Prediksi Harga NEAR Protocol 2022, Masih Kuat Naik?

Invesnesia.com – Koin crypto NEAR Protocol (NEAR) berhasil mencuri perhatian pasar, setelah pada awal tahun 2022 mencatatkan kinerja positif. Tercatat, secara year-to-date hingga hari ini Kamis (13/1/2022) pukul 4:00 WIB, harga koin kripto NEAR telah naik & meroket lebih 21% ke level $17,7 per keping. Lalu, seperti apa prediksi harga Near Protocol 2022, apakah prospek cryptocurrency ini akan melanjutkan uptrend dan bullish?

Baca juga: 9 Kripto yang Berpeluang Meroket 2022

Pergerakan Harga Koin HBAR dan ALGO

Harga koin NEAR pada awal Januari 2021 dibuka pada level $1,39 dan ditutup di harga $14,6 per keping pada akhir Desember 2021. Dengan demikian, sepanjang tahun 2021 harga koin kripto NEAR telah meroket lebih 1000%! Ini menjadi kenaikan signifikan, dan terlihat bahwa prospek aset kripto ini tampak menjanjikan.

Pada awal tahun 2022, harga koin Near Protocol (NEAR) dibuka pada level $14,6 dan hingga hari ini telah meroket lebih 21% ke level $17,7. Apresiasi harga ini justru berbanding terbalik dari sebagian mata uang kripto populer lainnya yang mencatatkan performa negatif. Melihat pergerakan yang positif signifikan, tidak sedikit pasar yang menganggap prediksi harga NEAR Protocol 2022 akan naik.

Prediksi Harga Near Protocol 2022

Meskipun telah melonjak lebih dari 1000% sepanjang tahun lalu, apakah koin NEAR masih mampu menanjak naik di tahun 2022? Untuk melihat prediksi harga NEAR Protocol 2022 denga lebih jelas, mari lihat beberapa indikator teknikal berikut ini.

Grafik harga Near Protocol mingguan, sumber: tradingview, diolah invesnesia.com

Arah Tren Harga Koin NEAR

Jika dilihat dari grafik mingguan (weekly), pergerakan harga koin crypto NEAR masih dalam posisi uptrend dan bullish. Hal ini secara sederhana terlihat dari sederetan lembah dan puncak yang bergerak semakin tinggi. Setidaknya hingga awal tahun 2022 ini, posisi NEAR sangat positif.

Bollinger Bands

Untuk melihat volatilitas harga, dan juga indikasi overbought dan oversold, indikator Bollinger Bands (BB) dapat digunakan. Ada dua komponen utama dari BB, yakni garis atas dan garis bawah. Berikut ini beberapa indikasi dari indikator BB:

  • Harga menyentuh garis atas BB = area overbought. Dalam kondisi ini, harga akan cenderung bergerak turun ke tengah, dan berpotensi bergerak menuju garis bawah BB.
  • Harga menyentuh garis bawah BB = area oversold. Dalam situasi ini, harga cenderung akan merapat naik ke tengah, dan mungkin juga berlanjut ke garis atas BB.
  • Garis BB tampak melebar = volalitas tinggi. Sebaliknya, garis BB (atas dan bawah) saling merapat satu sama lain = volatilitas rendah.

Berdasarkan grafik mingguan, harga koin crypto NEAR cenderung bergerak ke garis atas BB, sehingga menunjukkan overbought. Dalam situasi ini, prediksi harga NEAR Protocol dalam waktu relatif pendek akan cenderung menurun dan menuju ke tengah, sekitar harga $10 – $15.

Fibonacci Retracements

Harga koin kripto NEAR di awal tahun 2022 ini sedang berada di area Fibonacci Retracements paling atas, dan pada hari ini telah menyentuh level ATH di $18,83 (sekaligus menjadi level resistance). Sementara itu, level support terdekat ada di $15. Jika harga NEAR mampu bertahan di atas $15, maka da peluang harga akan menjangkau level tertinggi baru, sekaligus memantapkan posisi bullish.

MACD

MACD adalah singkatan dari moving average convergence divergence, sebuah indikator untuk melihat tren harga suatu aset: apakah bullish atau bearish. Ada dua garis utama yang dilihat pada indikator ini, yakni MACD line (warna biru atau EMA 26 & 12 hari) dan signal line (warna merah atau EMA 9 hari). Singkatnya, posisi bullish terjadi saat MACD line berada di atas signal line; begitu pun sebaliknya, kondidi bearish adalah saat MACD line bergerak di bawah signal line.

Hingga awal tahun 2022 ini, posisi koin NEAR berada di jalur bullish. Prediksi harga NEAR Protocol berpotensi melanjutkan tren bullish, selagi MACD line tidak jatuh ke bawah signal line.

Commodity Channel Index (CCI)

Kekuatan tren sebuah harga dapat dilihat dari indikator CCI. Angka-angka yang paling utama dilihat dalam indikator CCI adalah +100 dan -100.

  • Saat CCI berada di atas +100, tren harga sedang kuat. Prediksi harga akan cenderung melanjutkan tren naik (uptrend).
  • Saat CCI berada di bawah +100, tren mulai melemah, dan kembali menguat ketika berada di atas +100.
  • Saat CCI bergerak negatif bahkan di bawah -100, tren sudah sangat lemah. Prediksi harga cenderung akan melanjutkan tren turun (downtrend).

Saat ini, indikator CCI dari koin NEAR Protocol berada di +100, atau lebih tepatnya berada di sekitar +200. Ini mengindikasikan bahwa tren naik masih sangat kuat, sehingga prediksi harga NEAR Protocol akan cenderung bullish.

Note: perlu diperhatikan, saat CCI bernilai sangat tinggi, umumnya di atas +200 atau +300, maka itu juga mengindikasikan kondisi overbought, sehingga ada peluang harga NEAR akan koreksi. Namun, selagi CCI masih bergerak di atas +100, posisi tren naik masih kuat. Dengan kata lain, depresiasi harga aset hanya bersifat sementara, alias turun sebentar untuk melompat lebih tinggi.

Pandangan Akhir

Berdasarkan indikator teknikal, pergerakan harga NEAR Protokol cenderung kuat (positif), meskipun dalam waktu dekat berpeluang koreksi secara sehat. Selain itu, selagi harga koin crypto NEAR berada di atas $10, prediksi harga NEAR Protocol 2022 adalah positif atau bullish atau melanjutkan tren naik. Dalam jangka panjang, katakanlah tahun 2023, 2024, 2025, dan seterusnya, prospek suatu aset akan kembali pada fundamentalnya.

Leave a Comment