Prediksi Harga Hedera (HBAR) & Algorand (ALGO) 2022, Koin Meroket!

Invesnesia.com – Ketika berbicara tentang cryptocurrency yang akan naik & meroket tahun 2022, setiap analis akan memberikan pandangan berbeda. Invesnesia dalam hal ini, melihat bahwa koin kripto Hedera (HBAR) dan Algorand (ALGO) adalah crypto yang berpotensi terapresiasi tahun 2022 ini, seiring dengan basis fundamental dan khususnya aspek teknikal yang mendukung. Berikut ini adalah prediksi harga Hedera (HBAR) dan Algorand (ALGO) 2022.

Pergerakan Harga Koin HBAR dan ALGO

Tahun 2021: sepanjang tahun lalu, koin crypto Hedera (HBAR) berhasil mencatatkan kinerja positif. Tercatat, harga kripto HBAR dibuka pada $0,03 di awal Januari dan ditutup $0,29 di akhir Desember, sehingga terjadi apresiasi 866%! Sementara itu, harga koin Algorand (ALGO) di buka pada level $0,33 dan ditutup pada harga $1,66 per keping, sehingga terhitung meroket 400%! Kedua mata uang kripto ini sama-sama menunjukkan prospek cerah dalam jangka panjang.

Tahun 2022: dengan kenaikan ratusan persen pada tahun lalu, kinerja koin Hedera (HBAR) dan Algorand (ALGO) di awal tahun 2022 sedikit kurang memuaskan. Koin HBAR dibuka pada harga $0,29 dan hingga hari ini Kamis (13/1/2022) pukul 1:20 WIB berada di harga yang sama, alias tidak beranjak, namun sempat menyentuh level terendah di $0,24. Sementara itu, koin ALGO justru kurang memuaskan, karena telah merosot lebih 11% hingga hari ini. Ini tampak wajar, pasalnya kedua cryptocurrency ini sudah naik tinggi tahun 2021.

Prediksi Harga Hedera (HBAR) dan Algorand (ALGO)

Bagian yang paling penting adalah seperti apa prediksi harga Hedera (HBAR) dan prediksi harga Algorand (ALGO) tahun 2022? Apakah punya prospek cerah, atau justru mengalami koreksi? Untuk lebih jelas, mari lihat dari beberapa indikator teknikal.

Grafik harga koin ALGO dan HBAR bulanan, sumber: tradingview, diolah invesnesia.com

Arah Tren Koin HBAR dan ALGO

Berdasarkan grafik bulanan (weekly), baik koin crypto Hedera (HBAR) maupun Algorand (ALGO) sama-sama dalam posisi tren naik (uptrend) jika ditarik dari titik terendah sebelumnya. Meskipun tampak berfluktuasi, kedua koin kripto ini masih dalam posisi bullish.

Bollinger Bands

Indikator Bollinger Bands (BB) biasanya dipakai untuk melihat tingkat volatilitas harga dan juga area jenuh beli (overbought) dan jenuh jual (oversold). Cara sederhana membaca indikator Bollinger Bands adalah dengan melihat garis atas dan garis bawah.

  • Saat harga menyentuh garis atas BB, itu menjadi area overbought, sehingga harga akan turun ke tengah (umumnya), dan juga berpotensi ke bawah.
  • Saat harga menyentuh garis bawah BB, itu menjadi area oversold, sehingga harga akan kembali naik ke tengah, dan mungkin juga ke atas.
  • Selain itu, saat garis BB tampak melebar, artinya harga sedang dalam volalitas tinggi, sebaliknya, saat garis BB saling merapat satu sama lain alias berdekatan, harga dalam volatilitas rendah.

Dalam kasus ini, indikator Bollinger Bands dari koin Hedera (HBAR) dan Algorand (ALGO) sama-sama telah melebar ke atas, yang menunjukkan volatilitas tinggi, dan diikuti dengan tren bullish. Berdasarkan faktor ini, prediksi harga Algorand (ALGO) dan Hedera (HBAR) tahun 2022 masih berpeluang naik. Hal ini karena melebarnya garis BB baru saja dimulai sekitar awal tahun 2021 lalu, dan pada awal tahun 2022 ini indikator BB dari ALGO dan HBAR sedang berada di tengah, sehingga berpeluang kembali ke atas, mengingat tren naik masih tampak kuat.

