Catat! 9 Koin Crypto Yang Akan Naik dan Meroket 2022

Bagaimana prospek mata uang kripto di tahun 2022? Apakah pergerakan harga cryptocurrency bullish atau bearish di masa depan? Apa koin crypto yang akan meroket di 2022? Apa saja prediksi koin receh yang akan naik? Inilah sejumlah pertanyaan yang dilayangkan oleh investor dan trader akhir-akhir ini. Meskipun harga kripto sudah naik cukup signfikan tahun 2021, kami melihat tren positif ini masih berpotensi berlanjut. Namun, tentu saja tidak semua aset kripto, ada beberapa yang berpotensi besar untuk meroket. Berikut ini adalah 9 koin crypto yang akan naik di 2022:

  1. Bitcoin (BTC)
  2. Ethereum (ETH)
  3. Polygon (MATIC)
  4. Avalanche (AVAX)
  5. Decentraland (MANA)
  6. Cardano (ADA)
  7. Polkadot (DOT)
  8. Chiliz (CHZ)
  9. Dogecoin (DOGE)

1. Bitcoin (BTC)

grafik harga btc
Grafik pergerakan harga Bitcoin (BTC), sumber: tradingview

Sebagai bapak cryptocurrency, Bitcoin (BTC) masih menjadi brenchmark bagi pasar kripto dengan market cap saat ini lebih dari $920 miliar yang sekaligus mendominasi pasar. Sementara itu, volume transaksi perdagangan harian Bitcoin rata-rata lebih dari $20 juta, yang menunjukkan bahwa salah satu koin crypto dengan fundamental terbaik ini memiliki likuiditas tinggi.

Harga BTC awal tahun 2021 dibuka $28.923 per keping, dan harga BTC per tanggal 12/12/21 adalah $49.158, artinya secara year-to-date harga Bitcoin telah naik 70%. Ini merupakan apresiasi yang sangat signifikan, tapi bagaimana prospek dan prediksi harga Bitcoin tahun 2022, apakah tren bullish masih berlanjut?

Prediksi harga Bitcoin adalah salah satu koin crypto yang akan naik di 2022, meskipun tentu saja tidak tahu pasti apakah harga akan meroket signifkan, moderat, atau naik tipis, dan apakah ini terjadi di awal atau justru di akhir tahun 2022. Mengingat jumlah adopsi Bitcoin (BTC) yang diprediksi terus meningkat, ini merupakan sentimen positif yang dapat membawa mata uang kripto ini terapresiasi di masa depan.

2. Ethereum (ETH)

grafik harga eth
Grafik pergerakan harga Ethereum (ETH), sumber: tradingview

Proyek cryptocurrency dengan pemanfaatan blockchain paling besar di dunia adalah Ethereum. Kebanyakan proyek crypto lainnya memanfaatkan jaringan blockchain Ethereum untuk membangun koin kripto dan token sendiri. Ethereum menggunakan konsesus Proof of Work (PoW), sehingga bermasalah dalam kecepatan transaksi yang hanya 30 TPS (transaction per second). Namun, Ethereum sedang melakukan transaksi ke mekanisme Proof of Stake (PoS) dengan meluncurkan Ethereum 2.0 yang diprediksi mampu memproses 100.000 TPS.

Dengan fundamental yang bagus dan kuat, prediksi harga Ethereum adalah koin crypto yang akan naik tahun 2022. Harga ETH dibuka pada level $616 per keping pada awal bulan Januari 2021, dan harga hari ini 12/12/21 berada di level $4.055, artinya sepanjang tahun 2021 year-to-date harga ETH telah meroket 558%.

Ini menjadi kenaikan yang sangat signifikan. Namun, potensi tren kenaikan masih terbuka lebar, meskipun mungkin tidak akan setinggi sebelumnya. Selain itu, market cap Ethereum hari ini mencapai $480 miliar, sekaligus menjadi yang tertinggi no #2 di pasar cryptocurrency setelah Bitcoin.

3. Polygon (MATIC)

grafik harga matic
Grafik pergerakan harga Polygon (MATIC), sumber: tradingview

Prediksi harga Polygon (MATIC) adalah koin crypto yang akan naik dan meroket di tahun 2022. Potensi apresiasi harga MATIC di tahun 2022 cukup kuat jika dilihat dari segi teknikal. Sebagai salah satu koin kripto terbaik, Polygon bertujuan untuk membangun blockchain yang terintegrasi dan menawarkan fitur inovatif, salah satunya ZK-rollups. ZK-rollups adalah opsi untuk lapisan layer 2 yang dapat meningkatkan skalabilitas di jaringan dengan menggulung kebanyakan transfer off-chain massa menjadi satu transaksi.

Tim Polygon mencoba mengatasi keterbatasan blockchain Ethereum dengan meluncurkan kompatibilitas dengan EVM (Etheremum Virtual Machine). Ini kemudian dapat membawa prospek menarik bagi developers. Pada intinya, proyek Polygon lebih fleksibel dan berfokus pada skalabilitas. Karena sebagian besar proyek berbasis blockchain masih menggunakan jaringan Ethereum (yang terbatas), kompatibilitas dengan EVM yang diperkenalkan oleh Polygon dapat menjadi solusi atas kekurangan tersebut.

