5 Game NFT Play to Earn Terbaik Penghasil Uang Crypto Gratis 2024

Sektor cryptocurrency bertumbuh pesat, diikuti non-fungible token (NFT) dan yang terbaru metaverse. Pondasi dari ruang ini adalah teknologi blockchain – ini kemudian mencipkatan suatu ekosistem yang terintegrasi satu sama lain dan saling mendukung untuk memaksimalkan utilitas. Game NFT play to earn menawarkan sebuah konsep unik, seseorang memainkan permainan dan menghasilkan uang (biasanya berupa token atau crypto) secara gratis. Namun, pemain (gamers) mesti memenangkan atau menyelesaikan berbagai misi tertentu sesuai dengan ketentuan platform.

Bagaimanapun juga, game NFT play to earn telah merevolusi cara bermain games – ini beralih dari sistem tradisional ke sistem yang lebih canggih dan menawarakan keuntungan nyata. Melihat antusiasme orang-orang yang tinggi untuk bermain game, dan pertumbuhan sektor crypto, NFT, dan blockchain yang positif, sejumlah perusahaan kemudian menggarap proyek yang mengintegrasikan semuanya. Hasilnya, lahirlah sejumlah game NFT play to earn terbaik 2024 yang unik dan penghasil uang bagi pengguna. Artikel ini akan membahas semua hal yang penting untuk diketahui.

Mengenal Apa Itu Game Play to Earn

Game play to earn (P2E) memiliki konsep yang sangat sederhana, dan konsep ini kemudian yang membedakannya dengan game tradisional. Secara umum, game play to earn (P2E) adalah sistem permainan yang memberikan penghargaan (reward) kepada pemain atas dedikasi waktu mereka dalam bermain game. Setiap platform game biasanya memberikan cara yang unik dalam memberikan hadiah kepada pemain, tetapi yang terpopuler yaitu berupa token atau mata uang crypto, aset digital berbasis non-fungible token (NFT), dan lainnya. Beberapa game P2E membutuhkan investasi awal, sedangkan yang lain tersedia secara gratis.

Mengenal Apa Itu Game NFT?

Game NFT adalah sebuah konsep permainan yang dikembangkan menggunakan kontrak pintar (smart contract) untuk menentukan sekumpulan aturan yang disimpan di blockchain sebagai mekanisme intinya. Tidak seperti game tradisional, game NFT menciptakan outlet khusus bagi pemain yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan hadiah (reward) berupa aset virtual real yang memiliki nilai ekonomis. Secara umum, games NFT – yang kebanyakan mengusung konsep play-to-earn – memberikan penghasilan kepada pengguna dengan token dan NFT saat mereka menyelesaikan tugas atau misi tertentu. Token hadiah ini merupakan jenis ERC-20 yang juga bisa diperdagangkan di bursa.

Mengenal Apa Itu Game NFT Play to Earn

Kebanyakan platform yang mengembangkan game NFT biasanya mengadopsi konsep play-to-earn yang memungkinkan pemain untuk menghasilkan uang atau pendapatan pasif. Namun, tidak semua game play to earn berbasis NFT. Ini yang perlu Anda garisbawahi. Jadi, istilah game NFT atau game NFT play to earn dapat digunakan secara bergantian.

Biasanya, ekosistem game NFT play to earn terbaik 2024 memaksimalkan utilitas dengan menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency) sebagai alat moneter karena bagaimana pun, ini berada di ruang digital sehingga tidak bisa menggunakan fiat. Mekanisme hadiah (reward) yang diberikan platform kepada pemain biasanya dalam bentuk token crypto atau item-tem NFT yang memiliki nilai ekonomis dan dapat dikonversi ke mata uang kripto.

Peran Teknologi Blockchain dalam NFT

Dalam konteks NFT, teknologi blockchain memungkinkan orang-orang atau publik untuk melacak kepemilikan aset mereka secara akurat. Siapa pun dapat melihat transaksi jual beli NFT dan siapa yang memiliki aset NFT tersebut.

Teknologi blockchain berperan mengonfirmasi kepemilikan tersebut. Jadi, ketika Anda membeli atau mendapatkan aset digital berbasis NFT (bisa berupa item dalam game, koleksi, avatar, video, musik, dan sebagainya), kepemilikan Anda tercatat di blockchain. Tidak seorang pun dapat memanipulasi kepemilikan, inilah keunggulan dan revolusi yang ditawarkan blockchain. Dengan demikian, risiko untuk menerima atau membeli NFT palsu hampir benar-benar tidak ada.

