Prediksi Harga BitTorrent (BTT) 2022 – Naik atau Turun?

Invesnesia.com – Pergerakan harga koin kripto BitTorrent (BTT) dalam satu minggu terakhir merosot lebih dari 12%, menandakan awal yang buruk di tahun 2022. Hal ini sebenarnya juga diikuti oleh sebagian besar cryptocurrency lainnya dengan catatan negatif di awal tahun. Lalu, apa yang terjadi dan bagaimana prediksi harga BitTorrent (BTT) 2022? Apakah prospek naik atau turun?

Penyebab Harga Kripto Turun di Awal Tahun 2022

Kontraksi harga pasar crypto secara umum di awal tahun 2022 menjadi catatan negatif, namun bukan berarti ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun. Penurunan harga kripto ini sebenarnya sangat wajar. Pasalnya, sepanjang tahun 2021, pasar crypto telah meroket signifikan, bahkan ada yang lebih dari 10 ribu persen.

Sementara itu, harga BitTorrent (BTT) sepanjang tahun 2021 juga telah terparesiasi lebih dari 800%. Jadi, tidak heran jika tahun 2022 akan sedikit menantang, atau setidaknya apakah bisa konsisten berada di jalur positif, atau justru koreksi. Jadi, penyebab harga kripto turun awal tahun 2022 adalah karena faktor teknikal, mengingat tahun sebelumnya sudah naik drastis.

Prediksi Harga BitTorrent (2022)

Sentimen pasar crypto tidak bisa diabaikan untuk melakukan prediksi harga BitTorrent (BTT) 2022. Pasalnya, secara umum jika pasar kripto bergairah tahun ini, ada dorongan juga bagi harga koin BTT untuk naik. Sebaliknya, jika pasar crypto jatuh atau crash tahun ini, ada potensi harga BTT juga melemah. Akan tetapi, bagi investor jangka panjang, penurunan harga jangka pendek semestinya bukan hal yang perlu ditakutkan, asalkan Anda yakin terhadap fundamental atau proyek di belakangnya.

Grafik harga BitTorrent (BTT) weekly, sumber: tradingview, diolah invesnesia.com

Indikator Teknikal BitTorrent (BTT)

Untuk membuat prediksi harga BitTorrent (BTT) 2022, aspek yang paling ideal digunakan adalah analisis teknikal. Hal ini karena faktor teknikal lebih menekankan pada pergerakan harga secara historis. Ada sejumlah indikator teknikal yang bisa digunakan, dalam hal ini, invesnesia hanya akan menggunakan tiga indikator saja: arah tren, Fibonacci Retracements, dan Commodity Channel Index (CCI).

Arah Tren BitTorrent (BTT)

Berdasarkan grafik mingguan (weekly), jika dilihat sepanjang 2021 hingga awal tahun 2022 ini, arah tren harga BitTorrent (BTT) adalah mendatar (sideways). Meskipun begitu, jika ditarik dari pertengahan tahun 2021, arah tren koin BTT justru menurun (downtrend), terlebih setelah mencapai harga tertinggi sepanjang sejarah (all time high/ATH) pada harga $0,0135.

Fibonacci Retracements

Berdasarkan indikator Fibonacci Retracements, pergerakan harga BitTorrent (BTT) saat ini berada di area support (sekitar level 0,0017 – 0,0021) dan menjadi titik paling krusial. Jika seandainya harga koin crypto BTT menembus level support, harga akan menggapai level terendah berikutnya. Namun, jika harga mampu bertahan di area ini, ada kemungkinan harga akan mengejar level atas (resistance) terdekat di sekitar $0,0046.

Prediksi harga BitTorrent (BTT) 2022 bedasarkan indikator Fibo ini dapat dilihat berdasarkan skenario. Jika menembus support terdekat, harga BTT akan negatif sepanjang 2022. Namun, jika berhasil bertahan di area Fibo 0, ada peluang harga naik mencapai level Fibo 23,6%, 38,2%, dan seterusnya.

Commodity Channel Index (CCI)

Yang paling menarik dari harga BitTorrent (BBT) saat ini adalah indikator Commodity Channel Index (CCI) berada di area -131. Indikator CCI pada dasarnya dapat menjelaskan kekuatan tren dan area untuk jenuh beli (overbought) dan jenuh jual (oversold). Angka-angka krusial yang umum dilihat dari CCI adalah +100 dan -100.

  • Ketika CCI berada di area sama atau lebih dari +100, itu sedang menunjukkan tren kuat, sekaligus indikasi overbought.
  • Ketika CCI bernilai sama atau di bawah -100, itu sedang menunjukkan tren lemah, sekaligus area oversold.

Berdasarkan pengetahuan kami, jika CCI mulai tampak bergerak naik di atas -100, katakanlah -99, -98, dan ke atas, maka itu bisa menjadi area beli (buy). Namun, jika harga berada di bawah -100, misalnya -101, -102, dan seterusnya, sebaiknya wait and see, karena masih berpotensi turun ke level lebih rendah.

Jadi, dengan indikator CCI BitTorrent (BTT) yang berada di area -131, perlu dicermati bahwa potensi penurunan masih memungkinkan, namun jika ada tanda-tanda CCI mulai merangkak ke atas -100, itu waktu yang ideal untuk buy. Bagi yang membeli koin crypto BTT di atas, Anda bisa melakukan average down.

Pandangan Akhir

Untuk menepis kekhawatiran terhadap harga koin kripto BTT yang terus turun, dan bertanya-tanya kapan naik, sebaiknya kembali lagi untuk memahami fundamental BitTorrent. Pada dasarnya, proyek di belakang BitTorrent adalah jaringan berbasis peer to peer (P2P) untuk berbagi data (sharing data). Terlebih lagi, BitTorrent telah diakuisisi oleh TRON Foundation. Anda bisa baca selengkapnya di sini: Mengenal Proyek BitTorrent (BTT) 2022.

Pada dasarnya, prediksi harga BitTorrent (BTT) 2022 lebih ideal menggunakan indikator teknikal, karena basisnya periode jangka pendek. Sementara itu, jika prediksi harga jangka panjang, itu akan kembali pada faktor fundamental. Ada kemungkinan harga koin BTT 2022 akan konsolidasi atau mendatar, dan jika skenario buruk terjadi, harga akan turun atau negatif. Namun, jika Anda yakin proyek BitTorrent adalah menjanjikkan, dalam jangka panjang harga akan naik.

Penurunan harga tahun 2022 tidak dapat menunjukkan BitTorrent menjadi proyek yang gagal atau buruk. Pasalnya, sepanjang tahun 2021 harga koin BTT telah meroket. Jadi, wajar jika harga kontraksi di tahun 2022. Meskipun begitu, peluang harga untuk naik tahun 2022 masih potensial.

Leave a Comment