Sementara itu, harga koin kripto MATIC telah naik signifikan sepanjang tahun 2021, yang mana secara year-to-date telah meroket 11.372%. Jika misalnya Anda memulai investasi dengan modal Rp 1 juta saja, Anda akan mendapatkan keuntungan capital gain crypto sebesar Rp 113.720.000. Jumlah yang sangat besar. Meskipun sudah naik tinggi, prediksi harga Polygon (MATIC) di tahun 2022 masih berpotensi menguat atau melanjutkan tren bullish.

Baca juga: Alasan Mengapa Polygon (MATIC) akan Meroket Tahun 2022

4. Avalanche (AVAX)

grafik harga avax
Grafik pergerakan harga Avalanche (AVAX), sumber: tradingview

Sebagai salah satu crypto DeFi terbaik saat ini, Avalanche dapat dipertimbangkan sebagai koin crypto yang akan naik tahun 2022. Harga AVAX pada awal tahun 2021 dibuka $3.19 per keping, dan per tanggal 12/12/21 berada di level $82.43, artinya secara year-to-date harga AVAX telah meroket 2.578%. Ini sekaligus menjadikan AVAX sebagai salah satu cryptocurrency terbaik dengan kenaikan sangat signifikan. Meskipun sudah naik tinggi, prediksi harga AVAX 2022 masih berpotensi melanjutkan tren positif bullish.

Lalu, mengapa harga AVAX bisa naik setinggi itu? Ini tidak terlepas dari AVAX yang menggap proyek decentralized finance (DeFi). Sebagaimana diketahui, sektor DeFi tumbuh sangat pesat karena menjadi opsi yang lebih menguntungkan daripada keuangan tradisional. DeFi – yang memanfaatkan aplikasi atau platform decentralized exchange (DEX) – mampu menghapus peran perantara sehingga transaksi dapat dilakukan lebih cepat karena berbasis peer-to-peer (P2P), dan juga lebih hemat biaya.

Selain itu, Avalanche adalah platform smart contract tercepat di blockchain dengan 4.500 TPS. Kemudian, Avalanche juga mencoba mengatasi masalah skalabilitas dari blockchain Ethereum. Tim di belakang proyek Avalanche (AVAX) adalah Emin Gun Sirer (profesor di Cornell University) dan dua orang lainnya yang bergelar PhD di bidang ilmu komputer, Kevin Sekniqi dan Maofan Ted Yin. Melihat kapabilitas tim dari Avalanche, tidak heran jika pasar menaruh ekspektasi tinggi terhadap proyek yang dijalankan sehingga berdampak pada harga AVAX yang melonjak tinggi.

5. Decentraland (MANA)

grafik harga koin mana
Grafik pergerakan harga Decentraland (MANA), sumber: tradingview

Decentraland adalah salah satu proyek kripto metaverse terbaik dan juga berbasis non-fungible token (NFT). Decentraland digambarkan sebagai platform virtual reality (VR) dengan dukungan token MANA yang digunakan dalam ekosistem. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membangun semacam aset digital di dunia virtual dengan menggunakan dua token utama, yakni MANA dan LAND (jenis token NFT). Kepemilikan LAND oleh pengguna mewakili kepemilan aset di dunia virtual Decentraland. Prospek bisnis dan proyek Dencentralnd diprediksi sangat cerah mengingat banyak perusahaan saat ini melihat potensi besar dari dunia virtual, khususnya metaverse.

Harga koin Decentraland (MANA) di bursa kripto (crypto exchange) saat ini bergerak di level $3,59 per keping (per tanggal 12/12/21). Secara year-to-date, harga MANA telah melonjak tinggi sebesar 4.562%. Meskipun harga koin MANA telah naik signifikan, prediksi harga Decentraland 2022 masih berpotensi bergerak positif, mengingat gairah pasar terhadap proyek metaverse masih tinggi. Sentimen positif ini mungkin akan membawa MANA ke level tertinggi berikutnya atau new all time high.

6. Cardano (ADA)

grafik harga koin ada
Grafik pergerakan harga Cardano (ADA), sumber: tradingview

Breaking News: Harga koin ADA melambung 8% Lebih hari ini, prospek 2022 cerah?

Cardano (ADA) adalah salah satu mata uang kripto teratas di bursa dengan market cap mencapai $45 miliar dengan volume transaksi lebih dari $1,5 miliar per hari. Secara year-to-date, harga ADA telah meroket 638%, di mana pada awal Januari dibuka pada level $0,18 dan per tanggal 12/12/21 berada di level $1,33 per keping. Prediksi harga Cardano (ADA) 2022 adalah masih berpotensi melanjutkan tren positif, sehingga Anda dapat mempertimbangkan ADA sebagai koin crypto yang akan naik di tahun 2022.

