Harga Bitcoin Hari Ini Terbang 7,5% ke Rp780 Juta per Keping

Gambar Bitcoin

(Invesnesia) – Harga Bitcoin hari ini Selasa (9/3/21) pukul 12:30 WIB terbang 7,5% sebesar $3872 ke level $54.341 atau setara Rp780 juta per keping (asumsi kurs Rp14.369). Kenaikan harga Bitcoin senada dengan pergerakan mata uang kripto (cryptocurrency) lainnya yang melonjak drastis.

Pada perdagangan hari ini, harga Bitcoin tampak bergerak positif untuk melanjutkan tren naik (uptrend) dan telah berhasil menembus level $50.000-an per keping.

Kenaikan harga mata uang digital terpopuler di dunia tersebut juga diikuti dengan melonjaknya sejumlah aset kripto lainnya. Ethereum (ETH) naik 5,8% ke harga Rp26 juta per keping, Dogecoin (DOGE) mendaki 9% ke harga Rp845 per keping, Litecoin (LTC) melambung 5% ke harga Rp2,8 juta per keping, dan Bitcoin Cash (BC) menanjak 4,5% ke harga Rp7,8 juta per keping.

Dari segi teknikal, harga Bitcoin hari ini berhasil menembus resistance pada grafik harian (daily) di $52.750 sekaligus menegaskan untuk melanjutkan penguatan. Pergerakan harga Bitcoin juga cukup jauh di atas periode harga rata-rata 20 hari atau MA20.

Dalam periode daily, indikator teknikal Stochastic memperlihatkan harga Bitcoin yang berada di level 83, yang artinya jenuh beli (overbought). Hal ini juga dikonfirmasi dari Stochastic Bitcoin periode jam (hourly) yang berada di level 95. Ada indikasi cukup kuat dalam waktu dekat harga Bitcoin akan koreksi.

Meskipun begitu, indikator Commodity Channel Index (CCI) pada grafik daily berada di level +87, yang artinya sedang bergerak dengan kekuatan tren naik cukup besar, dan mencoba menembus level +100 untuk mempertegas penguatan tren. Hal ini juga dikonfirmasi dari pergerakan CCI pada grafik hourly yang mana harga Bitcoin hari ini berada di level +150.

Perlu dicatat, bila CCI mampu bertahan di area +100, maka dapat dipastikan harga Bitcoin sedang mengalami tren naik cukup besar. Sebaliknya, jika CCI terjun ke bawah +100, maka ada kekuatan tren melemah dan harga cenderung bergerak ke bawah.

Pada penutupan perdagangan kemarin (8/3/21), Bitcoin sempat bergerak fluktuatif bahkan sempat memerah. Namun, aset kripto yang digadang-gadang menjadi mata uang masa depan tersebut mampu membalikkan keadaan dan ditutup positif 2% lebih serta membentuk candlestick palu (hammer) yang menunjukkan pola reversal atau pembalikan arah ke atas. Terbukti, harga Bitcoin hari ini terkonfirmasi bergerak menghijau.

Leave a Comment

error: Content is protected !!