Cara Membuat NFT bagi Pemula + Platform Marketplace NFT Terbaik

Bagaimana cara membuat NFT (non-fungible token) bagi pemula? Ini adalah pertanyaan yang paling banyak dicari saat ini. Bukan tanpa alasan, hype dan popularitas aset digital ini semakin meningkat seiring dengan meroketnya popularitas cryptocurrency.

Namun sebelum itu, bagi Anda yang ingin mengenal NFT secara lengkap, silakan baca di artikel ini: Mengenal NFT dan Contoh NFT Terbaik.

Pada artikel ini, kita hanya akan berfokus pada bagaimana cara membuat NFT dan seperti apa proses membeli dan menjual NFT di platform marketplace NFT.

Apa Itu NFT?

Secara ringkas, NFT adalah singkatan dari non-fungible token alias token yang tidak dapat dipertukarkan. NFT menjadi aset digital yang dapat dimiliki oleh siapa pun, dan juga dapat diperjualbelikan untuk menghasilkan keuntungan. NFT nantinya akan tercatat atau disimpan di blockchain, sebuah database terdesentralisasi. Karena tidak bisa dipertukarkan, NFT menjadi aset digital yang unik.

Popularitas NFT

Non-fungible token atau NFT mendapatkan popularitas signifikan belakangan ini, semenjak banyak perusahaan, artis, dan tokoh terkenal menciptakan NFT mereka sendiri. Bahkan, salah seorang artis digital, Mike Winkelmann (dikenal sebagai Beeple) berhasil mendapatkan keuntungan besar dari penjualan NFT yang dimilikinya, yakni terjual seharga $69 juta atau setara Rp 980 miliar (kurs Rp 14.200) pada awal 2021.

Tidak sedikit seniman yang sukses atau menjadi kaya karena menjual NFT seharga jutaan dolar. Inilah salah satu daya tarik dan alasan mengapa NFT diminati dan banyak seniman berbondong-bondong untuk membuat NFT sendiri. Melalui NFT, orang-orang dapat memaksimalkan potensi digital yang begitu besar, terlebih mendapatkan profit dengan cara yang cukup mudah.

Panduan dan Langkah-langkah Membuat NFT

Bagi Anda yang tertarik dengan potensi besar dari non-fungible token (NFT), langkah-langkah cara membuat NFT adalah sebagai berikut:

  1. Pilih karya atau produk (aset)
  2. Sediakan digital wallet
  3. Membeli sejumlah cryptocurrency
  4. Pilih platform NFT marketplace
  5. Unggah file aset

#1. Pilih Produk (Aset)

Tahap pertama cara membuat NFT adalah memilih jenis karya/aset/produk. Ada banyak sekali aset yang dapat dikonversi ke dalam NFT, bisa berupa karya lukis, fotografi, video, meme, games, bahkan tweet. Sebagai catatan, pastikan karya Anda punya “value” dan unik; atau mengapa orang-orang mau membeli karya Anda? Nah, aset digital ini nantinya akan menjadi milik Anda secara sah dan tunggal, tidak bisa seorang pun meng-klaimnya. Namun sebelum mengonversi karya ke NFT, pastikan karya Anda punya hak kekayaan intelektual sehingga di kemudian hari tidak terjerat masalah hukum.

#2. Menyediakan Digital Wallet

Proses membuat NFT membutuhkan dompet digital atau digital wallet. Jika belum punya, Anda dapat membuat akun terlebih dahulu di salah satu platform digital wallet. Contoh platform digital wallet adalah Metamask, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan sebagainya.

Kenapa ini dibutuhkan? Karena untuk mendanai investasi awal di NFT, Anda membutuhkan mata uang kripto (cryptocurrency) sebagai alat pembayaran. Sementara itu, dompet digital kripto atau crypto wallet berfungsi untuk menyimpan cryptocurrency dan keperluan transaksi digital lainnya.

#3. Membeli Sejumlah Cryptocurrency

Setelah menyediakan dompet digital, Anda tinggal membeli sejumlah mata uang kripto. Seperti yang sudah dijelaskan, investasi atau pembayaran awal untuk menciptakan NFT yaitu menggunakan mata uang kripto. Jadi, Anda perlu membeli sejumlah cryptocurrency. Sebagian besar platform NFT membayar dalam bentuk Ether (koin kripto asli dari platform blockchain Ethereum yang bersifat open source). Hal ini karena platform blockchain Ethereum menjadi tempat pertama kali NFT diluncurkan.

#4. Pilih Platform Marketplace NFT

cara membuat NFT, membeli dan menjual NFT di marketplace NFT

Memilih platform marketplace NFT adalah bagian dari proses atau cara membuat NFT. Contoh platform NFT populer adalah OpenSea, Rarible, Nifty Gateway, Axie Marketplace, Mintable, SuperRare, dan NBA Top Shot Marketplace. Meskipun banyak aplikasi NFT yang bagus, bukan berarti semuanya cocok untuk karya Anda. Silakan pilih marketplace NFT yang cocok atau revelan dengan aset digital NFT Anda.

Nah, setelah memilih aplikasi NFT, Anda dapat menghubungkannya ke digital wallet Anda. Seperti yang dijelaskan, dompet digital berfungsi untuk menyimpan aset, mencetak NFT, dan menyimpan hasil penjualan aset digital Anda.

Perlu dicatat, beberapa pasar NFT biasanya membutuhkan cryptocurrency mereka sendiri. Salah satunya misalnya platform Rarible, Anda mesti memiliki koin crypto RARI.