7. Polkadot (DOT)

grafik harga koin dot
Grafik pergerakan harga Polkadot (DOT), sumber: tradingview

Polkadot juga dipertimbangkan sebagai mata uang kripto yang akan naik di tahun 2022. Secara year-to-date, harga DOT telah terapresiasi sebesar 197%, yang mana dibuka pada level $9,26 pada awal Januari dan saat ini bergerak di level $27,5 per koin. Prediksi harga crypto Polkadot (DOT) 2022 adalah positif dan kuat untuk meroket dari segi teknikal. Saat itu, Polkadot menjadi salah satu kripto terbaik dengan market cap mencapai $27,4 miliar dengan volume transaksi harian rata-rata lebih dari $800 juta.

8. Chiliz (CHZ)

Chiliz (CHZ) dipertimbangkan sebagai koin crypto yang akan naik dan meroket tajam pada tahun 2022. Chiliz adalah perusahaan yang membangun platform Socios dan token CHZ. Socios adalah sebuah aplikasi berbasis penghargaan dan keterlibatan penggemar yang menghubungkan penggmar dengan tim atau klub favorit mereka melalui pemanfaatan aset digital, disebut token penggemar (Fan Tokens). Mata uang digital yang digunakan dalam ekosistem Socios adalah CHZ.

Baca juga: Ada Piala Dunia FIFA 2022, Bagaimana Prospek Chiliz (CHZ)?

CHZ adalah token dari Chiliz yang berbasis token ERC-20. Token CHZ berfungsi sebagai mata uang digital yang dapat dimanfaatkan penggemar untuk, misalnya membeli NFT di Fan Token Market dari Socios. Tanpa Socios, token CHZ tidak akan pernah ada. Platform Socios menawarkan NFT bermerek lebih dari 20 tim olahraga dan esports, dan akan terus bertambah di masa depan.

Salah satu penggunaan Fan Token adalah pada industri sepak bola. Pemegang Fan Token memiliki hak suara dalam perubahan sebuah tim sepak bola. Misalnya, Inter Milan adalah salah stau klub sepak bola yang bermitra dengan Socios yang memungkinkan Fan Token.

Dalam hal, Anda dan penggemar lainnya (yang memegang Fan Token) dapat mengekspresikan diri dalam jejak pendapat yang diadakan tim Inter Milan. Contoh, ini bisa berkaitan dengan pesan pada ban kapten selama pertandingan, atau pemilihan mural di ruang ganti pemain, dan sebagainya. Bagi pecinta sepak bola, koin Chiliz (CHZ) dapat dicoba untuk mengekspresikan diri Anda dan terhubung dengan klub dan para pemain.

Fan token Inter Milan by Socios.com

Pada tahun depan akan digelar ajang Piala Dunia 2022 atau World Cup 2022, yang mana diprediksi ada sentimen positif untuk koin crypto berbasis sepak bola, seperti Chiliz dengan Socios-nya. Meskipun belum tentu akan nge-pump, namun potensi itu ada. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan Chiliz sebagai koin receh yang akan naik tahun depan. Harga Chiliz hari ini (12/12/21) masih relatif murah yakni berada di level $0,29 atau setara Rp 4 ribuan per keping. Koin receh ini diprediksi akan melejit dalam jangka panjang.

9. Dogecoin (DOGE)

grafik harga doge
Grafik pergerakan harga Dogecoin (DOGE), sumber: tradingview

Sebagai salah satu meme coin terbaik dengan popularitas tertinggi, Dogecoin (DOGE) dianggap memiliki sentimen positif yang sangat kuat di tahun depan.Ssalah satunya datang dari peluncuran misi DOGE-1 to the moon dari SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa. Ini semua tidak terlepas dari peran orang terkaya di dunia saat ini, Elon Musk yang juga founder dari SpaceX dan juga mobil listrik Tesla.

Sebagaimana diketahui, pom-pom yang dilakukan Musk terhadap DOGE (dari cuitan atau tweet-nya di Twitter) memang selalu ditunggu-tunggu oleh Doge holders. Oleh karena itu, karena sentimen DOGE-1 ini, tampaknya Dogecoin (DOGE) bisa menjadi koin crypto yang akan naik di tahun 2022. Apalagi saat ini DOGE juga termasuk koin receh dengan harga hari ini (12/12/21) berada di level $0,1671 atau setara Rp 2 ribuan per keping.

Tercatat, sepanjang 2021 dan secara year-to-date harga DOGE telah meroket 3.450%. Prediksi harga DOGE 2022 adalah cukup kuat untuk pergerakan positif. Anda bisa menjadikan DOGE sebagai koin receh yang akan naik tahun 2022.

Terlepas dari semua potensi dari kesembilan koin kripto di atas yang dianggap akan naik dan meroket di 2022, pastikan Anda memahami segala risiko yang selalu mungkin terjadi. Lakukan money management yang baik, jangan FOMO, jangan investasi pakai dana utang, dan yang lebih penting lagi: lakukan analisis dan riset secara mandiri.

Sebenarnya, masih ada beberapa koin crypto lainnya yang diprediksi akan naik dan meroket tahun 2022, salah satunya seperti Algorand (ALGO).

Leave a Comment