Prospek & Prediksi Harga Axie Infinity 2022: Koin AXS Naik?

Invesnesia.com – Salah satu proyek kripto berbasis game non-fungible token (NFT) terbaik dan metaverse, Axie Infinity tampak memiliki prospek cukup menjanjikan di tahun 2022 untuk melanjutkan kenaikan harga. Pada perdagangan hari ini Jumat (21/1/2022) pukul 2:00 WIB, harga koin crypto AXS meroket hampir 5% atau naik sebanyak $3,5 ke level $74,92. Lalu bagaimana prediksi harga Axie Infinity 2022?

Pergerakan Harga Axie Infinity 2021 & 2022

Pergerakan harga Axie Infinity 2021. Pada perdagangan awal Januari 2021, harga koin AXS dibuka pada level $0,5 per keping, dan ditutup meroket ke level $93 per keping pada akhir Desember. Dengan demikian, koin crypto AXS telah naik 18.500%. Dengan apresiasi yang sangat tinggi, banyak orang menganggap prospek Axie Infinity akan cerah di masa depan, dan prediksi harga Axie Infinity akan bullish.

Pergerakan harga Axie Infinity 2022. Setelah kenaikan tajam sepanjang tahun lalu, pergerakan harga Axie Infinity pada awal tahun ini cukup memprihatikan. Pada awal Januari, harga koin kripto AXS dibuka pada level $93,22 dan harga koin AXS per hari ini berada di level $74,92, atau anjlok 20%. Hal ini membuat banyak investor bertanya, seperti apa proyeksi, prospek, dan prediksi harga Axie Infinity 2022: apakah masih kuat naik, atau justrun turun/koreksi?

Prediksi Harga Axie Infinity 2022

Untuk mengetahui prospek & prediksi harga Axie Infinity 2022, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan analisis teknikal, yakni menggunakan indikator tertentu. Setidaknya, indikator ini akan membantu melihat peluang dan kecenderungan pergerakan harga koin AXS sepanjang tahun ini, khususnya.

Grafik harga Axie Infinity mingguan, sumber: tradingview, diolah invesnesia.com

1. Fibonacci Retracements

Tercatat hingga perdagangan hari ini, Axie Infinity (AXS) sedang berada di area fibonacci retracements (FR) 0,618 atau 61,8%, yang mana level support di $65,85 dan resistance di $84,98. Dari grafik harga mingguan (weekly) di atas, terlihat pergerakan harga koin masih mampu bertahan di area 61,8%. Bahkan, koin kripto AXS sempat memantul dari support pada pergadangan minggu lalu. Ini menunjukkan bahwa koin AXS sedang berusaha mempertahankan levelnya saat ini, dan mencoba menguji resistance.

Berdasarkan indikator ini, prospek dan prediksi harga Axie Infinity 2022 akan tergantung pada skenario tertentu. Sebagai contoh, jika koin crypto AXS sanggup bertahan di area FR 61,8%, dan berhasil menembus area FR selanjutnya di 50%, maka ada potensi harga koin AXS akan bergerak positif tahun ini. Namun, jika koin AXS menembus ke bawah support, ada prospek Axie Infinity 2022 akan cenderung bearish.

2. Moving Average (MA) 50

Untuk melihat tren bullish dan bearish, MA 50 (periode 50 hari) paling umum digunakan. Karena grafik di atas menggunakan periode mingguan, maka MA 50 setara dengan MA 7. Dalam kasus ini, harga Axie Infinity masih dalam tren bearish karena harga koin AXS berada di bawah MA 50.

Jika belum tampak tanda-tanda pembalikan arah (reversal) untuk naik atau menembus ke atas MA 50, maka prediksi harga Axie Infinity 2022 cenderung masih melanjutkan tren turun (downtrend) dan bearish.

Meskipun begitu, jika harga AXS dalam waktu dekat, katakanlah Q1 dan Q2 berhasil bergerak di atas MA 50, prospek dan prediksi harga Axie Infinity 2022 akan berpeluang naik (uptrend) dan bullish. Jadi, penting untuk melihat seperti apa skenario pergerakan harga koin AXS dalam waktu dekat.

3. Moving Average Convergence Divergence (MACD)

Sama seperti MA, indikator MACD juga umum digunakan untuk melihat tren suatu harga, apakah sedang bullish atau bearish. Ini terdiri dari MACD line (EMA 12 dan 26) dan signal line (EMA 9). Saat ini, MACD line dari grafik harga Axie Infinity (AXS) sedang berada di bawah signal line, sehingga itu menunjukkan periode bearish. Dalam kondisi ini, yang paling ideal dilakukan adalah wait and see atau do nothing. Saat MACD line mulai tampak melintasi signal line, lalu bergerak di atasnya, itu adalah sinyal beli (buy).

4. Commodity Channel Index (CCI)

Indikator CCI dapat menunjukkan kekuatan tren dan juga area overbought dan oversold. Angka-angka penting pada CCI adalah +100 dan -100. Secara sederhana, nilai CCI di atas +100 dapat menunjukkan tren naik yang kuat. Namun, saat CCI bernilai sangat tinggi, misalnya di atas +250, maka ada indikasi overbought. Namun, jika CCI masih konsisten berada di atas +100, tren naik masih kuat.

Sementara itu sebaliknya, CCI di bawah -100 menunjukkan kekuatan tren lemah, dan harga masih berpotensi turun. Namun, ini juga menjadi sinyal oversold, sehingga ada potensi harga akan bangkit. Namun, saat CCI masih berada di wilayah negatif, khususnya di bawah -100, tren turun masih cukup kuat, sehingga kenaikan harga akan menjadi sementara saja.

Dalam kasus ini, nilai CCI Axie Infinity saat ini adalah -86. Ini menunjukkan tren sedang lemah, akan tetapi juga menjadi sinyal oversold. Saat CCI mulai tampak naik ke atas, itu menjadi sinyal beli (buy). Berdasarkan indikator ini, setidaknya untuk saat ini di awal tahun 2022, prediksi harga Axie Infinity masih cenderung negatif, alias masih berpotensi turun. Penting untuk melihat apakah harga masih mampu bertahan di level support FR 61,8% atau justru tembus ke bawah. Ini akan menentukan tren selanjutnya.

Prospek Axie Infinity 2022

Berdasarkan kombinasi beberapa indikator teknikal fibonacci retracements, MA, MACD, dan CCI, simpulan awal adalah bahwa pergerakan harga Axie Infinity di awal tahun 2022 masih tertahan dan dalam fase konsolidasi. Harga koin crypto AXS masih tertahan di FR 61,8%, dan ini menjadi faktor krusial atau penentu arah pergerakan harga di tahun ini.

Ada kecenderungan bahwa prediksi harga Axie Infinity akan bergerak di sekitar $65 – $127. Sementara itu, kami masih yakin bahwa prospek Axie Infinity tahun 2023, 2024, 2025, dan jangka panjang adalah positif dan bullish. Hal ini akan kembali pada basis fundamental, yakni proyek di belakangnya. Baca di sini: Review Proyek Axie Infinity: NFT & Metaverse.

Leave a Comment