Nah, dalam konteks game NFT play to earn juga demikian, kepemilikan Anda di dalam game (termasuk tanah virtual, properti virtual, item-item game, avatar, koleksi unik, dan sebagainya) juga akan tercatat di blockchain. Kepemilikan ini dapat berpindah tangan saat Anda melakukan transaksi jual beli dengan orang lain, dan semua transaksi tersebut juga akan tercatat di blockchain. Inilah bagaimana blockchain menjadi sejenis database revolusioner yang selain terdesentralisasi, juga sangat transparan.

Game NFT Play-to-Earn Gratis Terbaik yang Menghasilkan Uang

Ada banyak alternatif game play to earn terbaik yang disediakan dari berbagai platform. Tidak sedikit dari mereka yang juga sedang mengembangkan proyek cryptocurrency sendiri, sehingga sering kali game NFT terintegrasi dengan mata uang kripto asli ekosistem. Misalnya, game NFT Axie Infinity memiliki cryptocurrency AXS dan smooth love potion (SLP), yang juga berfungsi sebagai alat moneter dalam game dan menjadi mekanisme hadiah (reward).

Agar lebih terarah, game NFT play to earn terbaik yang dipilih mengacu pada beberapa indikator penting, seperti kualitas permainan, keseruan, basis pengguna, potensi penghasilan atau pendapatan, dan yang pasti menggunakan mekanisme play to earn. Berdasarkan bebeapa indikator tersebut, berikut daftar game NFT play to earn terbaik 2024 penghasil uang crypto gratis untuk pendapatan pasif:

  1. The Sandbox
  2. Axie Infinity
  3. Gods Unchained
  4. Sorare
  5. Splinterlands

1. The Sandbox

crypto The Sandbox SAND

The Sandbox adalah game NFT play to earn terbaik dan terpopuler 2024 yang menawarkan permainan berbasis voxel yang dapat disesuaikan dan memungkinkan pemain untuk memonetisasi pengalaman bermain mereka sendiri. Setiap pemain dapat saling bertukar aset digital dan membeli SAND, token utilitas dalam game.

Karena memiliki sifat yang dapat disesuaikan dan alat pengembangan yang rumit, developer dan pemain dapat membuat dan merasakan berbagai mode permainan berkualitas tinggi dengan lebih banyak kebebasan dan grafik yang menarik daripada game dengan judul serupa. Jika Anda menikmati “Roblox” atau “Minecraft,” Anda akan memiliki waktu yang lebih besar untuk mendapatkan NFT berharga (sebagai penghasilan).

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai aktivitas dan menjelajahi kemungkinan tak terbatas yang ditawarkan The Sandbox, termasuk dunia metaverse yang dikembangkannya. Pada akhirnya, game penghasilkan uang ini menjadi pilihan terpopuler dan menguntungkan bagi pemain. Selain bermain game, Anda juga bisa berinvestasi di crypto coin atau token milik The Sandbox, SAND, dengan membelinya melalui platform crypto exchange.

Daftar dan Beli Crypto SAND di Bybit

  • Spot dan futures
  • Ratusan coins
  • Leverage 100x
  • Registrasi tanpa KYC
  • Fitur saving & staking
4.8/5

2. Axie Infinity

axie infinity game blokchain NFT

Axie Infinity dipertimbangkan sebagai salah satu game NFT play to earn terbaik dan terpopuler 2024. Konsep Axie Infinity mirip seperti Pokémon di mana pemain dapat membiakkan dan memperdagangkan hewan peliharaan (monster) digital berbasis NFT yang disebut “Axies” di dunia Lunacia. Setiap monster ini (Axies) adalah jenis non-fungible token.

Axies dapat dibeli dan dijual di pasar pengembang, dan game ini menggunakan token AXS dan SLP sebagai alat atau mekanisme moneter dalam game dan juga menjadi imbalan atau reward. Pemain dapat menukar AXS dan SLP untuk membeli tanah, bertani, membiakkan Axies, dan banyak lagi. Karena Axies adalah NFT, itu tentu saja memiliki nilai ekonomis.

Ekosistem game NFT Axie Infinity menjadi pilihan nomor 1 di Filipina, bahkan sebagian besar masyarakat Filipina menjadikan bermain game ini sebagai penghasilan utama mereka. Bukan tanpa alasan, tidak sedikit pengguna yang berhasil menghasilkan pendapatan dari game dengan nominal yang bahkan lebih besar daripada standar upah karyawan di negara tersebut.

