4 Koleksi & Proyek NFT Terbaik, Termahal, dan Terpopuler 2022

Invesnesia.com – Non-fungible token atau NFT adalah sebuah inovasi di ruang digital yang mendapatkan popularitas tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Sektor industri ini bertumbuh pesat, menciptakan ekosistem ekonomi yang besar, dan menghasilkan keuntungan miliaran dolar untuk proyek dan koleksi NFT terbaik. NFT dianggap menjadi aset digital yang menjanjikan, yang mampu mendorong pekerja seni/artist (kebanyakan) untuk memonetisasi karya mereka menjadi collections yang berharga.

Baru-baru ini misalnya, rebranding yang dilakukan Facebook menjadi Meta mengindikasikan bahwa era baru di industri digital sudah dimulai, NFT salah satunya – itu kemudian juga terkait dengan metaverse. Berikut ini adalah pembahasan terkait proyek dan koleksi NFT terbaik, terpopuler 2022, dan termahal yang menarik perhatian dunia.

Mengenal Secara Ringkas Apa Itu NFT

NFT non-fungible token

Kami telah membahas tentang non-fungible token (NFT) secara lengkap di sini. Secara ringkas, NFT adalah singkat dari non-fungible token: sebuah aset digital yang disimpan di blockchain yang memiliki nilai unik sehingga tidak dapat dipertukarkan.

NFT juga menjadi representasi digital dari aset nyata (berwujud) dan pemegang NFT akan tercatat sebagai pemilih yang sah. Tak heran, ini dianggap menjadi solusi atas masalah duplikasi dari karya seni yang terjadi saat ini. Dengan adanya ruang dan ekosistem NFT, para artis dapat mematenkan karya mereka dan menjadi pemilik yang sah. Beberapa contoh aset yang dapat dijadikan NFT adalah foto, lukisan, musik, item games, dan koleksi digital lainnya.

Aset digital berupa NFT ini kemudian dapat ditemukan di pasar NFT atau NFT marketplace, salah satu yang terbesar adalah OpenSea. Melalui pasar ini, Anda dapat membuat NFT sendiri kemudian dikonversi menjadi karya digital berbasis NFT, atau membeli NFT orang lain lalu menjual NFT tersebut di harga yang lebih tinggi.

Katakanlah jika NFT terbaik Anda dianggap memiliki nilai (value) dan unik – sehingga menjanjikan – maka orang-orang pengoleksi NFT (kolektor) akan membelinya. Ketika permintaan tinggi, harga NFT terus meningkat. Dalam banyak kasus, orang-orang akan menjual NFT tersebut dan mendapatkan keuntungan berupa capital gain.

Daftar Proyek dan Koleksi NFT Terbaik, Terpopuler, dan Termahal

Ada banyak sekali NFT di marketplace yang mungkin dapat dipertimbangkan sebagai investasi Anda di sektor digital. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh proyek dan koleksi NFT terbaik, terpopuler, dan ada yang masuk kategori NFT termahal di dunia, yaitu sebagai berikut:

1. CryptoPunks: Koleksi NFT Terpopuler & Termahal

NFT cryptopunk di opensea
NFT cryptopunks di Opensea

Diluncurkan pada tahun 2017, CryptoPunks adalah sebuah proyek NFT dari Larva Labs yang terkenal di dunia crypto dan bahkan menjadi arus utama. Popularitas proyek NFT ini begitu cemerlang sehingga mendorong generasi baru dari berbagai proyek NFT, seperti Bored Ape Yacht Club dan Azuki.

Pada dasarnya, CryptoPunks adalah kumpulan 10.000 avatar yang unik dengan gaya cyberpunk 8-bit, mulai dari manusia, kera, zombie, dan alien. CryptoPunks dapat dilengkapi dengan berbagai aksesori, seperti topi, kacamata, pipa, nuansa, dan lainnya. Meskipun begitu, jumlah maksimal aksesori yang dapat dimiliki oleh seorang Punk adalah tujuh buah, sementara juga memungkinkan untuk tidak memilikinya.

