dYdX Exchange: Cara Kerja, Platform Fee, dan Cara Memulai Trading

Pertumbuhan platform decentralized exchange (DEX), dan ini terlihat dari jumlah aplikasi DEX yang tersedia di pasar. Tentu saja, pedagang akan memiliki lebih banyak opsi untuk memilih DEX terbaik. Beberapa contoh aplikasi DEX populer adalah Uniswap, SushiSwap, PancakeSwap, dan 1Inch Exchange. Sementara itu, dYdX adalah salah satu DEX yang cukup berhasil menarik perhatian pasar. Tercatat, dYdX berada di posisi dua dengan jumlah volume perdagangan tertinggi (24 jam terakhir) di antara DEX lainnya. Nomor satu ditempati oleh Uniswap (V3).

Apa Itu dYdX?

situs web dydx

dYdX adalah pertukaran terdesentralisasi (decentralized exchange/DEX) berbasis Ethereum yang memungkinkan pedagang atau pengguna untuk membuka posisi long dan short pada leverage mencapai 10x. Setiap pedagang dapat terlibat dalam perdagangan margin atau perpetual contracts di bursa dYdX. Selain itu, dYdX juga menyediakan pasar spot untuk trading crypto tanpa leverage.

Tidak hanya trading koin kripto saja, dYdX memungkinkan Anda untuk meminjam (borrow) sejumlah koin, seperti ETH, DAI, dan USDC di platform, atau melakukan lending dengan menyetorkan aset kripto untuk mendapatkan bunga.

Cara Kerja dYdX

Platform dYdX menggunakan strategi blockchain berlapis-lapis untuk menjamin keamanan dan daya tanggap. Aplikasi DEX ini dibangun untuk meningkatkan stabilitas blockchain Ethereum. Pembaruan layer 2 belakangan ini telah berhasil meningkatkan kemampuan protokol dan melakukan efisiensi biaya operasi.

Selain itu, platform dYdX memungkinkan pengguna untuk berdagang baik melalui mobile app maupun portal online. Kedua platform tersebut sama-sama mudah dalam hal navigasi dan tidak membutuhkan sehingga sangat memudahkan pemula. Semua fitur terbaik dapat diakses menggunakan DApp seluler, mencakup trading, mengirim dana, menerima dana, dan melakukan staking token DYDX untuk mendapatkan kripto gratis tambahan.

Biaya (Fees) di dYdX

dYdX adalah platform DEX yang tidak mengenakan biaya perdagangan untuk pesanan pembuat (maker orders), justru membayar potongan biaya 0,025% di perpetual markets. Sedangkan untuk taker orders, fee lebih tinggi dari 0,3%/0,2% atau dibebankan biaya gas variabel. Jika biaya perdagangan tidak menutupi biaya transaksi, pedagang mungkin akan diminta untuk membayar biaya gas juga. Sementara itu, tidak ada biaya yang dibebankan untuk deposit dan withdrawal. Pengguna hanya perlu membayar gas fee untuk transaksi.

Apa itu market dan taker orders? Singkatnya, model maker dan taker adalah suatu metode atau cara untuk membedakan biaya antara trade orders yang menyediakan likuiditas (baca: maker orders) dan mengambil likuiditas (baca: taker orders). Pada dasarnya, untuk biaya maker orders dan taker orders akan dikenakan secara berbeda.

Sejarah DYDX

Siapa pendiri (founder) dYdX? Memasuki pasar cryptocurrency pada tahun 2017, dYdX adalah platform DEX yang didirikan oleh Antonio Juliano, seorang mantan insinyur salah satu bursa kripto ternama, Coinbase. Sementara itu, koin dYdX di pasar kripto diluncurkan pada tahun 2020, dan pada saat itu, langsung menarik perhatian pasar dengan volume perdagangan mencapai $10 – $30 juta per hari.

