Crypto Com Beli Slot Iklan Baru untuk Super Bowl 2022: Strategi Bisnis Di Penghujung Tahun

Perusahaan berbasis aplikasi crypto exchange Crypto.com telah melakukan pembelian slot iklan (ad space) baru untuk Super Bowl 2022, sekaligus menjadi strategi bisnis terakhirnya di penghujung tahun 2021.

Ambisi untuk Berkembang di Amerika Serikat

Perusahaan Crypto.com konsisten membawa ambisi untuk menjangkau pasar yang lebih luas, salah satunya di Amerika Serikat. Negeri Paman Sam tersebut memang terkenal dengan potensi pasar yang besar, terlebih untuk mata uang kripto. Crypto.com melihat peluang itu dan mengambil langkah dengan melakukan publisitas atau kampanye iklan di Super Bowl yang akan diadakan tahun 2022.

Seperti yang diketahui, Super Bowl adalah kejuaraan American Football tahunan yang menentukan juara The National Football League. Sejak tahun 2004, permainan ini berlangsung pada Minggu pertama bulan Februari.

Sementara itu, perusahaan Crypto.com yang berbasis di Singapura melihat kejuaraan tersebut akan ditonton oleh jutaan warga Amerika. Pasalnya, olah raga yang paling populer di Amerika Serikat adalah American Football, dan diurutan kedua diikuti oleh Baseball.

Pada Super Bowl 2022 yang diadakan pada bulan Februari, Crypto.com secara khusus akan memiliki ruang istimewa di semua layar TV AS dalam dua bulan, setelah resmi melakukan pembelian ad space.

Sebagai gambaran, Super Bowl 2021 mendapatkan rating 96,4 juta penonton, dan itu menjadi jumlah terendah dalam 14 tahun terakhir. Pemerintah AS resmi memprediksi bahwa sebanyak lebih dari 332 juta orang tinggal di negara itu. Jumlah ini hampir sepertiga penduduk AS yang nantinya akan menyaksikan kejuaran besar dengan performa terburuk selama 14 tahun terakhir.

Salah Satu Langkah bagi Crypto Com

Super Bow hanyalah salah satu langkah atau strategi dari Crypto.om sebagai bagian dari visinya untuk berinvestasi pada kesadaran merek atau brand awareness. Hal ini disampaikan oleh Steven Kalifowitz, Chief Marketing Officer (CMO) Crypto.com terkait pembelian slot iklan Super Bowl:

Crypto adalah untuk semua orang. Menuju olahraga berbeda memungkinkan saya untuk menjangkau semua orang tempat mereka berada. Super Bowl hanya sebagai satu langkah lagi, itu merupakan massa yang Anda dapatkan.”

Pada pertengahan November lalu, Crypto.com juga telah merogoh kocek sebesar $700 juta untuk penamaan Staples Center Stadium, sehingga stadium tim basket LA Lakers tersebut kini berganti nama menjadi Crypto.com Arena. Langkah ini sebelumnya juga dilakukan oleh perusahaan crypto derivatives exchange FTX yang membeli hak penamaan untuk stadiun Miami Heats.

Selain NHL dan NBA, Crypto com tercatat juga telah mensponsori sejumlah nama besar, seperti Paris Saint-Germain, Coppa Italia, Conmebol, Formula 1, dan UFC.

Biaya Yang Dikeluarkan

Tidak ada informasi konkret terkait biaya yang telah dikeluarkan Crypto.com untuk pemasangan slot iklan di Super Bowl 2022. Akan tetapi, menurut informasi dari The Wall Street Journal, biaya untuk 30 detik ruang iklan selama permainan dikenakan tarif $6,5 juta atau $1 juta lebih banyak dari tarif tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa Crypto.com sanggup membayar biaya slot iklan $6,5 juta untuk 30 detik publisitas di Super Bowl 2022.

Strategi Pemasaran Ekspansif, Apakah Berdampak Signifikan?

Jumlah uang yang tidak sedikit telah dikeluarkan oleh perusahaan crypto exchange Crypto.com untuk publisitas mereka, tapi seberapa besar dampaknya?

Faktanya, strategi ekspansif tersebut cukup membuahkan hasil. Tercatat secara year-to-date (YTD) tahun 2021, CRO sebagai token asli Crypto.com telah tumbuh lebih dari 1500%. Hari ini Kamis (23/12/21) harga koin CRO diperdagangkan di level $0.537 per keping. Sementara itu, Crypto.com (CRO) berada di posisi ke-16 dari segi market cap terbesar di pasar dengan total $13,6 miliar.

Leave a Comment