Sebagai informasi, Alien adalah bentuk CryptoPunk yang paling langka. CryptoPunk alien baru-baru ini berhasil dijual di OpenSea seharga $23,7 juta, bernilai dua kali lipat dari rekor penjualan NFT sebelumnya.

Pada awalnya, proyek CryptoPunk ini hanya merupakan eksperimen oleh Matt Hall dan John Watkinson. Ini dirancang untuk tujuan mengeksplorasi kepemilikan digital. Mereka tercatat menyimpan sebanyak 1000 CryptoPunks untuk diri sendiri, sisanya pada awalnya diberikan secara gratis. Akan tetapi, mereka tidak tinggal dengan bebas. Perusahaan seperti VISA tercatat juga membeli CryptoPunk senilai 49,5 ETH atau setara lebih dari $150.000 pada saat penjualan.

Sementara itu, CryptoPunk #7523 berhasil terjual di lelang seharga $11,75 juta, sekaligus menjadi salah satu NFT termahal di dunia. Beberapa NFT termahal lainnya seperti The Merge, Everydays, dan Human One terjual lebih mahal daripada CryptoPunk. Namun, karena CryptoPunk menjadi inisiator atau arus utama, ini menjadi NFT terpopuler di dunia.

2. Bored Ape Yacht Club: Koleksi NFT Terbaik & Terpopuler

Bored Ape Yacht Club di OpenSea
NFT Bored Ape Yacht Club di Opensea

Setelah kesuksesan CryptoPunks, ini kemudian melahirkan berbagai NFT terbaik dan terpopuler lainnya, salah satu yang terinspirasi yaitu Bored Ape Yacht Club. Ukuran koleksi dari Bored Ape Yacht Club adalah 10.000 NFT. Masing-masing NFT berupa kartun kera yang memiliki atribut berbeda dan unik, dengan melibatkan variasi ekspresi wajah, warna bulu, dan aksesori. Proyek NFT Bored Ape Yacht Club diluncurkan oleh Yuga Labs pada tahun 2021, dan baru-baru ini berhasil mengakuisisi raksasa NFT CryptoPunks. Di berbagai pasar NFT, kedua proyek dan koleksi ini menjadi yang terpopuler dan terbaik.

Apa keunikan dari Bored Ape Yacht Club? Setiap anggota atau pemilik NFT ini mendapatkan hak komersial atas aset digital tersebut dan merangkap sebagai keanggotaan dari Yacht Club eksklusif. Manfaat keanggotan ini dapat berupa akses ke papan grafiti kolaboratif yang dikenal sebagai “The Bathroom”. Selain itu, akses lainnya termasuk acara pribadi, grup, dan fasilitas gratis. Sebagai contoh, setiap pemilik NFT Bored Ape akan mendapatkan serum mutan (mutant serum) yang bisa dimanfaatkan untuk membuat versi mutan dari Ape mereka. Harga dasar dari Mutant Apre ini adalah 20 ETH.

Sementara itu pada bulan Maret 2022, cryptocurrency terbaru yang dikenal sebagai Apecoin telah didistribusikan kepada para pemegang NFT Bored Ape. Pada dasarnya, Apecoin adalah token tata kelola dan token utilitas yang melayani komunitas NFT Bored Apre dan komunitas terkait lainnya.

3. The Sandbox: Proyek NFT & Metaverse Terbaik

crypto The Sandbox SAND

Diluncurkan pada tahun 2021 oleh The Sandbox Team, Proyek The Sandbox adalah hasil dari kombinasi tiga teknologi, yakni blockchain, non-fungible token/NFT, dan decentralized finance/DeFi. Proyek The Sandbox adalah metaverse free-to-play berbasis komunitas yang memungkinkan setiap pengguna untuk mengembangkan dan memonetisasi aset digital mereka di dalam game. Dunia The Sandbox adalah aset berbasis NFT, mulai dari pakaian yang dikenakan sampai tanah (LAND). Setiap pemain dapat membuat NFT mereka sendiri, misalnya berupa item dalam game, avatar, dan lainnya. NFT tersebut juga dapat diperdagangkan di pasar The Sandbox.