Jadi, jika pemain tahu apa yang mereka lakukan, Axie Infinity dapat menjadi game online penghasil uang terbaik. Meskipun game ini tidak gratis – dalam artian bahwa Anda harus memulai dengan investasi awal sebanyak tiga monster Axies. Ini bukan sebuah masalah, karena ini bagian dari aset Anda dan dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan bermain dan kemenangan bertarung untuk menghasilkan hadiah crypto gratis berupa AXS dan SLP.

Selain sebagai platform game NFT, Axie Infinity (AXS) juga terdaftar sebagai crypto di bursa sehingga Anda dapat memperdagangkan atau berinvestasi pada koin crypto AXS.

Daftar dan Beli Crypto AXS di Bybit

  • Spot dan futures
  • Ratusan coins
  • Leverage 100x
  • Registrasi tanpa KYC
  • Fitur saving & staking
4.8/5

3. Gods Unchained

Gods Unchained adalah permainan kartu koleksi, fantasi, dan perdagangan yang dibangun di atas jaringan Ethereum. Ini merupakan game NFT terbaik yang gratis dan relatif mudah untuk dimainkan oleh gamer pemula. Bagi Anda pecinta game kartu, Gods Unchained dapat menjadi permainan yang menarik seperti permainan rumahan. Kartu-kartu di Gods Unchained mirip seperti games blockchain Ethereum, yakni Magic The Gathering atau Hearthstone.

Pada awalnya, gamers mendapatkan item dalam game melalui gameplay PVP untuk bertarung dengan pemain lain. Dengan setiap kemenangan, Anda sebagai pemain mengumpulkan Flux untuk membuat koleksi digital (digital collection) yang unik dan kartu NFT yang diterjemahkan menjadi nilai instan.

Gods Unchained merupakan game eSports blockchain pertama dengan potensi besar untuk menarik lebih banyak penggemar dan pemain dengan turnamen dan pertandingan yang terkenal. Sebagai game dengan model play-to-earn, Gods Unchained memberikan penghargaan atau reward kepada pemain setia untuk semua jam (waktu) yang mereka dedikasikan ke dalam pengalaman menarik ini.

4. Sorare

Game NFT Sorare

Sorare adalah game blockchain yang berjalan di atas jaringan Ethereum. Game play to earn terpopuler dengan konsep gameplay sepak bola fantasi ini berhasil mengumpulkan lebih dari $680 juta yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan koleksi digital. Nantinya, koleksi-koleksi digital ini dapat diperdagangkan dengan pemain sepak bola online lainnya.

Game Sorare memberikan pemain hadiadh berdasarkan banyak gol yang dicetak, tingkat kemenangan secara keseluruhan, dan pencarian yang telah diselesaikan. Setiap kartu digital yang diperoleh akan mewakili token unik di blockchain Ethereum. Pemain kemudian dapat membeli, menjual, atau memperdagangkan kartu-kartu digital dari pemain lain di mana semua transaksi dicatat di blockchain.

Menurut TechCrunch, Sorare adalah salah satu game NFT play to earn terbaik dan teratas yang memiliki lebih dari 600,000 pengguna terdaftar dan masih terus bertambah. Ini dapat menjadi pilihan game penghasil uang yang menjanjikan, asalkan pemain tahu cara memaksimalkannya.

5. Splinterlands

Splinterlands adalah permainan kartu perdagangan dengan model play-to-earn yang dimainkan di browser. Ini pada awalnya dimulai di blockchain Steem sebagai Steemmonsters, tetapi pada akhirnya beralih ke blockchain Hive. Berkat fungsionalitas lintas rantai (cross chain), kartu dan token dalam ekosistem game dapat diperdagangkan di blockchain Ethereum dan di Wax. Splinterlands saat ini memiliki token tata kelola (governance token) yang disebut sebagai SPS. Ini dapat menjadi pilihan game NFT play to earn yang bagus dan penghasil uang bagi pemain.

Risiko Bermain Game NFT Play to Earn

Meskipun menawarkan keuntungan secara real dan menjadi penghasil uang crypto gratis, konsep games NFT play-to-earn tidak luput dari kekurangan atau sejumlah risiko, berikut di antaranya:

1. Risiko Kehilangan Lebih dari yang Dihasilkan

Sebenarnya tampak lumrah jika investasi awal Anda untuk bermain game NFT atau apa yang Anda hasilkan tidak lebih banyak dari kerugian yang dialami. Banyak NFT mahal, dan tidak menjamin bahwa pemain dapat menjual NFT dengan harga yang lebih tinggi di masa depan. Bagaimanapun juga, nilai NFT juga berfluktuasi, sehingga pemilik NFT dapat kehilangan uang dengan mudah atau melewatkan peluang emas dengan membeli atau menjual pada waktu yang tidak tepat.

