Dapat Dana Segar $175 Juta, Begini Rencana 1inch Network

DEX aggregator 1inch Network mendapatkan suntikan dana segar dari investor strategis sebesar $175 juta dalam putaran Pendanaan Seri B. Rencananya, modal tambahan tersebut akan digunakan untuk membangun protokol baru, meningkatkan skala tim, dan mendorong utilitas token tambahan.

Sebagai salah satu pemain di sektor decentralized exchange (DEX), pendanaan seri B ini menjadi peluang besar bagi 1inch untuk menggapai adopsi lebih besar dan menyediakan layanan terbaik bagi pengguna.

Selama setahun terakhir, sektor keuangan terdesentralisasi atau decentralized finance/DeFi mendapat perhatian besar dari pasar, termasuk sejumlah platform DEX yang memungkinkan pengguna untuk berdagang (trading) dan menyediakan likuiditas secara terdesentralisasi.

Sementara itu, 1inch Network memberikan akses kepada pengguna untuk mendapatkan nilai tukar (exchange rate) terbaik karena platform DEX aggregator ini menggabungkan beberapa DEX exchange rates untuk mencari alternatif yang paling murah. Selain itu, 1inch Network juga didukung oleh lima blockchain berbeda, seperti Ethereum (ETH), Polygon (MATIC), Binance Smart Chain (BSC), dan sisanya dua solusi rollup dari Optimism dan Arbitrum.

Pendanaan yang Dipimpin oleh Amber Group

Dilansir news.bitcoin.com, 1inch Network mengumpulkan pendanaan seri B sebesar $175 juta yang dipimpin oleh Amber Group, perusahaan penyedia layanan keuangan crypto satu atap yang menyediakan likuiditas, perdagangan, dan manajemen aset.

Sementara itu, 1inch juga tercatat memiliki sekitar 50 investor yang membantu pendanaan perusahaan, termasuk perusahaan seperti Jane Street, Nexo, Vaneck, Gemini Frontier Fund, Alameda Research, Celsius, Tribe Capital, dan Fenbushi Capital.

“Sambil terus melayani pengguna DeFi untuk menghadirkan berbagai produk canggih, 1inch memiliki visi untuk menjadi pintu gerbang bagi institusi yang tertarik masuk ke DeFi space,” kata Segerj Kunz, co-founder 1inch Network.

Kunz juga menambahkan, “aset $1 [triliun] berikutnya yang mengalir ke DeFi akan berasal dari institusi daripada pengguna ritel, dan 1inch ingin memfasilitasi masuknya mereka. Kami juga telah memulai ke arah itu dengan menarik sejumlah pemain penting dari pasar keuangan tradisional, dan kolaborasi ini akan dipercepat dalam beberapa tahun ke depan.”

Tanggapan Amber Group

Pada Rabu (1/12/21) perwakilan Amber Group Tiantian Kullander juga memberikan penjelasan terkait perkembangan sektor DeFi dan potensi dari 1 inch Networl.

“Yang menjadi bagian paling penting dari DeFi adalah investor bisa mendapatkan akses ke likuiditas di banyak protokol dan rantai secara unlimited. 1inch sendiri memiliki salah satu tim terbaik dalam membangun jembatan antara kumpulan likuiditas (liquidity pools) yang terfragmentasi, menyediakan efisiensi biaya, dan memaksimalkan penemuan harga untuk pengguna.”

Berdasarkan data Dune Analytics, tercatat hingga saat ini 1inch Network berhasil melampaui $100 miliar dari total keseluruhan volume di jaringan Ethereum. Indikator tersebut menunjukkan bahwa 1inch adalah DEX aggregator terbaik, kemudian disusul oleh 0x API, Matcha, Paraswap, dan Gnosis. Selain itu, data juga menujukkan bahwa 1inch memiliki hampir satu juga pengguna di Ethereum.

Leave a Comment