#5. Unggah File

Setelah memilih platform marketplace NFT yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, tahap berikutnya yaitu unggah file digital Anda di platform NFT tersebut. Platform NFT biasanya menyediakan file dalam berbagai bentuk, seperti PNG, MP3, GIF, dan sebagainya. Setelah mengunggah file, NFT Anda siap untuk dipasarkan.

Proses Penjualan NFT

Poin utama dari cara membuat NFT adalah bukan hanya sekadar memiliki NFT, tetapi bagaimana NFT Anda dapat dijual. Penjualan NFT yang signifikan dapat mengindikasikan bahwa karya atau aset digital Anda dihargai oleh pasar. Cara menjual NFT di platform marketplace NFT dapat dilakukan dengan menggunakan harga tetap dan melalui lelang dengan jangka waktu tertentu.

Sebelum mencetak NFT dan menjual NFT, penting untuk memahami kebijakan platform, misalnya dalam hal biaya pendaftaran dan pencetakan NFT, biaya transaksi, komisi penjualan, dan sebagainya. Proses ini mungkin agak sedikit membingungkan bagi pemula. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari lebih lanjut terkait proses dan kebijakan yang berlaku.

Platform Terbaik untuk Membuat NFT bagi Pemula

Setidaknya ada tiga platform marketplace NFT terbaik untuk membuat NFT bagi pemula, yaitu sebagai berikut.

  1. OpenSea
  2. Rarible
  3. Mintable

#1. OpenSea

OpenSea adalah marketplace NFT terbaik yang dianggap sebagai pemimpin pasar NFT karena berhasil mengumpulkan penjualan terbesar. Tercatat, penjualan NFT di OpenSea pada bulan Agustus 2021 yaitu lebih dari $3 miliar.

Kelebihan OpenSea adalah memungkinkan Anda untuk membuat toko online NFT sendiri, tidak menetapkan biaya yang relatif besar, dan mendorong setiap pemilik karya atau seniman untuk berlomba-lomba mencetak NFT sendiri secara unik.

Ditambah lagi, OpenSea menyediakan atribut tambahan untuk membuat token menjadi lebih unik. Selain itu, item atau produk yang dapat diperdagangkan di OpenSea juga bervariasi, bisa berupa games, koleksi pribadi, domain, karya seni digital, dan aset lainnya yang didukung oleh blockchain.

#2. Rarible

Platform pembuatan NFT terbaik lainnya yaitu Rarible. Di sini, Anda dapat memiliki intellectual property (IP) atau kekayaan intelektual atas karya yang dijual. Keunggulan Rarible adalah memungkinkan penjualan NFT dengan jumlah lebih kecil pada harga yang wajar. Nah, jika menggunakan platform ini, Anda akan menggunakan token asli dari Rarible, yaitu RARI – menjadi token tata kelola pertama di pasar NFT. Selain itu dengan memiliki RARI, Anda juga punya hak suara (voting) untuk pembaruan platform di masa depan.

#3. Mintable

Mintable dapat menjadi salah satu alternatif platform terbaik untuk membuat NFT karena menyediakan aplikasi yang mudah digunakan. Kelebihan Mintable adalah memungkinkan NFT baru untuk dapat langsung dijual NFT di pelelangan. Prosesnya cukup sederhana, pemilik NFT pertama-tama mengunggah karya, membuat deskripsi, dan menentukan harga jual. Setelah itu, aplikasi Mintable akan mencetak dalam bentuk token ERC-721 di blockchain Ethereum. Nah, setiap penyimpanan token unik di blockchain akan memberikan transparansi atas kepemilikan NFT setiap orang.

NFT sebagai Investasi Aset Digital

Tak bisa dipungkiri, era new economy saat ini memunculkan banyak sekali produk terbaik berbasis teknologi. Hal ini juga membuka peluang bagi setiap orang untuk menciptakan produk digital mereka sendiri, salah satunya melalui non-fungible token (NFT). Setiap orang yang punya karya pribadi dapat mengonversikannya menjadi NFT, aset berbasis digital.

Tentu saja, NFT adalah investasi yang menguntungkan karena tidak sedikit pelaku yang berhasil menjual NFT seharga jutaan dolar. Meskipun begitu, penting untuk dipahami bahwa tidak semua NFT dapat terjual, itu tergantung seberapa baik value dari NFT yang Anda dimiliki sehingga dapat dihargai oleh pasar.

Investasi tidak selalu menguntungkan, termasuk pada NFT. Kerugian dari NFT terjadi saat Anda telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mencetak NFT, NFT Anda justru tidak diminati pasar atau tidak laku dijual. Oleh karena itu, penting sekali untuk bagaimana membangun produk (aset) yang unik dan punya value tersendiri. Selain itu, penting juga untuk menetapkan harga minimum NFT yang ideal agar tidak kemahalan (overpriced) dan kemurahan (underpriced).

Nah, inti dari memahami langkah-langkah atau cara membuat NFT adalah tidak hanya sekadar bagaimana menciptakan NFT sendiri, tetapi lebih dari itu bagaimana NFT Anda dapat dihargai oleh pasar. Setiap orang bisa saja punya aset digital NFT sendiri lalu menjual di platform marketplace NFT, akan tetapi tidak semua orang mampu mengonversikannya menjadi sebuah keberhasilan. Ini bukan menakut-nakuti, tentu saja Anda harus mencoba, tetapi jangan asal coba-coba. Persiapkan semuanya dengan baik. Share artikel ini jika bermanfaat, ya!

Leave a Comment

error: Content is protected !!