Cara Beli Saham dan Crypto di Capital.com, Cukup Satu Aplikasi!

Invesnesia.com – Saham dan crypto adalah dua instrumen aset keuangan yang paling menarik pada tahun 2022 ini karena menawarkan keuntungan (profit) tinggi, namun keduanya punya perbedaan. Mungkin Anda bertanya-tanya, khususnya bagi pemula, bagaimana cara beli saham dan crypto di dalam satu aplikasi sekaligus untuk memulai trading dan investasi? Itu dapat dilakukan dengan bantuan Capital.com, sebuah platform multiaset atau broker online yang memfasilitasi Anda untuk melakukan perdagangkan di banyak instrumen keuangan. Capital.com telah menyediakan platform berbasis website yang sangat user friendly dan aplikasi berbasis seluler (mobile app) yang telah support untuk iOS dan Android.

Panduan Membeli Saham dan Crypto di Capital com

Ada banyak instrumen aset yang menarik untuk dibeli, baik dalam rangka trading maupun investasi, seperti saham, mata uang kripto/crypto, komoditas (gold, crude oil, dll), foreign exchange/forex, indeks, CFD, dan banyak lagi. Akan tetapi, saham dan crypto dipilih sebagai ekuitas dan aset yang paling menjanjikan. Tapi yang jadi pertanyaan, apa bisa beli saham dan crypto sekaligus hanya dalam satu platform atau aplikasi saja? Pasalnya, biasanya saham dibeli melalui broker saham sedangkan aset kripto dibeli melalui crypto exchanges? Itu bisa dilakukan melalui platform multiaset, salah satunya Capital.com. Berikut langkah-langkah cara beli saham dan crypto di Capital:

  1. Lakukan pendaftaran secara online.
  2. Lakukan deposit.
  3. Lakukan pembelian.

Sebagai catatan: aset kripto di Capital berjumlah puluhan, namun yang tersedia adalah crypto terbaik dan terpopuler di pasar. Sementara itu, saham yang tersedia di Capital adalah saham perusahaan di bursa luar negeri, bukan di bursa efek Indonesia. Anda dapat berinvestasi di saham teknologi besar dunia, seperti Tesla (TSLA), Alphabet (GOOGL), Amazin (AMZN), Meta (FB), Netflix (NFLX), Twitter (TWTR), dan banyak lagi.

1. Lakukan pendaftaran (sign up) secara online

Sebelum melakukan transaksi pembelian saham dan crypto di Capital, Anda terlebih dahulu harus melakukan registrasi atau membuat akun secara online. Berikut cara daftar di Capital.com:

  1. Aktifkan VPN, atau lebih baik tanpa VPN dengan cara setting DNS Cloudflare (membuat internet lebih aman dan cepat). Caranya setting-nya seperti ini: masuk ke control panel > silakan klik view network status and tasks > lalu klik connections (koneksi internet Anda) > properties > pilih internet protocol version 4 > properties > pilih use the following DNS server addresses > silakan cari bagian preferred DNS server, kemudian Anda isi dengan 1.1.1.1 > klik ok.
  2. Masuk ke halaman website Capital.com, di sini. Daftar di Capital
  3. Pilih “coba sekarang juga.” cara daftar di capital untuk beli crypto
  4. Masukkan email yang aktif dan kata sandi (password), lalu klik Daftar. proses buat akun di capital com
  5. Lakukan verifikasi email, silakan periksa inbox email Anda. Selesaikan langkah berikutnya sesuai instruksi yang telah disediakan.

2. Proses deposit dana

Capital.com adalah platform multiaset yang menetapkan jumlah uang deposit $20, kalau dikonversi ke rupiah sekitar IDR 300 ribuan. Berikut cara deposit di Capital.com untuk segera memulai beli saham dan crypto:

  1. Masuk (login) ke akun Anda.
  2. Klik menu setoran (deposit) atau juga bisa dengan klik setorkan dana ke akun. cara deposit di Capital untuk mulai trading crypto
  3. Pilih metode pembayaran, lebih mudah dan cepat dengan online banking. deposit dana di capital untuk trading crypto
  4. Isi uang deposit, misalnya $20. Klik lanjutkan.
  5. Terlihat halaman Global Payment Solution. Lanjutkan dengan pilih bank transfer (virtual account) > lalu pilih opsi melalui bank CIMB Niaga > klik proceed. Ini menegaskan bahwa Anda akan mentransfer uang deposit tersebut ke rekening CIMB Niaga yang telah ditentukan pihak Capital.
  6. Menampilkan IDR Deposit Virtual Account: ini terdiri dari nomor referensi, nomor rekening VA, akun CIMB Niaga, dan nominal uang deposit yang telah dikonversi ke rupiah ($20 = Rp306.436).
  7. Kami akan melakukan transfer dengan mobile banking BCA ke akun CIMB Niaga tersebut sebesar Rp306.436. Instruksi cara pembayaran melalui m-banking BCA sudah tersedia di sana, termasuk opsi pembayaran dengan GoPay dan OVO. cara pembayaran via m banking BCA
  8. Setelah berhasil mentransfer dana ke rek CIMB Niaga tersebut, tahap terakhir yang perlu dilakukan yaitu klik “Saya Sudah Bayar” sebagai konfirmasi. Sepengalaman kami, tidak sampai lima menit, dana deposit berhasil masuk ke akun.

3. Proses beli saham dan crypto dalam satu aplikasi

Tahap terakhir, berikut cara beli saham dan crypto di Capital.com bagi pemula pada tahun 2022:

  1. Login ke akun Anda.
  2. Pilih menu perdagangan.
  3. Agar lebih cepat, Anda bisa mengetik nama saham luar negeri yang akan dibeli di menu pencarian, misalnya Amazon, Netflix, Tesla, dan lainnya. Setelah itu klik beli (jangan lupa isi berapa jumlah lembar saham yang dibeli).
  4. Kemudian, Anda juga dapat mengetik cryptocurrency seperti Bitcoin, Dogecoin, Ethereum, dan sebagainya. Anda tinggal masukkan jumlah koin crypto yang ingin dibeli dan lakukan konfirmasi.

Sebagai catatan: satuan pembelian saham di Capital adalah lembar, bukan lot (di bursa efek Indonesia menggunakan lot, yang mana satu lot setara 100 lembar saham).

Selain itu, Capital menyediakan fasilitas leverage bagi Anda, ini sejenis utang di mana Anda dapat membeli lebih banyak saham atau aset kripto dengan modal yang sama. Penggunaan leverage sangat berisiko, sehingga penting untuk mempelajarinya dan menggunakannya dengan bijaksana. Sebagai contoh, dengan modal $20, dan menggunakan leverage rasio 5:1, maka modal $20 setara dengan $100.

Pandangan Akhir

Alih-alih membeli saham dan crypto secara terpisah di aplikasi yang berbeda, sehingga tampak tidak efisien, Anda dapat memanfaatkan Capital.com yang memfasilitasi pengguna untuk beli berbagai instrumen aset dalam satu platform. Cara beli saham dan crypto di Capital.com adalah dengan membuat akun (registrasi), melakukan setoran (deposit), dan transaksi pembelian. Melalui Capital, Anda bebas ingin melakukan trading saham atau mata uang kripto secara jangka pendek, atau juga bisa investasi jangka panjang. Selain itu, Anda juga bisa mencoba produk lainnya, seperti index, emas (gold), crude oil, dan sebagainya.

Leave a Comment