Prediksi Harga Polkadot 2022, Prospek Koin DOT Naik?

Invesnesia.com – Sebagai salah satu proyek crypto teratas di pasar, Polkadot (DOT) adalah koin kripto yang diprediksi akan naik dan meroket meskipun pasar sedang bearish. Hal ini dapat dilihat dari basis teknikal. Untuk lebih jelas, mari lihat seperti apa prospek dan prediksi harga Polkadot 2022, apakah naik, turun, atau mendatar.

Pergerakan Harga Polkadot

Pergerakan harga Polkadot tahun 2021. Sepanjang tahun lalu, koin crypto Polkadot (DOT) berhasil mencapai kinerja positif setelah harga koin naik 188%. Pada perdagangan awal Januari, harga Polkadot dibuka pada level $9,26 per keping, dan ditutup pada akhir Desember di $26,66 per keping. Apresiasi harga signifikan ini membangkitkan optimisme investor bahwa prediksi harga Polkadot 2022 adalah bullish atau melanjutnya tren naik (uptrend).

Pergerakan harga Polkadot tahun 2022. Tak sejalan dengan tahun lalu, pergerakan harga koin crypto DOT pada awal tahun ini tampak kurang menjanjikan, harga anjlok lebih 32% secara year-to-date. Dalam satu bulan terakhir hingga hari ini Selala (25/1/2022), harga koin DOT turun 32 lebih%. Kontraksi harga ini membuat investor tampak sedikit bingung dan bertanya-tanya seperti apa prediksi harga Polkadot 2022? Apakah prospek koin DOT masih akan melanjutkan tren positif tahun ini, atau justru merosot?

Prediksi Harga Polkadot 2022

Pendekatan analisis teknikal menjadi pilihan ideal untuk membuat prediksi harga Polkadot 2022 atau dalam jangka pendek. Beberapa indikator seperti fibonacci retracements (FR), bollinger bands (BB), MACD, dan Commodity Channel Index (CCI) akan digunakan dalam menilai prospek jangka pendek koin crypto DOT.

Grafik harga Polkadot (DOT) mingguan, sumber: tradingview, diolah invesnesia.com

Fibonacci Retracements (FR)

Indikator teknikal fibonacci retracements (FR) untuk grafik mingguan (weekly) dari Polkadot mengindikasikan pergerakan harga koin kripto DOT hingga hari ini berada di area 1 atau 100% di mana level support di sekitar $11,47 dan resistance di $20,84. Pergerakan harga koin crypto DOT sedang bergerak ke level support terdekat, dan berpotensi menguji level tersebut.

Jika harga koin DOT setidaknya mampu bertahan di sekitar area FR ini, prospek dan prediksi harga Polkadot 2022 masih berpotensi melanjutkan tren positif, meskipun ada kecenderungan untuk bergerak mendatar (sideways), alih-alih tren naik (uptrend). Namun tentu saja, jika Anda membeli di area FR ini, ada potensi portofolio akan menghijau hingga akhir tahun 2022.

Bollinger Bands (BB)

Inditor BB menunjukkan volatilitas stabil dari pergerakan harga Polkadot dari tahun 2021 sampai 2022. Hal ini tercermin dari garis atas dan garis bawah BB yang berjarak relatif sama secara konsisten. Selain itu, untuk saat ini harga koin DOT sedang berada di garis bawah BB, sehingga itu menjadi sinyal oversold. Dengan kata lain, ada potensi harga koin crypto DOT bakal naik dalam waktu dekat. Berdasarkan indikator BB, optimisme tentang prospek dan prediksi harga Polkadot 2022 masih relatif kuat untuk positif.

MACD

Indikator MACD untuk grafik mingguan terlihat bahwa pergerakan harga Polkadot hingga hari ini masih dalam tren bearish, sehingga potensi penurunan masih bisa terjadi. Hal ini dapat dilihat dari MACD line yang masih bergerak di bawah signal line. Saat MACD line tampak mulai bergerak dan mencoba menembus ke atas signal line, itu menjadi sinyal beli (buy) karena ada potensi harga akan bergerak naik dan bullish.

Commodity Channel Index (CCI)

Indikator CCI dari Polkadot saat ini masih bergerak di area negatif, yakni bernilai -147. Ini menjadi sinyal yang kurang baik karena menunjukkan indikasi kekuatan tren turun atau bearish. Nilai yang paling umum dilihat pada CCI adalah pada level +100 dan -100. Pada intinya, saat CCI di atas +100, tren harga bullish sangat kuat. Sebaliknya, saat CCI di bawah -100, tren bearish sangat kuat.

Melihat kondisi ini, prediksi Polkadot dalam waktu dekat mungkin akan menyentuh sekitar level $11 sekaligus menguji level support. Saat CCI mulai kembali ke atas, dan bergerak paling tidak di atas -100, itu mungkin akan sinyal untuk beli (buy). Hal ini karena pergerakan harga sedang mencoba merangkak naik, namun pastikan bahwa setelah CCI berada di atas -100, itu tidak kembali lagi di bawah -100.

Prospek Polkadot

Berdasarkan indikator teknikal, prospek dan prediksi harga Polkadot 2022 tampak berpeluang naik dan positif, selagi mampu bertahan setidaknya di atas level $11. Meskipun begitu dalam waktu dekat ada peluang harga koin kripto DOT menguji level support di sekitar $11. Sementara itu, untuk prospek jangka panjang, itu akan kembali pada proyek yang dijalankan Polkadot alias melihat basis fundamental dari crypto tersebut. Anda bisa memahami lebih lanjut di sini: Review Proyek Polkadot.

Leave a Comment