Cara Menggunakan dYdX Exchange

Langkah-langkah cara menggunakan platform dYdx Exchange adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs web dYdX.
  2. Klik tombol “start trading”. Kemudian, halaman perdagangan akan terbuka.
  3. Setelah itu, hubungkan dengan dompet kripto Anda ke bursa dYdX. Caranya, silakan klik “connect wallet” yang terletak di bagian sudut kanan atas halaman web.

Crypto wallet yang didukung (supported) oleh dYdX adalah Coinbase Wallet, MetaMask, dan Legder. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan WalletConnect agar dapat berdagang di dYdX dengan mobile wallet seperti Trust Wallet. Anda bebas memilih dompet kripto yang diinginkan. Namun, untuk opsi yang paling aman yakni dengan Ledger, bisa untuk versi Ledger Nano X atau Ledger Nano S. Jika Anda memiliki Ledger, itu juga bisa dikoneksikan ke MetaMask.

Trading di dYdX Exchange – Perpetuals

Setelah berhasil menghubungkan dompet kripto Anda ke dYdX Exchange, Anda dapat melakukan trading dengan perdagngan spot, perdagangan margin (5x), dan perdagangan perpetual (10x).

Pasangan mata uang kripto (crypto pairs) yang dapat diperdagangkan di bursa dYdX adalah sebagai berikut:

  • Pasar spot: ETH-DAI, ETH-USDC dan DAI-USDC.
  • Pasar margin: ETH-DAI, ETH-USDC dan DAI-USDC.
  • Pasar perpetual: BTC-USD, ETH-USD, dan LINK-USD.

Di perpetual market, Anda tidak memperdagangkan aset aktual, melainkan aset sintetis (synthetic assets) yang diselesaikan dalam ETH atau USDC. Perpetual trading menawarkan leverage yang tinggi, mencapai 10x, sementara perdagangan margin hanya 5x, dan tidak tersedia leverage di pasar spot.

Pasangan BTC-USD dan LINK-USD dapat diselesaikan dalam USDC, sementara pasangan ETH-USD diselesaikan dalam ETH. Jika Anda punya koin USDT di dompet, Anda juga dapat menyetorkannya ke akun. Nantinya dengan sistem kontrak pintar (smart contract) akan memproses secara otomatis dengan mengonversi ke USDC via kumpulan likuiditas Curve.

Untuk memulai trading, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama klik tombol “deposit“. Nantinya, akan ada perintah untuk menyetujui persyaratan layanan. Silakan centang semua kotak, dan klik tombol “agree & login“.
  2. Muncul permintaan tanda tangan di MetaMask atau dompet kripto lain yang digunakan. Silakan konfirmasi tanda tangan dan selesai.
  3. Anda sudah bisa melakukan deposit atau menyetor aset yang didukung ke akun.

Jika menggunakan perdagangan spot atau perdagangan margin, Anda perlu menyetor dalam bentuk ETH, USDC, atau DAI. Sedangkan untuk memperdagangkan perpetual contract, Anda dapat perlu menyetor dalam bentuk USDT atau USDC ke wallet Anda. Sementara itu, untuk memperdagangkan pasangan ETH-USD, setor aset dalam bentuk ETH karena akan diselesaikan dalam ETH daripada USDC.

Saat deposit aset ke akun spot atau margin, Anda dapat melihat tingkat suku bunga untuk masing-masing aset. Anda bisa mendapatkan bunga dengan mudah setelah melakukan deposit aset. Bunga yang dihasilkan akan meningkat seiring dengan banyaknya orang yang melakukan transaksi perdagangan dengan melibatkan aset kripto yang Anda setorkan di awal.

Pandangan Akhir

Karena dYdX adalah platform DEX yang menganut sistem terdesentralisasi, mungkin ada sejumlah istilah yang masih membingungkan bagi pemula. Oleh karena itu, mungkin Anda bisa terlebih dahulu mencoba platform derivatif terpusat seperti Binance Futures untuk memulai perpetual trading.

Leave a Comment