Joss! Harga Bitcoin Hari Ini Meroket 5,35%

Gambar Bitcoin

(Invesnesia) – Harga Bitcoin hari ini Kamis (4/3/21) melonjak drastis dengan kenaikan 5,35% atau $2.600 ke level $51.271 per 1 keping atau setara dengan Rp 730 juta (asumsi kurs Rp14.255). Kenaikan harga mata uang digital ini melanjutkan tren positif di tahun 2021.

Pada pentupan perdagangan kemarin Rabu (3/3/21) harga Bitcoin ditutup di level $48.839 atau setara Rp 696 juta (asumsi kurs Rp14.255). Perdagangan hari ini tidak berjalan mulus, harga Bitcoin hari ini masih mengalami fluktuasi namun cenderung stabil. Menghijaunya harga Bitcoin masih dikaitkan dengan optimisme pasar akan mata uang virtual di masa depan.

Seperti halnya pendiri Tesla, Elon Musk dengan terang-terangan investasi dan memborong Bitcoin mencapai senilai 21T. Pria yang disapa Elon ini memang sangat fenomenal setelah beberapa cuitannya di Twitter tentang mata uang kripto (cryptocurrency). Bahkan pria yang juga pendiri perusahaan transportasi luar angkasa, SpaceX, juga secara eksplisit menggerakkan pasar untuk investasi di cryptocurrency, tidak hanya di Bitcoin (BTC), melainkan juga di Dogecoin (DOGE).

Dalam cuitannya di Twitter, beberapa kali Elon mem-posting cryptocurrency dengan cara yang unik. Misalnya dalam cuitan Dogecoin, Elon menampilkan cover bergambarkan Shiba Inu, seekor anjing yang menjadi logo di mata uang DOGE tersebut. Tindakan pria kelahiran Afrika Selatan itu seolah-olah merekomendasikan kepada followers-nya untuk membeli DOGE.

Tidak hanya itu, Elon juga menulis dengan jelas bio Twitter dengan “Bitcoin” yang mengindikasikan bahwa dia merekomendasikan mata uang digital terpopuler di dunia tersebut. Meskipun begitu, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya masih menjadi perbebatan bagi sebagian pihak. Misalnya di Indonesia, Gubernur BI, Perry Warjiyo tidak membolehkan masyarakat bertransaksi jual beli dengan Bitcoin. Pasalnya, aset kripto tersebut tidal legal sebagai alat pembayaran.

Hal ini bertentangan dengan yang dilakukan Tesla yang justru mengizinkan Bitcoin digunakan sebagai alat pembayaran untuk membeli produknya, mobil listrik. Keputusan tesla juga didukung oleh sejumlah perusahaan besar seperti Mastercard, BNY Mellon, dan BlackRock yang juga mengizinkan penggunaan Bitcoin untuk bertransaksi.

Meskipun diterpa berbagai kontroversi, harga Bitcoin tercatat terus mengalami tren naik (uptrend). Secara year-to-date, harga Bitcoin telah meroket hampir 80%. Pelaku pasar (market) meyakini bahwa kenaikan tersebut baru awal dan akan terus melanjutkan tren positif di masa depan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!