Dengan kata lain, untuk benar-benar menjadikan game NFT play to earn sebagai cara menguntungkan atau penghasil uang yang menjanjikan, Anda perlu mendedikasikan waktu untuk lebih banyak meneliti seluk-beluk model permainan. Seperti yang telah dijelaskan, jika Anda tahu apa yang harus dilakukan, game NFT dapat menjadi peluang bagus untuk menghasilkan uang atau pendapatan pasif, atau bahkan pendapatan utama seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang di Filipina.

2. Nilai NFT Bisa Mengalami Penurunan

Meskipun game NFT play to earn terbaik 2024 dapat menjadi penghasil uang tambahan, salah satunya menghasilkan aset digital berbasis NFT yang bernilai ekonomis, itu tidak terlepas dari sebuah risiko. Seperti yang dijelaskan, nilai NFT berfluktuasi alias naik turun – ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti popularitas game, tingkat adopsi pengguna, sistem permainan, dan sebagainya.

Di satu sisi, NFT adalah aset yang langka dengan asumsi nilainya bakal bertumbuh seiring meningkatnya permintaan dan popularitas ekosistem game di dalamnya. Namun, itu tidak berarti bahwa NFT akan selalu demikian. Beberapa pembeli mungkin akan berpikir lebih keras untuk membeli NFT di harga yang lebih tinggi. Oleh karena itu, seperti yang dijelaskan pada poin pertama, penting untuk memperhatikan timing kapan harus membeli dan menjual NFT.

3. Penipuan

Ini menjadi sesuatu yang lumrah terjadi terlebih pada platform atau pasar yang relatif baru di mana scammers masuk untuk mengambil kesempatan. Sejak awal kemunculan NFT, scammers telah menciptakan beberapa trik licik untuk menyesatkan pemula agar membelanjakan uang mereka untuk token yang sama sekali tidak ada atau tidak menguntungkan. Oleh karena itu, tetap waspada dengan game NFT palsu, pasar yang masih baru, dan sejumlah email sampah terkait NFT.

4. Kesulitan Menguangkan NFT

Game NFT play to earn terbaik 2024 yang dapat menjadi opsi penghasil uang atau passive income memang sangat menjanjikan. Beberapa hadiah atau reward yang diberikan bisa dalam bentuk crypto gratis yang sesuai dengan ketentuan ekosistem (biasanya berupa token asli platform) dan bisa dalam bentuk NFT. Dalam beberapa kasus, NFT tertentu memiliki likuiditas yang rendah, sehingga pemain atau pengguna kesulitan untuk menguangkannya.

Dengan demikian, Anda bisa memilih platform yang banyak dimainkan pengguna, karena itu bisa mengindikasikan ketertarikan dan minat yang tinggi, sehingga likuiditas di dalamnya mungkin lebih besar. The Sandbox dengan token SAND dan Axie Infinity dengan token AXS dan SLP hingga tahun 2023 ini masih menjadi pilihan paling populer dan dianggap lebih mudah dicairkan menjadi uang.

Pandangan Akhir

Bagi pecinta games atau gamers, alih-alih bermain game tradisional yang tidak menjanjikan peluang keuntungan nyata, model game NFT play to earn bisa menjadi opsi terbaik, bagus, dan menguntungkan. Ini terbukti menjadi penghasil uang, dan penduduk di negara Filipina berhasil menjadikan game blockchain ini sebagai sumber pendapatan pasif dan utama. Mereka menghasilkan lebih banyak dari upah minimum negara tersebut.

Lima pilihan game NFT play to earn terbaik 2024 di atas dapat menjadi pertimbangan jika Anda benar-benar tertarik untuk memulai. Hadiah yang diberikan sebagai bentuk penghasilan bisa berupa koin crypto gratis seperti SAND, AXS, SLP, atau BTC, dan bisa berupa aset digital NFT yang memiliki nilai ekonomis yang kemudian semuanya dapat diuangkan. Sebelum benar-benar terjun, ada baiknya Anda melakukan riset lebih dalam untuk memahami cara dan strategi bermain yang tepat.

Scroll to Top