping di sepanjang tahun ini masih cukup potensial. Sementara untuk prospek tahun 2023, 2024, 2025, dan dalam jangka panjang, prospek dan prediksi harga Tezos akan disesuaikan dengan aspek fundamental: proyek, adopsi, penggunaan, teknologi, dan lainnya. Baca di sini: Review Tezos (XTZ).

Leave a Comment