Sebagai informasi, LAND adalah sebidang real estat di dunia The Sandbox yang diwakili oleh non-fungible token/NFT. Dengan kata lain, semua pengalaman virtual mesti dibangun di LAND. Selain itu, LAND tetangga juga dapat digabungkan untuk kemudian membentuk ESTATE dengan tujuan untuk mengakomodasi kreasi yang jauh lebih besar. Ukuran ESTATE terbesar adalah LAND 24×24.

The Sandbox sendiri sebenarnya bukanlah game rilis penuh resmi. Tim menjalankan tes alfa untuk mengumpulkan feedback melalui Alpha Seasons; acara multiweek yang memungkinkan pemain untuk ikut berpartisipasi dalam pengalaman virtual dengan mendapatkan potensi hadiah Play-to-Earn.

Di Alpha Seasons 1, pemain hanya dapat ikut berpartisipasi dalam acara dan hadiah peer-to-earn/P2E dengan memiliki NFT pass musim. Sementara pada tahun 2022, selama Alpha Musim 2, masing-masing pemain dapat mengakses semua pengalaman virtyal tanpa harus memiliki tiket musiman. Tiket musiman ini akan diberikan kepada setiap pemain melalui kontes sosial dan undian pada akhir musim. Nah, pemain akan mendapatkan tiket undian secara gratis dengan ikut berpartisipasi dalam acara dan menyelesaikan pencarian.

Selain itu, SAND adalah token asli di dunia The Sandbox yang dapat berperan sebagai mata uang digital. Pemain dapat menggunakan token SAND ini untuk banyak hal, seperti bermain game, membeli tanah virtual (virtual land), membeli item dalam game, dan lainnya. Jika misalnya seorang pemain punya tiket musiman, mereka bisa mengklaim hingga 1.000 SAND sebagai hadiah P2E.

4. Decentraland: Proyek NFT & Metaverse Terbaik

proyek decentraland MANA dan LAND

Dikembangkan oleh Ari Meilich dan Esteban Ordano, Decentraland adalah proyek berbasis dunia virtual terdesentralisasi pertama yang telah dibuka untuk umum pada tahun 2020. Ini menjadi decentralized autonomous organization (DAO) yang menjadikan penduduk Decentraland sebagai penanggung jawab atas pemerintahan dan pengembangan proyek ini. NFT di Decentraland akan mewakili sebidang tanah dan item dalam game, sama seperti pada The Sandbox.

Setiap pengguna wajib memiliki real estat digital di Decentraland dan/atau crypto aslinya, MANA – agar dapat memberikan hak suara terkait kebijakan di dalam game. Koin crypto MANA diperdagangkan di banyak bursa kripto atau crypto exchanges, dan ini bisa digunakan untuk membeli berbagai aset digital di dalam game, seperti aksesori, item, land, dan lainnya.

Pandangan Akhir

Well, itulah sejumlah proyek NFT terbaik 2022 seperti The Sandbox dan Decentraland, meskipun juga terdapat proyek potensial dan populer lainnya seperti Axie Infinity. Sementara itu, beberapa koleksi NFT terbaik dan terpopuler hingga tahun 2022 yang juga masuk ke dalam kategori NFT termahal di dunia yaitu CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club. Pada dasarnya, ruang digital berbasis NFT ini mengalami pertumbuhan hebat. Ini juga semakin didukung dengan ekosistem yang terkoneksi satu sama lain, seperti crypto, metaverse, DeFi, blockchain, dan sebagainya. Pada akhirnya, ini digadang-gadang akan menjadi sektor ekonomi besar di masa depan, yang juga diprediksi akan mendominasi ekonomi digital.

Leave a Comment