Harga Bitcoin Hari Ini Nyungsep 5%, Janjian Sama Bursa Saham Global?

Gambar Bitcoin

(Invesnesia) – Harga Bitcoin hari ini Jumat (5/3/21) jatuh lumayan dalam 4,9% atau turun sebesar $2.444 ke level $47.345 atau setara Rp678 juta per keping (asumsi kurs 14.340). Penurunan harga bitcoin hari ini seiring dengan kejatuhan bursa saham global.

Bitcoin tampak tidak mampu mempertahankan posisi kenaikannya, setelah kemarin (4/3/21) mampu meroket lebih dari 5%. Penurunan harga Bitcoin hari ini sejalan dengan kejatuhan bursa saham global yang sangat dalam.

Tercatat, Indeks Dow Jones koreksi 1,11%, Indeks S&P Terjun 1,34%, dan Nasdaq nyungsep 2,11%. Sedangkan bursa saham Asia juga ikut-ikutan melemah. Indeks Nikkei turun 0,38%, indeks Hang Seng jatuh 0,31%, dan Indeks Sanghai koreksi 0,34%.

Pelemahan bursa saham global secara umum disebabkan oleh penurunan harga nikel dunia yang sangat dalam, bahkan menyentuh level terendah sepanjang sejarah. Harga nikel tiga bulan di London Metal Exchange (LME) terjun bebas ke US $ 16.191 / ton dari harga sebelumnya US $ 17.864 / ton pada hari Rabu. Sedangkan Harga pembelian langsung nikel juga memerah turun hingga 9,3% ke harga US $ 16.144 / ton dari harga sebelumnya di US $ 17.802 / ton.

Dilansir Reuters, kejatuhan harga nikel disebabkan oleh perusahaan raksasa nikel dan stainless stell, Tsingshan Holding Group yang mengambil kebijakan untuk memproduksi nikel matte dalam jumlah jumbo di Indonesia guna mengurangi kekhawatiran investor atas pasokan nikel untuk kebutuhan baterai sehingga dapat menurunkan harga nikel di pasar.

Meskipun harga Bitcoin hari ini sejalan dengan penurunan harga saham global yang dipengaruhi oleh sentimen global, mata uang digital dunia ini diprediksi akan mampu bertahan di level uptrend. Penurunan salah satu mata uang cryptocurrency terbaik ini terlihat masih lumrah. Pasalnya kemarin harga Bitcoin sempat melonjak drastis.

Pelemahan harga Bitcoin hari ini juga diikuti oleh koreksi dari cryptocurrency unggulan lainnya. Bitcoin Cash (BCH) turun 3,74% ke level harga Rp7,2 juta per keping, Ethereum (ETH) jatuh 4% ke level harga Rp21,7 juta per keping, dan Dogecoin (DOGE) koreksi 0,69% ke level harga Rp710 per keping.

Leave a Comment

error: Content is protected !!