Harga Koin Cardano (ADA) Meroket 8% Lebih, Prediksi 2022 Cerah?

Invesnesia.com – Harga koin crypto Cardano (ADA) hari ini melonjak 8% lebih, seiring dengan pasar crypto yang mulai bergairah di pengunjung tahun 2021, apakah prediksi harga Cardano 2022 akan cerah?

Salah satu koin crypto yang diprediksi meroket tahun 2022, Cardano (ADA) berhasil mengejutkan pasar dengan kenaikan harga signifikan hari ini. Pada perdagangan Senin (27/12/2021), harga koin ADA dibuka pada level $1,45 per keping dan hingga saat ini pukul 6:05 PM WIB harga koin ADA menginjak level $1,15 sehingga mengalami apresiasi 8% lebih. Kenaikan ini melanjut tren positif yang mana pada perdagangan kemarin berhasil ditutup menguat tipis 0,21%.

Harga koin crypto Cardano (ADA) yang meroket hari ini juga sebenarnya juga diikuti oleh sejumlah aset kripto dengan fundamental terbaik lainnya. Tercatat, Uniswap meroket 13%, Bitcoin (BTC) naik 0,11%, Avalanche (AVAX) menanjak 1,65%, Solana (SOL) terapresiasi 1,51%, dan Polkadot (DOT) mendaki 1,52%. Sayangnya sejumlah altcoin terbaik seperti Ethereum (ETH) justru turun tipis 0,03% dan Polygon (MATIC) merosot 1,95%.

Pada dasarnya, kebanyakan mata uang kripto dengan market cap teratas di pasar yang terapresiasi hari ini, seperti Cardano (ADA), disebabkan karena optimisme pasar yang sedang meningkat untuk menghadapi tahun 2022. Beberapa koin yang koreksi hari ini disebabkan faktor teknikal semata, karena rata-rata pada perdagangan kemarin sejumlah koin tersebut telah meroket. Misalnya, meskipun hari ini koreksi 1,95%, pada perdagangan kemarin MATIC ditutup naik hampir 9%.

Prospek & Prediksi Harga Cardano 2022

Selain karena optimisme pasar yang tinggi untuk menatap tahun baru 2022, harga Cardano (ADA) hari ini meroket karena berusaha untuk pulih dan membalikkan keadaan. Tercatat, setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa (all time high/ATH) di bulan September 2021 pada harga $3,1, harga koin ADA justru terus menurun dan mengindikasikan tren turun (downtrend).

Grafik harga Cardano (ADA) daily, sumber: tradingview, diolah www.invesnesia.com

Berdasarkan indikator teknikal Fibonacci Retracements, harga Cardano (ADA) hari ini masih berada di area 0 dan mencoba mendekati area 0,236 atau 23,6% di level harga $1,64. Ketika harga koin crypto ADA berhasil menyentuh level tersebut, maka akan terjadi pergerakan harga selanjutnya: apakah terus menggapai area Fibonacci Retracements berikutnya 38,2%, atau justru harga tertahan di area 0.

Grafik harga Cardano (ADA) weekly, sumber: tradingview, diolah www.invesnesia.com

Sementara pada grafik harga mingguan (weekly), Cardano (ADA) sedang berada di wilayah swing low sekaligus menjadi area support. Secara teori, ini merupakan area yang ideal untuk melakukan pembelian.

Secara teknikal, prospek dan prediksi harga Cardano 2022 berpotensi merangkak naik, atau bahkan meroket untuk mencari new all time high. Akan tetapi, ini juga tergantung bagaimana kondisi pasar kripto secara keseluruhan sebagai salah satu sentimen.

Cardano Punya Proyek yang Solutif

Sementara itu, dari aspek fundamental, Cardano (ADA) proyek kripto yang dikenal dengan blockchain generasi ketiga. Tujuan umumnya yakni Proof of Stake (PoS), mekanisme yang mampu mengatasi masalah skalabilitas di jaringan yang mana terjadi pada blockchain generasi sebelumnya. Proyek Cardano telah menyusun peta jalan dalam lima tahap, yakni:

  • Tahap 1: Byron – jaringan ditampilkan dengan fungsionalitas dasar.
  • Tahap 2: Shelley: proses menuju desentralisasi yang mana node dikelola oleh komunitas.
  • Tahap 3: Goguen – smart contract diaktifkan di jaringan blockchain.
  • Tahap 4: Basho – memperkenalkan sidechain, untuk memaksimalkan skalabilitas dan interoperabilitas.
  • Tahap 5: Voltaire – tata kelola (governance) dan sistem pendanaan yang terdesentralisasi.

Setiap tahapan atau fase ini menjadi bagian integral dari jaringan akhir, dan saat semua proses selesai dilakukan, maka sistem terdesentralisasi akan sepenuhnya teralisasi. Ini sepenuhnya diatur oleh setiap pemegang token atau koin ADA dan pendanaan diambil melalui sebagian kecil dari biaya transaksi.

Baca selengkapnya: Review Cardano (ADA)

Cardano (ADA) Menjadi Koin Crypto Teratas di Pasar

Bagaimanapun juga, Cardano (ADA) adalah koin crypto teratas dengan kapitalisasi pasar $52,7 miliar dan menempatkanya di posisi ke-6. Nilai kapitalisasi pasar (market cap) adalah salah satu indikator yang menunjukkan dominasi sebuah aset di pasar.

Ini mengindikasikan bahwa Cardano bukanlah aset kripto kripto abal-abal, sebagai buktinya, Cardano menjadi salah satu yang teratas, berada di bawah Bitcoin, Ethereum, Tether, Binance Coin, dan Solana. Selain itu, volume perdagangan koin crypto ADA 24 jam terkahir mencapai $1,69 miliar, angka yang sangat baik untuk menunjukkan likuditas.

Pada akhirnya, harga koin crypto Cardano (ADA) hari ini naik merupakan salah satu optimisme pasar terhadap proyek ini. Selain itu, pasar juga melihat bahwa cryptocurrency di tahun 2022 akan melanjutkan tren positif seiring dengan popularits dan adopsi kripto yang terus meningkat. Meskipun begitu, terkadang prediksi harga Cardano 2022 atau kripto lainnya punya kemungkinan salah, sehingga penting untuk membuat strategi tertentu dalam menghadapi segala kemungkinan.

Leave a Comment