NOPAT Adalah: Rumus, Contoh Soal, Cara Menghitung, Analisis

NOPAT adalah singkatan dari net operating profit after tax, alias laba bersih operasional setelah pajak. Pada dasarnya, NOPAT menunjukkan laba bersih dari aktivitas operasional perusahaan setelah dikurangi pajak. Invesnesia akan membahas lebih lengkap apa itu NOPAT, rumus NOPAT, contoh soal dan cara menghitung NOPAT, termasuk analisis NOPAT.

Pengertian NOPAT

Rumus NOPAT

NOPAT adalah indikator keuangan yang menunjukkan kinerja operasi perusahaan setelah dikurangi pajak. Dengan kata lain, perhitungan NOPAT tidak memasukkan penghematan pajak yang umumnya diperoleh oleh perusahaan karena adanya utang. Berikut ikhtisar penting tentang NOPAT.

  • Pada intinya, NOPAT atau laba bersih operasional setelah pajak adalah metrik untuk mengukur efisiensi dari aktivitas operasi bisnis perusahaan.
  • Perhitungan NOPAT tidak melibatkan penghematan pajak dari utang.
  • Perhitungan NOPAT dapat digunakan untuk menunjukkan nilai free cash flow to the firm (FFCF) khususnya dalam analisis merger dan akuisisi.
  • Perhitungan NOPAT menghapus dampak struktur modal (working capital) sehingga analis dapat membandingkan kinerja masing-masing perusahaan (pada sektor yang sama)–yaitu perbandingan tanpa leverage dan dengan leverage signifikan.
  • NOPAT adalah bagian dari perhitungan economic value added (EVA).

Rumus NOPAT

Formula atau rumus NOPAT adalah pendapatan operasional x (1 – rate).

Ketika Anda melihat laporan keuangan khususnya perusahaan Tbk di Indonesia, istilah pendapatan operasional ditemukan sebagai laba usaha atau income from operations atau EBIT (earnings before interest & tax). Dengan kata lain, rumus atau perhitungan NOPAT juga bisa seperti ini: NOPAT = EBIT x (1 – tingkat pajak).

Contoh Soal dan Cara Menghitung NOPAT

Sebagai contoh soal, invesnesia mengambil kasus pada Lap. Keuangan Indofood 2020 dengan data sebagai berikut:

  • Laba Usaha (EBIT) = 9.201.012
  • Laba Bersih Sebelum Pajak = 9.958.647
  • Beban Pajak = 2.540.073
  • Tingkat pajak (rate) = Beban Pajak/Laba Bersih Sebelum Pajak. Dengan demikian, Rate = 2.540.073/9.958.647 = 0,255 atau 25,5%.

Jawab:

  • NOPAT = 9.201.012 x (1 – 0,255) = 6.854.754

Analisis NOPAT

Seperti yang dapat dilihat, perhitungan NOPAT adalah dengan menggunakan EBIT atau laba operasi sebelum dikurangi bunga dan pajak. Kenapa menggunakan EBIT? Ini dapat menunjukkan seperti apa kinerja perusahaan saat tidak punya utang (beban bunga atau beban keuangan). Dengan asumsi seperti itu, Indofood mampu memperoleh NOPAT sebesar 6.854.754 pada tahun 2020. Untuk menganalisis NOPAT, Anda bisa membandingkan NOPAT masing-masing perusahaan di industri yang sama (industry comparison analysis).

Leave a Comment

error: Content is protected !!