Fibonacci Retracements

Pada awal tahun 2022 ini, indikator Fibonacci Retracements (FR) dari Hedera (HBAR) berada di area 61,8%, di mana support terdekat pada $0,2421 dan resistance di $0,30. Harga koin crypto HBAR sempat menyentuh level support, dan setelah itu, tampak kembali naik ke atas untuk mencoba menggapai area resistance, dan bahkan mencoba menembus area FR berikutnya di 50%. Dalam kondisi ini, posisi HBAR masih dalam tren positif, prediksi harga masih berpotensi naik.

Sementara itu, indikator Fibonacci Retracements (FR) dari Algorand (ALGO) berada di area 61,8%, di mana support di $1,28 dan resistance di $1,61. Harga koin kripto ALGO sempat menyentuh level support, dan berusaha kembali naik serta merapat ke tengah. Dalam posisi ini, pergerakan harga koin ALGO masih relatif positif, dan prediksi harga masih berpeluang melanjutkan tren naik (uptrend).

Baik HBAR maupun ALGO sama-sama belum memperlihatkan kode pembalikan arah alias reversal untuk tren turun (downtrend), sehingga peluang untuk uptrend masih kuat. Namun, penting untuk tetap melihat pergerakan harga di bulan selanjutnya, seandainya ada skenario tertentu terjadi yang tampak akan membatalkan prediksi ini, maka perlu dilakukan penyesuaian untuk analisis teknikal.

Commodity Channel Index (CCI)

Untuk melihat kekuatan tren suatu harga aset kripto, indikator CCI cukup baik dalam menjelaskan itu. Angka-angka penting sebagai petunjuk dari CCI adalah +100 dan -100. Beberapa poin penting tentang CCI adalah sebagai berikut:

  • Saat CCI bergerak positif bahkan di atas +100, tren harga kuat. Dalam hal ini, prediksi harga akan melanjutkan tren naik.
  • Saat CCI bergerak negatif bahkan di bawah -100, tren harga lemah. Dalam hal ini, prediksi harga akan kembali turun.

Saat ini, CCI koin kripto Hedera (HBAR) berada di +55,55 yang menunjukkan tren masih positif, namun kekuatan tren mulai sedikit melemah. Jika dalam waktu dekat CCI kembali di atas +100, maka prediksi harga Hedera Hashgraph (HBAR) adalah meroket (bullish).

Sementara itu, CCI koin crypto Algorand (ALGO) berada di +72,86 yang mengindikasikan tren masih baik, namun kekuatan tren sedikit melemah. Angka ini lebih baik daripada CCI HBAR. Dan jika CCI ALGO mampu bergerak di atas +100, prediksi harga Algorand (ALGO) adalah meroket (bullish).

Note: perhatikan bahwa saat CCI sudah tidak lagi berada di area positif, alias sudah masuk ke wilayah negatif (minus), maka ada potensi pergerakan harga akan cenderung menurun atau bearish. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melihat perkembangan arah gerak CCI.

Selain itu, CCI sebenarnya juga bisa dipakai untuk melihat overbought dan oversold. Biasanya, saat arah CCI berada di atas +300, maka perlu diwaspadai bahwa harga akan turun karena sudah overbought. Namun, selagi CCI masih berada di atas +100, tren masih bullish. Sebaliknya, saat CCI berada di bawah -100, itu menjadi area oversold, namun saat CCI belum mampu bergerak positif, tren masih bearish.

Pandangan Akhir

Pada dasarnya, Hedera (HBAR) dan Algorand (ALGO) adalah crypto dengan proyek yang bagus, sehingga dianggap sebagai kripto dengan fundamental kuat. Anda bisa baca proyek cryptocurrency tersebut di bawah ini:

Karena basis fundamental yang bagus, baik HBAR dan ALGO sama-sama dijadokan untuk tumbuh lebih tinggi dalam jangka panjang. Dengan kata lain, prediksi harga koin HBAR dan ALGO adalah positif. Namun memang, khusus untuk prediksi harga Algorand (ALGO) 2022 dan prediksi harga Hedera (HBAR) 2022, itu lebih ideal jika dilihat dari aspek teknikal. Berdasarkan beberapa indikator teknikal sebelumnya, masih ada peluang bagi koin crypto HBAR dan ALGO untuk bergerak positif atau bahkan meroket hingga akhir tahun.

Leave a Comment